15 Jenis Ikan Pleco (Sapu-sapu), dari yang Unik Sampai yang Langka

Jika Anda tertarik untuk mengetahui jenis-jenis ikan pleco alias ikan sapu-sapu terpopuler, maka Anda berada di tempat yang tepat. Keluarga ikan ini merupakan favorit dalam komunitas pecinta ikan hias akuarium karena sejumlah alasan. Mereka unik, mudah dirawat, dan menyenangkan untuk diamati.

Jenis Ikan Sapu-sapu

Daftar ini akan membantu Anda mempelajari setiap jenis dan spesies, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang Anda inginkan untuk akuarium Anda sendiri! Mari simak bersama.

Jenis-jenis Ikan Sapu-sapu Terpopuler

1. Bristlenose Pleco

Bristlenose catfish aquarium fish bushynose pleco

Bristlenose pleco jelas merupakan spesies ikan sapu-sapu yang menonjol dalam hal penampilan. Ikan ini memiliki kepala yang ditutupi bulu yang tinggi kurus. Ini lebih menonjol pada spesimen jantan karena menutupi sebagian besar kepalanya.

Di luar bulu-bulu yang unik itu, ikan sapu-sapu ini memiliki tampilan yang berbeda. Mereka memiliki kepala yang lebih lebar daripada kebanyakan spesies pleco lainnya. Ada beberapa variasi bristlenose pleco di luar sana, tetapi sebagian besar memiliki warna dasar gelap yang ditutupi serangkaian titik-titik yang lebih terang. Warna dasar yang umum meliputi coklat, abu-abu, hitam, atau hijau zaitun.

Bristlenose pleco cukup kuat dan dapat beradaptasi dengan berbagai parameter air. Mereka membutuhkan suhu antara 15 hingga 26 derajat Celsius. Suhu di tengah kisaran itu sangat ideal. Sedangkan untuk keseimbangan pH harus antara 6,5 ​​dan 7,5.

Ikan yang hidup di dasar perairan ini dikenal karena nafsu makannya yang sehat pada alga. Mereka akan menjelajahi akuarium untuk makan sebanyak yang mereka bisa. Karena itu, Anda harus melengkapi makanan mereka dengan wafer alga, pelet makanan yang tenggelam, dan makanan hidup yang mengandung protein sesekali.

2. Clown Pleco

Gambar dan Harga Clown Pleco

Clown pleco adalah spesies ikan sapu-sapu yang perawatannya relatif mudah dan dapat berkembang selama lebih dari satu dekade di penangkaran. Dianggap sebagai ikan ramah pemula yang baik, pleco ini tidak memerlukan parameter air khusus untuk tetap sehat. Mereka menyukai suhu antara 22 sampai 28 derajat Celsius serta keseimbangan pH di sekitar 6,8 hingga 7,6.

Seperti kebanyakan jenis pleco, spesies ini adalah penggemar berat alga. Mereka suka hidup di akuarium yang memiliki kayu apung untuk dekorasi. Kayu apung berfungsi sebagai tempat persembunyian, ruang bermain, dan bahkan sumber makanan. Mereka tidak hanya akan memakan ganggang dari kayu, tetapi mereka bahkan mungkin memakan kayu itu sendiri! Tapi jangan khawatir, ini sangat sehat.

Clown pleco diberi nama demikian karena garis-garis berbeda yang menutupinya. Warna dasar kebanyakan clown pleco adalah hitam. Ada garis tipis kuning atau oranye yang memecah warna hitam itu dengan baik. Garis-garis itu bahkan ditemukan di sirip punggung dan sirip ekornya yang besar.

3. Gold Nugget Pleco

Gambar dan Harga Gold Nugget Pleco

Awalnya ditemukan di Brasil, gold nugget pleco dengan cepat menjadi salah satu spesies ikan sapu-sapu paling populer di luar sana. Ikan ini ditutupi bintik-bintik kuning cerah. Bintik-bintik itu menonjol dengan warna dasar hitamnya, menciptakan penampilan yang sangat indah.

Dari segi bentuk, ikan gold nugget pleco sesuai dengan profil pleco standar. Mereka memiliki bentuk yang sama, sirip punggung yang luas, dan mulut pengisap yang ikonik.

Umumnya pleco ini tenang dan suka menyendiri. Mereka jauh lebih aktif di malam hari. Pada siang hari, mereka akan menyendiri di dasar akuarium. Namun mereka rentan terhadap agresi ringan setiap kali ada ikan lain yang melanggar batas wilayah mereka.

Ikan gold nugget pleco tidak rewel dalam hal kondisi air dan makanan. Mereka baik-baik saja dipelihara di habitat air tawar tropis standar. Ini berarti air hangat dan keseimbangan pH-nya relatif netral.

Adapun soal makanan, pleco pemakan alga ini adalah omnivora. Selain alga, mereka membutuhkan camilan kaya protein agar tetap sehat.

4. Sailfin Pleco

Gambar dan Harga Sailfin Pleco

Ikan ini dinamakan demikian berdasarkan sirip punggungnya yang besar. Sailfin pleco sangat menakjubkan untuk dilihat. Saat tegak, sirip punggungnya sangat tinggi dan menutupi banyak permukaan. Bahkan ketika siripnya turun, ini mencapai hampir ke pangkal ekor.

Itu bukan satu-satunya hal unik tentang ikan ini. Warna tubuhnya juga cantik. Mereka memiliki serangkaian titik rapat. Titik-titik berada pada warna dasar yang lebih terang, menghasilkan efek seperti macan tutul yang keren.

Habitat alami adalah suatu keharusan bagi ikan sailfin pleco. Ikan satu ini senang menghabiskan waktunya bersembunyi di bawah kayu apung dan struktur seperti gua. Mereka tidak terlalu aktif di siang hari, jadi tempat persembunyian alami itu penting.

Sailfin pleco memiliki nafsu makan yang sehat. Mereka membutuhkan makan dua kali sehari. Makanan mereka harus terdiri atas banyak variasi. Ini meliputi makanan ringan nabati, makanan kering yang tenggelam, dan makanan hidup. Untungnya, ikan ini tidak terlalu pilih-pilih dan akan memakan apa pun yang Anda berikan.

5. Zebra Pleco

Gambar dan Harga Zebra Pleco

Ini adalah jenis ikan sapu-sapu yang sangat diminati oleh komunitas pecinta ikan hias. Tidak sulit untuk melihat alasannya. Sesuai namanya, ikan ini memiliki pola warna yang mirip dengan zebra. Garis-garis alternatif hitam kuat dan putih cerah menutupi seluruh tubuh mereka.

Warna cerah itu disertai dengan sirip punggung yang menonjol dan ekor yang sama indahnya. Di kepala mereka, ikan ini memiliki mulut pengisap yang cukup besar yang dikelilingi oleh empat kumis.

Terlepas dari penampilannya yang menarik perhatian, ikan zebra pleco ternyata pemalu. Mereka pada dasarnya aktif di malam hari, jadi jangan berharap untuk sering melihat mereka di siang hari. Ikan ini mungkin akan keluar saat tiba waktunya makan, tetapi bahkan mereka masih akan segan-segan untuk melakukannya.

Seringkali, pemilik harus memberi makan ikan ini di area akuarium yang mereka rasa paling aman. Ini bisa berarti pemilik harus menjatuhkan pakan tenggelam di dekat tempat persembunyian.

Pleco ini adalah omnivora. Mereka sangat cocok diberi wafer ganggang dan sayuran pucat. Di samping itu, mereka juga suka makanan hidup seperti artemia dan cacing darah.

6. Royal Pleco

Gambar dan Harga Royal Pleco

Biasanya ditemukan di seluruh Amazon Basin, ikan royal pleco adalah tambahan yang menarik untuk akuarium rumah Anda. Ada banyak variasi dengan spesies ini, jadi Anda tidak pernah benar-benar tahu apa yang akan Anda dapatkan. Sering kali, perbedaan antara ikan-ikan itu berasal dari daerah spesifik asalnya di alam liar.

Ini adalah pleco warna-warni yang terlihat sangat menakutkan. Mereka biasanya memiliki warna dasar abu-abu muda yang disertai dengan garis-garis gelap. Garis-garis itu memanjang secara lateral. Anda mungkin juga melihat beberapa bintik pada sirip dada mereka.

Sirip punggung biasanya berwarna emas, bisa juga coklat tua atau hitam tergantung variannya. Adapun untuk kepala, ciri yang paling khas adalah mata merah besar dan bulat mereka. Tubuh mereka cenderung sedikit lebih besar dibandingkan dengan jenis pleco lainnya, yang dapat sedikit membatasi gerakan mereka.

Sebagai akibat dari keterbatasan tersebut, royal pleco pada dasarnya bisa menjadi sedikit teritorial. Ikan sapu-sapu ini akan mencari tempat yang mereka sukai dan menempel di area itu. Beberapa agresi kecil mungkin terjadi, tetapi ikan ini umumnya lebih pemalu dari apa pun.

7. Rubber Lip Pleco

Gambar dan Harga Rubber Lip Pleco

Rubber lip pleco adalah pilihan tepat untuk aquarist dari semua tingkat pengalaman. Ikan sapu-sapu jenis ini murah perawatannya dan sangat menyenangkan untuk dirawat.

Ikan ini memakan banyak alga akuarium dan akan menghabiskan sebagian besar waktunya di dasar akuarium. Mereka dapat hidup cukup lama, yang membuat mereka cocok untuk setiap aquarist yang ingin benar-benar membangun ikatan batin dengan spesies ikan yang mereka pelihara.

Banyak orang menyukai penampilan ikan ini. Ada beberapa variasi warna dan pola yang berbeda yang dapat Anda temukan, dan semuanya tampak keren.

8. Leopard Frog Pleco

Gambar dan Harga Leopard Frog Pleco

Juga dikenal sebagai imperial tiger pleco, leopard frog pleco adalah ikan sapu-sapu yang tidak rewel dan dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Selama tidak terjadi perubahan air secara tiba-tiba, mereka dapat menyesuaikan diri dengan baik dalam kondisi standar.

Ikan ini cukup indah. Mereka memamerkan garis-garis hitam dan kuning bergantian di tubuhnya. Profil mereka mirip dengan spesies pleco lainnya. Ini mencakup kepala besar serta sirip dada dan sirip dubur yang menonjol.

Sebagian besar nokturnal, ikan leopard frog pleco cenderung santai sepanjang hari. Saat lampu padam, mereka benar-benar menjadi aktif.

Konon, ikan ini dikenal suka beraksi dan menjadi agresif ketika wilayah yang mereka klaim dilintasi ikan lain. Pejantan diketahui akan berkelahi dengan pejantan lain yang sama. Akibatnya, mereka akan membutuhkan banyak ruang dan banyak tempat persembunyian untuk menghindari agresi.

Ikan ini adalah omnivora. Selain alga, Anda dapat menemukannya memulung sisa-sisa makanan ikan di dasar akuarium. Tentu saja, makanan tambahan hidup dan kering adalah suatu keharusan.

9. Snowball Pleco

Gambar dan Harga Snowball Pleco

Ikan ini terlihat mirip dengan ikan gold nugget pleco, tetapi mereka adalah spesies yang sama sekali berbeda dengan beberapa perbedaan penting. Ikan snowball pleco ditutupi bintik-bintik putih atau kuning. Warna dasarnya biasanya hitam, abu-abu, atau coklat kemerahan. Bintik-bintik tersebut menyebar sedikit lebih sporadis dan memiliki bentuk yang tidak rata, sehingga mudah dibedakan dari spesies lain.

Snowball pleco berasal dari Rio Negro di Venezuela. Anak sungai ini adalah sungai blackwater terbesar di dunia. Untuk menjaga ikan ini tetap sehat, sebaiknya tiru kondisi tersebut sedekat mungkin.

Airnya lembut tapi di sisi asam. Di penangkaran, air akuarium harus memiliki keseimbangan pH antara 5,8 dan 7,6. Suhu yang lebih hangat antara 22 sampai 30 derajat Celsius juga lebih disukai. Mereka juga menikmati arus yang lebih kuat jika memungkinkan.

Karena mereka berasal dari lingkungan yang lebih gelap, snowball pleco akan menghabiskan banyak waktunya bersembunyi. Mereka menyukai gua yang gelap dan penutup yang disediakan oleh kayu apung atau tanaman.

10. Peppermint Pleco

Gambar dan Harga Peppermint Pleco

Ditemukan secara alami di Rio Xingu di Brasil, ikan peppermint pleco memiliki beberapa kebutuhan perawatan yang unik. Tidak terlalu sulit untuk menjaga ikan ini tetap sehat, tetapi habitat alami mereka membutuhkan pengaturan akuarium yang sangat spesifik.

Rio Xingu adalah sungai yang bergerak cepat. Peppermint pleco menghabiskan waktu mereka menempel di bebatuan di dasar sungai. Jadi, Anda harus membuat aliran yang relatif kuat dan menyediakan banyak batu untuk tempat ikan ini bersembunyi.

Peppermint pleco memiliki warna dasar hitam atau abu-abu tua. Ini membantu mereka berbaur dengan bebatuan di alam liar. Warna dasar itu dipecah dengan beberapa titik putih kecil.

Seperti kebanyakan pleco lainnya, ikan ini ditutupi dengan pelat tulang pelindung. Satu-satunya tempat Anda tidak akan menemukan pelat itu adalah di perut. Mereka memiliki mulut pengisap yang ikonik seperti spesies lainnya. Namun gigi bukal mereka jauh lebih terlihat.

11. Vampire Pleco

Gambar dan Harga Vampire Pleco

Berikutnya adalah spesies pleco lain dengan banyak variasi dalam hal warna. Sebagian besar memiliki tubuh gelap yang berwarna hitam, coklat, atau abu-abu. Warna dasarnya dihiasi dengan bintik-bintik cahaya kecil, meniru langit malam. Namun beberapa spesimen memiliki kebalikannya, seperti warna dasar yang lebih terang dan bintik hitam gelap.

Ikan vampire pleco memiliki tubuh ramping panjang dengan beberapa sirip yang menonjol. Sirip punggung, dada, dan dubur semuanya ekspansif. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki duri yang halus. Duri ini dapat dengan mudah tersangkut di serokan, jadi berhati-hatilah saat memindahkan ikan ini.

Salah satu ciri fisik paling keren dari ikan vampire pleco adalah matanya. Matanya melebar sesuai dengan tingkat cahaya, yang bisa menjadi hal yang menarik untuk ditonton.

Secara keseluruhan, vampire pleco damai. Mereka bisa menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium komunitas. Konon mereka dikenal sedikit teritorial. Ikan ini cukup pemberani sehingga mereka dapat menyerang ikan apa pun yang mengganggunya.

12. Candy Striped Pleco

Gambar dan Harga Candy Striped Pleco

Ikan sapu-sapu jenis candy striped pleco dapat ditemukan hidup di bagian bawah Lembah Sungai Amazon. Mereka adalah penghuni bawah perairan alami yang membutuhkan banyak dekorasi agar tetap sehat. Ikan ini paling baik dirawat di akuarium yang banyak dihiasi dengan batu dan kayu apung.

Tanaman, meskipun tidak diperlukan, baik untuk spesies ini. Tidak seperti jenis pleco lainnya, candy striped pleco biasanya tidak akan mencabut tanaman. Mereka dapat memakannya, tetapi perilaku ini biasanya hanya terjadi ketika mereka tidak diberi makan dengan benar.

Ikan sapu-sapu ini adalah omnivora. Mereka memang suka makan alga, tetapi jangan salah mengira bahwa hanya itu yang mereka butuhkan. Mereka sebagian besar juga lebih suka makanan ringan berbasis protein. Menu makanan yang terdiri atas makanan hidup dan beku selalu lebih disukai.

Candy striped pleco dikenal sedikit teritorial saat dipelihara dengan penghuni area bawah lainnya. Mereka paling cocok untuk akuarium komunitas di mana semua ikan lainnya tinggal di bagian tengah dan atas kolom air.

13. Sunshine Pleco

Gambar dan Harga Sunshine Pleco

Ikan pemulung cantik ini dengan cepat menjadi pilihan populer bagi aquarist. Alasan utama untuk itu adalah warna mereka. Tidak seperti spesies ikan lainnya, sunshine pleco mempertahankan warna ini di sepanjang hidup mereka. Namun vibransinya dapat berubah dalam kondisi air yang buruk.

Tubuh utama ikan ini bertutul-tutul. Warna dasar abu-abu tua atau kecoklatan dipecah oleh titik-titik putih tebal. Ujung sirip dan perut ikan berwarna oranye, memberi nama unik pada ikan tersebut. Di kepala, Anda akan melihat bahwa ikan ini juga memiliki alat kecil seperti kumis.

Pleco jenis ini adalah pemakan alga hebat yang membutuhkan banyak kayu apung agar tetap sehat. Mereka juga membutuhkan tempat persembunyian, yang dapat Anda buat dengan batu dan tanaman. Sunshine pleco tidak dikenal suka mencabut atau memakan tanaman hidup. Tapi mereka bisa merusak tanaman hias saat berenang.

Sunshine pleco pemalu dan jinak. Namun mereka bisa menjadi teritorial dengan spesies penghuni bawah lainnya. Mereka juga dikenal memakan invertebrata di dalam akuarium, jadi sebaiknya jauhkan mereka dari keong dan udang kecil.

14. Butterfly Pleco

Gambar dan Harga Butterfly Pleco

Butterfly pleco adalah spesies ikan sapu-sapu yang menyenangkan untuk ditonton. Ini bukan karena mereka sangat aktif. Faktanya, ikan ini aktif di malam hari dan akan bersembunyi di siang hari. Hal yang membuat mereka unik adalah kemampuan mereka untuk berkamuflase.

Ikan butterfly pleco memiliki penampilan yang unik. Warna dasarnya adalah coklat tua atau hitam. Ini disertai dengan bercak kuning yang tidak teratur. Yang keren adalah warna-warna itu bisa berubah berdasarkan kondisi pencahayaan!

Mereka akan langsung menyamarkan diri setiap kali matahari terlalu terang. Perilaku yang sama terjadi ketika mereka dipelihara di akuarium dengan substrat gelap. Untuk mendapatkan hasil maksimal warna mereka, dianjurkan untuk menjaga akuarium relatif gelap dan suram.

Ikan ini memiliki selera makan yang sangat sehat. Mereka memakan alga terus-menerus. Namun mereka masih membutuhkan beberapa makanan tambahan seperti sayuran, wafer, dan pakan hidup. Ikan ini juga akan makan di kayu apung secara teratur.

Karena makannya banyak, ikan ini menghasilkan banyak kotoran. Untuk menjaga kesehatan Butterfly Pleco, sistem filtrasi yang kuat sangat penting.

15. Blue-Eyed Pleco

Gambar dan Harga Blue-Eyed Pleco

Berasal dari Kolombia, blue-eyed pleco alias ikan sapu-sapu bermata biru yang bukan untuk segala kalangan. Ini adalah salah satu ikan sapu-sapu paling langka di komunitas aquarist. Ini sebagian besar berkat kebutuhan habitat mereka yang sulit.

Mereka adalah salah satu ikan pleco terbesar di sekitar. Tidak hanya itu, ikan ini membutuhkan air yang mengalir cepat agar tetap sehat. Arus kuat itu dimaksudkan untuk meniru aliran kuat perairan asli mereka. Tanpa itu, ikan ini bisa menjadi stres dan sakit.

Tempat persembunyian juga penting bagi blue-eyed pleco. Mereka membutuhkan banyak kayu apung. Ikan ini menggunakannya untuk mencari ganggang dan bersembunyi selama jam tidak aktif mereka.

Seperti yang bisa Anda tebak, ikan ini memiliki mata biru yang menakjubkan. Warnanya cukup vibran dan dapat memantulkan banyak cahaya tergantung pada kondisinya. Tubuh mereka warnanya kusam. Mereka dilindungi oleh pelat tebal besar yang berwarna abu-abu.

Yang Mana yang Anda Suka?

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang jenis ikan pleco yang umum untuk dipelihara di akuarium, inilah saatnya untuk memikirkan yang mana yang paling Anda sukai. Kami tahu bahwa dengan begitu banyak pilihan bagus di luar sana, sulit untuk membuat keputusan. Selamat memelihara ikan sapu-sapu!

Komentar Anda