12 Jenis Anjing yang Berperilaku Paling Baik

Siapa pun yang pernah memiliki anjing tahu betapa besarnya kebahagiaan yang dihadirkan hewan-hewan ini dalam hidup Anda. Namun memiliki anjing bukannya tanpa tantangan, dan masalah perilaku sering kali menjadi alasan utama orang memberikan atau menelantarkan hewan peliharaan mereka.

Anjing Berkelakuan Baik

Ini sangat disayangkan, karena anjing mana pun dapat diajari untuk berperilaku baik. Pada kenyataannya, banyak masalah perilaku berasal dari ketidakmampuan pemiliknya untuk melatih atau mensosialisasikan hewan peliharaannya dengan tepat. Tapi konon beberapa ras anjing memang lebih sulit untuk dipelihara daripada yang lain.

Jadi, jika Anda mencari anjing pertama atau Anda tidak yakin dengan kemampuan pelatihan Anda, mungkin disarankan untuk mencari jenis yang relatif mudah untuk dipelihara dan secara alami cenderung berperilaku baik. Untuk membantu Anda menentukan pilihan, berikut adalah daftar 12 ras anjing yang berperilaku paling baik.

1. Golden Retriever

Gambar Anjing Golden Retriever

Golden Retriever adalah jenis anjing yang sangat populer yang awalnya dikembangkan di Skotlandia pada abad ke-19 sebagai anjing pemburu. Meski masih digunakan untuk tujuan ini, Golden Retriever sekarang jauh lebih mungkin ditemukan tinggal di rumah sebagai hewan peliharaan keluarga alih-alih berburu di lapangan.

Golden Retriever dipuja di seluruh dunia karena kepribadian mereka yang sangat ramah, kecintaan mereka untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, dan temperamen mereka yang tenang. Golden Retriever umumnya berteman dengan semua orang yang mereka temui, yang menunjukkan kepribadian mereka yang sebenarnya dan alasan kenapa mereka bukan anjing penjaga yang baik.

Ditambah fakta bahwa mereka mudah dilatih dan sama sekali tidak agresif, maka Anda akan paham mengapa mereka dianggap sebagai salah satu ras anjing yang berperilaku paling baik.

2. Labrador Retriever

Gambar Anjing Labrador Retriever

Seperti Golden Retriever, Labrador Retriever adalah hewan peliharaan keluarga yang sangat populer yang dikenal karena sikap tenang dan perilaku baiknya. Dianggap sebagai salah satu ras anjing yang paling serbaguna, Labrador digunakan secara luas sebagai anjing pembantu tunanetra, anjing terapi, anjing pendeteksi obat dan bahan peledak, dan berbagai peran lainnya.

Trah ini sangat cerdas, akan merespons pelatihan dengan sangat baik, dan mampu beradaptasi dengan mulus ke hampir semua lingkungan tempat tinggal domestik. Mereka juga sangat setia, umumnya tidak agresif, dan dengan mudah masuk daftar ini sebagai salah satu ras anjing yang berkelakuan paling baik.

3. Beagle

Gambar Anjing Beagle

Beagle adalah anjing kecil yang awalnya dibiakkan untuk berburu, tetapi sekarang paling dikenal karena penggunaannya sebagai anjing pelacak oleh petugas bea cukai di pelabuhan dan bandara atau anjing pengendus polisi. Sebagai trah yang sangat tua, catatan paling awal yang diketahui tentang anjing jenis Beagle berasal lebih dari 2.000 tahun lalu ke masa Yunani kuno.

Berani, cerdas, dan bertemperamen baik, Beagle relatif mudah dilatih dan secara alami merupakan anjing yang tenang. Meskipun mereka bisa sedikit keras kepala, Beagle sangat baik di sekitar anak-anak dan merupakan pilihan yang tepat ketika Anda mencari ras anjing yang berperilaku paling baik.

4. Boston Terrier

Gambar Anjing Boston Terrier

Sesuai namanya, Boston Terrier dikembangkan di Boston, Massachusetts. Awalnya dibiakkan sebagai persilangan antara English Bulldog dan White English Terrier, trah ini secara resmi diakui dan diterima American Kennel Club pada 20 Februari 1893.

Anjing kecil Boston Terrier memiliki bulu pendek dan halus dan merupakan jenis yang mudah dirawat. Mereka memiliki kepribadian yang ramah dan lincah dan dikenal karena watak dan kecerdasan mereka yang stabil.

Boston Terrier bisa menjadi anjing pendamping dan hewan peliharaan keluarga yang sangat baik. Mereka umumnya anjing pendiam yang hanya menggonggong bila perlu dan merupakan pilihan tepat lainnya dalam daftar ras anjing yang berperilaku paling baik.

5. Bull Terrier

Gambar Anjing Bull Terrier

Bull Terrier adalah anjing yang kuat, berotot, dan pemberani yang berasal dari Inggris. Meskipun penampilannya terlihat menakutkan, Bull Terrier sebenarnya adalah anjing yang ramah, cerdas, dan berwatak baik.

Meskipun mereka bisa sedikit keras kepala, Bull Terrier bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat dan anjing pendamping yang luar biasa. Mereka mudah dirawat dan akan sama bahagianya ketika tinggal di rumah berhalaman luas atau di dalam ruangan kecil di apartemen.

Anjing-anjing ini bisa sangat riuh ketika mereka masih kecil, tetapi mereka cenderung tenang saat sudah dewasa. Anda tidak akan menghadapi masalah perilaku yang signifikan dengan Bull Terrier dewasa.

6. Cavalier King Charles Spaniel

Gambar Anjing Cavalier King Charles Spaniel

Keturunan langsung dari Spaniel kecil yang digambarkan dalam banyak lukisan bangsawan Inggris dari abad ke-16 dan ke-17, Cavalier King Charles Spaniel, juga dikenal sebagai Royal Spaniel, adalah anjing kecil yang kokoh dengan bulu halus yang panjang mengalir.

Dikenal karena temperamen mereka yang penuh kasih sayang, Cavalier King Charles Spaniel adalah anjing kecil yang anggun yang mencintai semua hal besar dan kecil. Sebagai trah yang bahagia dan umumnya sehat, Cavalier King Charles Spaniel bukanlah anjing yang senang tinggal di luar rumah. Mereka lebih suka berada di dalam ruangan sebagai anggota keluarga.

7. Border Collie

Gambar Anjing Border Collie

Berasal dari Skotlandia, di mana mereka dibiakkan sebagai anjing gembala, Border Collie adalah anjing berukuran sedang yang terkenal karena bulunya yang panjang dan wajah runcing yang khas. Meskipun lama disukai oleh kaum bangsawan, trah ini menjadi sangat populer di abad ke-20 karena film dan acara televisi “Lassie.”

Collie adalah hewan peliharaan keluarga yang hampir ideal. Mereka penuh kasih sayang dan mampu merespon dengan baik terhadap penguatan positif. Mereka adalah anjing yang cukup sensitif, jadi asalkan mereka diperlakukan dengan baik, mereka sangat ingin menyenangkan Anda.

Collie sangat cerdas dan umumnya merespons pelatihan dengan baik. Meskipun mereka akan menggonggong ketika ada orang asing mendekat, dan jika perlu membela rumah dan keluarganya, mereka bukanlah anjing yang agresif secara alami.

8. Bernese Mountain Dog

Gambar Anjing Bernese Mountain Dog

Berasal dari Swiss, Bernese Mountain Dog adalah anjing besar yang terkenal dengan bulu tiga warnanya yang mencolok. Trah tua ini diketahui telah tinggal di daerah pegunungan di Eropa tengah setidaknya sejak 58 SM.

Sebagai anjing pekerja yang kuat dan kokoh, Bernese Mountain Dog telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Dikenal sebagai trah yang baik dan ramah, anjing ini memiliki kepribadian yang stabil, sabar, dan penuh kasih sayang, serta mereka mudah dilatih dan ramah pada anak-anak.

Anjing-anjing ini suka menghabiskan waktu bersama keluarga mereka dan biasanya berperilaku baik. Mereka akan menggonggong pada orang asing yang mendekati rumahnya, tetapi tidak cenderung menggonggong secara berlebihan.

9. Newfoundland

Gambar Anjing Newfoundland

Newfoundland adalah anjing besar dan sangat cerdas yang dinamai berdasarkan provinsi di Kanada tempat asal trah ini. Terlepas dari ukuran dan kekuatannya yang luar biasa, Newfoundland adalah anjing lembut yang dikenal karena kecerdasan dan wataknya yang lembut, penuh kasih, dan tenang. Begitu pentingnya temperamen ini sampai standar breed resmi mereka mencantumkannya sebagai satu-satunya karakteristik yang paling penting.

Tentu saja, setiap anjing besar dan kuat dapat menyusahkan jika tidak dilatih dengan benar sejak kecil, dan dalam hal ini, Newfoundland tidak terkecuali. Anak anjing Newfoundland membutuhkan pelatihan kepatuhan sejak usia yang cukup muda, karena mereka dapat menjadi riuh, tetapi latihan adalah sesuatu yang bisa mereka pahami tanpa kesulitan.

Setelah mereka dilatih, Anda tidak akan memiliki masalah perilaku kecuali Anda mengabaikannya atau terus-menerus membiarkannya sendirian untuk waktu yang lama.

10. Poodle

Gambar Anjing Poodle

Secara luas dianggap sebagai salah satu ras anjing paling cerdas, Poodle / Pudel awalnya dibiakkan menjadi anjing pemburu dan digunakan sebagai retriever air di seluruh Jerman dan Prancis dari abad ke-16 hingga ke-19. Meskipun terlihat lembut, Poodle adalah anjing yang kuat, aktif, dan seimbang yang memiliki kepribadian yang ramah dan percaya diri.

Hari ini, Poodle terkenal karena beragam gayanya dan kadang-kadang potongan rambut eksentrik yang sering dipraktekkan oleh para pecinta jenis ini kepada hewan peliharaan mereka.

Poodle umumnya bisa menjadi hewan peliharaan keluarga dan anjing pendamping yang sangat baik, merespons pelatihan dengan sangat baik, dan bisa menjadi pilihan yang sempurna jika Anda mencari hewan peliharaan yang cerdas, aktif, dan berperilaku baik.

11. Pug

Gambar Anjing Pug

Secara luas dianggap sebagai salah satu ras anjing tertua yang diketahui, Pug diketahui telah ada di Cina sejak sekitar 700 SM. Pertama kali diekspor ke Belanda pada tahun 1500-an, trah ini dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan keluarga kerajaan di seluruh Eropa.

Saat ini, trah ini sangat populer di seluruh dunia dan paling dikenal karena kepribadian mereka yang ramah dan lucu seperti badut. Anjing-anjing kecil yang cerdas ini tahu cara menebar pesona dan dapat merebut hati orang hanya dengan pandangan sekilas dari mata bundar mereka yang besar.

Meskipun bisa sedikit keras kepala, Pug cenderung menjadi anjing yang sangat ramah dan sama sekali tidak agresif.

12. Vizla

Gambar Anjing Vizla

Meskipun relatif tidak dikenal di luar Eropa, Vizsla adalah anjing pemburu berukuran sedang yang awalnya dikembangkan di Hungaria untuk digunakan sebagai pointer dan retriever. Terkenal karena bulu merah keemasannya yang mencolok, yang digambarkan dalam standar breed mereka sebagai “russet gold,” Vizsla adalah hewan peliharaan keluarga dan anjing pendamping yang hebat.

Energik, cerdas, dan jarang agresif, Vizsla selalu tertarik untuk mempelajari sesuatu yang baru. Sebagai ras, mereka dikenal unggul dalam pelatihan kepatuhan dan dapat menjadi pilihan tepat untuk olahraga dan kelincahan anjing yang kompetitif atau pelatihan flyball.

Satu-satunya masalah yang mungkin Anda miliki dengan trah ini adalah memastikan mereka cukup berolahraga, karena Vizsla bukanlah anjing yang suka duduk-duduk sepanjang hari. Mereka bisa menjadi destruktif jika tidak mendapatkan stimulasi mental dan aktivitas fisik yang cukup.

Komentar Anda