Apakah Anjing Suka Dikandangkan? Ini Faktanya

Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa anjing memiliki naluri bersarang alami dan dapat menikmati menggunakan kandang jika mereka menerima pelatihan kandang yang tepat. Namun ketika Anda mendalami topik ini, Anda akan menemukan bahwa ada banyak pendukung dan juga penentang alias pro kontra dalam pelatihan kandang.

Anjing di kandang

Jadi, tidak ada jawaban yang jelas apakah anjing menyukai kandang. Sebaliknya, ini tampaknya tergantung pada anjing yang bersangkutan serta bagaimana kandang itu digunakan.

Bagaimana Pelatihan Kandang Menjadi Populer

Meski kandang cukup populer digunakan di Amerika Serikat, itu tidak biasa digunakan di bagian lain dunia. Crating atau pengandangan menjadi populer di AS karena penelitian yang dilakukan pada tahun 1970-an menunjukkan bahwa anjing memiliki naluri denning atau bersarang, seperti serigala. Penelitian ini ternyata sesat, tetapi popularitas insting bersarang sudah terlanjur meningkat dan mempromosikan penggunaan kandang secara luas.

Saat ini, sekitar sepertiga pemilik anjing di AS menggunakan kandang, dan pelatihan kandang dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk digunakan bersama dengan pelatihan toilet. Jika hubungan positif dengan kandang berkembang pada anjing, anjing dapat menikmati berada di dalam kandangnya.

Jadi, mungkin saja anjing menyukai kandangnya. Penentunya adalah bagaimana manusia memperkenalkan dan menggunakan kandang. Penggunaan yang tepat akan memperkuat koneksi positif, sementara penggunaan yang tidak tepat dapat mengarah ke kondisi yang tidak layak.

Penggunaan Kandang Anjing yang Tepat

Gambar kandang anjing

Kunci penggunaan kandang yang tepat adalah memastikan bahwa anjing memiliki hubungan dan pengalaman positif dengan kandangnya. Oleh karena itu, kandang harus terlihat dan terasa nyaman dan aman.

Kandang anjing harus dilengkapi dengan alas tikar atau tempat tidur yang nyaman serta beberapa mainan dan camilan favorit anjing. Beberapa anjing mungkin juga menyukai kandang yang tertutup sebagian untuk menciptakan lingkungan yang redup dan terpencil.

Kandang juga dapat membantu menjaga anjing tetap aman saat sedang berlatih buang kotoran. Kita dapat membuat rumah kita ramah anak anjing, tetapi itu tidak menjamin bahwa seekor anjing tidak akan berkeliaran dan bermain-main dengan sesuatu yang tidak aman.

Jadi, kandang dapat melindungi anjing menelan benda-benda berbahaya yang ditemukan di furnitur, menggigit kabel listrik, dan berinteraksi dengan barang berbahaya lainnya di sekitar rumah saat pemiliknya tidak di rumah. Kandang juga dapat mengurangi stres saat anjing bepergian. Lingkungan kandang yang akrab dapat membantu anjing tetap tenang karena lingkungan di sekitarnya berubah secara tidak terduga.

Penggunaan Kandang Anjing yang Tidak Tepat

Kandang tidak boleh digunakan untuk memelihara anjing secara terus menerus di area terbatas. Kebanyakan pelatih anjing tidak merekomendasikan memelihara anjing dewasa di dalam kandang selama lebih dari 8 jam. Meski beberapa anjing mungkin senang memiliki ruang khusus mereka sendiri untuk dituju, waktu yang lama di dalam kandang tidaklah baik karena tidak menciptakan dan memperkuat pengalaman positif bagi mereka.

Kandang juga tidak boleh digunakan sebagai bentuk hukuman. Sekali lagi, kandang harus menjadi ruang positif bagi anjing. Mengurung anjing di dalam kandang sebagai bentuk hukuman hanya akan menyebabkan lebih banyak masalah perilaku dan masalah hubungan antara pemilik dan anjing.

Terakhir, kandang tidak boleh digunakan sebagai sel tahanan yang berkepanjangan untuk anak anjing yang sedang latihan kencing dan buang kotoran atau potty training. Anak anjing biasanya tidak dapat menahan kandung kemihnya selama lebih dari 4 jam setiap kali, dan jangka waktu ini bahkan lebih pendek untuk anak anjing yang umurnya di bawah 6 bulan.

Tujuan utama menggunakan kandang selama potty training bukanlah untuk menjaga anak anjing rumahan agar tidak kencing di lantai. Sebaliknya, kandang harus digunakan untuk waktu yang singkat ketika pemilik tidak dapat mengawasi anak anjingnya dan memberikan perhatian penuh pada mereka.

Kesimpulan

Tidak semua anjing perlu dilatih menggunakan kandang, dan pada saat yang sama, penggunaan kandang tidak harus dihilangkan sama sekali. Menfaat penggunaan kandang anjing tergantung pada bagaimana kandang itu digunakan.

Jika anjing dilatih untuk memahami bahwa kandang adalah tempat dan rumahnya yang aman, mereka akan senang berada di dalam kandangnya. Jika kandang hanya digunakan sebagai kurungan, tidak ada alasan bagi anjing untuk menyukainya. Pada akhirnya, semua tergantung pemiliknya untuk menciptakan pengalaman positif bagi anjing dan kandangnya.

Komentar Anda