Terbuat dari Apa Sih Makanan Anjing Itu? Pelajari Komposisi Lengkapnya

Membeli makanan anjing sangat lumrah bagi pemilik anjing. Kita melakukannya sepanjang waktu tanpa berpikir dua kali. Jika anjing Anda kehabisan makanan, Anda tinggal pesan online atau pergi ke petshop dan mengambil kantong makanan yang sama yang biasa Anda beli.

Anjing di toko makanan

Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apa komposisi makanan anjing Anda? Apa saja bahan yang dimasukkan produsen ke dalamnya? Mari kita cari tahu bersama yuk!

Dasar-dasar Makanan Anjing

Anjing adalah omnivora, artinya mereka membutuhkan berbagai makanan nabati dan hewani dalam makanan sehari-hari mereka. Apa pun jenis makanan anjing yang Anda pilih, entah itu kibble, basah, mentah, segar, atau beku-kering, semuanya membutuhkan profil nutrisi yang sesuai untuk anjing.

Memilih makanan terbaik untuk anjing Anda mungkin sulit pada awalnya, tetapi pada akhirnya Anda akan melakukannya dengan benar. Beberapa anjing berkembang baik dengan segala jenis makanan yang Anda berikan, sementara yang lain memiliki sistem yang jauh lebih sensitif.

Dengan bantuan dokter hewan, Anda dapat membuat rencana pola makan terbaik sesuai jenis, usia, dan gaya hidup anjing Anda.

Unsur-unsur Penting dalam Makanan Anjing

Kandungan penting dalam makanan anjing dibuat seperti ini:

Protein 18-40%
Karbohidrat 0%-50%
Lemak 5% -25%
Serat 0% -4%
Kelembaban 0%-12%
Vitamin  
Mineral  

Setiap unsur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang seimbang secara keseluruhan untuk anjing.

Protein

Sumber Protein

Protein mungkin adalah hal paling penting dan dasar yang harus Anda cari dalam resep makanan anjing. Protein harus membentuk sebagian besar bahan, karena anjing Anda lebih berkembang pada konten berbasis hewani daripada yang lainnya.

Pilihan sumber protein umum atau protein unik tergantung di mana Anda tinggal. Misalnya, daging kanguru adalah sumber protein yang sangat umum dan sering digunakan di Australia. Tetapi di Indonesia, itu akan menjadi sumber protein baru.

Manfaat Protein

  • Membangun otot, ligamen, dan tendon
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku
  • Membantu produksi hormon
  • Mengembangkan sel baru
  • Seringkali, anjing yang penuh energi membutuhkan tingkat protein yang lebih tinggi.

Sumber Protein Komersial Utama

Bahan komersial utama dibuat dari daging biasa yang sering kita konsumsi. Sumber daging ini seringkali lebih murah dan melimpah, mengurangi biaya banyak makanan komersial.

Meskipun ini sangat baik untuk sebagian besar anjing dewasa yang sehat, selalu ada kemungkinan respons alergi terhadap protein umum. Namun kebanyakan anjing baik-baik saja dengan sumber-sumber ini dan berkembang sesuai dengan itu.

Bahan-bahan umum ini meliputi:

Daging Sapi: Daging sapi adalah sumber protein, seng, dan zat besi yang sangat baik. Ini membantu membangun otot, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengatur metabolisme.

Daging Ayam: Daging ayam adalah daging putih dengan asam amino yang membangun massa otot tanpa lemak, menyediakan sumber energi yang baik, dan membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Daging Kalkun: Daging kalkun adalah jenis unggas yang sarat dengan riboflavin dan fosfor. Ini mendukung metabolisme yang berfungsi baik dan menciptakan tulang dan ligamen yang solid.

Daging Ikan: Daging ikan merupakan sumber asam amino dan asam lemak omega yang sangat baik. Ini ditemukan dalam resep makanan anti alergi untuk mempromosikan bulu dan kulit yang sehat dan mengurangi peradangan tubuh.

Daging Babi: Daging babi, ketika dimasak sepenuhnya, merupakan sumber asam amino dan tiamin yang sangat baik. Anjing Anda tidak dapat memproduksi tiamin, atau vitamin B1, sendiri. Ini merupakan bagian penting dari pola makan mereka untuk mengatur sistem saraf.

Sumber Protein yang Kurang Umum

Beberapa anjing memiliki alergi atau kepekaan terhadap banyak sumber protein umum. Untuk mengatasi itu, ahli gizi anjing biasanya melakukan salah satu dari dua hal: merekomendasikan sumber protein baru atau terhidrolisis.

Sumber protein terhidrolisis dikurangi menjadi jumlah yang sangat kecil untuk melewati sistem dan memudahkan pencernaan.

Seperti yang akan kita bahas di bawah ini, protein baru adalah sumber daging yang belum pernah diperkenalkan ke sistem anjing Anda. Protein ini tidak memicu sistem untuk memberikan respons alergi.

Sumber yang kurang umum meliputi:

Daging Rusa (Venison): Daging rusa adalah sumber seng, fosfor, dan zat besi yang luar biasa. Daging ini dapat meningkatkan energi dan vitalitas serta memberikan rasa yang kaya untuk anjing yang suka pilih-pilih makanan.

Daging Bison: Daging bison kaya akan vitamin B12 dan niasin. Ini mendukung kesehatan otak dan meningkatkan energi yang baik.

Daging Aligator: Daging aligator adalah sumber protein yang sangat rendah lemak yang memiliki kadar kolesterol rendah. Daging ini bahkan dikenal bisa mengurangi atau menyembuhkan asma dan masalah pernapasan.

Daging Bebek: Daging bebek adalah sumber protein yang lebih umum daripada yang lain dalam kategori ini, sangat kaya akan zat besi dan mudah dicerna.

Daging Kanguru: Daging kanguru adalah daging merah paling rendah lemak di pasaran, membuatnya luar biasa untuk mengontrol berat badan dan asupan protein tinggi. Ini dapat membantu mengatasi sembelit dan mengatur saluran pencernaan.

Daging Kelinci: Daging kelinci penuh dengan vitamin B12 dan rendah kolesterol. Daging ini mengandung banyak lemak sehat untuk menjaga sendi anjing tetap terlumasi dan kulit tetap cerah.

Sayuran

Karena anjing adalah makhluk omnivora, memiliki campuran sayuran dalam makanan sehari-hari tidak benar-benar diperlukan. Jika Anda membedah sekantong makanan anjing, Anda mungkin melihat berbagai macan sayuran berbeda yang bervariasi dari satu resep ke resep lainnya.

Bahan nabati menawarkan serangkaian manfaat yang sama sekali berbeda untuk anjing Anda. Protein sangat penting, begitu juga sayuran yang umum dan bergizi ini.

Kale: Kale adalah sayuran hijau yang sangat sehat yang ditemukan di banyak resep makanan anjing. Ini menawarkan magnesium, kalsium, dan potasium untuk kesehatan tulang dan jantung.

Bit: Anda mungkin melihat bit sebagai bubur bit dalam makanan anjing. Ini meningkatkan sistem pencernaan, memungkinkan makanan dicerna dengan lancar sesuai kebutuhan.

Seledri: Seledri memiliki banyak khasiat, seperti serat, folat, potasium, mangan, dan vitamin. Saat segar, ini juga bisa menjadi penyegar mulut yang luar biasa.

Kacang polong: Meski kacang polong agak kontroversial di dunia makanan hewan peliharaan, ini ada di banyak resep makanan anjing. Kacang polong adalah sumber serat, protein, dan lutein yang baik untuk membantu penglihatan dan pencernaan.

Brokoli: Brokoli mengalahkan semua sayuran lain dengan kandungan vitamin K-nya. Ini dikenal karena sifat anti-inflamasi dan meningkatkan kekebalannya.

Bayam: Bayam mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan seperti vitamin A, B, C, dan K. Bayam juga menyediakan serat ekstra dan beta-karoten.

Wortel: Wortel dipenuhi dengan antioksidan. Sayuran ini sangat baik dalam resep makanan anjing, mempromosikan kesehatan mata yang optimal.

Buah-buahan

Makanan Anjing

Buah-buahan sangat penting untuk makanan anjing Anda. Namun buah adalah bagian yang lebih kecil dari resep makanan anjing karena kandungan gulanya yang tinggi. Meski begitu, buah memiliki tempat tersendiri karena memberikan serangkaian manfaat.

Blueberry: Blueberry adalah bahan yang sangat umum dalam makanan anjing modern. Buah ini kaya antioksidan, folat, kalium, serat, dan kolesterol rendah.

Apel: Apel adalah sumber vitamin C, vitamin A, dan potasium yang luar biasa.

Pisang: Pisang penuh dengan potasium. Ini bermanfaat dalam menunjang banyak fungsi tubuh yang penting, termasuk memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan otak, dan meningkatkan kekebalan

Cranberry: Cranberry dikemas dengan antioksidan. Ini mendukung fungsi kandung kemih dan ginjal yang tepat, melawan bakteri, dan mencegah kanker.

Baca Juga: 8 Merk Makanan Terbaik untuk Anjing Diabetes

Serealia (Biji Padi-padian)

Serealia atau biji padi-padian sempat jadi pedebatan, sampai muncul studi tentang kesehatan jantung anjing.

Jadi, kecuali anjing Anda memiliki alergi khusus terhadap biji padi-padian, memasukkan salah satu dari kandungan bahan ini dalam makanan anjing sama sekali tidak berbahaya dan bahkan bermanfaat secara nutrisi. Ini semua aman bahkan jika anjing Anda memiliki reaksi buruk terhadap serealia biasa seperti jagung, gandum, atau kedelai, yang lain seringkali mudah dicerna.

Jagung: Jagung mungkin memiliki reputasi buruk, tetapi ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan bagi anjing. Ini berfungsi sebagai karbohidrat yang mudah dicerna dalam makanan, menawarkan protein, serat, dan antioksidan.

Gandum: Jarang anjing bisa memiliki alergi terhadap gandum. Tapi ini juga merupakan sumber serat dan karbohidrat untuk kelancaran pencernaan dan energi.

Kedelai: Kedelai adalah bahan umum lain dalam makanan anjing yang cukup kontroversial. Tapi kedelai juga memiliki banyak protein nabati dan vitamin B.

Beras Merah: Anda mungkin sering melihat beras merah dalam resep makanan anjing untuk kesehatan pencernaan. Ini menawarkan fungsi pencernaan yang lebih baik, meningkatkan serat, dan membantu kesehatan jantung.

Pearled Barley: Pearled barley adalah biji-bijian lain yang terlihat dalam makanan anjing komersial. Ini kaya asam amino dan vitamin E untuk kesehatan kulit

Menir Oat: Menir oat atau gandum sering digunakan sebagai pengganti karbohidrat untuk anjing yang sensitif gluten. Menir gandum mudah dicerna, menyediakan serat dan karbohidrat seimbang.

Millet: Millet adalah biji-bijian yang mudah dicerna yang kaya akan fosfor dan zat besi. Ini mempromosikan tulang yang sehat dan energi yang cukup

Sorgum: Sorgum adalah biji-bijian bebas gluten yang digunakan dalam banyak makanan alternatif. Ini memiliki berbagai manfaat lain seperti niasin, zat besi, seng, serat, dan vitamin B2.

Pengganti Serealia

Beberapa anjing sangat sensitif terhadap biji padi-padian. Ini tidak biasa seperti yang diperkirakan sebelumnya, tetapi itu menyumbang sebagian kecil alergi pada anjing. Jika Anda mengetahui bahwa anjing Anda memiliki alergi hijau, berikut adalah beberapa alternatif yang mungkin Anda lihat dalam resep makanan anjing.

Jika Anda memilih makanan bebas biji-bijian, ini harus di bawah rekomendasi dokter hewan karena mungkin memerlukan resep diet.

Ubi Jalar: Ubi jalar adalah makanan super dan sehat karena berbagai alasan. Ini kaya akan vitamin dan mineral, membantu kesehatan mata, kulit, saraf, dan otot.

Kentang Putih: Kentang putih adalah alternatif biji-bijian yang umum digunakan, tetapi sedikit dipertanyakan ahli gizi. Ini memainkan peran penting dalam resep padat karbohidrat sambil menyediakan banyak vitamin C

Kacang Polong: Meskipun kacang polong mendapat banyak penolakan dalam resep bebas biji-bijian, ini menawarkan manfaat kesehatan untuk anjing. Meskipun ada penelitian baru-baru ini, implikasinya dalam pengembangan kardiomiopati dilatasi masih belum jelas. Kacang polong kaya akan serat, protein, dan lutein.

Lemak/Minyak

Lemak dan minyak adalah bagian yang pasti dari setiap makanan anjing. Anjing membutuhkan komponen ini untuk memastikan sistem muskuloskeletal bekerja dengan benar.

Asam Lemak Omega: Asam lemak omega menargetkan kulit, pertumbuhan kuku, dan tekstur. Ini juga melumasi sendi dan memberikan mobilitas yang optimal.

Asam Amino: Asam amino menyediakan sumber energi untuk anjing Anda. Anjing membutuhkan 22 asam amino dalam sistem mereka untuk tetap sehat.

Taurin: Taurin adalah asam amino yang mutlak esensial, bisa dibilang yang paling penting. Jika anjing kekurangan taurin, ini dapat menyebabkan beberapa masalah jantung yang cukup serius.

Kandungan Kelembaban: Bahkan kibble yang kering seperti tulang memiliki kandungan kelembaban.

Air: Air mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan saat mendengar kelembaban. Ini adalah bagian yang sangat penting dari makanan anjing Anda. Makanan anjing terdiri atas 80% air!

Kaldu: Kaldu adalah bentuk hidrasi, kondroitin, asam hialuronat, glukosamin, dan kolagen yang luar biasa.

Tahap Kehidupan Anjing

Setiap tahapan kehidupan membutuhkan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Misalnya, saat anak anjing Anda tumbuh, dia membutuhkan beberapa bahan tambahan dan aditif tambahan.

Anjing dewasa membutuhkan asupan untuk menjaga tubuh mereka selama tahun-tahun keemasan mereka. Dan pada masa penurunan, anjing tua membutuhkan suplemen tertentu untuk menjaga mobilitas dan fungsi organ.

Anak Anjing

Sejak masa anak anjing makan makanan padat, penting untuk melengkapi mereka dengan bahan pembangun pertumbuhan yang tepat. Banyak merk makanan yang akan disukai anak anjing Anda. Tapi lebih dari itu, anak anjing membutuhkan bahan-bahan tertentu untuk membantu perkembangannya.

DHA: DHA adalah aditif yang sangat umum dan mutlak diperlukan untuk makanan anak anjing. Ini adalah salah satu elemen kunci dalam perkembangan otak.

Protein Tinggi: Protein tinggi adalah aditif umum lainnya dalam makanan anak anjing karena anjing remaja muda membutuhkan tambahan protein untuk mengikuti perkembangan otot, ligamen, tendon, dll.

Anjing Dewasa

Resep anjing dewasa ditujukan untuk memberikan perawatan. Itu berarti Anda perlu memberi mereka jenis nutrisi yang sama setiap hari untuk menjaga kesehatan secara umum. Ini mungkin perlu penyesuaian, karena sebagian besar alergi tidak langsung hilang. Anda juga mungkin perlu mengubah pola makan anjing dewasa Anda karena faktor lain.

Anjing Tua

Resep makanan anjing tua bertujuan untuk menjaga tubuh mereka bertahan selama mungkin. Pada titik ini, mereka akan membutuhkan beberapa bahan tambahan untuk memberi lebih banyak dukungan selama masa penurunan alami.

Anda mungkin mengamati anjing tua Anda berhenti menoleransi beberapa bahan makanan dari waktu ke waktu juga. Anda mungkin harus mengubah pola makannya agar sesuai dengan kesukaan dan ketidaksukaannya.

Ada kemungkinan besar anjing bisa menjadi pemilih makanan. Jika anjing Anda menderita masalah gigi, Anda mungkin harus memilih pilihan makanan yang lebih lembut yang lebih mudah dikunyah.

Glukosamin: Glukosamin adalah senyawa alami yang bertanggung jawab untuk bantalan sendi. Saat anjing tua menurun kondisinya, mereka mendapat manfaat dari dukungan diet ekstra.

Kondroitin: Kondroitin adalah senyawa alami yang ditemukan di tulang rawan yang mengurangi kerusakan sendi.

Memilih Makanan untuk Anjing Anda

Anda bisa mendapatkan hampir semua jenis makanan anjing yang dapat Anda bayangkan dalam batasan diet mereka. Ada berbagai macam rasa, tekstur, dan resep khusus bahan yang berbeda.

Beberapa dari makanan ini akan direkomendasikan oleh dokter hewan Anda, sementara kebanyakan anjing dewasa yang sehat hanya bisa makan makanan komersial tanpa masalah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih makanan anjing.

Tekstur

Segar / Fresh

Anda dapat membeli makanan anjing segar secara komersial atau membuatnya sendiri di rumah. Makanan anjing segar lebih alami untuk anjing Anda, memberi mereka pengalaman makan yang beraroma dan ramah nutrisi. Namun itu lebih cepat rusak, dan Anda tidak bisa membiarkannya terlalu lama di mangkuk seperti kibble.

Makanan segar menjadi jauh lebih umum di industri makanan hewan peliharaan, sehingga lebih banyak pilihan kemungkinan akan tersedia nanti.

Mentah

Makanan anjing mentah sesuai dengan namanya. Semua bahan tidak dimasak untuk memberikan manfaat nutrisi yang paling signifikan. Makanan mentah mungkin lebih sesuai dengan asal-usul liar anjing, tetapi memang ada kekurangannya.

Jika tidak disimpan dengan benar, makanan mentah dapat membawa banyak bakteri yang dapat membuat anjing Anda sakit. Ini juga dapat menimbulkan risiko nutrisi yang tidak memadai dan masalah pencernaan yang serius. Makanan mentah tidak direkomendasikan oleh kebanyakan dokter hewan.

Baca Juga: Seberapa Banyak Makanan Mentah yang Aman untuk Anjing?

Mentah Beku-kering

Alih-alih memberikan potongan daging mentah ke anjing, berikan makanan mentah beku-kering yang sudah dikeringkan sebelum dimasak. Jadi, Anda tetap bisa memberi anjing Anda makanan mentah yang kaya nutrisi tanpa risiko cepat rusak.

Kibble

Kibble kering adalah jenis makanan anjing paling populer yang banyak dijual di toko hewan peliharaan. Makanan ini memiliki umur simpan yang lama karena bahan-bahannya telah dimasak menjadi bentuk keras dengan kelembaban yang sudah dikeluarkan agar awet.

Loaf

Misalkan Anda memiliki anjing dengan gigi sensitif atau pilih-pilih makanan, Anda bisa mencoba bentuk loaf. Loaf sangat mirip dengan makanan anjing basah, tetapi telah diproses bersama untuk membuat makanan yang lembek namun bertekstur.

Basah

Makanan basah anjing adalah yang pertama ditemukan manusia. Anjing pasti menyukai rasa gurih yang ditawarkan makanan basah, tetapi ini membutuhkan sedikit pengawetan, yang menyebabkan anjing iritasi dan sensitif.

Jenis Makanan Anjing

Makanan Harian

Makanan kesehatan harian baik untuk perawatan anjing dewasa sehari-hari. Makanan ini memiliki semua nutrisi untuk menjaga anjing dewasa Anda tetap sehat, kuat, dan prima. Namun makanan ini tidak cocok untuk semua pembatasan diet atau sensitivitas.

Makanan Khusus Perut Sensitif

Makanan khusus perut sensitif menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu keras yang lebih mudah dicerna. Anjing dengan perut sensitif sering mengalami kesulitan mencerna makanan mereka, jadi Anda mungkin melihat peningkatan prebiotik dan probiotik untuk membantu kesehatan usus.

Makanan Bahan Terbatas

Makanan bahan terbatas dibuat untuk anjing-anjing yang sensitif terhadap makanan. Menawarkan makanan anjing dengan bahan sesedikit mungkin akan menghilangkan risiko potensi gangguan pencernaan dan iritasi.

Makanan Bebas Biji Padi-padian

Meskipun alergi biji padi-padian jarang terjadi pada anjing, ini masih mungkin terjadi. Jika anjing Anda telah didiagnosis dengan alergi biji padi-padian, resep bebas biji padi-padian bertujuan untuk memberi anjing Anda makanan yang memuaskan tanpa menggunakan gluten apa pun.

Makanan Terhidrolisis

Makanan terhidrolisis adalah jenis makanan yang mana sumber protein hewani utama telah berkurang secara signifikan. Memecahnya menjadi potongan-potongan mikroskopis memungkinkan sumber protein untuk melakukan perjalanan melalui sistem pencernaan anjing tanpa menyebabkan gangguan apa pun.

Makanan Protein Baru

Protein baru belum diperkenalkan ke sistem anjing Anda. Sumber protein berbeda tergantung pada lokasi geografis Anda hampir sepanjang waktu. Menggunakan protein baru bertujuan untuk menghilangkan iritasi akibat alergi protein.

Makanan Protein Tinggi

Makanan protein tinggi biasanya ditujukan untuk anak anjing dan anjing berenergi sangat tinggi yang mengerahkan banyak energi fisik.

Makanan Manajemen Berat Badan

Obesitas adalah masalah umum, terutama pada anjing yang sudah tua. Pemantauan sangat penting. Sesuai namanya, makanan manajemen berat badan bertujuan untuk mengurangi kalori anjing untuk mengurangi ukuran tubuh secara keseluruhan.

Kesimpulan

Ada beberapa bahan makanan untuk disebutkan dan banyak kombinasi di dalamnya, seperti yang Anda lihat. Perusahaan makanan hewan peliharaan menjadi lebih kreatif dari hari ke hari, menawarkan hampir semua tekstur, rasa, dan perpaduan nutrisi dalam produk makanannya.

Pada akhirnya, makanan anjing yang Anda berikan tergantung pada usia, gaya hidup, kesehatan, dan sensitivitas anjing Anda. Anda dan dokter hewan dapat menyesuaikan rencana diet yang paling cocok untuk anjing kesayangan Anda.

Komentar Anda