25 Ras Anjing Paling Langka di Dunia yang Sangat Jarang Terlihat

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan paling umum di dunia, dan di Amerika khususnya. Lebih dari setengah keluarga Amerika memiliki seekor anjing. Secara total, ada 63,4 juta keluarga di AS yang memelihara seekor anjing. Itu membuat anjing menjadi hewan peliharaan Amerika paling populer sejauh ini.

Menurut American Kennel Club (AKC), Labrador Retriever telah menjadi trah anjing paling populer di negara itu sejak tahun 1991. Kebanyakan pecinta anjing akan langsung mengenali Lab ketika mereka melihatnya, sama halnya dengan sebagian besar anjing yang sangat populer, seperti German Shepherd, Golden Retriever, dan Bulldog.

Semua ras anjing di atas sudah sangat umum dan kita semua pernah melihat mereka sebelumnya. Tetapi 25 breed berikut sama sekali berbeda. Ada banyak ras anjing di daftar ini yang mungkin belum pernah Anda dengar atau lihat sebelumnya. 25 ras ini adalah yang paling langka di dunia.

Ras Anjing Terlangka di Dunia

1. Finnish Spitz

Anjing langka Finnish Spitz

Finnish Spitz adalah breed yang diakui secara resmi oleh AKC, meskipun popularitas mereka berada di peringkat ke-184. Trah ini memiliki ciri seperti rubah dan bahkan warna kemerahan yang mirip dengan rubah merah. Vokal, waspada, dan tidak pernah malu dengan orang asing, anjing-anjing ini memiliki berbagai vokalisasi yang dapat mereka pamerkan setiap ada kesempatan.

2. Biewer Terrier

Anjing langka Biewer Terrier

Mewakili breed ke-197 yang ditambahkan ke registri resmi AKC, Biewer Terrier baru saja menjadi breed resmi AKC pada tahun 2020. Sebagai breed resmi AKC terbaru, mereka belum punya waktu untuk banyak berkembang biak. Anjing-anjing ini masih sangat langka, tetapi Anda mungkin akan melihat jumlah mereka berkembang dengan cepat dalam waktu mendatang.

3. Catahoula Leopard Dog

Anjing langka Catahoula Leopard Dog

Belum diakui secara resmi oleh AKC, Catahoula Leopard Dog adalah jenis anjing yang cukup besar yang dipuja karena banyaknya warna mata dan pola yang ditampilkannya. Ini adalah satu-satunya ras yang berasal dari Louisiana, dan mereka dikenal sebagai anjing penjaga, anjing pengawas, serta anjing pendamping yang hebat.

4. Cesky Terrier

Anjing langka Cesky Terrier

Penuh dengan energi tetapi masih lebih tenang daripada breed terrier rata-rata, Cesky Terrier adalah anjing nasional Republik Ceko. Mereka adalah teman yang hebat, cerdas, dan suka mencari keseruan. Anjing-anjing ini sangat cocok untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek. Tapi mereka tidak terlalu populer atau mungkin sangat langka sehingga tidak ada yang mengenalnya. Popularitas Cesky Terrier berada di peringkat 185 di antara 197 ras anjing, menjadikannya salah satu ras anjing yang paling tidak populer saat ini.

5. Estrela Mountain Dog

Anjing langka Estrela Mountain Dog

Dengan spesimen mencapai tinggi 73 cm dan berat sebanyak 60 kg, Estrela Mountain Dog adalah ras anjing raksasa. Mereka dibiakkan untuk menjaga hewan ternak; tugas yang sangat mereka kuasai. Kini mereka terbukti sama hebatnya dalam menjaga manusia dan mereka terikat batin seumur hidup dengan keluarga mereka. Diyakini bahwa mereka adalah ras tertua dari Pegunungan Estrela di Portugal.

6. Bedlington Terrier

Anjing langka Bedlington Terrier

Bedlington Terrier adalah anjing berbulu domba. Maksudnya, mereka terlihat seperti mengenakan bulu domba, tetapi mereka sebenarnya adalah anjing yang atletis dan gesit. Sebelum memiliki seekor Bedlington, Anda harus memahami betapa energiknya mereka, karena Anda harus menyediakan halaman yang luas dan banyak jatah olahraga untuk merawat anjing langka ini.

7. English Foxhound

Anjing langka English Foxhound

Menerima pengakuan sebagai ras resmi AKC ke-62 pada tahun 1909, English Foxhound adalah ras tua dengan banyak sejarah. Kuat, tangguh, dan anggun dengan daya tahan sepanjang hari, Foxhound ini adalah pemburu yang hebat. Mereka memiliki dada yang besar untuk menampung paru-paru besar untuk berburu sepanjang hari. Plus, mereka juga berotot. Dorongan memangsa dari jenis ini sangat kuat karena mereka dirancang untuk berburu.

8. Catalburun

Anjing langka Catalburun

Diperkirakan hanya ada 200 ekor anjing Catalburun di dunia. Ini adalah anjing yang cerdas dan setia dengan kemampuan berburu dan melacak alami yang hebat. Catalburun hebat dalam segala hal. Ada satu ciri yang sangat menonjol pada jenis ini, yaitu hidung ganda yang dimilikinya. Hidung mereka pada dasarnya bercabang, seolah-olah setiap lubang hidung adalah hidungnya sendiri yang terpisah.

9. Azawakh

Anjing langka Azawakh

Trah anjing pengintai Afrika yang tingginya mencapai 73 cm tetapi beratnya tidak lebih dari 20 kg, Azawakh adalah anjing yang ramping dan tinggi dengan proporsi yang mirip dengan anjing greyhound, tetapi dengan punggung yang lebih lurus. Tidak diakui secara resmi oleh AKC, Azawakh adalah ras anjing purba yang berasal dari wilayah Gurun Sahara.

10. Chinook

Anjing langka Chinook

Berada lima peringkat di bawah Cesky Terrier, yaitu urutan 190 dari 197 breed, Chinook adalah breed pekerja keras dengan kecerdasan dan kesabaran di atas rata-rata. Anjing-anjing ini selalu ingin menyenangkan orang, membuat mereka lebih mudah untuk dilatih. Sayangnya, jenis ini hampir punah. Di antara breed AKC yang diakui, Chinook adalah salah satu yang paling langka.

11. Dandie Dinmont Terrier

Anjing langka Dandie Dinmont Terrier

Dengan tubuh memanjang di atas kaki kecil yang gemuk, Dandie Dinmont Terrier terlihat seperti silangan Dachshund. Tingginya sekitar 28 cm dan beratnya mencapai 9 kg-an, tetapi mereka tampak tangguh karena mereka dikembangkan untuk membasmi hama.

12. Otterhound

Anjing langka Otterhound

Keras dan besar dengan banyak energi, Otterhound adalah anjing yang dibuat untuk berburu berang-berang. Mereka adalah perenang mahir dengan lapisan bulu tahan air dan kaki berselaput. Berkat dada besar dengan paru-paru besar dan bahu yang kuat, anjing-anjing ini dapat berenang sepanjang hari tanpa lelah. Dan mereka memiliki hidung besar yang dapat merasakan berang-berang di dalam air dari jarak yang mengesankan.

13. Lagotto Romagnolo

Anjing langka Lagotto Romagnolo

Dari semua ras dalam daftar ini yang sepenuhnya diakui oleh AKC, Lagotto Romagnolo mungkin yang paling populer, menduduki peringkat ke-99 dari 197. Mereka dikenal sebagai “anjing truffle” karena mereka dikenal memiliki indera penciuman tajam, yang membantu mereka mencari jamur truffle. Tubuh mereka ditutupi rambut ikal pendek dan berbulu di sekujur tubuhnya. Meskipun mereka terlihat seperti boneka binatang yang menggemaskan, anjing-anjing ini tangguh dan kuat untuk bekerja keras.

14. Fila Brasileiro

Anjing langka Fila Brasileiro

Dibesarkan untuk berburu hewan buruan besar, Fila adalah anjing berpenampilan garang yang dikenal sangat setia kepada keluarga mereka. Juga dikenal sebagai Brazilian Mastiff atau Brazilian Bloodhound, jenis ini dilarang di beberapa negara karena dianggap agresif. Mereka dapat memiliki berat hingga 80 kg dan tinggi hingga 76 cm, membuat mereka cukup berbahaya jika sedang agresif.

15. Karelian Bear Dog

Anjing langka Karelian Bear Dog

Dengan berat kurang dari 22 kg, Karelian Bear Dog tentu saja tidak seukuran beruang. Namun mereka adalah pemburu independen mahir yang digunakan untuk melacak dan membunuh hewan buruan besar. Trah ini percaya diri dan diam sampai mereka mencapai tujuannya, dan hanya akan menggonggong begitu hewan buruan terperangkap.

16. Mudi

Anjing langka Mudi

Mudi telah ada sejak tahun 1800-an, meskipun mereka belum diakui sebagai ras resmi oleh AKC. Tidak seperti banyak breed, Mudi dianggap sebagai breed alami, yang terjadi melalui persilangan alami Puli, German Spitz, dan Pumi. Anjing-anjing ini sangat langka, dengan kurang dari beberapa ribu spesimen yang tersisa di seluruh dunia.

17. Peruvian Inca Orchid

Anjing langka Peruvian Inca Orchid

Trah yang menarik ini hadir dalam tiga ukuran, yang terkecil tingginya bisa kurang dari 25 cm, sedangkan yang terbesar bisa mencapai tinggi lebih dari 63 cm. Perbedaan berat badan juga sama besarnya, mulai dari 3,8 hingga 25 kg. Anjing Peruvian Inca Orchid aneh untuk dilihat karena mereka tidak berbulu dan dapat memiliki kulit dengan warna apa saja.

18. New Guinea Singing Dog

Anjing langka New Guinea Singing Dog

Trah kuno ini hanya ditemukan di Dataran Tinggi Papua Nugini, yang terletak di pulau Papua. Berhubungan erat dengan dingo, anjing New Guinea Singing Dog dikenal menghasilkan beberapa suara vokal yang unik.

19. Telomian

Anjing langka Telomian

Trah Telomian sangat langka sehingga AKC bahkan tidak mengakuinya di Foundation Stock Service mereka. Anjing-anjing ini hanya ditemukan di desa-desa terpencil tertentu. Anda bisa menemukan desa-desa itu yang terletak di sepanjang Sungai Telom, di tengah hutan hujan yang menutupi bagian Semenanjung Malaka ini. Tetapi anjing-anjing ini tidak sepenuhnya jinak atau liar. Sebaliknya, mereka adalah anjing paria dan sama sekali bukan jenis mereka sendiri.

20. Norwegian Lundehund

Anjing langka Norwegian Lundehund

Berada hanya beberapa tingkat dari bagian bawah daftar anjing terpopuler AKC, Norwegian Lundehund adalah anjing jenis spitz kecil yang agak menyerupai Chihuahua. Meskipun penampilannya serupa, trah ini unik dengan beberapa fitur yang membedakannya, seperti memiliki enam jari kaki dan bantalan kaki ekstra di kaki mereka! Leher elastis mereka bisa berputar dan menyentuhkan kepalanya ke tulang belakang. Ini adalah ciri-ciri unik Norwegian Lundehund yang mungkin menjadi alasan mengapa mereka tidak terlalu populer.

21. Swedish Vallhund

Anjing langka Swedish Vallhund

Menduduki peringkat popularitas 169 dari 197 versi AKC, Swedish Vallhund adalah anjing Viking kuno. Anjing penggembala ini cerdas dan penuh energi, dikenal karena sifatnya yang keras dan temperamennya yang ceria.

22. Stabyhoun

Anjing langka Stabyhoun

Stabyhoun dibiakkan untuk berburu sendiri, membunuh tikus dan kelinci yang merusak tanaman petani. Karena itu, mereka adalah anjing yang sangat mandiri dengan dorongan memangsa yang kuat. Mereka juga sangat ingin tahu, yang seringkali dapat menyebabkan masalah. Mereka dianggap sebagai anjing serba bisa, mampu berburu, mengambil (retrieve), dan menunjuk (point). Meskipun belum diakui sebagai ras resmi oleh AKC, mereka adalah bagian dari Foundation Stock Service.

23. Carolina Dog

Anjing langka Carolina Dog

Masih menjadi bagian dari Foundation Stock Service dan masih belum diakui secara resmi oleh AKC, Carolina Dog adalah jenis anjing dengan ukuran sedang. Mereka adalah keturunan dari anjing-anjing yang datang ke Amerika Utara dengan menyeberangi jembatan darat Bering, membuat ras ini cukup kuno, meskipun mereka tidak diakui secara resmi. Meskipun penampilannya mirip dengan dingo, anjing-anjing ini adalah anggota canis familiaris sejati, tidak seperti dingo. Namun semuanya adalah anggota keluarga Canidae.

24. Thai Ridgeback

Anjing langka Thai Ridgeback

Ramping dan kompak, Thai Ridgeback sangat berotot, namun tetap ramping sepenuhnya. Kecakapan atletik mereka sudah terkenal. Trah ini diberi nama demikian karena pola punggungan yang ditampilkan trah ini, di mana rambut di jembatan punggung anjing tumbuh ke arah yang berlawanan dengan bulu lainnya. Ada delapan pola punggungan berbeda yang dapat ditunjukkan oleh Thai Ridgeback. Sebagai anjing pemburu dan penjaga yang sangat baik, ras ini dikenal mandiri dan sangat cerdas dengan dorongan memangsa yang kuat.

25. Tibetan Mastiff

Anjing langka Tibetan Mastif

Tibetan Mastiff adalah salah satu dari sedikit anjing dalam daftar ini yang diakui oleh AKC yang tidak berada di peringkat paling bawah popularitas mereka. Trah ini berada di peringkat 131 dari 197 untuk popularitas, jadi mereka jelas bukan salah satu ras yang populer. Yang istimewa dari jenis ini adalah ukurannya yang luar biasa besar hingga berbobot 70 kg untuk jantan. Tidak seperti banyak ras besar, Tibetan Mastiff dapat dengan mudah hidup selama lebih dari 10 tahun dan merupakan salah satu anjing paling langka di dunia.

Kesimpulan

Anjing adalah salah satu makhluk paling umum di sekitar kita. Tapi beberapa ras anjing benar-benar langka dan kita hanya bisa melihatnya di layar komputer atau ponsel. Dari 25 ras anjing langka di atas, beberapa bahkan hampir punah. Mana nih ras anjing langka yang paling Anda sukai?

Komentar Anda