Apakah Kelinci Boleh Makan Asparagus? | Faunaku
Home » Kelinci » Apakah Kelinci Boleh Makan Asparagus?

Apakah Kelinci Boleh Makan Asparagus?

Bisakah kelinci makan asparagus? Khususnya, bisakah mereka memakan batang asparagus? Ya. Kelinci adalah herbivora, dan asparagus adalah sejenis tumbuhan, yang pasti bisa menjadi bagian dari menu makanan mereka.

Kelinci Makan Asparagus

Tetapi kami tidak menyarankan Anda memberi makan kelinci Anda dengan buah dan sayuran apa pun yang ada, hanya karena mereka adalah herbivora. Anda harus mencari tahu makanan mana yang bisa atau tidak bisa Anda berikan pada kelinci.

Oleh karena itu, kami memutuskan untuk menulis artikel ini. Kami akan mengeksplorasi hubungan mendasar antara asparagus dan pola makan kelinci. Dengan memberi Anda informasi berikut tentang kelinci dan asparagus, Anda akan dapat menemukan jawaban apakah asparagus cocok untuk kelinci Anda atau tidak.

Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita selidiki lebih dalam tentang ini.

Apa Itu Asparagus?

Asparagus merupakan tanaman yang umumnya dibudidayakan di kebun; orang biasanya menyebutnya sebagai asparagus kebun. Secara khusus, ini adalah herbal yang biasa dimakan kebanyakan orang. Asparagus terutama ditanam untuk diambil pucuknya yang dikategorikan sebagai sayuran.

Selain itu, tanaman tahunan ini dapat memberikan panen yang baik bahkan hingga 20 tahun setelah Anda menanamnya selama tiga tahun. Sebagian besar asparagus ditanam di Cina, tetapi Amerika Serikat dikenal sebagai konsumen terbesar dari tanaman tersebut.

Apa Nilai Gizi Asparagus?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu asparagus, mari kita lihat nutrisi khusus yang dikandungnya.

Kandungan Air yang Tinggi

Asparagus dikenal luas karena kandungan airnya yang tinggi. Mungkin itu sebabnya orang menganggap tanaman ini tidak mengandung nutrisi apa pun. Atau bagi sebagian orang, nutrisinya dianggap hanya sedikit.

Namun sebaliknya, nilai gizi asparagus sangat baik, terutama untuk pertumbuhan kelinci Anda dan juga hewan peliharaan lainnya. Dan karena sebagian besar hanya air, asparagus rendah kalori dan sodium.

Sarat dengan Vitamin C, K, dan Serat

Asparagus mengandung vitamin C yang penting untuk diet kelinci karena membantu mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan memainkan peran penting dalam perkembangan otot.

Selain itu, asparagus juga mengandung vitamin K yang menjaga kesehatan kelinci dengan mengatur pembentukan bekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan serat yang tinggi dalam asparagus sangat penting untuk sistem pencernaan yang efisien karena serat juga meningkatkan pergerakan usus.

Makanan apa pun yang meningkatkan pergerakan usus sangat ideal untuk kelinci karena mereka cenderung memakan kotorannya. Mereka melakukan itu untuk memastikan mereka bisa menyerap semua nutrisi. Jadi jika kelinci Anda memakan kotorannya, jangan khawatir, itu adalah hal yang normal bagi kelinci.

Pemilik hewan peliharaan baru biasanya berpikir bahwa kelincinya mungkin memiliki masalah kesehatan, tetapi sebenarnya tidak demikian. Itu menandakan bahwa mereka normal dan sehat.

Kalsium dalam Jumlah Sedikit

Selain itu, asparagus juga mengandung sedikit kalsium. Ini bagus untuk kelinci, terutama yang dewasa karena mereka menyerap kalsium lebih cepat dibandingkan dengan hewan lain. Jadi diet rendah kalsium penting untuk menghindari kerusakan ginjal.

Nutrisi lainnya adalah seng, asam folat, magnesium, riboflavin, besi, thiamin, potasium, tembaga, mangan, kromium, serta vitamin B6 dan E.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memberikan Asparagus ke Kelinci

Asparagus

Sekarang setelah Anda yakin asparagus baik untuk dimakan kelinci, Anda mungkin ingin membeli banyak dan memberikannya pada kelinci Anda dalam porsi besar. Tapi sebaiknya jangan lakukan itu. Inilah alasannya:

Ya, kelinci memang boleh makan asparagus. Tapi, Anda harus tahu bahwa asparagus tidak boleh ditawarkan kepada sembarang kelinci. Asparagus bukan untuk kelinci yang terlalu muda atau terlalu tua. Idealnya, Anda harus menunggu sampai kelinci kesayangan Anda tumbuh dewasa sebelum menambahkan sayuran ini ke dalam makanannya.

Baca Juga:  Berapa Banyak Air Minum yang Dibutuhkan Kelinci Agar Sehat?

Itu karena kelinci dewasa dapat dengan mudah menggigit, mengunyah, dan mencerna batang sayuran asparagus, sedangkan kelinci yang lebih muda tidak bisa. Jadi sebaiknya tunggu sebentar sampai mereka mencapai usia yang tepat.

Anda mungkin bertanya-tanya berapa usia kelinci yang tepat untuk memakan asparagus. Kami menyarankan Anda agar lebih baik mulai memberikannya ketika kelinci berusia sekitar sembilan bulan atau bahkan lebih. Namun ini bukan berarti kelinci tidak akan kesulitan makan asparagus pada usia tersebut.

Jadi cara terbaik untuk dilakukan adalah mulailah dengan porsi kecil dan amati konsistensi feses kelinci Anda. Jika fesesnya lunak, hentikan memberi mereka asparagus untuk sementara waktu. Cobalah lagi setelah beberapa hari dan perhatikan apakah akan ada perbedaan.

Berapa Banyak Asparagus yang Bisa Diberikan ke Kelinci?

Karena kandungan air yang tinggi pada asparagus, sebaiknya hindari memberikannya secara berlebihan karena dapat menyebabkan pelunakan feses. Untuk kelinci dewasa, 5 cm asparagus biasanya direkomendasikan sebagai camilan. Menambahkan asparagus ke dalam makanan sehari-hari harus dihindari.

Bisakah Kelinci Memakan Batang Asparagus?

Bisakah kelinci memakan batang asparagus? Bahkan jika Anda memberi makan kelinci Anda dengan seluruh tanaman asparagus termasuk batangnya, seharusnya tidak ada masalah dengannya. Namun ini tidak berlaku untuk semua kelinci.

Misalnya, jika kelinci Anda masih muda, tidak ideal menyuguhinya batang asparagus. Pertama, karena mereka akan kesulitan mengunyahnya, dan kedua, akan sulit bagi mereka untuk mencernanya mengingat usia kelinci Anda yang masih muda. Selain itu, jika Anda melihat tinja kelinci Anda melunak, Anda harus berhenti memberikannya.

Karena sayuran ini memiliki kandungan air yang tinggi, mungkin juga tidak ideal untuk beberapa kelinci yang dikenal sensitif. Selain itu, Anda juga harus berhenti memberikan asparagus jika mereka mulai mengalami diare setelah memakannya.

Bagaimana dengan Pakis Asparagus?

Tidak, kelinci tidak boleh makan pakis asparagus karena bisa meracuni mereka. Terlebih lagi, pakis asparagus memiliki duri kecil yang dapat menyebabkan mulut kelinci Anda terluka. Cidera mulut ini bisa menimbulkan efek riffling.

Karena sakit mulut, kelinci Anda mungkin tidak akan mau makan, sehingga mereka akan mengalami beberapa masalah perut. Oleh karena itu, Anda tidak boleh memberikan makan pakis asparagus kepada kelinci Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan untuk rumah Anda. Pastikan untuk meletakkannya jauh dari kelinci Anda.

Asparagus Mentah atau Matang untuk Kelinci?

Entah Anda memutuskan untuk memasak asparagus atau tidak sebelum menyajikannya ke kelinci Anda, tidaklah masalah. Meskipun asparagus yang dimasak lebih mudah dikunyah dan dicerna kelinci, ini tidak wajib dimasak.

Selain itu, perbedaan asparagus mentah dan matang sangat minim. Jika Anda memberikan yang mentah langsung dari lemari es, ini tidak apa-apa. Tetapi jika Anda memasaknya sendiri, itu juga tidak masalah.

Kesimpulan

Jadi, bisakah kelinci makan asparagus? Sayuran satu ini memang cocok untuk mereka, tetapi perhatikan untuk menyajikannya dalam porsi kecil untuk mencegah masalah sistem pencernaan. Juga, ingatlah untuk menyajikan asparagus hanya untuk kelinci dewasa. Dan jika Anda melihat beberapa masalah, hentikan pemberiannya.

Dan satu hal lagi, Anda tidak boleh memberikan pakis asparagus kepada kelinci Anda meskipun batang asparagus akan baik-baik saja.

Komentar Anda