Amankah Memberikan Buah Mangga pada Kelinci Peliharaan?

Kelinci adalah hewan menggemaskan yang dikenal suka mengunyah banyak hal. Sering dikatakan bahwa mangga masuk ke daftar makanan favorit mereka. Mari kita cari tahu hari ini apakah mangga benar-benar sehat untuk kelinci!

Foto Kelinci Makan Mangga

Berbicara tentang kulit mangga segar, meskipun mengandung nutrisi dan dapat dikonsumsi oleh kelinci, banyak dari mereka yang mungkin tidak suka memakannya Ini bisa jadi karena rasa kulit mangga yang berbeda.

Bisakah kelinci makan mangga yang sudah kering? Mangga secara alami kaya akan kandungan gula, sedangkan kelinci membutuhkan makanan yang rendah gula. Karena itu, Anda tidak boleh memberikan makan mangga kering kepada kelinci peliharaan Anda karena memiliki kadar gula yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang matang.

Hal yang sama berlaku untuk jus mangga, yang tidak boleh dikonsumsi oleh kelinci. Jus mangga juga memiliki kadar keasaman yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan masalah pencernaan di tubuh kelinci Anda.

Jika Anda ingin mengetahui fakta penting lainnya seputar buah mangga dan kelinci, lanjutkan membaca artikel ini.

Jenis Mangga dan Apa Pengaruhnya bagi Kelinci

Ada banyak jenis mangga seperti mangga irwin, manalagi, mahatir, gadung, dan sebagainya. Semua varietas ini memiliki berbagai manfaat kesehatan dan sistem pencernaan seperti kadar kalsium, kalium, serat, dan vitamin C yang tinggi.

Vitamin C adalah nutrisi yang memastikan tubuh berfungsi dengan benar. Kandungan serat dari buah mangga akan menjaga kelancaran sistem pencernaan pada kelinci. Bahkan pada manusia, mangga banyak dikonsumsi karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah pada tingkat yang benar jika kelinci Anda menderita diabetes.

Saat ditawari sepotong mangga, kebanyakan kelinci akan memakannya. Kelinci mau memakan sayuran manis dan buah-buahan yang ditawarkan kepada mereka seperti mangga, bit, kacang polong, dan wortel. Namun hanya karena kelinci bisa makan makanan tertentu tidak berarti makanan itu sehat untuk mereka.

Faktanya, jika kelinci tidak mau makan mangga segar saat ditawari, Anda tidak perlu khawatir karena sebagian kelinci tidak menyukai makanan tertentu dan itu adalah hal yang wajar. Dalam hal ini, Anda dapat mencari alternatif buah segar manis selain mangga yang mungkin disukai kelinci.

Bagaimana dengan bagian mangga yang lain? Apakah aman untuk dimakan juga? Anda dapat menawarkan daun mangga kepada kelinci Anda dan mereka dapat mengkonsumsinya jika mereka menyukai rasanya.

Kecil kemungkinan kelinci Anda akan mau memakan batang mangga. Anda bisa mencoba menawarkan kulit mangga pada kelinci. Namun Anda harus menunggu dan melihat apakah kelinci mau mengonsumsinya. Sebelum kelinci Anda mulai memakan kulit mangga, pastikan kulitnya masih segar, dibersihkan dengan baik, dan bebas dari hama sehingga tidak membahayakan kelinci Anda jika dikonsumsi.

Bagaimana Cara Memberikan Mangga pada Kelinci dengan Aman?

Mangga untuk Kelinci

Mangga atau makanan lainnya tidak boleh dijadikan makanan utama kelinci. Itu harus menjadi camilan. Anda harus fokus pada berapa banyak mangga yang Anda berikan ke kelinci peliharaan Anda per porsi.

Rata-rata, kelinci bisa makan mangga sekitar satu sendok teh per porsi. Setelah kelinci diamati untuk melihat efek sampingnya selama 24 jam dan tidak ada yang terdeteksi, ini berarti kelinci Anda dapat makan mangga dengan aman.

Meski jumlahnya sedikit, manfaatnya besar bagi kesehatan. Jika kelinci peliharaan Anda berukuran kerdil atau kecil, porsi mangga segar yang lebih kecil dapat diberikan. Tidak ada masalah jika Anda memberikan mangga beku pada kelinci Anda. Namun disarankan untuk membiarkannya sebentar agar tidak terlalu dingin untuk dikonsumsi.

Apakah Bayi Kelinci Boleh Makan Mangga?

Sekarang setelah kita mengetahui bahwa kelinci bisa makan mangga, asalkan mangga dalam bentuk matang dan diberikan dalam jumlah yang tepat, mari kita lihat apakah bayi kelinci bisa mengonsumsinya atau tidak.

Dibandingkan dengan kelinci dewasa, sistem pencernaan bayi kelinci jauh lebih sensitif. Faktanya, tidak dianjurkan untuk memberi makan bayi kelinci dengan sayuran dan buah-buahan sampai mereka mencapai usia 12 minggu. Sebaliknya, bayi kelinci harus menerima susu induknya.

Bayi kelinci membutuhkan protein dan lemak konsentrasi tinggi dalam makanannya, yang ditemukan dalam ASI, sehingga mereka tumbuh menjadi kuat dan membangun sistem kekebalan yang tangguh.

Jika kelinci peliharaan Anda tidak memiliki induk, jangan memberikan susu sapi padanya dengan harapan ini bisa menjadi alternatif susu ibu. Meskipun tidak ada pengganti langsung untuk susu yang berasal dari induk kelinci, Anda dapat membeli susu kambing atau susu formula anak kelinci untuk menggantikan susu ibu dalam makanan kelinci. Penting untuk diingat bahwa setiap kelinci berbeda.

Untuk pemahaman yang lebih khusus, Anda dapat berbicara dengan dokter hewan kelinci peliharaan Anda. Saat bayi kelinci siap untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran yang berair, Anda harus ingat untuk memberikannya secara perlahan.

Beri mereka sepotong yang sangat kecil, tunggu selama 24 jam dan perhatikan efek samping yang mungkin muncul. Anda harus rajin mengikuti proses ini sebelum memberi mereka jumlah yang lebih besar dari makanan yang sama atau mencoba yang baru.

Setiap kali Anda melakukannya, ingatlah bahwa bayi dan kelinci remaja memiliki tubuh yang jauh lebih sensitif daripada tubuh kelinci dewasa. Jika semuanya baik-baik saja setelah 24 jam, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan camilan berikutnya.

Untuk memberikan makan mangga dengan aman ke kelinci Anda, selalu beli mangga atau makanan apa pun yang merupakan bagian dari makanan kelinci Anda dari sumber terpercaya yang menyediakan makanan segar dan berkualitas tinggi. Anda harus memeriksa buah dan sayuran yang akan Anda beli.

Setelah Anda membelinya, Anda harus membuang bijinya karena biji merupakan ancaman besar bagi kelinci. Selanjutnya, periksa cacat pada buah itu sendiri. Anda harus memotong mangga menjadi potongan-potongan kecil agar kelinci Anda dapat dengan mudah mengkonsumsinya.

Saat Anda pertama kali memperkenalkan mangga kepada kelinci Anda, berikan hanya seukuran gigitan. Jika tidak ada efek samping, Anda bisa memberikan mangga secara rutin. Terkadang, kelinci tidak terlalu menyukai rasa mangga. Jika ini masalahnya, Anda bisa mencampur potongan mangga bersama sayuran dan buah-buahan lainnya. Dengan cara ini, Anda bisa menyembunyikan mangga.

Manfaat dan Resiko Mangga untuk Kelinci

Ada keuntungan dan kerugian tertentu dari memberikan makan mangga untuk kelinci Anda.

Anda tidak boleh memberikan mangga yang sudah dimasak kepada kelinci karena makanan yang diproses atau dimasak tidak baik untuk mereka. Kelinci bergantung pada makanan mentah sederhana untuk mendapatkan nutrisi. Salah satu keuntungan luar biasa dari ini adalah Anda tidak perlu repot menyiapkan atau memasaknya.

Mangga umumnya tidak beracun bagi kelinci jika diberikan dengan benar dalam jumlah kecil. Namun dalam beberapa kasus, mangga dapat menyebabkan efek samping. Kecuali jika Anda menanam mangga di kebun Anda sendiri tanpa pestisida, sebagian besar mangga yang kita beli di pasar (kecuali organik) ditanam dengan bantuan bahan kimia.

Seperti yang kita semua tahu, bahan kimia dapat membahayakan manusia dalam jangka panjang juga. Sangat penting bagi Anda untuk mencuci buah secara menyeluruh sebelum memberikannya kepada kelinci agar bebas dari bahan kimia apa pun yang dapat membahayakan kesehatan kelinci. Mangga sangat sering menjadi tempat berkembang parasit dan itu adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan dengan teliti.

Memberikan terlalu banyak mangga dapat menyebabkan keasaman pada kelinci, yang tidak baik untuk kesehatan mereka. Jadi hindari buah yang terlalu matang atau busuk dalam makanan kelinci Anda karena dapat menyebabkan masalah pencernaan dan diare. Bayi kelinci tidak boleh diberi makan sampai mereka mencapai usia 12 minggu karena sistem pencernaan mereka jauh lebih sensitif terhadap gejolak jika dibandingkan dengan kelinci dewasa.

Jika ada mangga yang tertinggal di piring, sebaiknya segera buang karena potongan mangga menjadi tua dan busuk. Jika dikonsumsi oleh kelinci, ini dapat menyebabkan masalah yang serius seperti masalah serangga atau kandang yang bau, bersama dengan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Anda harus fokus pada berapa banyak mangga yang Anda berikan kepada kelinci per porsi. Memberikan mangga pada kelinci selama lebih dari dua hari berturut-turut dapat memiliki efek samping. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mangga bukanlah bagian dari makanan pokok kelinci. Ini adalah camilan sesekali. Jika dikonsumsi secara teratur, mangga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kesehatan terkait.

Jadi, kuncinya di sini adalah moderasi! Tanda-tanda umum reaksi merugikan dari mengonsumsi terlalu banyak mangga pada kelinci adalah anoreksia, diare, menjilati kaki berlebihan, gatal, dan lesu.

Komentar Anda