Tips Lengkap Perawatan Ikan Peacock Bass dan Fakta-fakta Lainnya

Untuk membuka artikel ini, kami sampaikan bahwa ikan peacock bass bukan untuk semua orang. Ini adalah salah satu ikan predator akuarium besar yang bisa Anda dapatkan. Makhluk ini dapat mencapai ukuran yang mencengangkan dan membutuhkan akuarium besar agar tetap nyaman dalam jangka panjang.

Fakta Ikan Pbass

Meskipun spesies ini tidak terlalu sulit untuk dirawat, menemukan akuarium yang memadai untuk mereka bisa sulit. Karena ukuran pemangsa yang luar biasa ini, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam mengatur lingkungan perairan yang tepat, terutama karena mereka perenang yang cukup aktif dan gesit.

Peacock bass, sering disebut pbass, adalah spesies cichlid besar, terkenal karena naluri predator mereka, penampilan yang menakutkan, dan tubuh yang penuh corak dan warna. Jika Anda merasa bisa menangani peacock bass tetapi tidak tahu cara merawatnya, kami akan memberikan beberapa wawasan tentang kebutuhan perawatan ikan cichlid ini.

Kebutuhan Utama Ikan Peacock Bass

Meskipun mereka adalah cichlid, lupakan semua yang Anda ketahui tentang cichlid karena informasi itu tidak berlaku di sini. Peacock bass cukup agresif, besar, teritorial, dan predatori, tidak seperti kebanyakan cichlid yang mungkin pernah Anda lihat sejauh ini.

Saat menyetup akuarium yang ideal untuk peacock bass, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

Ukuran Akuarium

Peacock bass tumbuh hingga 60-70 cm, dengan beberapa laporan menyatakan ukuran lebih dari 75 cm. Secara alami, tidak semua cichlid ini akan mencapai ukuran ini. Beberapa akan tetap berada di kisaran panjang 30-35 cm, membuat situasi lebih nyaman dan mudah diatur. Namun peacock bass sangat agresif dan teritorial serta perenang yang sangat aktif.

Ini berarti mereka membutuhkan lebih banyak ruang daripada ikan berukuran biasa. Anda harus menyiapkan akuarium bervolume 250-300 liter untuk peacock bass berukuran 35 cm dan mempertimbangkan akuarium yang lebih besar untuk ikan yang lebih besar.

Jika Anda mendapatkan jenis speckled peacock bass, Anda sebaiknya menyiapkan akuarium 1.500-2.000 liter karena ini adalah spesies terbesar yang bisa Anda temukan. Cara menghitung volume air di akuarium: panjang x lebar x tinggi [cm] / 1000.

Belum lagi, peacock bass adalah makhluk yang cukup sosial, sehingga mereka dapat hidup damai dengan anggota lain dari jenisnya. Mereka juga memenuhi syarat untuk hidup di akuarium komunitas berisi berbagai jenis ikan, asalkan Anda mempertimbangkan beberapa aspek penting.

Jika Anda berencana untuk memasangkan peacock bass dengan peacock bass lain atau memperkenalkannya ke akuarium komunitas, Anda perlu menggunakan akuarium yang lebih besar. Masalah dengan peacock bass adalah, meskipun ikan ini secara umum tidak terlalu agresif, mereka sangat teritorial. Dan Anda tidak ingin ikan pemangsa sepanjang 70 cm ini menjadi agresif terhadap teman-teman seakuariumnya.

Parameter Air

Ukuran, tingkat pertumbuhan, dan kesehatan ikan peacock bass secara keseluruhan sangat bergantung pada kondisi air. Suhu adalah salah satu faktor terpenting dalam pengertian ini. Sebagai cichlid, pbass membutuhkan suhu yang stabil antara 24 sampai 30 °Celsius.

Kemi merekomendasikan menjaga suhu lingkungannya di atas 26 °C untuk memastikan ikan ini tetap nyaman. Air yang lebih hangat akan meningkatkan pertumbuhannya dan mendukung sistem pencernaannya, mengurangi risiko komplikasi pencernaan. Ini sebenarnya titik kritis, mengingat bagaimana peacock bass cichlid sangat rakus dan makan makanan dalam jumlah yang mengesankan.

Mengenai parameter air lainnya, tidak ada yang istimewa. Kimia air harus sedikit asam, antara 6,0 dan 7,0, dengan kesadahan air antara 5 dan 12 dGH. Pbass juga menikmati arus air yang tenang. Karena itu, kualitas air secara keseluruhan sangat penting untuk cichlid ini. Ini adalah predator raksasa yang makanannya hanya terdiri atas daging.

Wajar jika mereka akan menghasilkan banyak kotoran, terutama jika Anda memiliki beberapa ekor peacock bass di akuarium yang sama. Amonia dan nitrit akan meningkat secara dramatis di akuarium pbass mana pun tanpa perawatan yang tepat dan penggantian air secara teratur.

Ikan peacock bass mungkin kuat secara keseluruhan, tetapi itu tidak berarti mereka dapat menahan amonia. Kami merekomendasikan Anda menggunakan filter canister yang kuat untuk menjaga akuarium cichlid Anda tetap bersih dan sehat.

Pastikan Anda mendapatkan filter berkualitas yang mampu mengelola akuarium hingga 1.500 liter atau lebih. Anda tidak pernah tahu kapan Anda berencana untuk mengupgrade akuarium Anda, yang mana filter yang lebih besar akan berguna.

Baca Juga: Apakah Filter Akuarium Perlu Dimatikan di Malam Hari?

Substrat

Di satu sisi, segala bentuk substrat, batu, kerikil, pasir, dan lainnya akan menampung bakteri menguntungkan yang menyediakan filtrasi biologis aktif. Di sisi lain, ini semua juga dapat menyembunyikan kotoran ikan dan bahan organik mati yang akan meningkatkan kadar amonia air. Banyak aquarist menyetup akuarium tanpa dasaran karena sangat mudah dibersihkan dan dirawat dalam jangka panjang.

Peacock bass Anda tidak tertarik pada dasar akuarium karena mereka tidak menggali di sekitar substrat atau mengubur diri di pasir. Kami sarankan untuk menjaga akuarium tetap bersih dari segala bentuk substrat. Itu membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan dan akan memudahkan cichlid Anda mengambil makanan tenggelam jika mencapai dasar.

Jika Anda peduli dengan estetika akuarium, jangan ragu untuk bereksperimen dengan jenis substrat lainnya. Kami merekomendasikan pasir karena pasir mencegah kotoran ikan mengendap dan tidak memengaruhi kemampuan cichlid Anda untuk makan. Misalnya, kerikil kecil bermasalah karena peacock suka mencari sisa makanan yang tenggelam di lantai akuarium.

Mereka mungkin menyedot beberapa partikel halus kerikil beserta makanan dan meludahkan semuanya, mempengaruhi kemampuan mereka untuk makan dengan benar. Jika pasir terlalu polos atau Anda merasa ini terlalu sulit untuk dibersihkan, letakkan sebongkah batu besar di sekitar lantai akuarium. Pastikan ada cukup ruang untuk berenang di antara keduanya agar semuanya lebih mudah dibersihkan.

Tanaman

Tidak ada tanaman atau vegetasi yang dibutuhkan atau wajib ada. Ikan peacock bass tidak masalah dengan keberadaan tanaman di akuariumnya meski mereka karnivora eksklusif. Tetapi pbass dapat menghancurkannya melalui ukuran tipis dan gaya berenang melesat.

Cichlid ini besar dan kuat dan akan sering melesat melalui akuarium, terutama selama waktu makan. Tubuh berotot mereka akan mengubahnya menjadi torpedo, siap menjatuhkan dan menghancurkan apa pun yang menghalangi jalannya, terutama tanaman.

Mereka juga tidak membutuhkan tanaman karena mereka tidak perlu bersembunyi dari teman seakuarium lainnya. Bagaimanapun, mereka adalah alpha.

Baca Juga: 6 Pilihan Tanaman Air Terbaik untuk Ikan Cichlid

Peralatan

Harga ikan peacock bass

Filter mutlak diperlukan, mengingat berapa banyak kotoran yang dihasilkan ikan cichlid ini. Hal yang sama berlaku untuk heater karena peacock bass membutuhkan air hangat, lebih dari 26 °C. Masalah sebenarnya terletak pada efektivitas peralatan.

Anda mungkin perlu membeli peralatan akuarium yang kuat untuk menangani semua volume air itu secara efektif. Banyak pemilik peacock bass mengandalkan dua buah filter dan dua buah heater untuk menyeimbangkan parameter air secara seragam dan andal. Pelajari ini dengan cermat dan pilih peralatan akuarium yang paling sesuai dengan situasi Anda.

Makanan

Ikan peacock bass remaja membutuhkan beberapa sesi makan setiap hari, yang terdiri atas makanan kaya protein sedang. Ikan dewasa akan baik-baik saja dengan dua porsi makan lebih besar setiap hari. Untuk jenis makanan, peacock bass suka makanan hidup. Secara teoritis, Anda dapat mengajari peacock untuk memakan pelet, tetapi itu agak sulit.

Ikan ini dimaksudkan untuk berburu, membunuh, dan memakan apapun yang berenang di lingkungannya, selama muat di mulutnya. Kami menyarankan hanya memberi makan peacock bass makanan hidup, terutama cacing darah, krill, udang, dan apa pun yang mengandung protein hewani.

Tapi karena peacock bass adalah predator terkenal, cara terbaik untuk memberi mereka makan adalah dengan menggunakan ikan kecil. Faktanya, ini adalah cara para pemilik pbass berpengalaman memberi makan ikan predator mereka. Ikan kecil seperti guppy adalah pilihan yang sempurna karena tingkat pertumbuhannya yang cepat dan pembiakan yang subur, tetapi ikan kecil apa pun juga bisa.

Anda dapat menyetup satu atau beberapa akuarium ikan pakan di mana Anda dapat menumbuhkan dan membiakkan berbagai ikan untuk peacock bass Anda. Hasilnya jelas akan sepadan dengan perjuangannya. Pbass Anda akan sangat bahagia untuk berburu ikan di sekitar akuarium mereka, dan Anda bisa menikmati tontonan itu di rumah. Latihan berburu akan membuat pbass Anda tetap sehat dan energik serta cukup makan.

Pastikan untuk hanya memberi mereka ikan pakan yang Anda ternak sendiri. Ikan kecil yang dibeli di toko dapat membawa parasit dan penyakit yang dapat mempengaruhi peacock Anda dalam prosesnya.

Teman Seakuarium (Tankmate)

Kecil kemungkinan Anda akan menemukan ruangan untuk menampung cichlid peacock bass bersama dengan spesies ikan lainnya. Tapi itu masih bisa dilakukan. Jika Anda memutuskan bahwa peacock bass Anda membutuhkan beberapa teman, ikuti panduan umum berikut:

  • Ikan harus cukup besar agar pbass Anda dapat mengabaikannya sebagai makanan potensial (sebaiknya 25 cm ke atas)
  • Ikan seharusnya tidak membutuhkan area persembunyian atau gua untuk mundur
  • Mereka harus mengikuti energi peacock bass
  • Mereka sebaiknya memberi peacock bass ruang yang diperlukan untuk melakukan kegiatannya

Dalam hal ini, Anda memiliki beberapa spesies ikan yang memenuhi persyaratan ini, di antaranya:

Ikan Pari

Ini akan menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium Anda, asalkan Anda memiliki ruang yang cukup untuk mereka. Anda jelas perlu memiliki akuarium yang lebih besar, mengingat ikan pari air tawar berdiameter antara 25 sampai 75 cm. Pilihlah yang berukuran wajar.

Ikan pari adalah penghuni area bawah, jadi mereka akan memberi pbass Anda semua ruang yang mereka butuhkan dan kemungkinan besar tidak akan pernah berinteraksi satu sama lain. Dua masalah utama dengan ikan pari adalah bahwa mereka agak mahal dan rewel dengan kualitas air. Poin terakhir bukanlah pertanda baik bagi pbass, mengingat betapa berantakannya cichlid yang satu ini.

Peacock Lainnya

Peacock bass dapat dengan mudah hidup damai berdampingan dengan sesamanya. Mereka hanya perlu memiliki ruang yang cukup untuk mencegah pertarungan teritorial. Dan yang paling penting, pastikan untuk memberi mereka makan dengan benar. Pbass dikenal suka bersaing memperebutkan makanan, terutama saat langka. Jika tidak ada cukup makanan untuk mereka semua, mereka mungkin akan mulai berkelahi.

Arwana

Ini adalah monster air lain yang pas di akuarium peacock bass Anda. Arwana adalah karnivora, ikan predator yang dapat tumbuh lebih dari 1 meter. Satu arwana kemungkinan besar akan membutuhkan setidaknya 500-600 liter air, terutama karena ikan tersebut menunjukkan tingkat pertumbuhan yang mencengangkan.

Arwana yang sehat dapat tumbuh hingga 5 cm per bulan. Ikan ini cepat, agresif, dan, seperti pbass, akan membunuh dan memakan apa saja yang muat di mulutnya. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa arwana adalah pelompat yang hebat, jadi tutup akuarium Anda untuk mencegah mereka melarikan diri dari atas.

Datnoid

Ikan datz atau datnoid umumnya damai, tetapi merupakan predator teritorial dan energik yang dapat tumbuh hingga 40 cm dengan perawatan yang optimal. Datnoid juga dikenal sebagai Siamese tigerfish dan terdiri atas beberapa subspesies, yang penampilannya agak mirip.

Hanya sedikit ikan yang terlihat lebih kejam daripada datnoid, dengan mulut memanjang seperti predator dan sirip punggung runcingnya. Ini akan menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium peacock bass Anda, asalkan Anda memiliki ruang untuk mereka.

Datnoid dewasa membutuhkan sekitar 500-600 liter air dengan ukuran 35 cm. Datnoid berukuran 40 cm bahkan mungkin membutuhkan 700 liter air, tergantung seberapa aktifnya.

Ada beberapa spesies ikan lain yang bisa menjadi teman seakuarium yang tepat untuk ikan peacock bass Anda. Persyaratan utama adalah ukuran. Ikan yang lebih kecil akan segera menjadi mangsa naluri predatori yang berlebihan dari pbass Anda.

Penting juga untuk hanya mempertimbangkan predator karnivora. Ini akan memudahkan Anda untuk memberi makan semua ikan, alih-alih mencari sumber makanan yang berbeda untuk spesies yang berbeda. Dan selalu pertimbangkan ukuran akuarium. Peacock bass bisa menjadi ganas jika mereka tidak memiliki ruang yang diperlukan untuk beraktivitas.

Penyakit

Gambar ikan peacock bass

Sebagai ikan air tawar, peacock bass rentan terhadap gangguan biasa yang dihadapi semua ikan air tawar. Ini meliputi sindrom HITD (Lubang di Kepala), ich, penyakit gelembung renang, dan lain-lain.

Peacock Anda akan memberi tahu Anda dengan cukup cepat bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Jika pbass Anda menunjukkan nafsu makan yang berkurang, lesu, agresivitas yang luar biasa, ruam kulit, parasit eksternal, atau pola berenang yang tidak menentu, Anda harus bertindak cepat. Kondisi ini dapat berubah menjadi mematikan dan menyebar ke ikan lain dengan sangat cepat.

Untuk untuk mengobati mereka, pertimbangkan langkah-langkah berikut:

Karantina Peacock Bass yang Sakit

Selalu karantina peacock bass Anda, terutama karena Anda tidak dapat langsung mengetahui apa masalahnya. Banyak kondisi ikan menunjukkan gejala yang tumpang tindih, membuat Anda salah mendiagnosis masalahnya.

Karantina ikan juga akan melindungi ekosistem utama dan menjaga gangguan agar tidak menyebar ke ikan lain. Pastikan akuarium karantina dioptimalkan untuk peacock Anda dalam hal parameter air dan ruang.

Pastikan Kondisi Air Optimal

Anda mungkin perlu melakukan penggantian air parsial setiap hari selama fase perawatan. Peacock adalah ikan yang sangat berantakan, terutama karena makanannya yang kaya protein. Kami sarankan membuang kotoran ikan dan sisa makanan sesegera mungkin untuk mencegah penumpukan amonia dan nitrit. Melakukannya akan memungkinkan peacock Anda pulih lebih cepat serta tetap tenang dan bahagia selama perawatan.

Berikan Makanan Seimbang

Peacock bass Anda membutuhkan makanan selama fase perawatan. Tidak masalah jika ikan tidak mau makan selama 2-3 hari pertama. Itu normal ketika berhadapan dengan infeksi parasit atau masalah kesehatan yang tidak nyaman. Jika perawatannya berjalan dengan baik, nafsu makan peacock Anda akan segera pulih.

Gunakan Obat-obatan

Obat yang digunakan tergantung pada kondisi alami yang dialami ikan Anda. Kami menyarankan untuk berdiskusi dengan aquarist atau breeder yang sudah berpengalaman untuk mengetahui obat yang bisa bekerja optimal.

Garam Ikan

Menggunakan garam ikan akan mendukung produksi lendir alami yang membantu penyembuhan. Poin ini bekerja mirip dengan langkah sebelumnya. Selalu baca aturan pakainya di kemasan.

Aspek terpenting dalam menangani gangguan ikan adalah pencegahan. Tujuannya adalah untuk memberi ikan Anda kondisi air yang optimal dan makanan bergizi untuk mencegah gangguan sejak awal. Jika itu tidak memungkinkan, setidaknya pastikan melakukan perawatan dini sebelum kondisinya memburuk.

Tanya Jawab Tentang Ikan Peacock Bass

Seberapa Besar Peacock Bass Tumbuh?

Spesies terbesar, speckled peacock bass, bisa mencapai sekitar 75 cm dan beratnya sekitar 13 kg saat dewasa. Ikan seperti itu membutuhkan banyak ruang, kemungkinan besar lebih dari 1.500 liter. Spesies lain lebih kecil, bahkan sekecil 30 cm. Namun karena sifat ikan yang sangat energik, peacock bass seperti itu masih membutuhkan setidaknya 400 liter air di akuariumnya.

Bagaimanapun, peacock bass tumbuh dengan proporsi yang mencengangkan dan mereka adalah ikan yang kuat dan aktif.

Berapa Lama Peacock Bass Hidup?

Ikan peacock bass hidup hingga 10 tahun di penangkaran dengan perawatan yang optimal dan makanan yang memuaskan. Karena ini adalah umur maksimum, Anda bisa mengharapkan pbass Anda hidup sekitar 6-8 tahun. Cichlid ini dapat mencapai umur 15 tahun atau lebih dalam beberapa kasus luar biasa di alam liar.

Biasanya ini tergantung pada latar belakang genetik ikan, seberapa baik mereka mengatasi penyakit dan parasit, dan parameter lingkungannya secara keseluruhan. Peacock bass akan hidup cukup lama dengan ruang yang cukup, kondisi air yang optimal, dan makanan bergizi di penangkaran.

Jadi, semuanya ada di tangan Anda untuk meningkatkan umur cichlid Anda karena Anda memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kualitas hidupnya.

Apakah Peacock Bass Agresif?

Ya, mereka cukup agresif. Mereka adalah cichlid, jadi wajar mereka memiliki tingkat agresivitas tertentu. Meskipun mereka tidak akan berlebihan dengan kekerasan, peacock bass akan menggunakan kekuatan untuk mengintimidasi pesaing mana pun yang mengancam dominasi teritorial atau sumber makanan mereka. Ini tentu menjadi masalah melihat seberapa besar dan kuat cichlid ini.

Anda harus mengurangi perilaku kekerasan mereka dan mencegah perkelahian sebanyak mungkin. Ada beberapa cara untuk melakukannya, di antaranya:

Meningkatkan Ukuran Akuarium

Jika tidak ada cukup ruang untuk berenang, cichlid Anda akan menjadi lebih mudah marah, menunjukkan kecenderungan yang meningkat untuk menyerang teman seakuariumnya. Peacock bass yang sangat besar akan membutuhkan ruang yang sangat besar untuk merasa nyaman, terutama karena cichlid ini sangat energik dan teritorial.

Pertimbangkan Teman Seakuarium

Teman seakuarium berukuran kecil tidak boleh dipilih. Bukan karena mereka akan memicu agresi peacock bass, tetapi karena mereka akan dimakan. Anda perlu tankmate berukuran lebih dari 35 cm hanya supaya aman. Pbass terlalu predatori dan rakus untuk memangsa ikan kecil di dekat mereka.

Pertahankan Kualitas Air

Ikan peacock bass adalah pemakan yang berantakan dan akan menghasilkan banyak kotoran, dengan gaya khas cichlid, tentu saja. Jika kualitas air turun terlalu banyak, cichlid ini akan menjadi lebih mudah marah, meningkatkan risiko kekerasan yang mematikan. Pasang sistem filtrasi yang kuat, bersihkan habitatnya secara teratur, dan lakukan penggantian air mingguan untuk memastikan lingkungan mereka tetap bersih dan aman.

Secara umum, peacock bass digolongkan sebagai cichlid semi-agresif, tapi mereka juga sangat besar dan kuat. Jadi, agresi apa pun di pihak mereka dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi teman seakuarium mereka.

Apakah Peacock Bass Baik untuk Pemula?

Tergantung. Ikan peacock bass tidak selalu sulit untuk dirawat, tetapi seorang aquarist pemula mungkin agak kewalahan merawat ikan seagresif ini. Jika Anda bisa, maka tidak ada alasan Anda tidak bisa merawat pbass.

Sebagai cichlid, ikan ini memiliki kebutuhan yang cukup sederhana. Mereka membutuhkan kondisi air tropis, parameter stabil, dan makanan kaya protein 2-3 kali sehari, tergantung pada ukuran dan nafsu makannya.

Namun jika Anda benar-benar tidak memiliki pengalaman dalam hobi memelihara ikan, khususnya ikan predator, kami sarankan untuk menghindari peacock bass. Cichlid umumnya sedikit lebih rewel dalam hal kualitas air dan pemeliharaan lingkungan, dan Anda mungkin tidak siap dengan semua itu.

Kesimpulan

Ikan peacock bass adalah salah satu ikan akuarium paling galak dan paling kuat yang dapat Anda temukan. Ini adalah predator puncak di alam liar dan membawa gelar yang sama di dunia akuarium. Anda tidak perlu khawatir tentang ikan apa pun yang dapat melukai peacock bass Anda karena ini biasanya bekerja sebaliknya.

Pilih pasangan seakuarium mereka dengan hati-hati karena cichlid ini akan melahap apa pun yang cukup kecil untuk masuk mulutnya. Tapi terlepas dari sisi agresif itu, peacock bass adalah ikan yang cantik dan mengagumkan untuk dipelihara di akuarium air tawar di rumah.

Komentar Anda