14 Fakta Tentang Kelinci Anggora Inggris

Kelinci anggora yang dikenal dengan bulu tebalnya adalah salah satu ras kelinci tertua di dunia. Ada 11 ras kelinci anggora yang ditemukan di seluruh dunia, antara lain kelinci anggora Cina, kelinci anggora Jepang, kelinci anggora Korea, kelinci anggora Finlandia, kelinci anggora Rusia, kelinci anggora Jerman, kelinci anggora St. Lucian, kelinci anggora Swiss, kelinci anggora Inggris, kelinci anggora Perancis, kelinci anggora Satin, dan kelinci anggora Raksasa. Empat dari jenis kelinci ini -kelinci anggora Inggris, Prancis, Raksasa, dan Satin- diakui oleh ARBA atau American Rabbit Breeders Association.

Kelinci Anggora Inggris

Trah-trah kelinci ini konon berasal dari Ankara di Turki. Inilah alasan mengapa nama anggora atau angora diberikan kepada spesies tersebut. Anggora pertama kali dibawa ke Prancis pada tahun 1723. Kelompok kelinci ini menjadi sangat populer di kalangan keluarga kerajaan Prancis pada masa itu dan dijadikan hewan peliharaan.

Pada akhir abad ini, kelinci ini menjadi hewan peliharaan terkenal di seluruh Eropa. Semua spesies pertama kali dikenal sebagai kelinci anggora Prancis, tetapi kemudian dibagi menjadi spesies yang berbeda.

Banyak orang telah mendengar tentang wol anggora yang telah populer di industri garmen Amerika Serikat sejak abad ke-20 ketika kelinci ini pertama kali diperkenalkan di negara tersebut. Serat lembut dan halusnya menjadi populer cukup cepat.

Jika kelinci anggora Inggris dijadikan hewan peliharaan atau digunakan untuk produksi bulu wol oleh pemiliknya, maka perawatan terus menerus sangat diperlukan. Makanan apa pun yang mengandung tanaman dan daun hijau dapat dimasukkan dalam menunya.

Fakta Kelinci Anggora

1. Berapa banyak kelinci anggora Inggris yang ada di dunia?

Populasi kelinci anggora Inggris tidak diketahui. Namun banyak orang di seluruh dunia memelihara anggora di rumah. Tidak ada bahaya kepunahan bagi kelinci ini saat ini. Ada sekitar 709 juta kelinci yang ditemukan di dunia.

2. Dari mana kelinci anggora Inggris berasal?

Kelinci anggora konon ditemukan di Ankara di Turki. Setelah itu, kelinci ini dibawa ke banyak negara Eropa. Kelinci anggora Inggris dibiakkan dari kelinci anggora Prancis, namun kelinci yang terakhir digunakan untuk tujuan komersial (wol). Anggora Inggris pertama kali dibiakkan untuk menjadi kelinci pertunjukan dan hewan peliharaan. Namun sekarang spesies ini juga digunakan di seluruh dunia sebagai penghasil wol.

3. Di mana habitat kelinci anggora Inggris?

Habitat spesies ras murni ini tidak diketahui. Namun konon mereka ditemukan di habitat yang sama dengan kelinci normal.

4. Berapa lama kelinci anggora Inggris hidup?

Umur kelinci anggora antara 7-12 tahun. Umur kelinci domestik biasa adalah sekitar 10-12 tahun. Untuk mendapatkan harapan hidup yang maksimal, kebiasaan makan beserta kebiasaan grooming perlu dijaga.

5. Bagaimana kelinci anggora bereproduksi?

Perkembangbiakan kelinci anggora ini mirip dengan jenis kelinci lainnya. Bulunya yang tebal dan lebat tidak menjadi penghalang untuk kawin. Betina ditambahkan ke kandang tempat pejantan tinggal. Kemudian betina dan jantan saling mengejar di dalam kandang. Pejantan meninggalkan betina sendirian ketika kawin selesai. Betina harus dipindahkan ke kandang yang berbeda setelah kawin.

Masa kehamilan adalah selama 38 hari dan betina berhenti makan makanan apa pun ketika waktu melahirkan sudah dekat. Sarangnya terbuat dari bulu dan juga jerami tempat tiga hingga lima bayi dilahirkan. Ada lebih dari satu kelompok anakan dalam setahun. Kelinci mencapai kedewasaan seksual pada usia lima sampai delapan bulan.

6. Seperti apa rupa kelinci anggora Inggris?

Tubuh kelinci anggora Inggris ditutupi bulu yang tebal, bahkan menutupi kakinya. Ini adalah satu-satunya spesies kelinci anggora dengan bulu wajah. Rambut kelinci anggora Inggris menutupi matanya dan memiliki tubuh kelinci terkecil dalam daftar ARBA. Ada tiga jenis wol yang ditemukan di tubuh anggora Inggris – underwool lembut, bulu awn, dan rambut awn.

Kepala yang rata dan telinga yang pendek terlihat pada tubuh kelinci anggora Inggris yang kompak dan kecil, tetapi tidak mudah terlihat karena rambut yang tebal pada bulunya. Bulunya cukup halus dan trah ini memiliki banyak bulu di wajah bersama dengan wol panjang di tubuhnya. Mantel dan bulu spesies ini menjadikan mereka ras istimewa dalam setiap kontes kelinci. Ada berbagai warna yang ditemukan seperti lynx, kastanye, hitam, biru, cokelat, dan ungu.

Kelinci anggora Prancis memiliki tipe tubuh komersial dan jauh lebih besar daripada anggora Inggris. Mereka juga memiliki lapisan bulu bawah yang besar. Kelinci anggora Prancis memiliki wajah dan kaki depan yang tidak berambut, tidak seperti anggora Inggris, anggora Jerman, dan anggora Raksasa.

Kelinci anggora Jerman sangat berbulu dan merupakan salah satu produsen wol tertinggi. Kelinci anggora Perancis memiliki rambut pendek di wajah dan telinganya, namun kelinci anggora Inggris memiliki bulu yang sangat tebal di wajah dan telinganya.

7. Bagaimana mereka berkomunikasi?

Gambar Kelinci Anggora Inggris

Kelinci berkomunikasi melalui bahasa tubuh. Namun ada beberapa kasus ketika kelinci juga menggunakan metode komunikasi verbal.

8. Seberapa besar kelinci anggora Inggris?

Ukuran pasti kelinci anggora tidak diketahui. Kelinci ini biasanya memiliki tinggi sekitar 30-40 cm.

9. Seberapa cepat kelinci anggora Inggris dapat berlari?

Kecepatan lari kelinci anggora Inggris tidak diketahui. Kelinci Eropa dapat berlari dengan kecepatan 40 km/jam. Kelinci biasanya melompat-lompat.

10. Berapa berat kelinci anggora Inggris?

Berat trah ini sekitar 2-3,5 kg. Kelinci anggora Jerman memiliki berat sekitar 3,1-5,2 kg. Mereka sedikit lebih besar dari kelinci anggora Inggris. Kelinci Eropa dari Eropa Barat Daya dan Afrika Barat Laut memiliki kisaran berat sekitar 1,5-2,5 kg. Mereka biasanya lebih ringan dari kelinci anggora Inggris.

11. Apa yang dimakan kelinci anggora Inggris?

Makanan utama kelinci anggora Inggris terdiri atas tanaman. Makanannya meliputi kulit kayu, akar, biji, dan daun. Trah ini juga dapat diberi makan pelet, sayuran, dan buah-buahan. Pola makan yang sehat harus dijaga agar terhindar dari penyakit.

Kelinci anggora Inggris tidak terancam dari pemangsa kelinci biasa di alam liar seperti kucing, rubah, dan serigala. Karena kelinci anggora selalu dibesarkan di rumah dan selalu dijinakkan, mereka tidak ditemukan di alam liar. Namun waspadalah terhadap kucing dan tikus di rumah karena mereka dapat dengan mudah memangsa kelinci anggora.

12. Apakah kelinci anggora bisa menjadi hewan peliharaan yang baik?

Kelinci anggora Inggris paling cocok untuk kelompok pemilik yang memiliki pengalaman. Kelinci juga cocok untuk anak-anak kecil dan besar. Namun karena kebutuhan perawatannya yang tinggi dan mengingat masalah kesehatan kelinci, pengawasan orang dewasa di sekitar anak-anak sangat dianjurkan. Aturan perawatan yang ketat perlu diikuti untuk menjaga kesehatan kelinci ini.

Karena temperamen mereka yang baik, kelinci Anggora bisa menjadi hewan peliharaan yang sangat baik. Kelinci membutuhkan sesi perawatan rutin untuk rambut wolnya. Jadi trah ini tidak direkomendasikan untuk orang yang tidak rajin merawat hewan peliharaan berbulu mereka.

13. Apakah kelinci anggora perawatannya sulit?

Wool block adalah topik penting untuk dibahas untuk menjaga kesehatan kelinci ini. Semua ras anggora memiliki bulu yang banyak dan panjang di tubuhnya. Hal ini membuat kelinci rentan terhadap wool block. Wool block adalah fenomena di mana bulu-bulu di tubuh kelinci membuat sumbatan mematikan pada saluran pencernaan. Ini bahkan dapat membunuh kelinci anggora.

Ras kelinci anggora suka merawat diri mereka sendiri yang menyebabkan penyumbatan ini. Untuk mencegah masalah kesehatan ini, perawatan bulu setiap tiga sampai empat bulan diperlukan. Alat yang tepat diperlukan untuk merawat jenis kelinci anggora ini. Selain grooming, hewan ini tidak membutuhkan perawatan yang sangat tinggi.

14. Berapa banyak ruang yang dibutuhkan kelinci anggora?

Kandang harus dari kawat atau bingkai kayu. Kandang seluas sekitar 1 persegi sudah cukup untuk kelinci anggora. Namun pengukuran ini tidak termasuk makanan dan piring air di dalam kandang.

Tertarikkah Anda memelihara kelinci anggora di rumah?

Komentar Anda