15 Jenis Ikan Discus yang Indah Berwarna-warni untuk Akuarium Anda | Faunaku
Home » Ikan » 15 Jenis Ikan Discus yang Indah Berwarna-warni untuk Akuarium Anda

15 Jenis Ikan Discus yang Indah Berwarna-warni untuk Akuarium Anda

Discus adalah ikan berwarna-warni dan berukuran sedang yang menambah variasi unik pada akuarium. Mereka ditemukan dalam berbagai warna menarik yang membuat mereka mendapat gelar “permata akuarium.” Anda tidak hanya dapat menemukan ikan discus dalam berbagai warna, tetapi juga dalam berbagai pola.

Ikan Discus

Karena discus bisa menjadi ikan sensitif yang membutuhkan kondisi akuarium khusus untuk berkembang, mereka mungkin bukan pilihan terbaik untuk pemelihara ikan pemula. Tapi jika Anda cukup berpengalaman dan sedang mencari ikan damai yang bisa membuat akuarium Anda terlihat berwarna-warni, maka berikut adalah 15 jenis ikan discus yang dapat Anda pilih.

Tentang Ikan Discus

Sebelum kita mulai, mari kita sedikit membahas ikan cantik ini dan persyaratan perawatannya. Ikan discus berasal dari Amerika Selatan, di mana mereka mendiami Sungai Amazon. Nama “discus” digunakan untuk menggambarkan genus ikan cichlid, yang dikenal karena perilaku agresifnya. Namun discus adalah ikan cantik yang memiliki temperamen damai dan sosial.

Saat ini ada tiga spesies discus yang dikenal, yaitu Symphysodon aequifasciatus, Symphysodon heckel, dan Symphysodon tarzoo. Mereka kemudian dikelompokkan dalam empat jenis warna yang berbeda, seperti heckel, coklat, biru, dan hijau, dan dapat memiliki pola tubuh yang solid, ringan, atau kuat tergantung pada jenis discusnya.

  • Negara Asal: Amerika Selatan
  • Ukuran: 23-30 cm
  • Umur: 10-15 tahun
  • Warna: Merah, biru, coklat, kuning, putih, hijau, oranye, hitam, putih
  • Volume Akuarium Minimum: 200 Liter

Jenis Ikan Discus Paling Indah

1. Red Melon Discus

Gambar dan Harga Ikan Red Melon Discus

Red melon discus memiliki warna merah dalam dan pekat yang memudar menjadi warna oranye atau kuning. Wajah mereka biasanya memiliki warna berbeda seperti yang ditemukan di bagian ekor dan sirip punggung. Ikan ini tidak memiliki pola yang mencolok seperti discus lainnya, tetapi mereka akan menjadi ikan yang bagus untuk akuarium jika Anda ingin menambah variasi.

2. Tangerine Discus

Gambar dan Harga Ikan Tangerine Discus

Tangerine discus memiliki tubuh oranye atau putih yang mencolok bercampur dengan warna merah darah. Tangerine discus tertentu mungkin memiliki tubuh yang didominasi warna oranye dan merah, sementara yang lain memiliki warna merah dengan kepala putih. Bercak-bercak putih biasanya memecah warna merah dan jingga yang pekat, membuat discus ini tampak menarik.

3. Checkerboard Red Panda Discus

Gambar dan Harga Ikan Checkerboard Red Panda Discus

Salah satu jenis ikan discus yang lebih umum adalah checkerboard red panda discus. Ikan ini memiliki garis-garis yang berpotongan satu sama lain untuk menciptakan pola merah yang mempesona. Tubuh discus ini berwarna putih, tetapi garis merahnya dominan dan bertanggung jawab atas sebagian besar warnanya. Dalam beberapa kasus, checkerboard red panda discus memiliki corak biru muda di awal siripnya.

4. Pigeon Blood Discus

Gambar dan Harga Ikan Pigeon Blood Discus

Strain discus ini dikembangkan pada tahun 1991 dan merupakan hasil mutasi warna dari pemuliaan di Thailand. Mereka memiliki jenis warna tubuh kuning krem yang bercorak black pepper atau garis-garis. Ekor pigeon blood discus biasanya berwarna hitam, dan kombinasi black pepper dan garis-garis membuat discus ini menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium.

Baca Juga: Ikan Discus: Habitat, Setup Akuarium, Makanan, Tankmate

5. White Butterfly Discus

Gambar dan Harga Ikan White Butterfly Discus

Ikan white butterfly discus memiliki warna tubuh krem ​​padat, dengan pola lembut pada sirip punggung dan duburnya. Jenis discus ini cukup menarik di akuarium dengan background atau substrat gelap, yang membuatnya menonjol. White butterfly discus bisa juga memiliki rona kekuningan pada tubuhnya yang berwarna krem dan mata berwarna jingga.

6. Green Snakeskin Discus

Gambar dan Harga Ikan Green Snakeskin Discus

Ini adalah jenis ikan discus berwarna biru kehijauan dengan pola belang-belang. Mereka memiliki serangkaian garis atau titik merah halus yang menutupi tubuhnya serta mata merah gelap. Green snakeskin discus memiliki jenis pola kulit ular bergaris halus yang diciptakan oleh dua peternak discus Malaysia pada tahun 1994.

7. Cobalt Discus

Gambar dan Harga Ikan Cobalt Discus

Cobalt discus adalah warna biru pekat yang dibuat antara tahun 1970-an dan 1980-an. Mereka dianggap sebagai salah satu strain warna asli discus dan dapat memiliki tampilan biru tua atau biru muda.

Beberapa cobalt discus bisa memiliki sedikit pola pada sirip punggung dan duburnya, bersama dengan rona oranye pada sirip ini. Garis vertikal gelap bisa muncul di tengah tubuh ikan, yang umum terjadi pada S. aequifasciatus.

8. Brilliant Turquoise Discus

Gambar dan Harga Ikan Brilliant Turquoise Discus

Brilliant turquoise discus memiliki warna tubuh biru (pirus) dengan garis dan rona oranye kemerahan. Beberapa ikan ini bisa memiliki warna jingga di bagian tengah tubuhnya dan di ujung siripnya. Sebagian besar tubuh ikan ini ditutupi dengan pola biru yang dominan, dan terdapat garis-garis vertikal samar di sepanjang bagian tengah tubuhnya, seperti yang terlihat pada S. aequifasciatus.

9. Pineapple Heckel Discus

Gambar dan Harga Ikan Pineapple Heckel Discus

Jika Anda mencari ikan discus berwarna cerah yang akan menambah semburat warna pada akuarium discus Anda, maka pineapple heckel discus adalah pilihan yang tepat. Ikan ini lebih sensitif terhadap kondisi air dan perubahan mendadak dibandingkan jenis discus lainnya, sehingga paling baik untuk pemelihara ikan berpengalaman.

Baca Juga:  10 Jenis Ikan Hias Kecil untuk Akuarium Kecil yang Hemat Tempat

Pineapple heckel discus memiliki warna kuning cerah dan jingga, dengan pita gelap tebal yang memanjang secara vertikal dari sirip punggung ke sirip dubur.

10. Tiger Turkish Discus

Gambar dan Harga Ikan Tiger Turkish Discus

Salah satu ikan discus yang paling banyak dicari adalah tiger Turkish discus dengan warna biru mencolok dan sirip merah. Siripnya yang berwarna merah memiliki pola garis dan titik yang menarik, yang membuat mereka memiliki penampilan yang unik.

Baca Juga: Penyebab Ikan Discus Berubah Jadi Hitam dan Solusinya

11. White Calico Discus

Gambar dan Harga Ikan White Calico Discus

Salah satu varietas ikan discus yang tidak biasa adalah white calico discus. Ikan ini memiliki tubuh berwarna putih dengan rona jingga atau merah jambu. Pola mereka terdiri atas bintik-bintik oranye di tubuh mereka, yang mana tidak banyak pola berbeda ditemukan pada jenis discus lainnya. Bintik-bintik itu dapat menempati sebagian besar tubuh mereka, atau dapat ditemukan di petak kecil di bagian pangkal sirip ekor ikan.

12. Yellow Panda Discus

Gambar dan Harga Ikan Yellow Panda Discus

Yellow panda discus yang berwarna cerah ini dijamin akan menambah warna akuarium discus Anda. Discus jenis ini memiliki tubuh kuning terang yang terlihat luar biasa di bawah pencahayaan buatan yang terang. Siripnya biasanya berwarna terpisah, dengan campuran pirus dan oranye yang menonjolkan ujung siripnya. Tubuh mereka biasanya berwarna kuning pekat, meskipun marking biru samar dapat muncul di kepala ikan.

13. Blue Mercury Discus

Gambar dan Harga Ikan Blue Mercury Discus

Ikan blue mercury discus dianggap sebagai varietas solid dengan sisik berkilauan. Ekor ikan ini transparan, dengan sisa sirip berwarna biru cerah. Kepala blue mercury discus berwarna krem, dan tubuhnya ditutupi sisik biru dan putih mengkilap yang tampak bersinar di bawah pencahayaan buatan.

14. Millennium Golden Discus

Gambar dan Harga Ikan Millennium Golden Discus

Jika Anda adalah penggemar golden discus, maka ikan discus berwarna solid ini akan menarik minat Anda. Millennium golden discus memiliki warna kuning tua pekat dengan nuansa krem di kepala dan di ujung siripnya. Mereka tidak berwarna secerah yellow panda discus, tetapi sama berwarnanya.

15. Ghost Discus

Gambar dan Harga Ikan Ghost Discus

Dibandingkan dengan jenis ikan discus lainnya, ghost discus terlihat cukup simpel. Namun mereka masih bisa menjadi tambahan yang menarik untuk akuarium Anda. Ikan ini memiliki tubuh berwarna putih dengan corak biru kehijauan.

Hal ini dapat membuat mereka tampak abu-abu dan sulit untuk membedakan warna lainnya, maka mereka pun di namai discus “hantu.” Tepi siripnya hampir transparan dan biasanya dipadukan dengan warna biru tua dan merah.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa discus merupakan ikan indah dengan warna-warni dan corak yang mengesankan. Anda dapat memilih untuk memelihara varietas discus yang berbeda jika Anda ingin menambah warna pada akuarium Anda, atau Anda dapat memilih variasi discus yang paling mengesankan Anda.

Meskipun ikan discus bukanlah spesies ikan yang mudah dipelihara, ketika dipelihara di lingkungan yang baik dan diberi makan makanan yang sehat, mereka akan dapat bertahan lama di akuarium air tawar Anda di rumah!

Tags:

Komentar Anda