Apakah Kelinci Bisa Makan Buah Ceri? Ini Jawabannya

Siapa pun yang memiliki kelinci tahu bahwa nafsu makan mereka untuk semua makanan yang manis terkadang lebih besar daripada penilaian mereka tentang apa yang harus dimakan. Ketika berbicara tentang buah, kelinci mana pun kemungkinan akan makan dengan lahap jika diberi akses tak terbatas. Bagaimana buah-buahan cocok untuk pola makan seimbang kelinci?

Kelinci makan ceri

Dalam artikel hari ini, kita akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang apakah Anda dapat memberikan makan ceri pada kelinci Anda. Setelah melihat sifat nutrisinya, kita akan membahas bagaimana buah ini cocok dengan makanan total kelinci Anda serta jenis ceri apa yang terbaik untuk dicari.

Apakah Ceri Aman untuk Kelinci

Buah berdaging dari ceri yang berasa manis dan asam ini benar-benar aman untuk dimakan kelinci! Karena bijinya mengandung sedikit sianida, biji ceri bisa menjadi racun jika tertelan dan tidak boleh diberikan kepada kelinci Anda. Dan meskipun buahnya sangat aman, kayu ceri tidak boleh diberikan kepada kelinci karena toksisitasnya.

Nutrisi dan Fakta Menarik Ceri

Meskipun berasal dari berbagai kultivar, ceri ditemukan dalam dua varietas utama. Ceri manis dimaksudkan untuk dikonsumsi sendiri, sedangkan ceri asam digunakan hampir secara eksklusif untuk membuat kue dan manisan. Buah ini diduga berasal dari Turki dan keberadaannya tercatat sejak 72 SM.

Ceri hanya berlimpah dalam satu zat – gula! Dengan porsi vitamin dan mineral yang sangat kecil, buah ini disukai hanya karena rasanya melebihi nilai gizinya. Bahkan ceri asam memiliki proporsi gula yang tinggi, dengan hampir 9 gram gula per 100 gram buah.

Apakah Buah Ceri Memiliki Manfaat Kesehatan untuk Kelinci?

Karena kandungan gulanya yang sangat tinggi, ceri tidak dapat dikatakan bermanfaat bagi kesehatan kelinci. Sebagian besar manfaat buah ceri untuk kelinci berasal dari rasa aman dan kepuasan yang didapat dari memberikannya sebagai camilan sesekali, membantu kelinci Anda merasa lebih nyaman di rumah Anda.

Mengapa Ceri Buruk untuk Kelinci?

Efek merugikan ceri untuk kelinci berasal dari kandungan gulanya yang sangat tinggi. Meskipun kelinci mendambakan makanan manis, sistem pencernaan mereka tidak dilengkapi dengan baik untuk menangani gula sederhana. Terlalu banyak makanan manis akan mengganggu keseimbangan bakteri di usus kelinci Anda, yang berpotensi menyebabkan konsekuensi buruk bagi kesehatan pencernaannya.

Cara Memberikan Ceri untuk Kelinci

ceri untuk kelinci

Sangat penting untuk hanya memberikan ceri pada kelinci Anda secara jarang-jarang. Simpan ceri sebagai camilan sesekali atau gunakan sebagai hadiah saat melatih kelinci Anda berperilaku yang lebih baik. Jangan lupa untuk mengupas dulu daging dari ceri dan buang bijinya sebelum memberikannya pada kelinci.

Berapa Banyak Ceri yang Boleh Diberikan ke Kelinci?

Bahkan kelinci yang paling besar pun tidak boleh diberi terlalu banyak buah ceri sekaligus. Potong daging ceri menjadi potongan-potongan kecil dan berikan pada kelinci Anda jarang-jarang. Untuk kelinci yang lebih kecil, memberi mereka makan kurang dari satu buah ceri sudah tepat.

Jenis Ceri untuk Diberikan ke Kelinci

Ada lebih dari dua lusin varietas ceri yang dikenal, dan semuanya memiliki sifat nutrisi yang hampir sama. Sebagian besar kelinci tampaknya lebih menyukai ceri manis karena kandungan gulanya yang lebih tinggi, tetapi ceri asam mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk kelinci Anda karena rasa manisnya yang relatif lebih rendah.

–oOo–

Meskipun hampir setiap kelinci dengan senang hati akan melahap buah ceri yang ada dalam jangkauan mereka, Anda tidak disarankan untuk memberikannya kepada hewan peliharaan secara teratur. Meskipun tidak beracun bagi kelinci, kandungan gulanya yang tinggi membuatnya berpotensi berbahaya bagi kesehatan pencernaan kelinci Anda. Simpan buah ceri sebagai suguhan sesekali atau untuk menghargai perilaku baik kelinci selama pelatihan.

Komentar Anda