Apakah Kelinci Boleh Diberi Makan Anggur?

Kelinci adalah hewan yang lembut dengan sistem pencernaan khusus. Tubuh mereka telah berkembang untuk memproses bahan tanaman secara efektif dan efisien. Tapi bisakah anggur menjadi bagian dari makanan biasa kelinci? Jawabannya adalah “kadang-kadang.”

Kelinci makan anggur

Anggur adalah salah satu buah yang paling populer di sekitar kita. Buah ini tersedia sepanjang tahun dan bahkan lebih terjangkau selama bulan-bulan musim panas. Anggur merah, anggur hijau, anggur ungu, dan anggur tanpa biji semuanya umum, mudah ditemukan, dan cukup enak. Anda mungkin memiliki anggur di rumah dan menjadikannya camilan yang sehat.

Anggur telah dipuji selama berabad-abad sebagai kunci kesehatan. Anggur adalah sumber serat, potasium, serta banyak vitamin dan mineral lainnya. Buah berbentuk bola kecil ini telah dikaitkan dengan pencegahan kanker, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Kandungan seratnya menjadikannya obat rumah yang umum untuk sembelit.

Tapi semua manfaat kesehatan itu untuk manusia.

Apakah Anggur Baik untuk Kelinci Seperti Halnya untuk Manusia?

Bisa jadi. Kelinci menyukai buah. Mereka adalah herbivora alami yang hidup dari segala macam bahan tanaman. Mereka secara alami hidup dari makanan yang sebagian besar daun, rumput, dan jerami, tetapi apa pun yang tumbuh di alam bisa jadi makanannya.

Anggur dimaksudkan untuk menjadi makanan yang sesekali bisa dimakan kelinci. Bagi kelinci, anggur itu seperti permen. Bayangkan saja, jika Anda makan selada sepanjang waktu, tidakkah Anda ingin sesekali mencoba anggur yang manis dan berair itu?

Makanan kelinci harus terdiri atas sebagian besar jerami. Seekor kelinci harus memakan setumpuk jerami yang secara visual berukuran sama dengannya. Mereka juga harus makan antara 2 dan 4 cangkir sayuran hijau dan seperempat cangkir pelet makanan berkualitas tinggi. Sebagai camilan sesekali, mereka dapat diberi beberapa potong buah.

Kelinci dan Anggur

Kebanyakan kelinci akan suka melahap anggur jika diizinkan. Jika Anda bisa bertanya kepada kelinci, mereka mungkin akan mengatakan bahwa mereka bisa makan 10.000 buah anggur sehari. Tetapi mereka hanya boleh makan beberapa buah anggur saja pada satu waktu dan hanya beberapa kali seminggu.

Memberikan makan anggur pada kelinci peliharaan membutuhkan keseimbangan, seperti semua hal yang berkaitan dengan nutrisi. Beri kelinci Anda beberapa buah anggur dan mereka akan puas. Memberi kelinci terlalu banyak anggur bisa merusak sistem pencernaannya.

Dalam jumlah sedang, anggur bisa meningkatkan kesehatan usus, tetapi terlalu banyak anggur dapat menyebabkan makanan berjalan melalui saluran pencernaan dengan sangat cepat sehingga nutrisi tidak diserap dengan baik.

Pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang berbeda. Jika kelinci mengisi perut kecil mereka dengan buah dan camilan, mereka tidak akan mendapatkan cukup nutrisi lain.

Kelinci perlu mengikis giginya dengan mengunyah tanaman yang keras dan berserat. Makanan yang tidak mengandung cukup jerami akan menyebabkan gigi mereka tumbuh terlalu panjang.

Bisakah Kelinci Minum Anggur (Wine)?

Manfaat kesehatan wine pada manusia telah dipelajari selama berabad-abad. Minuman ini dapat mengurangi risiko stroke, serangan jantung, diabetes, kanker usus besar, katarak, dan puluhan penyakit lainnya.

Meskipun kedengarannya bagus untuk mentransfer manfaat ini ke kelinci Anda, ada satu masalah. Wine mengandung alkohol, jadi terlepas dari manfaatnya bagi manusia, wine tidak boleh dikonsumsi kelinci. Kelinci tidak boleh minum alkohol. Alkohol adalah racun dan kelinci tidak dapat memprosesnya secara efektif di liver mereka yang kecil.

Bisakah Kelinci Makan Anggur Kering atau Kismis?

Sangat boleh. Namun kismis jauh lebih kecil daripada anggur, jadi Anda rentan memberi kelinci terlalu banyak kismis secara tidak sengaja. Sama seperti Anda hanya boleh memberi makan kelinci beberapa buah anggur seminggu, Anda hanya boleh memberi makan kelinci beberapa kismis per minggu.

Sebagai pemilik kelinci, Anda harus memastikan bahwa Anda memberi makan hewan peliharaan Anda dengan makanan yang paling bergizi. Meniru apa yang biasanya dimakan kelinci di alam liar bisa jadi sulit, tetapi itu harus menjadi tujuan Anda sebagai pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab.

Bayangkan saja kehidupan kelinci di alam liar: Jika mereka menemukan pohon buah dalam perjalanan mereka, mereka akan dengan senang hati memakannya. Tetapi mereka tidak akan menemukan taman buah yang mudah diakses setiap hari.

Komentar Anda