3 Jenis Keracunan Air pada Anjing: Tanda-tanda dan Perawatannya

Keracunan air pada anjing jarang terjadi, tetapi itu bisa saja terjadi, terutama jika anjing Anda suka bermain air. Mereka mungkin menelan atau meneguk terlalu banyak air dalam waktu singkat saat berenang atau bermain dengan selang yang mengalirkan air.

Anjing minum

Ada tiga jenis utama keracunan air: hiponatremia, hipernatremia, dan menelan klorin. Hiponatremia mengacu pada kehilangan natrium yang signifikan dalam tubuh. Hipernatremia mengacu pada asupan garam yang berlebihan, yang dapat terjadi jika seekor anjing bermain di laut dan tidak mendapat air tawar dalam jumlah yang cukup. Terakhir, anjing yang minum dari air kolam bisa mabuk karena menelan klorin.

Keracunan air dapat dengan cepat menyebabkan konsekuensi serius. Jadi, berikut adalah beberapa tanda keracunan air pada anjing dan informasi tentang beberapa pilihan pengobatan yang tersedia.

Keracunan Air pada Anjing

1. Hiponatremia

Seekor anjing dapat mengalami hiponatremia dalam beberapa cara berbeda, termasuk menelan terlalu banyak air. Ini bisa terjadi jika anjing terus-menerus menelan air saat mengambil barang dari air.

Hiponatremia bisa menjadi serius dengan sangat cepat, jadi penting untuk segera bereaksi. Anjing dapat menunjukkan beberapa dari tanda-tanda ini:

Tanda-tanda Hiponatremia

  • Kembung
  • Mata berkaca-kaca
  • Kebingungan
  • Sulit bernafas
  • Mengiler
  • Kehilangan koordinasi
  • Muntah
  • Kejang

Dalam kasus ekstrim, anjing bisa mengalami koma. Tindakan terbaik yang harus dilakukan untuk hiponatremia adalah membawa anjing Anda ke pusat perawatan hewan darurat.

Perawatan Hiponatremia

Pemberian Elektrolit

Pemberian elektrolit adalah salah satu cara utama dokter hewan untuk mengobati hiponatremia. Metode ini akan membantu meningkatkan kadar natrium anjing kembali ke jumlah yang aman. Elektrolit diberikan perlahan dengan infus. Melakukan proses ini terlalu cepat dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada manfaat, jadi perlu beberapa waktu sebelum anjing menjadi stabil.

Diuretik

Dokter hewan mungkin meminta anjing Anda meminum diuretik bersama dengan memberikan elektrolit dengan infus. Tujuan diuretik adalah untuk membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Jika seekor anjing memiliki kasus hiponatremia yang sangat parah, dokter hewan dapat mempertimbangkan untuk memberikan garam hipertonik, furosemide, atau manitol.

2. Hipernatremia

Anjing main air

Salah satu penyebab hipernatremia adalah jika seekor anjing menelan terlalu banyak air asin. Jadi penting untuk memperhatikan bagaimana anjing Anda bermain di dekat laut dan perairan asin lainnya.

Hipernatremia juga dapat berkembang dengan sangat cepat, jadi penting untuk mewaspadai tanda dan gejala berikut:

Tanda-tanda Hipernatremia

  • Disorientasi
  • Diare
  • Rasa haus yang meningkat
  • Kejang
  • Kebingungan
  • Koma
  • Muntah

Sama seperti hiponatremia, pastikan untuk merespons dengan cepat dan bawa anjing Anda segera ke pusat perawatan hewan darurat jika Anda menduga dia mengalami hipernatremia.

Perawatan Hipernatremia

Terapi Cairan

Terapi cairan biasanya digunakan pada penderita hipernatremia untuk mengembalikan keseimbangan kadar natrium. Terapi cairan diberikan dengan infus, dan dokter hewan akan memantau kondisi anjing dengan cermat. Anjing harus tetap dirawat di rumah sakit sampai dokter hewan dapat dengan yakin menentukan bahwa dia telah distabilkan.

Salah satu hal yang dipantau oleh dokter hewan adalah kadar elektrolit anjing. Setelah anjing distabilkan, dokter hewan akan terus memantaunya setelah perawatan.

Diet Rendah Natrium

Perawatan lain untuk hipernatremia yang mungkin dialami anjing setelah distabilkan dan dipulangkan adalah memberi makanan rendah sodium. Ini biasanya merupakan diet sementara yang membantu memulihkan anjing lebih lanjut.

Beberapa perusahaan makanan anjing memproduksi makanan rendah sodium baik dalam makanan kering maupun basah. Pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas dengan dokter hewan Anda tentang merek mana yang paling cocok untuk anjing Anda dan pantau dengan cermat kondisi anjing Anda.

Pastikan untuk menghubungi dokter hewan jika anjing Anda mengalami kesulitan makan dan menelan makanan atau mulai menunjukkan kambuhnya gejala hipernatremia sebelumnya.

3. Menelan Klorin

Jika seekor anjing mengonsumsi terlalu banyak air kolam, dia tidak hanya berisiko mengalami hipernatremia, tetapi juga akan menderita akibat menelan klorin. Tingkat keracunan dan kerusakan sesuai dengan jumlah klorin yang ada di kolam.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus berhati-hati saat bermain dengan anjing Anda di kolam renang. Jika anjing Anda memiliki kebiasaan minum air dari kolam, Anda harus mengatasi hal ini sebelum menyebabkan masalah kesehatan.

Anjing Anda harus selalu memiliki akses ke air minum yang segar dan bersih. Jika Anda mencurigai anjing Anda menelan air kolam, waspadai gejala berikut:

Tanda-tanda Menelan Klorin

  • Mual
  • Muntah
  • Erosi kerongkongan
  • Iritasi perut
  • Ataksia
  • Kelemahan
  • Hiponatremia

Jika Anda melihat tanda-tanda yang menunjukkan bahwa anjing Anda keracunan karena meminum air kolam, jangan ragu untuk membawanya ke dokter hewan untuk evaluasi dan perawatan.

Cara Mencegah Keracunan Air

Keracunan air dapat menempatkan anjing dalam situasi berbahaya dan bahkan dapat berakibat fatal. Jadi, yang terbaik adalah melindungi anjing Anda darinya dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindarinya sepenuhnya.

Saat bermain dengan anjing Anda di kolam renang, danau, atau lautan, periksa anjing Anda untuk memastikan dia tidak menelan banyak air. Jika anjing Anda berenang dan mengalami kesulitan menjaga kepalanya di atas air, gunakan rompi pelampung.

Saat Anda mengajak anjing Anda bermain, selalu pastikan untuk membawa mangkuk air dan banyak air segar agar anjing Anda tetap terhidrasi. Ini dapat sangat membantu menghindari dehidrasi dan keracunan air.

Tindakan pencegahan lain yang dapat Anda lakukan adalah sering-seringlah beristirahat saat anjing Anda bermain di air. Bahkan jika anjing Anda sedang bersenang-senang, sebaiknya berhati-hatilah dan biarkan anjing Anda beristirahat dan tetap berada di luar air selama beberapa menit sebelum kembali bermain. Ini juga dapat membantu Anda memantau anjing Anda dan mencari tanda-tanda masalah atau keracunan air.

Kesimpulan

Keracunan air dapat dengan cepat berkembang menjadi kondisi serius dengan efek jangka panjang atau fatal. Jadi Anda harus bersiap sebelum anjing Anda bermain air. Pastikan untuk mengetahui tanda-tanda apa yang harus diperiksa dan catat informasi tentang rumah sakit hewan darurat terdekat untuk berjaga-jaga jika terjadi situasi yang mendesak.

Dengan cuaca yang semakin hangat dan bulan-bulan musim kemarau yang akan segera tiba, penting untuk menjaga anjing Anda tetap aman sehingga Anda dapat menikmati musim panas yang menyenangkan dengan banyak kenangan indah.

Komentar Anda