10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia yang Pernah Dijual | Faunaku
Home » Ikan » 10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia yang Pernah Dijual

10 Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia yang Pernah Dijual

Ikan koi adalah bagian dari keluarga ikan mas dan dikenal karena warna cerah dan pola warnanya yang khas. Mereka adalah salah satu ikan terindah di dunia, dan mereka juga bisa menjadi yang termahal.

Koi Termahal di Dunia

Ikan koi telah ada selama jutaan tahun, tetapi menariknya, mereka tidak berasal dari Jepang, bertentangan dengan kepercayaan populer. Meskipun sejarah mereka mungkin tidak sepenuhnya akurat, diyakini bahwa koi berasal dari Tiongkok pada abad ke-4.

Anda dapat menemukan breeder ikan koi di seluruh dunia dan beberapa koi bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang mencengangkan. Dalam panduan ini, kami akan mencantumkan 10 ikan koi termahal yang pernah dijual, mulai dari yang termahal hingga yang paling murah.

1. Kohaku

Koi Kohaku

Seperti yang kami janjikan, kami akan mengurutkan ikan koi ini dari yang paling mahal hingga yang paling murah, tetapi bersiaplah untuk membuat Anda terkagum-kagum pada yang pertama ini.

Menurut Business Insider, pada tahun 2018, seekor ikan koi Kōhaku bernama S Legend dijual dengan harga menakjubkan mencapai $1,8 juta alias lebih dari 26 miliar rupiah! Ikan betina merah putih ini memiliki panjang 101 cm dan merupakan ikan termahal yang pernah dijual.

Dia dibeli oleh seorang kolektor di Saki Fish Farm di Hiroshima dan memenangkan hadiah pertama di All Japan Koi Show pada tahun 2017. Beberapa sumber melaporkan bahwa ikan tersebut mati pada tahun 2019, meskipun hal ini belum dikonfirmasi hingga tulisan ini dibuat.

2. Ogon

Koi Ogon

Ada banyak jenis ikan koi Ogon, dengan tiga yang paling populer: Platinum, Yamabuki, dan Orenji. Satu ikan koi Yamabuki dijual seharga $700.000 (lebih dari 10 miliar rupiah) pada tahun 2018. Koi Yamabuki berwarna kuning cerah dengan sisik metalik dan dikenal dengan warna uniknya.

3. Asagi

Koi Asagi

Selanjutnya dalam daftar ini ada ikan koi Asagi. Pada 2016, Asagi spesial dijual seharga $152.000 (2,2 miliar rupiah). Asagi memiliki warna biru keabu-abuan yang indah dengan corak merah dan putih yang khas. Beberapa merujuk pada marking merah dan putihnya sebagai matahari terbenam yang indah. Asagi dianggap sebagai salah satu ras ikan koi tertua di dunia.

Baca Juga: Ikan Koi Hitam: Informasi, Asal Usul, Gambar, Fakta Unik, dan Perawatan

4. Showa

Koi Showa

Ikan koi showa memiliki tiga warna dengan pola pusaran dan tambalan yang khas dan unik. Mereka mudah diidentifikasi dengan pola hitam di atas kepala. Meskipun koi Showa adalah salah satu ikan koi yang lebih mahal, ada berbagai laporan tentang seberapa mahal harganya. Satu sumber melaporkan Showa dijual seharga $16.000 (235 juta rupiah), sementara yang lain melaporkan bahwa Kin Showa dijual seharga $950.000 (14 miliar rupiah) pada tahun 2017.

5. Beni Kikokuryu

Koi Beni Kikokuryu

Beni Kikokuryu dikenal karena kilau logamnya dan tubuhnya yang tidak bersisik atau bersisik sebagian. Ikan koi ini memiliki pola oranye atau merah di bagian atas bercampur dengan bercak hitam dan putih. Ikan koi yang cantik dan diidam-idamkan ini memiliki banyak pola dan dapat dijual seharga $2.000 (nyaris 30 juta rupiah).

Baca Juga:  Apakah Ikan Glofish Membutuhkan Heater di Akuariumnya?

6. Tancho

Koi Tancho

Ikan koi tancho mudah dikenali dari satu titik merah di atas kepalanya – “tancho” berarti “matahari merah.” Ikan koi ini sangat dihormati oleh orang Jepang dan merupakan salah satu ikan koi paling populer untuk dimiliki. Anda dapat merogoh kocek mulai dari $1.000 (14 juta rupiah) hingga $3.000 (44 juta rupiah) untuk mendapatkan salah satu dari ikan cantik ini.

7. Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke

Ikan koi Taisho Sanke memiliki tubuh berwarna putih dengan marking merah dan hitam dan dihargai karena keseimbangan dan kesimetrisannya. Ikan koi ini bisa dibandrol $3.000 (44 juta rupiah) bila Anda membeli dari peternak ikan koi. Mereka dikenal karena kombinasi warna dan polanya yang khas dan merupakan bagian dari kelompok elit koi Kohaku dan Showa. Satu hal yang pasti: ini adalah ikan yang mahal!

8. Utsuri

Koi Utsuri

Jenis ikan koi ini memiliki dua variasi yaitu Hi dan Ki. Variasi Hi berwarna hitam dengan corak merah, sedangkan Ki berwarna hitam dan kuning. Utsuri sejati akan memiliki pola yang membentang dari kepala ke ekor dan harganya bisa mencapai $600 (8,8 juta rupiah), tetapi juga bisa sampai $1.000 (14 juta rupiah).

9. Doitsu

Koi Doitsu

Ikan koi Doitsu dikembangkan lebih dari 100 tahun yang lalu dan salah satunya memiliki tubuh tanpa sisik, yang membuatnya unik dan mahal di dunia ikan koi. Warna dasarnya berkisar dari kuning, putih, dan merah. Salah satu ikan yang indah ini dapat dihargai $500 (7,3 juta rupiah) atau lebih.

10. Matsuba

Koi Matsuba

Ikan koi Matsuba unik karena memiliki satu warna solid di tubuhnya dengan pola “sisir pinus,” yang dibuat oleh sisik metalik dengan bagian tengah gelap di sepanjang tepinya. Pola sisir pinus berwarna hitam dan menonjol dengan warna solid, yang bisa berwarna kuning, merah, atau perak.

Mungkin sulit dipercaya harga ikan koi termahal yang pernah dijual, tetapi penggemar ikan koi bersedia membayar mahal untuk mendapatkannya. Ikan hias ini menambah warna cerah ke kolam luar ruangan mana pun, dan aktivitas konstannya menyenangkan untuk ditonton. Mereka dapat hidup hingga 50 tahun dalam kondisi yang tepat. Ikan koi memiliki sejarah yang kaya, dan keindahannya patut dikagumi.

Meski beberapa telah dijual dengan nominal yang luar biasa, Anda dapat membeli koi varian umum yang tak kalah cantiknya dengan harga yang lebih bersahabat.

Tags:

Komentar Anda