4 Penyebab Kencing Anjing Berbau Aneh / Tidak Sedap

Anjing buang air kecil beberapa kali sepanjang hari, tetapi umumnya kita tidak akan memperhatikan baunya kecuali jika buang air kecil dilakukan di dalam ruangan. Anjing lain dapat dengan mudah melacak urin anjing Anda di luar ruangan sampai beberapa hari ke depan, tetapi Anda mungkin tidak dapat menciumnya beberapa saat setelah dikeluarkan.

Bau kencing anjing

Kencing anjing yang sehat tidak akan berbau menyengat dan membandel. Anda mungkin menciumnya sedikit segera setelah anjing Anda buang air kecil di dekat Anda, tetapi baunya tidak akan bertahan lama. Jika urin anjing Anda berbau tidak sedap atau busuk, ada penyebabnya yang harus diatasi.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab urin anjing bau yang harus diwaspadai.

Alasan Mengapa Kencing Anjing Anda Bau

1. Penyakit Ginjal

Penyakit dan kegagalan ginjal dapat menyebabkan anjing buang air kecil lebih banyak dan melepaskan lebih banyak protein daripada yang seharusnya ketika mereka kencing. Karena itu, air seni bisa berbau tidak sedap dan menyengat saat dikeluarkan. Ini hanyalah salah satu tanda bahwa anjing Anda menderita penyakit ginjal.

Gejala lain dari penyakit ginjal meliputi:

  • Perubahan kebiasaan minum air
  • Kehilangan minat untuk menjelajah dan bermain
  • Diare dan/atau muntah
  • Penurunan berat badan yang signifikan
  • Masalah gigi

Jika ada tanda-tanda penyakit ginjal yang ditunjukkan oleh anjing Anda, penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan sesegera mungkin. Mereka akan dapat melakukan tes untuk menentukan apakah ada penyakit ginjal, sehingga perawatan dapat dimulai sebelum penyakit berkembang semakin parah.

2. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan urin anjing Anda berbau busuk. Urine anjing yang menderita infeksi saluran kemih biasanya keruh dan terkadang berdarah, keduanya dapat menyebabkan bau busuk dan menyengat.

Jika ini adalah penyebab urin anjing Anda berbau tidak sedap, perawatan dokter hewan akan segera menghilangkan infeksi sekaligus baunya. Ada tanda-tanda lain yang dapat menunjukkan bahwa anjing Anda sedang mengalami infeksi saluran kemih, seperti:

  • Buang air kecil di dalam rumah
  • Merintih atau mengejan saat mencoba buang air kecil
  • Keluarnya urin yang tidak terkontrol
  • Menjilati lubang kencing secara berlebihan

Namun hanya karena anjing Anda menunjukkan satu atau lebih dari tanda-tanda ini, bukan berarti infeksi saluran kemih adalah penyebabnya. Penting untuk memeriksakan anjing Anda ke dokter hewan untuk melihat apakah ada penyebab lain sebelum merawat ISK anjing Anda.

3. Dehidrasi

Anjing kencing

Alasan lain mengapa kencing anjing Anda bau adalah karena dehidrasi. Ketika anjing mengalami dehidrasi, urin mereka menjadi pekat. Oleh karena itu, kotoran dari tubuh mereka akan disimpan ke dalam urin mereka. Baunya bisa menjadi sangat kuat dan dapat diketahui setelah dikeluarkan.

Dehidrasi biasanya menghasilkan lebih sedikit urin secara keseluruhan, sehingga anjing Anda mungkin tidak buang air kecil sepanjang hari. Dan ketika mereka melakukannya, aliran kencing mungkin kurang dari biasanya.

Untuk memperbaiki masalah ini, dorong anjing Anda minum lebih banyak air. Coba ganti air di mangkuknya lebih sering, dua atau tiga kali sehari. Jika anjing Anda masih tidak mau minum air, coba ganti sumber airnya. Jika itu tidak berhasil, hubungi dokter hewan Anda untuk mendapatkan panduan dan saran.

4. Pola Makan yang Tidak Benar

Jika anjing Anda tidak mau makan makanan yang baik bagi kesehatannya, hal itu dapat memengaruhi banyak aspek kehidupannya, termasuk bau urinnya. Jika anjing Anda makan snack terlalu banyak atau memakan sisa-sisa makanan di dapur, itu bisa memengaruhi bau urinnya (dan juga kotorannya). Setelah beberapa saat, urin anjing akan mulai berbau seperti biasa lagi.

Jika anjing Anda makan makanan yang tidak tepat secara teratur, mereka kemungkinan akan terus mengeluarkan urin yang berbau. Perubahan pola makan diperlukan untuk mengubah bau urin mereka. Jika tidak ada alasan lain yang jelas untuk bau kencing anjing Anda, itu bisa jadi karena makanan mereka. Berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mengetahui perubahan apa yang perlu Anda lakukan.

Kesimpulan

Anjing dapat mengeluarkan urin yang berbau tajam karena berbagai alasan. Mencari tahu penyebabnya bisa memakan waktu dan kesabaran. Anda perlu mencari tahu penyebabnya sebaik mungkin dan berkonsultasilah dengan dokter hewan untuk mencari tahu mengapa anjing Anda mengeluarkan urin yang bau, sehingga Anda dapat mengatasi masalahnya dengan lebih cepat.

Komentar Anda