Berapa Banyak Jumlah Anak Hamster dalam Sekali Melahirkan?

Jika Anda memiliki hamster yang sedang hamil atau Anda ingin membiakkan hamster, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan, dan pertanyaan terbesar adalah berapa banyak bayi hamster yang akan dihasilkannya dalam satu kali kelahiran.

Jumlah Anak Hamster

Jawaban singkatnya adalah Anda dapat mengharapkan rata-rata empat anak hamster lahir dalam satu kali kelahiran. Tapi teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari jumlah anakan yang lebih tepat untuk membantu Anda memelihara mereka dengan benar.

Berapa Banyak Jumlah Anakan Hamster?

Hamster biasanya memiliki 4-6 anak per kelahiran, tetapi jumlahnya sering kali bisa mencapai 12 ekor, dan hamster langka bisa melahirkan hingga 20 ekor dalam sekali melahirkan. Jumlah anakan juga bisa berkurang jika induknya memutuskan untuk berhenti membesarkannya atau memakannya.

Jenis hamster memiliki dampak terbesar pada jumlah anakan yang bisa dihasilkannya.

Jenis Hamster Masa Kehamilan Jumlah Anakan
Hamster kerdil Campbell 17-20 hari 4-6
Hamster Tiongkok 20-22 hari 2-12
Hamster Djungarian 20-22 hari 2-10
Hamster Roborovski 19-22 hari 1-7
Hamster Golden Suriah 15-16 hari 5-9

Seperti yang Anda lihat pada bagan di atas, hamster Roborovski, Djungarian, dan Tiongkok semuanya dapat menghasilkan sedikit bayi (1-2 ekor), tetapi jumlahnya jauh lebih sering mendekati enam ekor.

Bahaya bagi Bayi-bayi Hamster

Penting untuk menjaga lingkungan yang bebas stres dan tenang bagi induk hamster Anda selama minggu pertama atau lebih setelah dia melahirkan. Memisahkannya dari hewan lain juga merupakan hal yang bagus.

Jika dia marah atau terganggu selama waktu sensitif ini, dia mungkin secara tidak sengaja akan memakan bayi-bayinya. Fakta menunjukkan bahwa induk hamster cenderung memasukkan anak-anaknya di kantong pipinya saat makan ketika dia stres, yang dapat membuat mereka semua mati lemas.

Cara Mengetahui Hamster Hamil

Seperti yang Anda duga, Anda akan melihat hamster Anda menjadi lebih besar dari biasanya dengan sedikit tonjolan di perutnya. Anda juga bisa memperhatikan hamster menjadi gelisah dan dia mungkin lebih aktif dari biasanya pada waktu yang tidak umum. Anda mungkin juga melihat beberapa pendarahan di area vagina saat persalinan sudah dekat.

Mempersiapkan Hamster untuk Melahirkan

Memeriksakan ke Dokter Hewan

Dokter hewan hamster

Hal pertama yang kami sarankan setelah Anda mengetahui hamster Anda hamil adalah membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa. Setelah pemeriksaan pranatal, dokter dapat membantu memberikan saran yang berkaitan langsung dengan hamster peliharaan Anda, dan mereka mungkin akan meresepkan vitamin atau suplemen lain untuk memastikan persalinan yang sehat.

Alas Kandang

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan di rumah adalah memasukkan bedding atau alas kandang tambahan ke dalam kandang hamster. Bedding tidak mahal dan itu akan membantu membuat hamster Anda lebih nyaman selama kira-kira 20 hari masa kehamilannya, yang dapat membantu mengarahkan pada kehamilan dan periode postpartum yang lebih sehat.

Makanan

Pastikan hamster memiliki banyak makanan berkualitas tinggi dan akses ke semua air yang dibutuhkannya. Anda mungkin mengamati hamster Anda akan makan lebih banyak dari biasanya, dan dia akan melakukannya pada waktu yang tidak biasa, jadi tetaplah siaga untuk mengisi ulang makanan dan mengganti air minumnya.

Pemeriksaan Ulang

Setelah bayi lahir, penting untuk membawa induk dan anak-anaknya ke dokter hewan untuk memastikan semua hamster Anda sehat dan pulih dengan benar. Pemeriksaan ini juga dapat membantu Anda mendapatkan saran untuk membantu induk hamster melalui masa pasca melahirkan.

Kapan Hamster Bisa Melahirkan?

Jumlah Bayi Hamster

Kebanyakan hamster dapat mulai berkembang biak pada sekitar usia 8 minggu, dan masa kehamilan biasanya berlangsung sekitar 20 hari. Bagian yang mengejutkan adalah mereka bisa hamil lagi hanya beberapa hari kemudian, jadi Anda bisa mendapatkan lebih banyak hamster daripada yang Anda harapkan jika Anda tidak memisahkan jantan dan betina.

Akankah Ayah Hamster Memakan Anaknya?

Sayangnya, ayah hamster mungkin memakan anak-anaknya untuk mendapatkan perhatian induknya, dan tidak lama kemudian hamster akan melihat keturunannya sebagai saingan. Begitu dia melihat anak-anaknya sebagai musuh, hamster jantan mungkin berubah menjadi agresif, jadi kami sarankan untuk memisahkan jantan untuk meminimalisir risiko ini.

Berapa Lama Hamster Hidup?

Rentang hidup tergantung pada jenis hamster, tetapi kebanyakan hamster hidup rata-rata 2-3 tahun, dengan beberapa hamster bisa hidup sedikit lebih lama jika mereka menerima perawatan yang tepat.

Perawatan Apa yang Dapat Anda Berikan untuk Anak Hamster?

  • Kurangi kontak dengan bayi-bayi hamster setidaknya selama 2 minggu setelah lahir. Menyentuh bayi dapat menularkan bau yang tidak biasa bagi ibu hamster, yang dapat membahayakannya.
  • Cukup bersihkan area basah di habitatnya untuk meminimalisir gangguan.
  • Jaga daerah kandangnya setenang mungkin, terutama saat hamster makan.
  • Meletakkan selimut atau handuk di atas kandang dapat meningkatkan rasa aman bagi hamster.
  • Mulailah menambahkan makanan padat yang Anda lunakkan dengan air setelah sekitar 10 hari.
  • Pisahkan hamster jantan dan betina setelah sekitar 5 hari.

Ringkasan

Hamster memiliki rata-rata 6 hingga 12 anak per kelahiran, tetapi jumlah sebenarnya dapat sangat bervariasi, dan beberapa jenis hamster bisa menghasilkan sebanyak 20 ekor anak.

Hamster berkembang biak dengan sangat cepat dan sulit diatur, sehingga sebagian besar ahli merekomendasikan untuk memisahkan jantan dan betina, kecuali jika Anda memang berniat mengawinkannya untuk menghasilkan keturunan. Kebanyakan hamster bisa hamil hanya pada usia delapan minggu dan akan tetap subur hampir di sepanjang hidup mereka.

Komentar Anda