Panduan Lengkap Kelinci Rex: Asal-usul, Ciri-ciri, Jenis, Perawatan

Jika Anda sedang memilih hewan peliharaan keluarga baru, mengapa tidak mencoba kelinci Rex? Hewan jinak dan ramah ini suka dipeluk dan mudah dirawat. Ada banyak jenis kelinci domestik yang populer, tapi kelinci Rex yang ramah ini akan selalu siap untuk menyenangkan keluarga mana pun.

Harga Kelinci Rex Murah

Kebanyakan orang tidak terbiasa dengan cara merawat kelinci, membuat mereka sedikit gugup dalam melakukannya. Jika Anda ingin memelihara kelinci Rex, kami akan memberi Anda semua informasi yang diperlukan.

Dari penjelasan tentang apa yang membuat kelinci Rex unik hingga panduan memberi makan dan perawatannya, Anda akan mendapatkan bekal pengetahuan yang cukup untuk memelihara kelinci Rex di rumah. So langsung saja kita bahas bersama.

Tentang Kelinci Rex

Kelinci Rex adalah makhluk yang sangat jinak dan baik hati yang akan menjadi hewan peliharaan yang bagus untuk keluarga mana pun. Mereka memiliki bulu pendek dan mewah dengan tekstur yang indah.

Sejarah dan Asal Kelinci Rex

Asal usul kelinci Rex dimulai dari penemuan kelinci abu-abu liar di sebuah desa Prancis pada tahun 1919. Karena sangat terkesan dengan bulunya yang luar biasa, para peternak di sana memutuskan untuk memulai garis pembiakan baru.

Trah Rex berasal dari mutasi gen rex resesif yang memberikan kelinci ini bulu yang mewah, padat, dan halus. Kelinci Rex kemudian ditampilkan di Paris pada pameran kelinci internasional pada tahun 1924. Mereka kemudian diperkenalkan ke Amerika Serikat sebelum diakui oleh American Rabbit Breeder’s Association (ARBA).

Jenis Kelinci Rex

Ada dua ras utama kelinci Rex, yaitu kelinci Rex standar dan kelinci Mini Rex.

Kelinci Rex Standar

Gambar kelinci rex standar

Kelinci Rex standar adalah jenis kelinci rex yang paling umum. Ukurannya sedikit lebih besar dari kelinci Mini Rex, oleh karena itu mereka lebih mudah dikembangbiakkan. Jika jenis seekor kelinci Rex tidak diketahui, Anda dapat menganggap itu adalah varietas standar.

Kelinci Mini Rex

Gambar mini rex

Kelinci Mini Rex pada dasarnya adalah versi yang lebih kecil dari kelinci Rex standar. Mereka memiliki semua ciri menggemaskan dari kelinci Rex standar.

Ciri-ciri Kelinci Rex

Bulu

Lapisan bulu kelinci Rex adalah hal yang benar-benar membuat mereka menonjol. Bulunya yang tebal dan mewah memiliki tekstur yang hampir seperti beludru. Memang, pada suatu masa kelinci Rex dibiakkan hanya untuk diambil bulunya saja, meskipun kebiasaan ini kemudian pudar.

Wajah kelinci Rex mencakup kumis keriting, kepala lebar, dan telinga tegak, memberi mereka penampilan yang benar-benar lucu menggemaskan.

Warna

Gambar jenis dan warna kelinci rex

Ada 16 jenis warna berbeda yang diakui oleh asosiasi peternak kelinci terdaftar. Ini meliputi biru, kuning, black otter, merah, dan sejumlah warna menggemaskan lainnya (lihat gambar di atas). Kelinci Mini Rex juga memiliki warna yang sama untuk dipilih.

Ukuran: Tinggi dan Berat Badan

Kelinci Rex standar jantan beratnya antara 3 sampai 4 kg. Sementara itu, kelinci Rex standar betina bobotnya antara 3,5 sampai 5 kg. Kelinci Mini Rex berukuran cukup kecil. Kelinci Mini Rex jantan beratnya antara 1,3 sampai 2 kg, sedangkan kelinci Mini Rex betina beratnya antara 1,5 sampai 2 kg.

Jika kelinci Mini Rex dikawinkan dengan kelinci Rex standar, ini dapat dengan cepat mengubah ukuran dan mengaburkan perbedaan antara kedua ras.

Temperamen / Perilaku / Kepribadian Kelinci Rex

Kelinci Rex sangat populer karena temperamennya. Mereka sangat jinak dan sabar sehingga cocok untuk anggota keluarga dari segala usia. Meskipun kelinci Mini Rex juga jinak, mereka bisa sedikit lebih bersemangat daripada kelinci Rex standar.

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, kelinci Rex standar biasanya lebih direkomendasikan. Mereka dianggap lebih santai dan ukurannya yang lebih besar membuat mereka tidak terlalu rentan terhadap pelukan erat.

Harapan Hidup Kelinci Rex

Trah ini biasanya akan hidup selama lima sampai enam tahun. Ini sudah cukup bagus karena Anda bisa memiliki banyak waktu untuk menjalin ikatan batin dengan hewan peliharaan Anda. Tentu saja, perawatan yang tepat dan pemeriksaan kesehatan rutin akan memastikan umur mereka selama mungkin.

Kebutuhan Perawatan Kelinci Rex

Perawatan medis

Anda harus membawa kelinci ke dokter hewan setidaknya setahun sekali. Meskipun kelinci Anda tampak sehat, pemeriksaan menyeluruh akan memastikan kelinci Anda tetap sehat. Setelah kelinci Anda mencapai usia lima tahun, pertimbangkan untuk membawa kelinci Anda ke dokter hewan dua kali setahun karena biasanya akan ada komplikasi kesehatan yang lebih serius.

Pelatihan buang air dan kotoran

Kelinci membutuhkan tempat untuk buang hajat, dan ada banyak pilihan yang tersedia. Kelinci Rex Anda harus memiliki kotak kotorannya sendiri yang terpisah dari area makannya. Anda dapat menggunakan sobekan koran, dan meskipun murah, ini tidak bisa menyerap bau sehingga perlu sering diganti.

Anda juga dapat menggunakan alas tidur berbahan dasar kertas. Ini dapat ditemukan di setiap toko hewan peliharaan. Ini lebih mahal tapi bisa menyerap bau. Jika Anda lelah terus-menerus membersihkan area kotoran kelinci, mungkin inilah saatnya untuk mencoba latihan buang hajat.

Kelinci perlu beberapa saat untuk memahaminya, tetapi jika Anda rutin melakukannya, kelinci Anda akan dapat menggunakan toilet, sehingga Anda tidak perlu repot lagi.

Kesehatan

Masalah kaki

Seperti kebanyakan kelinci, kelinci Rex dapat mengalami sakit kaki. Ini adalah saat bagian bawah kaki kelinci mengalami luka. Jika luka tersebut meradang, ini dapat menyebabkan infeksi. Untungnya, sakit kaki sebagian besar dapat dicegah. Berikan makanan yang sehat agar kelinci Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat.

Anda juga perlu memeriksa lantai kandang kelinci Anda. Jika kawatnya terlalu kasar, ini dapat dengan cepat mengiritasi kaki kelinci Anda.

Masalah gigi

Masalah kesehatan terbesar pada kelinci Rex (seperti semua kelinci) adalah gigi mereka, yang akan terus tumbuh jika mereka tidak memiliki cara untuk mengikisnya secara alami. Jika kelinci memiliki gigi yang terlalu panjang, ini bisa menusuk gusi dan mulutnya.

Mengunyah jerami dan pakan yang renyah sudah cukup untuk membantu kelinci mengikis giginya. Jika Anda merasa ini tidak cukup, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan Anda segera.

Perawatan diri / grooming

Kelinci mirip dengan kucing karena mereka suka merawat dan membersihkan diri sendiri alias grooming. Namun tidak seperti kucing, mereka tidak bisa mengeluarkan bola rambut. Jika kelinci menelan terlalu banyak bulunya sendiri, itu bisa tersangkut di ususnya, yang menyebabkan konsekuensi serius.

Risiko ini tumbuh secara eksponensial ketika kelinci mulai merontokkan lapisan bulunya yang tebal. Meskipun Anda terkadang ingin menggrooming kelinci Rex Anda, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu sering melakukannya.

Cukup lakukan penyikatan bulu secara berkala dengan beberapa sesi tambahan saat bulu mulai rontok. Ini tidak hanya akan secara teratur merawat bulu kelinci dan menjaga kesehatannya, tetapi juga akan meningkatkan ikatan batin antara Anda dan kelinci Anda.

Trah serupa dan perbandingan

Daftar ras kelinci jinak dan cerdas cukup panjang. Jika Anda ragu dengan kelinci Rex, Anda dapat melihat kelinci jenis Plush Lop dan kelinci Velveteen Lop. Trah-trah ini memiliki temperamen yang sama dan bulu beludru yang indah.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

Apakah kelinci Rex hipoalergenik?

Ya! Jika Anda atau anggota keluarga Anda mengidap alergi, kelinci Rex adalah hewan peliharaan keluarga yang sempurna. Mereka akan merontokkan bulu, tetapi mereka menghasilkan lebih sedikit bulu daripada hewan peliharaan lainnya. Ini adalah bulu dan bukan rambut yang biasanya menyebabkan alergi, sehingga membuat kelinci Rex sangat hipoalergenik.

Apakah kelinci Rex agresif?

Sebagian besar kelinci Rex tidak agresif. Bahkan sifatnya yang jinak membuat mereka sangat cocok dijadikan hewan peliharaan keluarga. Anda mungkin melihat beberapa kecenderungan agresif ketika mereka masih kecil. Tingkat aktivitas mereka tinggi pada sekitar umur 5 atau 6 bulan, tetapi ini harus singkat.

Apa yang dimakan kelinci Rex?

Kelinci Rex adalah vegetarian. Sekitar 70% dari makanan mereka harus jerami berkualitas tinggi. Sisa makanan mereka harus produk segar. Mereka suka mengunyah sayuran berdaun gelap seperti selada dan kangkung. Mereka juga menyukai wortel dan buah seperti pisang, beri, dan anggur.

Kesimpulan

Kelinci Rex semakin populer karena suatu alasan. Mereka bersahabat, mudah dirawat, dan terlihat cantik. Mereka memiliki temperamen yang mirip dengan kucing dan sangat cocok untuk keluarga. Dalam beberapa hal, kelinci Rex sangat mirip dengan temperamen kelinci jenis lionhead, yang juga menjadi favorit banyak orang. So, apakah Anda tertarik memelihara kelinci Rex?

Komentar Anda