8 Penyebab Ikan Manfish Tidak Mau Makan dan Solusinya

Mengapa ikan manfish tidak mau makan? Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan di internet. Manfish atau angelfish adalah salah satu spesies ikan air tawar paling kuat yang kita kenal. Tetapi setiap kali ikan Anda menunjukkan perilaku yang tidak biasa, seperti menolak makan, itu adalah tanda bahwa ada yang tidak beres dengan ikan ini.

Harga Ikan Manfish

Di bawah ini, kami akan menjelaskan alasan paling umum di balik mogok makan pada ikan manfish. Anda kemudian dapat mengukur dan menentukan sendiri jawaban yang benar untuk ikan Anda.

Penyebab Ikan Manfish Mogok Makan

1. Parameter Air Salah

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ikan Anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan adalah parameter air. Sekuat apapun ikan manfish, mereka diketahui cepat kehilangan nafsu makan saat terkena nitrit, amonia, atau bahan kimia air yang tidak sesuai.

Inilah parameter air yang ideal untuk manfish:

  • Suhu: 25-28 derajat Celsius
  • pH: 6,8-7,8
  • Kekerasan: 54 hingga 145 PPM
  • Amonia: 0 PPM
  • Nitrit: 0 PPM
  • Nitrat: Di bawah 20 PPM

Kualitas air tidak diragukan lagi merupakan faktor terpenting dalam menjaga kesehatan ikan peliharaan Anda. Dan ada banyak hal yang bisa salah dengan kimia air. Misalnya, mungkin ada penumpukan racun berbahaya di dalam air, suhu yang salah, tingkat oksigen terlarut yang rendah, tingkat karbon dioksida terlarut yang tinggi, dan pH yang salah.

Dan faktor-faktor di atas dapat secara kolektif atau sendiri-sendiri menekan nafsu makan ikan Anda.

Manfish air tawar adalah ikan tropis yang berasal dari perairan “hangat” Amerika Selatan. Kisaran suhu ideal untuk ikan elegan ini jatuh antara 25-28 derajat Celsius. Jika suhu turun lebih rendah dari 25 derajat Celsius, maka itu akan sangat memperlambat metabolisme ikan Anda. Dan ketika metabolisme terganggu, begitu juga proses pencernaan mereka. Akibatnya, manfish Anda tidak akan memiliki nafsu makan yang baik bahkan pada makanan favoritnya.

Ikan manfish adalah makhluk endotermik yang mengandalkan suhu eksternal untuk mempertahankan suhu tubuh mereka. Oleh karena itu, ketika suhu eksternal turun, suhu tubuh mereka juga akan turun. Mereka kemudian akan merasa lesu dan mengantuk. Akibatnya, tingkat aktivitas mereka akan turun. Dan karena itu, tidak akan ada dorongan yang kuat untuk makan.

Sama seperti suhu air yang salah, kimia air yang salah juga bisa sama-sama berbahayanya bagi nafsu makan ikan manfish Anda, atau bahkan lebih parah. Pertama, ikan akan menjadi sangat stres. Kedua, mereka akan mulai mengalami tanda-tanda fisik seperti lemas, insang memerah, bintik putih, dan sesak napas. Dan ikan akan tidak tertarik untuk makan dalam keadaan seperti itu. Ini secara alami akan menekan nafsu makan mereka.

Juga, jika mereka cukup lama tidak makan, itu akan mengundang beberapa komplikasi kesehatan dan berpotensi kematian sebelum waktunya. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan parameter air. Dari membuang sisa makanan yang tidak dimakan setiap hari hingga melakukan penggantian air dan menyedot substrat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara teratur.

Anda bisa menggunakan test kit untuk mengukur kualitas air di akuarium Anda.

2. Manfish Stres

Kita memelihara ikan untuk estetika. Tetapi selama bertahun-tahun, sains telah berulang kali membuktikan bahwa ikan tidak sebodoh seperti yang kita bayangkan. Sebaliknya, mereka adalah makhluk yang sangat cerdas yang mampu memproses berbagai perasaan. Namun ada satu kelemahannya. Mereka sangat rentan terhadap stres.

Dan yang lebih buruk adalah terkadang stres menjadi pembunuh diam-diam ikan bahkan sebelum kita bisa mengatasinya. Kami akan memberikan beberapa alasan paling umum di balik manfish yang stres. Anda kemudian dapat mendiagnosis masalah ini dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

  • Ikan Anda baru saja mengalami perjalanan yang berat (dari peternakan, ke toko ikan, dan ke rumah Anda) dan masih mencoba beradaptasi dengan lingkungan barunya.
  • Ada ikan pengganggu di dalam akuarium yang mengganggu manfish Anda dan menggigiti siripnya.
  • Kualitas air akuarium salah atau buruk, yang benar-benar menyiksa manfish Anda.
  • Akuariumnya terlalu kecil dan ada permusuhan teritorial di antara berbagai penghuni di dalam akuarium.
  • Manfish Anda tidak dapat bersaing untuk mendapatkan makanan dengan ikan besar dan agresif lainnya.
  • Ada beberapa manfish jantan di dalam akuarium yang bersaing untuk mendapatkan pasangan dan sumber daya.
  • Tidak ada tempat persembunyian di dalam akuarium untuk mundur ketika manfish Anda merasa rentan.

Jadi, inilah kemungkinan alasan ikan stres di akuarium. Apakah menurut Anda salah satu dari poin ini terjadi pada ikan manfish Anda? Jika ya, lakukanlah sesuatu. Jika tidak, jangan khawatir. Teruslah bereksperimen secara bertahap sampai Anda mencapai titik nyaman.

3. Anda Memberi Makanan yang Salah

Ikan manfish adalah omnivora. Ada banyak pilihan makanan enak untuk mereka. Juga, mereka akan dengan mudah menerima sebagian besar jenis makanan. Namun tetap penting untuk memahami kebutuhan makanan ikan Anda dan memberi makan yang sesuai.

Membeli hampir semua jenis makanan ikan secara acak dari toko tanpa melihat bahannya terlebih dahulu kemungkinan besar akan mengakibatkan makanan yang tidak dimakan tenggelam di dasar akuarium.

Seperti yang kami katakan di atas, ikan manfish tidak pilih-pilih dengan apa yang mereka makan. Mereka akan melahap semuanya, mulai dari pelet dan serpih yang dibuat secara komersial hingga cacing beku-kering dan ikan hidup.

Namun tidak ada dua ikan manfish yang sama. Artinya, bahkan mereka yang lahir dari kelompok telur yang sama dapat memiliki perbedaan besar dalam preferensi makanan mereka. Jika manfish Anda sudah mulai kehilangan minat pada makanan yang Anda berikan, cobalah untuk memberi makan beberapa makanan favoritnya terlebih dahulu. Juga, lihat apa yang biasanya mereka makan di alam liar.

Di alam, makanan mereka terutama terdiri atas ikan kecil, serangga, dan invertebrata. Mereka kurang suka makanan nabati. Penting juga untuk memahami apakah ikan Anda adalah pemakan area permukaan atau pemakan area bawah. Seperti kebanyakan ikan asli Lembah Sungai Amazon, manfish makan di dasar.

Dan ini mungkin alasan mengapa mereka menolak pakan serpih atau pakan terapung lainnya. Jadi sebagai gantinya, cobalah beralih ke pelet tenggelam. Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa apakah makanan telah mencapai tanggal kedaluwarsa, mengeluarkan bau busuk, atau disimpan dengan tidak benar sehingga menjadi rusak.

4. Manfish Anda Sakit

Gambar ikan manfish

Tidakkah kita juga kehilangan nafsu makan ketika sedang tidak enak badan? Ini kasus yang sama dengan ikan manfish. Kurangnya minat pada makanan atau sama sekali berhenti makan adalah tanda bahaya besar. Ini bisa berarti ikan Anda sakit.

Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksa penampilan dan perilaku ikan Anda selama beberapa menit setiap hari. Ini kedengarannya membosankan, tetapi ini tidak sulit atau memakan waktu seperti yang dikira. Ini hanya membutuhkan beberapa menit.

Selain nafsu makan yang tertekan, beberapa tanda umum penyakit lainnya pada manfish adalah:

  • Munculnya bintik-bintik putih atau tanda merah di seluruh tubuh
  • Perilaku lamban
  • Penampilan compang-camping
  • Pola renang tidak normal
  • Terengah-engah

Ada kategori luas agen penyebab penyakit seperti virus, cacing, bakteri, protozoa, dan jamur. Dan tanda-tanda penyakit dan pengobatan berbeda tergantung pada agennya. Misalnya, jika itu seperti ich yang disebabkan oleh protozoa parasit, penyakit ini dapat dengan cepat menyebar ke makhluk lain di dalam akuarium. Jadi Anda harus segera memisahkan ikan yang terinfeksi dari akuarium utama.

Juga, ikan yang sudah tua lebih rentan terhadap kondisi kesehatan karena usia mereka dan sistem kekebalan yang terganggu. Oleh karena itu, mereka mungkin menghindari makan lebih sering daripada ikan muda yang energik.

5. Manfish Anda Gravid

Manfish tidak hamil. Istilah ini hanya diperuntukkan bagi jenis ikan livebearer. Namun manfish betina menjadi gravid, yang berarti mereka mengembangkan dan membawa telur dalam sistem mereka sebelum bertelur. Ikan gravid sering kehilangan nafsu makan menjelang akhir masa kehamilan. Ini benar-benar alami dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika Anda menduga ikan Anda akan bertelur, sebaiknya pindahkan dia ke akuarium baru, di mana dia akan merasa lebih aman dan nyaman. Tak perlu dikatakan lagi, parameter air di akuarium baru harus sesuai dengan akuarium lama.

6. Anda Memberi Terlalu Banyak Makanan

Manfish adalah pemakan oportunistik yang jarang menolak makanan. Namun jika Anda memberi mereka terlalu banyak makanan dan terlalu sering, mereka secara alami akan berhenti makan karena mereka sudah kenyang.

Aturan praktisnya adalah memberi makan 2 kali setiap hari. Adapun untuk jumlahnya, berikan mereka makanan yang bisa mereka habiskan dalam waktu 2-3 menit. Lebih dari itu, ikan Anda mungkin akan kehilangan minat untuk makan.

Manfish Anda menolak makanan adalah konsekuensi paling berbahaya dari makan berlebihan. Pemberian pakan yang berlebihan dapat membuat ikan menjadi gemuk. Dan seperti yang Anda ketahui, ikan gemuk tidak akan tumbuh dalam potensi ukuran terbaiknya dan akan mengalami pertumbuhan yang terhambat. Akibatnya, ini juga dapat memperpendek umur mereka secara drastis.

Selanjutnya, ketika manfish Anda berhenti makan, akan ada lebih banyak sisa makanan yang mencemari akuarium. Dan jangan lupa – lebih banyak makanan sama dengan lebih banyak kotoran. Ini akan mencemari air cukup parah. Dan Anda sudah tahu apa yang terjadi ketika air menjadi kotor, bukan?

7. Manfish Anda Belum Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Meskipun berasal dari keluarga cichlid, manfish adalah ikan yang relatif jinak. Oleh karena itu, mereka tidak akan langsung beradaptasi dengan lingkungan baru.

Wajar jika ikan yang cemas memprioritaskan keamanan daripada mencari makan. Manfish Anda kemungkinan besar akan gugup memasuki perairan terbuka untuk makan – terlebih lagi jika ikan besar dan galak ada di dalam akuariumnya.

Tidak banyak yang perlu dikhawatirkan kali ini. Beri ikan Anda waktu. Sementara itu, buatlah tempat persembunyian sebanyak mungkin untuk ikan pemalu Anda. Setelah ikan sudah beradaptasi, dalam beberapa minggu, manfish Anda akan keluar dan menjelajah, mencari makan, dan mengemil makanan lezat.

8. Ada Hierarki Sosial di Akuarium

Selain jinak, ikan manfish juga memiliki sisi petarung. Penelitian telah menunjukkan hierarki sosial yang kompleks dan menarik di antara manfish yang ditentukan melalui pertarungan.

Ya, ikan manfish bertarung satu sama lain menggunakan ekor mereka sebagai tongkat dan mulut untuk bergulat. Bukan itu saja, mereka juga mengomunikasikan status sosial melalui sinyal kimia yang terkandung dalam urin dan kotoran yang mereka keluarkan ke dalam air.

Jadi, secara alami akan ada pihak alfa dan lemah di dalam akuarium. Dan tentu saja, alfa akan berada di urutan teratas. Oleh karena itu, ada kemungkinan besar bahwa yang lemah dan tak dominan menjadi enggan makan karena takut kehilangan nyawa mereka. Ini akan semakin nyata jika sumber dayanya langka.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa Lama Manfish Bisa Bertahan Tanpa Makanan?

Ikan manfish dapat dengan mudah bertahan hidup tanpa makanan selama 3 hari. Mereka bisa kelaparan dan masih bertahan hingga 2 minggu. Namun setelah itu, kesehatan mereka akan menurun tajam seiring waktu.

Mengapa Manfish Memuntahkan Makanan?

Alasan yang paling mungkin di balik ikan manfish memuntahkan makanannya adalah untuk memecahnya menjadi ukuran yang lebih kecil dan lebih mudah diatur. Namun ini bisa juga berarti ikan tidak lapar, tidak suka rasa makanan, stres, atau sedang sakit.

Mengapa Manfish Tidak Mau Makan dan Bersembunyi Di Sudut?

Seekor manfish yang tidak mau makan dan bersembunyi di sudut mungkin berarti ikan tersebut stres dan ketakutan. Alasan ikan menjadi stres dan ketakutan bisa banyak, dari teman seakuarium yang galak, air yang buruk, dan sebagainya.

Mengapa Manfish Tidak Mau Makan Pakan Serpih?

Alasan yang mungkin adalah karena mereka tidak menyukai rasanya atau mungkin mereka kurang suka makan di area permukaan. Cobalah ganti merek pakan serpih Anda atau berikan pakan yang tenggelam seperti pelet.

–oOo–

Alasan ikan manfish tidak mau makan bisa jadi tidak jelas. Terkadang, itu sesuatu yang sederhana seperti Anda memberi terlalu banyak makanan atau manfish Anda menunggu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Terkadang, ini adalah kabar baik, yaitu ikan manfish Anda mungkin hamil. Dan terakhir, ini bisa juga karena kualitas air yang buruk, stres akut, dan makanan yang salah. Jangan lupa untuk bereksperimen secara halus sampai Anda menemukan alasannya dan melakukan perubahan yang diperlukan.

Komentar Anda