13 Jenis Anjing Jepang Paling Lucu, Manis, dan Setia

Pulau Jepang adalah rumah bagi beberapa ras anjing yang mengesankan. Banyak dari ras ini sangat langka di luar Jepang, meskipun yang lain sudah sangat populer di luar negeri. Beberapa ras bahkan memiliki kisah luar biasa yang menjadi legenda, yang mengisahkan keberanian atau kesetiaan mereka.

Anjing Jepang Lucu

Di Jepang, perubahan besar mulai terjadi pada tahun 2003 ketika anjing mulai menjadi alternatif yang lebih disukai daripada anak-anak bagi banyak orang Jepang. Sejak itu, jumlah anjing dan kucing di pulau itu telah berkembang melebihi jumlah anak-anak dan popularitas hewan peliharaan masih terus meningkat.

Sementara ras anjing Jepang semakin populer di seluruh dunia, mereka juga telah booming di negara asal mereka. Jadi mari kita lihat 13 ras anjing asal Jepang ini dan cari tahu apa yang membuat orang Jepang begitu tertarik dengan anjing mereka.

Trah Anjing Asli Jepang

1. Shiba Inu

Anjing Jepang Shiba Inu

Kami merangking Shiba Inu di posisi teratas karena alasan yang bagus; mereka adalah jenis anjing Jepang paling populer di dunia. Trah ini juga merupakan wajah dari serangkaian meme populer yang masih digunakan sampai sekarang (“Doge”) dan bahkan menjadi nama koin krypto (koin Shiba Inu).

Shiba Inu adalah jenis anjing yang sangat mandiri dan tidak terlalu penyayang seperti kebanyakan anjing Barat. Tetapi mereka adalah teman yang sangat baik dan bahkan dapat hidup nyaman di ruang kecil seperti apartemen, yang merupakan bagian dari alasan peningkatan popularitas mereka yang besar.

2. Akita

Anjing Jepang Akita

Teritorial dan seringkali agresif, Akita tidak cocok dengan anjing lain. Konon mereka adalah salah satu ras anjing paling setia di planet ini. Ada cerita terkenal tentang seekor Akita bernama Hachiko yang berjalan ke stasiun kereta api bersama pemiliknya setiap pagi untuk mengantarnya pergi bekerja.

Ketika pemiliknya meninggal dunia, Hachiko tetap pergi ke stasiun itu setiap hari untuk menunggunya selama lebih dari 10 tahun sampai dia mati, masih setia menunggu tuannya di stasiun kereta. Orang Jepang menghormati Hachiko dengan mendirikan patung di sana.

3. Tosa Inu

Anjing Jepang Tosa Inu

Anjing besar ini juga dikenal sebagai Japanese Mastiff karena ukurannya yang besar. Anjing yang selalu ingin menyenangkan pemiliknya ini dapat mencapai ukuran yang mengesankan hingga 90 kg.

Tetapi mereka memiliki sejarah yang menyedihkan. Tosa Inu awalnya dibiakkan untuk menjadi anjing petarung terbaik saat adu anjing menjadi olahraga yang sangat populer di Jepang. Mereka sangat berhati-hati terhadap anjing lain dan mungkin bereaksi dengan agresif terhadap orang asing. Sayangnya, jenis langka ini dilarang di beberapa negara.

4. Japanese Terrier

Anjing Jepang Japanese Terrier

Juga disebut Nippon atau Oyuki Terrier, Japanese Terrier adalah jenis anjing mini berpola warna unik yang bisa menjadi teman yang sangat baik. Mereka adalah hewan peliharaan kecil yang menggemaskan dan penyayang yang membentuk ikatan kuat dengan satu individu.

Japanese Terrier masih dapat hidup dengan baik dengan anggota keluarga lain dan bahkan hewan peliharaan lainnya. Tetapi sifat posesif anjing ini dapat menyebabkan agresi jika mereka melihat hewan lain mendapatkan terlalu banyak perhatian dari orang tersebut.

5. Japanese Spitz

Anjing Jepang Japanese Spitz

Anjing pendamping compact ini dibiakkan di Jepang pada tahun 1920-an. Japanese Spitz santai, penuh kasih, dan menjadi teman yang sangat baik, yang merupakan alasan mengapa mereka semakin populer. Plus, mereka sangat lucu menggemaskan, dengan bulu putih puffy yang jauh lebih mudah dirawat daripada yang Anda bayangkan ketika melihatnya!

6. Hokkaido Inu

Anjing Jepang Hokkaido Inu

Pulau terbesar kedua di Jepang, Hokkaido, adalah rumah bagi Hokkaido Inu, ras anjing yang sangat mirip dengan Shiba Inu atau Akita. Mereka memiliki bulu tebal berlapis ganda yang dimaksudkan untuk membuat mereka tetap hangat saat berburu panjang. Hokkaido Inu awalnya dibesarkan oleh suku Ainu pada tahun 1140 SM. Menariknya, mereka adalah satu-satunya ras Jepang yang memiliki lapisan bulu ganda.

7. Japanese Chin

Anjing Jepang Japanese Chin

Juga disebut sebagai Japanese Spaniel, Japanese Chin adalah anjing pendamping kecil yang telah lama populer di kalangan kelas penguasa dan bangsawan Jepang. Mereka secara alami memiliki mata juling dan lapisan bulu bawah yang bisa memakan waktu hingga dua tahun untuk tumbuh sepenuhnya.

Trah Japanese Chin juga dikenal karena mampu melakukan banyak trik, di situlah mereka mendapat nama ini karena “chin” berarti “melakukan banyak trik” dalam bahasa Jepang.

8. Shikoku

Anjing Jepang Shikoku

Dianggap sebagai harta nasional Jepang, jenis anjing ini sangat langka dan sulit ditemukan, bahkan di pulau asal mereka. Sepupu dari Shiba Inu, Shikoku cenderung lebih mudah untuk ditangani dan dilatih. Mereka juga dikenal lebih ramah terhadap anjing lain karena mereka memiliki sedikit dorongan memangsa alami, meskipun mereka awalnya digunakan untuk berburu hewan liar seperti babi hutan.

9. Kishu Ken

Anjing Jepang Kishu Ken

Sulit untuk mengatakan apakah ini benar, tetapi menurut legenda Jepang, Kishu Ken adalah keturunan serigala modern langsung. Dari temperamen mereka, itu mungkin benar. Anjing ini cenderung lebih impulsif daripada ras lain dengan dorongan kuat untuk berburu, yang membuat mereka berbahaya di sekitar hewan peliharaan lain. Mereka dikenal berani dan mandiri; sifat yang bagus untuk pemburu. Tetapi kemandirian anjing ini dapat membuat mereka sulit untuk dilatih.

10. Kai Ken

Anjing Jepang Kai Ken

Dengan pola alami belang hitam dan oranye, mudah untuk melihat mengapa Kai Ken mendapat julukan “anjing harimau.” Mereka awalnya dibiakkan sebagai pemburu di daerah pegunungan Jepang, yang membantu mereka menjadi kuat dan cepat; sifat-sifat yang diperlukan saat berburu babi hutan, rusa, dan unggas.

Bahkan hingga hari ini, dorongan berburu yang kuat ini terus berlanjut secara mandiri, yang dapat membuat anjing Kai Ken agak sulit untuk dilatih, meskipun mereka adalah pembelajar yang cepat.

11. Ryukyu Inu

Anjing Jepang Ryukyu Inu

Tenang namun berani, Ryukyu Inu memiliki penampilan yang mirip dengan Kai Ken dengan pola bulu belang hitam dan oranye kecoklatan. Diyakini bahwa mereka dibesarkan di bagian selatan pulau untuk berburu babi hutan. Yang paling menarik dari trah ini adalah mereka benar-benar dapat memanjat pohon untuk mendapatkan titik pandang yang lebih baik untuk melacak mangsa berkat cakar unik yang mereka kembangkan.

12. Sanshu Inu

Anjing Jepang Sanshu Inu

Trah ini dikembangkan pada awal 1900-an dengan mencampurkan Chow Chow, anjing Jepang kuno yang disebut Aichi, dan beberapa ras Inu Jepang lainnya. Mereka terlihat sangat mirip dengan Shiba Inu atau Akita, tetapi mereka memiliki ekor yang lebih lurus daripada jenis Inu lainnya.

Sanshu Inu dikenal sebagai anjing penjaga yang sangat baik, meskipun mereka juga merupakan teman yang penuh kasih. Tapi sulit menemukan Sanshu Inu di luar Jepang karena mereka sangat langka.

13. Sakhalin Husky

Anjing Jepang Sakhalin Husky

Anda tidak memiliki banyak kesempatan untuk menemukan salah satu ras anjing Jepang yang langka ini. Satu-satunya breeder trah ini meninggal dunia pada tahun 2012 saat hanya ada dua ekor Sakhalin Husky asli yang tersisa di Jepang.

Untungnya, ada sejumlah anjing yang masih hidup di Pulau Sakhalin, tetapi mungkin tidak ada yang tersisa di penangkaran. Konon dua dari mereka bertahan setahun penuh di Antartika setelah ekspedisi yang gagal membuat mereka terdampar.

Kesimpulan

Mungkin tidak banyak ras anjing Jepang yang bisa Anda pilih, tapi itu tidak berarti Anda kekurangan pilihan. Dari Akita yang sangat setia dan pemberani hingga Shiba Inu yang sangat populer yang cocok untuk tinggal di apartemen, ada beberapa ras Jepang yang bagus untuk Anda pelihara di rumah.

Perlu diingat, beberapa ras ini akan sangat sulit ditemukan di luar Jepang, dan beberapa bahkan akan sulit ditemukan di Jepang sendiri! Jadi jika Anda ingin mengadopsi salah satu ras Jepang ini ke keluarga Anda, Anda mungkin harus mulai mencarinya dari sekarang karena mungkin Anda butuh banyak waktu untuk menemukannya!

Komentar Anda