Bolehkah Kelinci Diberi Makan Ubi Jalar? Baca Ini Dulu! | Faunaku
Home » Kelinci » Bolehkah Kelinci Diberi Makan Ubi Jalar? Baca Ini Dulu!

Bolehkah Kelinci Diberi Makan Ubi Jalar? Baca Ini Dulu!

Saat Anda mencoba memvariasikan makanan kelinci Anda, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memberikan ubi jalar pada kelinci Anda. Karena kentang dan ubi tampaknya cocok dengan pola makan vegetarian kelinci Anda, Anda mungkin cenderung untuk memberikan beberapa potong sebagai suguhan khusus untuk kelinci Anda.

Kelinci Makan Ubi Jalar

Sebelum Anda memberikan ubi jalar ke kelinci Anda, baca informasi ini terlebih dahulu. Meskipun ubi jalar tidak selalu buruk untuk kelinci Anda, ini juga tidak sebaik pilihan makanan dan camilan lainnya. Kami akan menjelaskan komposisi ubi jalar dan membahas apakah Anda perlu memberikannya ke kelinci Anda atau tidak.

Bagus untuk Manusia Tapi Tidak Direkomendasikan untuk Kelinci

Memang benar kita manusia suka umbi-umbian. Ubi jalar, khususnya, menawarkan banyak nutrisi bermanfaat dan merupakan bagian dari pola makan manusia yang sehat. Jadi, masuk akal jika ketika Anda memasak ubi jalar, Anda ingin menyisihkan sebagian untuk kelinci Anda. Namun kami menyarankan Anda agar menawari kelinci Anda makanan dari menu reguler dan diet yang disetujui.

Bagaimana Jika Kelinci Anda Suka Makan Ubi Jalar?

Ubi Jalar untuk Kelinci Sweet Potato

Di sinilah kelinci dan manusia memiliki kesamaan. Sayangnya, hanya karena rasanya enak, ini tidak menjadikannya pilihan yang bergizi. Jika Anda memberi kelinci Anda beberapa potong ubi jalar, mereka kemungkinan besar akan melahapnya dan meminta lebih banyak. Jika kelinci Anda entah bagaimana menemukan persediaan ubi jalar Anda, mereka mungkin akan mengambilnya sendiri tanpa ragu-ragu.

Untungnya, ubi jalar tidak beracun bagi kelinci kecuali jika mereka mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus. Jika Anda baru saja memberi kelinci Anda sepotong kecil ubi jalar, tidak perlu khawatir. Namun kelinci Anda bisa saja mengalami sakit perut.

Mengapa Ubi Jalar Buruk untuk Kelinci?

Ubi jalar mengandung dua hal yang tidak dibutuhkan oleh sistem pencernaan kelinci Anda: gula dan pati. Kelinci membutuhkan makanan rendah kalori seperti jerami atau sayuran hijau. Jumlah gula dan pati yang tinggi dalam ubi jalar meningkatkan jumlah kalori jauh dari kisaran makanan alami kelinci.

Baca Juga:  6 Penyebab Bau Kelinci dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kami sebutkan, ubi jalar sulit dicerna kelinci Anda dengan baik. Kelinci Anda mungkin mulai bertingkah sakit dan menolak makan, dan kotorannya mungkin menggumpal seperti pelet. Jika kelinci Anda berhasil mencerna ubi jalar, ketahuilah bahwa diet makanan bergula dan bertepung secara teratur dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan, obesitas, dan kemungkinan diabetes.

Kapan Ubi Jalar Baik untuk Dimakan Kelinci?

Anehnya, dokter hewan Anda mungkin pernah menyarankan agar Anda memberikan makan ubi jalar ke kelinci Anda. Jika Anda memiliki kelinci yang kesulitan naik berat badannya, Anda dapat menggunakan sumber makanan berkalori tinggi ini. Namun berhati-hatilah untuk membatasi porsinya agar kelinci Anda tidak sakit perut.

Kesimpulan

Meskipun cukup menggoda selera, lebih baik Anda tidak memberikan makan ubi jalar ke kelinci Anda. Kelinci Anda mungkin suka makan makanan ini, tetapi ini tidak sebanding dengan kemungkinan masalah kesehatannya.

Agar kelinci Anda tetap sehat, pertahankan diet berbasis jerami berkualitas tinggi dan sayuran berdaun. Sepotong pisang atau sedikit apel atau wortel adalah pilihan yang lebih baik jika Anda ingin memberi kelinci Anda camilan lezat nan bergizi tinggi.

Komentar Anda