Berapa Lama Kelinci Bisa Tahan Tidak Makan dan Minum? | Faunaku
Home » Kelinci » Berapa Lama Kelinci Bisa Tahan Tidak Makan dan Minum?

Berapa Lama Kelinci Bisa Tahan Tidak Makan dan Minum?

Beberapa hewan dapat bertahan hidup cukup lama tanpa makanan atau air. Faktanya, hewan tertentu diperlengkapi dengan baik untuk menghabiskan waktu berhari-hari tanpa makan, karena makanan mungkin jarang tersedia di tempat tinggal mereka. Hewan lain hanya bisa bertahan selama beberapa jam tanpa air atau makanan.

Kelinci Makan

Dalam situasi apa pun, hewan peliharaan kita tidak boleh terlalu kelaparan dan kehausan. Namun jika Anda ingin tahu tentang kelinci khususnya, kami akan menjelaskan dengan tepat berapa lama mereka bisa bertahan tanpa makanan atau air dan apa yang terjadi jika tubuh mereka melakukannya.

Perlu diingat jika Anda memiliki kelinci peliharaan, mereka membutuhkan makanan dan air fresh yang tersedia setiap hari. Jadi kami juga akan membahas ekspektasi diet kelinci sehingga Anda dapat merencanakan perawatan Anda sesuai dengan itu.

Karena kelinci terus-menerus mengemil untuk menjaga agar sistem pencernaan mereka tetap berfungsi, sistem mereka akan menurun secara drastis dalam waktu 12 jam jika tidak memiliki persediaan makanan.

Tidak seperti hewan peliharaan lainnya, kelinci adalah perumput alami. Mereka membutuhkan pasokan makanan dan jerami yang konstan untuk menjaga agar serat dan nutrisi lain di dalam tubuh mereka bekerja pada fungsi sistem. Kelinci dapat bertahan hidup jauh lebih singkat daripada mamalia lain.

Kelinci menghabiskan sebagian besar waktunya dengan mengunyah tanaman hijau, bunga, dan temuan hutan lainnya. Masalahnya tidak berasal dari kelaparan, melainkan perubahan pH di saluran pencernaannya. Ini dapat mengakibatkan kondisi yang sangat berbahaya yang dikenal sebagai GI stasis. Kondisi ini terjadi ketika usus mulai memperlambat jalannya makanan dan tubuh kelinci Anda.

Perubahan pH ini dapat menyebabkan masuknya bakteri penghasil gas. Jika kelinci Anda terus tidak makan, dan banyak yang kehilangan nafsu makan selama ini, itu akan menyebabkan kegagalan organ dan akhirnya mati.

Berapa Lama Kelinci Bisa Bertahan Hidup Tanpa Air?

Air adalah elemen penting untuk kehidupan sehari-hari kelinci Anda. Seekor kelinci tidak bisa hidup selama 24 jam tanpa air minum. Komponen penting ini adalah masalah hidup atau mati kelinci Anda. Dalam beberapa jam ketika kelinci tidak mendapatkan akses ke air, sistem mereka mulai mati sedikit demi sedikit secara sistematis.

Jadi, meskipun kelinci mampu bertahan beberapa jam tanpa minum air, ini dapat menimbulkan konsekuensi yang merugikan bagi tubuh mereka secara keseluruhan. Bahkan kelinci yang bertahan hidup dengan kekurangan air mungkin tidak akan bisa berkembang seperti dulu karena masalah kesehatan lainnya yang muncul sebagai akibatnya.

Kelinci Anda harus memiliki akses langsung ke air bersih dan segar setiap hari. Mereka memiliki sistem kekebalan yang sangat sensitif, dan mangkuk serta botol makanan mereka harus selalu bersih dan bebas kotoran.

Baca Juga: Berapa Banyak Air Minum yang Dibutuhkan Kelinci Agar Sehat?

Tentang GI Stasis

Makanan Kelinci

Gastrointestinal stasis adalah kondisi yang mengancam jiwa yang berkembang pada kelinci ketika saluran pencernaan menjadi tidak seimbang. Kondisi ini menyebabkan kadar pH berubah sehingga terjadi kontraksi otot lambung dan usus.

Baca Juga:  6 Penyebab Bau Kelinci dan Cara Mengatasinya

GI stasis perlu segera diobati. Jika tidak diobati untuk waktu yang lama, itu bisa memburuk, mengakibatkan kematian. Penting untuk mengetahui tanda-tandanya.

Tanda-tanda umum GI stasis meliputi:

  • Gigi menggertak
  • Postur membungkuk
  • Gas yang berlebihan
  • Kotoran lunak
  • Diare
  • Kematian

Jika Anda tahu kelinci Anda telah bertahan tanpa makanan atau air untuk waktu yang lama, sangat penting untuk membawanya ke dokter hewan secepat mungkin. Bahkan jika kelinci Anda tidak menunjukkan tanda-tanda ini, dokter hewan Anda perlu memeriksanya untuk memastikan semua sistem berfungsi dengan baik.

Seberapa Sering Memberi Makan dan Minum Kelinci?

Kelinci harus selalu memiliki sumber air tawar yang tersedia untuk mereka. Alih-alih minum dari piring, sebagian besar pemilik kelinci lebih suka menggunakan botol air di kandang.

Kelinci Anda membutuhkan sumber jerami yang konstan, karena mereka adalah perumput. Mereka akan mengunyah jerami sepanjang hari agar saluran pencernaannya tetap berjalan dengan benar. Jerami timothy tersedia di sebagian besar toko hewan peliharaan, baik di toko maupun online.

Kelinci Anda harus makan kombinasi pelet kelinci komersial bersama dengan sayuran hijau segar, sayuran lain, dan herbal. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan terlalu banyak sayuran manis, seperti wortel, meskipun kelinci Anda menyukainya.

Selain memastikan kelinci Anda mendapat cukup makanan dan air per hari, Anda juga perlu memastikan mereka mendapatkan porsi yang tepat. Rata-rata, kelinci dengan berat antara 2,5 sampai 4,5 kg hanya membutuhkan 1/4 cangkir pelet sehari. Jika kelinci lebih kecil dari ini, Anda perlu menyesuaikan porsinya.

Hidup tanpa makanan atau air jauh lebih merugikan, tetapi kelinci juga dapat dengan cepat naik berat badannya dengan makan berlebihan. Karena sistem pencernaannya sangat sensitif, makan berlebihan dapat memicu komplikasi usus yang dapat menyebabkan pemeriksaan ke dokter hewan.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu bahwa kelinci tidak bisa bertahan selama 12 jam tanpa makan atau 24 jam tanpa air. Kelinci Anda tidak boleh hidup terlalu lama tanpa makanan dan air yang tersedia untuknya. Tetapi ada situasi tertentu di mana salah satu dari hal ini terjadi secara tidak sengaja atau kelinci Anda sakit dan menolak makan dan minum.

Seekor kelinci yang tidak makan dapat menyebabkan masalah yang merugikan bagi organ dalam, dan mungkin menyebabkan banyak komplikasi yang lebih parah. Selalu pastikan kelinci Anda memiliki makanan dan sumber air segar, dengan jerami sebagai suplemen makanan utama. Dan bawa kelinci Anda ke dokter hewan jika mereka bertahan lebih dari 12 jam tanpa makan dan 24 jam tanpa minum.

Komentar Anda