Daftar Penyebab Ikan Anda Tidak Mau Makan dan Solusinya

Jika Anda baru saja pulang kerja dan melihat ikan Anda di akuarium tidak mau makan, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini terjadi. Ini bisa menjadi pertanda yang mengkhawatirkan karena artinya ikan Anda mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk bertahan hidup.

Ikan mogok makan

Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan “Mengapa ikan saya tidak mau makan?” Kami juga akan memberikan beberapa solusi untuk membantu ikan Anda kembali semangat untuk makan.

-==o==-

Hal pertama yang perlu diteliti saat ikan Anda tidak mau makan adalah pola makannya. Ikan adalah omnivora dan membutuhkan materi hewani dan nabati dalam makanan mereka untuk berkembang. Jika ikan Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, mereka mungkin tidak akan tertarik pada makanan.

Pastikan Anda memberi ikan Anda makanan seimbang yang mencakup bahan nabati dan hewani. Anda dapat melakukan ini dengan memberi makan ikan Anda berbagai jenis makanan, seperti pelet, serpih, makanan beku-kering, dan makanan hidup.

Jika Anda tidak terlalu paham dengan jenis makanan terbaik untuk ikan Anda, mintalah saran dari sesama penghobi di forum online, breeder, atau toko ikan hias tempat Anda membeli. Mereka akan memberi tahu Anda makanan mana yang terbaik untuk jenis ikan tertentu Anda.

Jika saat ini Anda memberi makan ikan dengan jenis makanan yang salah, atau jika pola makannya tidak seimbang, perlahan-lahan alihkan ke pola makan yang lebih tepat. Ini akan membantu ikan Anda mau makan lagi.

Apa pun alasannya, penting untuk tidak panik jika ikan Anda mogok makan. Ada banyak kemungkinan solusi untuk masalah ini dan kebanyakan solusinya relatif mudah diterapkan.

Daftar Penyebab Ikan Berhenti Makan

Cedera atau Sakit

Ada beberapa alasan mengapa ikan Anda tidak mau makan. Salah satu kemungkinannya adalah ikan tersebut sakit atau terluka. Jika ini masalahnya, Anda perlu mengobati ikan Anda atau membawanya ke klinik hewan untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkannya.

Mengapa Ikan Akuarium Terluka?

Ada sejumah penyebab ikan bisa terluka di akuarium. Jika akuarium memiliki banyak ikan teritorial, mereka mungkin akan berkelahi untuk mempertahankan wilayahnya. Ikan juga bisa secara tak sengaja melukai dirinya sendiri karena tergores hiasan di akuarium yang ujungnya tajam.

Stres atau Depresi

Salah satu penyebab yang paling umum ikan mogok makan adalah stres atau depresi. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kesepian atau akuarium yang kotor. Jika menurut Anda ikan Anda stres, maka kondisikan akuarium Anda dengan menambahkan ikan (atau kelompok ikan) ramah lainnya ke akuarium.

Juga, jangan campur ikan Anda yang damai dengan ikan yang agresif. Jika Anda memelihara ikan agresif, sediakan banyak tempat persembunyian di dalam akuarium.

Akuarium Terlalu Ramai Penghuni

Salah satu alasan umum lainnya ikan berhenti makan adalah akuarium yang terlalu ramai penghuninya. Ketika ada terlalu banyak ikan di dalam akuarium, itu dapat menyebabkan persaingan untuk mendapatkan makanan dan menguasai wilayah.

Hal ini dapat menyebabkan stres pada beberapa ikan, yang dapat memicu mereka berhenti makan. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda harus mengurangi jumlah ikan di akuarium Anda. Sebelum membeli ikan apa pun, Anda harus mempelajari kebutuhan ruangnya. Jangan memelihara terlalu banyak ikan di dalam akuarium yang berukuran kecil.

Suhu Air Terlalu Rendah

Ikan hias

Jika suhu air di akuarium Anda terlalu rendah, itu juga dapat menyebabkan ikan Anda berhenti makan. Saat air dingin, metabolisme ikan melambat dan menjadi kurang aktif. Jika Anda rasa suhu air di akuarium terlalu rendah, Anda dapat mencoba menghangatkannya menggunakan heater.

Air hangat membuat metabolisme ikan meningkat, tetapi di sisi lain metabolisme yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ikan Anda mengalami banyak masalah kesehatan. Setiap ikan memiliki kebutuhan suhu air yang berbeda-beda, dan Anda harus menjaga suhu air tetap ideal untuk spesies ikan yang Anda miliki.

Pola Makan yang Salah

Alasan lain yang mungkin membuat ikan Anda tidak mau makan adalah pola makannya. Jika ikan tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, dia mungkin berhenti makan untuk menghemat energi. Anda dapat mencoba menambahkan berbagai makanan ke dalam akuarium untuk memberi ikan pola makan yang lebih seimbang.

Jika Anda tidak tahu harus memberi makan ikan Anda dengan makanan apa, Anda dapat membeli makanan ikan komersial atau membuat pakan sendiri menggunakan resep dari internet. Pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya jika Anda tidak paham dengan kebutuhan nutrisi ikan dan jenis makanan apa yang terbaik untuk spesies ikan Anda.

Air Akuarium Kotor

Air di dalam akuarium yang kotor juga membuat ikan malas akan. Jika akuarium tidak bersih, ikan bisa stres dan berhenti makan. Anda harus membersihkan akuarium secara teratur untuk menghindari masalah ini. Selalu jaga kualitas air akuarium Anda dan awasi pertumbuhan alga di sana.

Bagaimana Air Akuarium Menjadi Kotor?

Ada banyak penyebab air akuarium menjadi kotor. Salah satu alasan utama adalah Anda tidak memasang filter yang baik. Jika Anda tidak mengganti air secara teratur, air juga bisa menjadi kotor seiring waktu.

Infeksi

Wabah bakteri juga dapat menyebabkan ikan Anda tidak mau makan. Pisahkan ikan yang terinfeksi segera dan masukkan ke dalam akuarium karantina. Jika ikan Anda tidak mau makan karena infeksi, Anda harus mengobatinya dengan obat komersial yang banyak dijual di toko ikan hias.

Bagaimana Infeksi Masuk ke Akuarium?

Ada banyak cara ikan Anda terinfeksi di akuarium. Jika Anda meletakkan kayu apung tanpa membersihkannya dengan benar, kayu apung itu mungkin mengandung bakteri. Batu dan kerikil yang tidak dibersihkan dengan benar juga dapat menyebabkan infeksi.

Salah Memilih Jenis Makanan

Jenis makanan yang tidak benar juga akan menyebabkan ikan menolak makan. Saat memberi makan ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang terpenting adalah tidak semua ikan sama dan tidak semua ikan akan mau memakan makanan yang sama.

Sebelum membeli ikan Anda, Anda harus tahu tentang kebutuhan makan mereka, sehingga Anda dapat memberi mereka makanan yang mereka butuhkan untuk berkembang sehat dan bahagia.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa memberi makan ikan Anda secara berlebihan bisa sama berbahayanya dengan kurang memberi mereka makan. Ketika Anda memberi makan ikan secara berlebihan, ikan dapat dengan cepat menjadi kelebihan berat badan dan berhenti makan sama sekali.

Komentar Anda