Perawatan Kelinci Anggora Jerman: Makanan, Perilaku, Fakta, Gambar

Kelinci anggora Jerman (German Angora) adalah salah satu dari 11 ras kelinci berbulu panjang yang dapat Anda jadikan hewan peliharaan atau hewan ternak karena bulunya yang panjang yang disebut wol anggora. Peternak mencukur bulu kelinci ini dengan hati-hati agar tidak menyakitinya dan mencegah kelinci menelan bulunya, yang dapat menyebabkan penyumbatan pada sistem pencernaan mereka.

Foto kelinci anggora Jerman

Bulu kelinci menyebabkan reaksi alergi yang lebih sedikit daripada bulu hewan lain, sehingga lebih baik untuk dijadikan bahan pakaian. Ini juga membuat kelinci anggora Jerman ideal untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Tentang Kelinci Anggora Jerman

Kelinci anggora Jerman tiba pada tahun 1960-an ketika peternak mencoba untuk mendapatkan lebih banyak bulu dari kelinci anggora Inggris. Pemuliaan selektif menciptakan anggora Jerman, yang menghasilkan 2000 gram bulu setiap tahun dibandingkan dengan anggora Inggris yang hanya 200 gram per tahun.

Meskipun memiliki lebih banyak bulu, American Rabbit Breeders Association (ARBA) tidak mengakui kelinci anggora Jerman sebagai ras yang unik dan menggabungkannya dengan anggora Inggris. Namun mereka diakui oleh Association of German Angora Rabbit Breeders (IAGARB).

Perilaku dan Temperamen Khas

Kelinci anggora Jerman adalah hewan penyayang yang sangat jinak dan suka bersantai. Mereka suka tinggal di dalam atau di luar ruangan dan suka bermain dengan pemiliknya. Anak-anak akan menyukai bulu ekstra halus mereka, dan tidak masalah jika Anda membawanya kemana-mana selama Anda bisa menanganinya dengan lembut.

Anda juga dapat mengelusnya tanpa takut digigit. Mereka cukup cerdas untuk belajar menggunakan kotak pasir dan akan datang saat Anda memanggilnya.

Penampilan dan Varietas

Anggora Jerman adalah kelinci besar dengan banyak bulu. Kisaran beratnya antara 2,2 sampai 5,4 kg, tetapi biasanya tetap mendekati 2,7 atau 3,1 kg, terutama jika Anda tidak memberinya makan berlebihan.

Warna bulu albino putih adalah yang paling populer, tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam beberapa warna monokromatik, termasuk coklat dan hitam. Ada juga varietas dengan pola warna tortoiseshell dan lainnya dengan marking agouti dan chinchilla.

Cara Merawat Kelinci Anggora Jerman

Gambar kelinci anggora Jerman

Kelinci Anggora Jerman tidak merontokkan bulu, jadi Anda tidak akan melihat bulu bertebaran di seluruh rumah, tetapi Anda harus menyisirnya secara teratur agar tidak kusut dan gimbal. Anda juga perlu mencukur kelinci setiap tiga bulan sekali untuk mencegah bulunya lepas kendali. Selain itu, Anda perlu memotong kukunya secara teratur dan menjaga kebersihan telinganya untuk mencegah infeksi.

Kelinci Anggora Jerman Anda tidak perlu dimandikan kecuali jika dia sangat kotor. Mandi dapat menakuti kelinci, jadi Anda tidak boleh mencobanya kecuali diperlukan.

Habitat, Kondisi dan Pengaturan Kandang

Kandang

Kelinci anggora Jerman adalah kelinci yang cukup besar, sehingga membutuhkan kandang yang besar, baik Anda memeliharanya di dalam maupun di luar rumah. Kebanyakan ahli merekomendasikan ukuran kandang dengan panjang 90 cm x lebar 75 dan tinggi 60 cm untuk memberi kelinci Anda cukup ruang untuk bergerak.

Kelinci Anda juga membutuhkan waktu beberapa jam di luar kandang setiap hari untuk mendapatkan aktivitas yang dibutuhkan agar tetap sehat dan menghindari kelebihan berat badan.

Kotak Sarang

Kotak sarang sangat penting jika kelinci anggora Jerman Anda akan berkembangbiak. Ini harus cukup besar agar kelinci Anda bisa masuk dan membangun sarang yang memadai. Sebagian besar ahli merekomendasikan kotak sarang setidaknya berukuran panjang 45 cm x lebar 30 cm x tinggi 20 cm untuk hasil terbaik.

Wadah Makanan

Jenis wadah makanan yang Anda gunakan tidak penting, tetapi harus mudah dibersihkan dan tidak memiliki ujung yang tajam. Tempat makan juga memerlukan pemeriksaan rutin untuk memastikannya tetap bebas dari retakan, karat, dan jamur.

Mangkuk Air

Kebanyakan pemilik kelinci lebih suka menggunakan botol plastik atau kaca dengan tabung minum untuk memberi minum hewan peliharaan mereka. Sistem ini mencegah kontaminan masuk ke pasokan air mereka, tetapi Anda harus berhati-hati jika menggunakan botol plastik karena bisa membocorkan PCB ke dalam air. Jika menggunakan kaca, Anda harus memastikannya tidak pecah.

Tempat Tidur

Tempat tidur kayu atau kertas standar sangat cocok untuk kelinci anggora Jerman Anda, dan Anda harus menyediakan jumlah yang cukup untuk membuat bantalan lembut untuk kaki mereka, tetapi jangan sampai kelinci menendangnya keluar dari kandang. Anda juga perlu menyediakan rumput timothy yang melimpah yang dapat mereka kunyah.

Apakah Kelinci Anggora Jerman Ramah pada Hewan Peliharaan Lain?

Harga Kelinci Anggora Jerman

Kelinci anggora Jerman cukup besar, jadi jika Anda mensosialisasikannya lebih awal, mereka sering dapat bergaul dengan baik dengan banyak ras anjing dan bahkan sebagian besar kucing.

Namun Anda tidak boleh menempatkan mereka dalam situasi di mana mereka harus terus berlari dan bersembunyi. Berlari dapat melukai kelinci anggora Jerman Anda. Mereka juga bisa tersandung bulunya dan kepanasan karena terlalu banyak aktivitas.

Makanan Kelinci Anggora Jerman

Selain rumput timothy yang perlu Anda sediakan dalam jumlah tak terbatas, kelinci anggora Jerman Anda bisa diberi makanan berbagai macam buah-buahan, sayuran, dan pelet. Pelet kelinci komersial akan memberi hewan peliharaan Anda makanan seimbang yang dibutuhkannya agar berumur panjang dan sehat.

Menjaga Kelinci Anggora Jerman Anda Tetap Sehat

Kelinci anggora Jerman adalah jenis kelinci yang sehat yang dapat hidup lama 7 sampai 12 tahun dengan beberapa pemeriksaan ke dokter hewan.

GI Stasis

GI Stasis adalah penyumbatan di usus kelinci anggora Jerman karena menelan bulu panjangnya saat dia merawat dirinya sendiri. Bulu ini menumpuk di sistem dan dapat mengancam nyawanya jika Anda tidak mengetahuinya lebih awal. Cara terbaik untuk mencegah GI Stasis adalah dengan mencukur bulu kelinci setiap tiga bulan sekali agar tidak terlalu panjang.

Benda-benda di Rumah

Kelinci suka mengunyah sesuatu, dan anggora Jerman Anda tidak akan berbeda. Penting bahwa sebelum Anda membiarkan kelinci Anda berkeliaran dengan bebas di rumah Anda, Anda harus melindunginya dengan menyembunyikan atau melepas semua kabel dan hal-hal lain yang mungkin membingungkan kelinci Anda dengan rumput timothy.

Mengunyah kabel bisa berbahaya karena bisa merusak peralatan elektronik Anda, mungkin menyetrum kelinci Anda, dan dapat menyebabkan masalah usus.

Kegemukan

Sangat mudah untuk membuat kelinci anggora Jerman Anda kegemukan dengan memberinya terlalu banyak camilan. Jika Anda ingin memberi hadiah kepada kelinci Anda dengan snack atau buah, Anda harus memperhatikan berat badannya. Kelinci suka makan dan tidak akan kesulitan menambah berat badan, yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kanker.

Pembiakan

Karena American Rabbit Breeders Association tidak mengakui kelinci anggora Jerman sebagai breed yang berdiri sendiri, jauh lebih sulit untuk menemukan breeder yang membiakkannya. Peluang terbaik untuk menemukannya adalah di toko hewan peliharaan, di mana peternak bulu mungkin menjual sebagian kelebihan stoknya, atau pergi langsung ke peternakan bulu di mana mereka mungkin memiliki satu yang ingin mereka jual.

Berapa Harga Kelinci Anggora Jerman?

Di pasaran internasional, kelinci anggora Jerman biasanya dihargai antara 50 sampai 120 dolar AS, tergantung di mana Anda mendapatkannya. Toko hewan peliharaan cenderung lebih murah, tetapi garis keturunannya sering tidak jelas dan Anda tidak akan dapat mengetahui riwayat kesehatan kelinci.

Peternak lebih mahal, tetapi mereka seringkali sudah menjalankan tes untuk memastikan kelinci bebas dari cacat genetik dan memiliki keterampilan untuk menghasilkan hewan peliharaan yang lebih sehat dan berumur panjang.

Apakah Kelinci Anggora Jerman Cocok untuk Anda?

Ya, kelinci anggora Jerman bisa menjadi hewan peliharaan rumahan yang luar biasa. Volume rambutnya yang besar akan membuatnya disukai anak-anak dan tamu, dan membutuhkan perawatan yang sangat sedikit untuk membuat mereka tampak cantik.

Mereka tidak merontokkan bulu, jadi Anda tidak akan melihat banyak bulu bertebaran di furnitur atau pakaian Anda. Anda juga harus rajin mencukur bulunya agar Anda memiliki ‘pabrik wol’ sendiri jika Anda tahu bagaimana menggunakannya untuk membuat kain.

Kelinci anggora Jerman suka bermain, membiarkan Anda mengelusnya atau membawanya ke mana-mana, dan dapat bergaul dengan baik dengan hewan lain. Mereka bahkan akan datang jika Anda memanggilnya dan akan belajar menggunakan kotak pasir. Apa yang kurang? Semoga Anda suka dengan ras kelinci yang satu ini!

Komentar Anda