Kucing American Ringtail: Perawatan, Sifat, Fakta, dan Gambarnya

Kucing American Ringtail (kucing ekor cincin Amerika) adalah jenis kucing yang relatif baru dengan asal usul sederhana yang berasal dari satu anak kucing liar bernama Solomon di California pada akhir 90-an. Kucing yang tampak unik ini mudah dibedakan melalui ekornya yang melengkung yang membentuk cincin di punggungnya. Ringtail, juga dikenal sebagai Ringtail Sing-a-Ling, adalah jenis kucing yang cantik dan menarik yang bisa menjadi teman keluarga yang sempurna.

Kucing Unik American Ringtail

Jika Anda mencari teman kucing yang manis, santai, dan menghibur, jenis ini harus berada di urutan teratas daftar Anda. Namun perlu diingat bahwa kucing American Ringtail sangat langka dan peternaknya juga jarang.

Tentang Kucing American Ringtail

  • Tinggi: 20-25 cm
  • Berat: 3-7 kg
  • Umur: 15-20 tahun
  • Warna: Dapat menampilkan semua pola dan warna
  • Cocok untuk: Pemilik kucing pemula, lajang, keluarga yang memiliki anak-anak remaja dan hewan peliharaan lainnya
  • Temperamen: Ramah, aktif, ingin tahu, vokal

Sebelum Anda Membeli Anak Kucing American Ringtail

Berapa Harga Anak Kucing American Ringtail?

American Ringtail masih dianggap sebagai ras kucing langka dan menemukan anak kucing ini bisa jadi agak sulit. Ada beberapa peternak di seluruh Amerika Serikat dan Kanada, jadi ini bukan hal yang mustahil.

Anda harus membayar antara $500 dan $1.000 untuk mendapatkan satu ekor anak kucing Ringtail. Trah ini diakui oleh The International Cat Association (TICA) sebagai “Registration Only,” yang berarti bahwa Ringtail adalah trah berkembang yang berusaha mencapai status Championship di TICA.

Karena jenis ini sangat langka dan dicari, kemungkinan Anda dapat menemukannya di tempat penampungan hewan sangat kecil. Itu bukan berarti tidak mungkin. Jika Anda terus memperhatikan tempat penampungan hewan peliharaan atau penyelamatan kucing setempat, Anda mungkin saja bisa mendapatkan kucing ini.

Fakta Tentang Kucing American Ringtail

American Ringtail Adalah Ras Kucing yang Relatif Baru

American Ringtail adalah jenis kucing baru dan unik yang pertama dibiakkan pada tahun 1998 di California. Ringtail pertama diberi nama Solomon dan merupakan satu-satunya anak kucing yang selamat dari kelompoknya.

Pemiliknya, Susan Manley, memberinya susu botol sejak berusia dua hari dan tahu ada sesuatu yang berbeda darinya saat dia berusia satu bulan. Dia memperhatikan ekornya berbeda dengan ekor kucing lain karena sepertinya selalu ingin melengkung di atas punggungnya.

Setelah dokter hewan memeriksanya, ditentukan bahwa Solomon tidak memiliki masalah medis yang mendasari atau kelainan bentuk fisik yang menyebabkan ekornya melengkung.

Ekor Melengkung Ringtail adalah Hasil dari Mutasi Genetik

Ekor melengkung trah ini disebabkan oleh dua gen yang terpisah. Gen dominan terkait jenis kelamin dan menyebabkan ekor terangkat. Gen ini tidak unik hanya pada Ringtail karena banyak kucing domestik memilikinya. Namun gen resesif adalah yang menghasilkan lengkungan di ekor.

Gen resesif ini jauh lebih jarang daripada yang menyebabkan ekor terangkat dan sering terlihat pada kucing liar dan domestik dan bahkan pada anjing purebred juga.

Mutasi yang menyebabkan ekor melengkung tidak berbahaya atau menyakitkan bagi kucing. Mereka dapat meluruskan ekornya yang berotot dan lebar ini kapan saja mereka mau karena ekornya tidak selalu terjebak dalam posisi melengkungnya. Faktanya, anak kucing Ringtail dilahirkan dengan ekor “normal” yang akan mulai melengkung saat mereka tumbuh dewasa.

Tingkat lengkungan dapat berbeda dari satu  kucing ke kucing lainnya. Beberapa ekor berbaring di punggung kucing, sementara yang lain berbentuk seperti pembuka botol.

Ringtail Menggunakan Ekornya Lebih Banyak dari Ras Kucing Lainnya

Beberapa pemilik kucing Ringtail mengatakan bahwa kucing mereka menggunakan ekornya lebih banyak daripada ras kucing lainnya. Sementara semua kucing menggunakan ekornya untuk keseimbangan, Ringtail mungkin menggunakan ekornya untuk membantu memperlambatnya saat turun dari pohon kucing atau untuk mengurangi kecepatannya saat mereka bermain atau saat sedang melakukan pengintaian.

Terkadang Ringtail akan melingkarkan ekornya di sekitar tangan pemiliknya saat mereka dibelai. Ekor mereka paling sering ditemukan dalam posisi melengkung ketika mereka santai dan percaya diri.

Temperamen dan Kecerdasan Kucing American Ringtail

Gambar Kucing American Ringtail

Bukan hanya ekornya yang unik dan penampilannya yang menggemaskan yang membuat kucing American Ringtail menjadi teman yang ideal. Trah ini juga dikenal karena kepribadiannya yang ramah.

Mereka sangat baik dan penyayang secara alami. Mereka cenderung membentuk ikatan yang erat dengan anggota keluarga mereka, tetapi sering kali lebih menyukai satu orang daripada yang lain. Mereka bisa menjadi sedikit pemalu di sekitar orang asing, tetapi rasa ingin tahu mereka pada akhirnya akan mengalahkannya.

Ringtail senang berkomunikasi dengan pemiliknya dan akan sering menggunakan suara bergetar saat diajak bicara. Suara bergetar inilah yang membuat trah ini mendapatkan nama depan mereka: Ringtail Sing-a-Lings.

Ringtail sering menampilkan karakteristik yang mungkin berasal dari gen kucing liar pada nenek moyang mereka. Mereka tampaknya terpesona dengan air, sering mencari air mengalir dari keran untuk minum. Mereka senang menyembunyikan makanan di sekitar rumah untuk dimakan di lain waktu dan terkadang akan mencoba mengubur makanannya setelah selesai makan.

Ringtail suka berburu dan terkadang menyembunyikan mainan mereka di seluruh rumah Anda. Anda akan menemukannya dimasukkan ke tempat-tempat paling aneh seperti laci pakaian atau rak buku Anda. Mereka juga tampaknya memiliki sedikit minat pada perburuang tikus.

Apakah Kucing American Ringtail Baik untuk Keluarga?

American Ringtail cocok hidup dalam sistem keluarga. Mereka adalah teman yang luar biasa dan berkembang dalam keluarga yang memiliki anak-anak. Sebaiknya tunggu sampai ada anak kecil yang sedikit lebih besar sebelum mengadopsi kucing Ringtail ke rumah Anda. Meskipun mereka bukan kucing rapuh, anak-anak yang lebih besar akan tahu cara membaca sinyal peringatan dan memperlakukan hewan peliharaan mereka dengan baik.

Apakah Trah Ini Bersahabat dengan Hewan Peliharaan Lain?

Ringtail adalah jenis yang sangat fleksibel dan akan rukun dalam rumah berisi kucing lain dan anjing, asalkan pengenalan dilakukan dengan benar dan tidak terburu-buru. Cara terbaik adalah mensosialisasikan kucing American Ringtail Anda dengan hewan peliharaan keluarga lainnya sejak usia sangat muda, karena pada sebagian besar kucing, mereka dapat menjadi teritorial terhadap ruang mereka.

Kunci untuk memperkenalkan hewan peliharaan adalah melakukannya secara perlahan. Pisahkan mereka pada awalnya dan jangan biarkan hewan peliharaan melakukan kontak satu sama lain sampai Anda mendapat persetujuan dari dokter hewan bahwa mereka berdua sehat. Mulailah memberi mereka makan di sisi berlawanan dari pintu tertutup sehingga mereka dapat mengasosiasikan kehadiran dan aroma hewan peliharaan lain dengan pengalaman bahagia seperti makan.

Begitu mereka bisa makan dengan mangkuk mereka tepat di sebelah pintu yang tertutup, perlahan-lahan mulailah mempertemukannya di area umum rumah. Jangan biarkan mereka bertemu satu sama lain di area pribadi hewan peliharaan Anda. Misalnya, jika kucing Anda memiliki ruangan khusus di rumah tempat mereka bersantai dan tidur siang, jangan mengadakan pertemuan di sana. Terus ulangi sesi ini setiap hari, tetapi usahakan tetap pendek dan akhiri sebelum hewan mulai menunjukkan tanda-tanda stres atau agresi.

Setelah mereka dapat menoleransi satu sama lain, Anda dapat mulai melepaskannya di rumah Anda pada waktu yang bersamaan. Awasi mereka dan lanjutkan dengan hati-hati. Jika perilaku agresif mulai muncul, kembali pisahkan mereka sampai mereka dapat hidup harmonis.

Hal yang Perlu Diketahui Saat Memiliki Kucing American Ringtail:

Kebutuhan Makanan

Tidak ada persyaratan makanan atau diet khusus untuk Ringtail. Anda dapat memberi mereka makan seperti yang Anda lakukan pada jenis kucing lainnya. Konon, kucing jenis ini terkadang menunjukkan “ritual” makanan menarik yang harus Anda ketahui.

Kucing ini terkadang akan menyelinap pergi dengan makanan mereka dan menyembunyikannya di sekitar rumah. Ini mungkin menjadi masalah jika Anda memilih untuk memberi makan Ringtail Anda secara bebas karena Anda mungkin menemukan makanannya tersebar di mana-mana. Jika Anda melihat kucing Anda menimbun makanannya, Anda mungkin perlu memberinya jadwal makan untuk mencegah perilaku ini.

Olahraga

American Ringtail adalah kucing yang sangat energik dan aktif. Mereka suka menjelajah dan membutuhkan beberapa mainan dan perlengkapan kucing di rumah untuk memberikan pelampiasan bagi rasa ingin tahu dan energi mereka.

Anda mungkin perlu membeli pohon kucing besar agar mereka memiliki banyak peluang untuk memanjat. Anda harus mencoba meletakkan pohon mereka di area di mana mereka dapat dengan aman melihat ke luar jendela untuk membantu mereka tetap terstimulasi secara mental.

Anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk bermain dengan kucing American Ringtail Anda, meskipun memang cukup pandai menyibukkan diri selama Anda menyediakan mainan dan furnitur kucing yang tepat. Kucing ini masih perlu memiliki waktu bermain setiap hari untuk menjalin ikatan dengan anggota keluarga mereka.

Pelatihan

Kemampuan pelatihan kucing American Ringtail akan bervariasi pada setiap individu. Beberapa Ringtail belajar dengan sangat mudah, sementara yang lain memiliki rentang perhatian yang terlalu pendek untuk peduli dengan pelatihan.

Karena Ringtail pada dasarnya adalah jenis kucing yang selalu ingin tahu, pelatihan tali adalah kegiatan yang bagus untuk dicoba. Mereka mungkin suka pergi ke luar untuk berjalan-jalan dan melihat lebih dekat apa yang mereka amati di luar jendela sepanjang hari.

Perawatan Tubuh / Grooming

Ringtail dapat memiliki lapisan bulu pendek atau menengah. Mereka yang memiliki bulu sedang  membutuhkan sesi perawatan rutin sekitar dua kali seminggu. Mereka yang memiliki bulu lebih pendek bisa dirawat lebih jarang. Ringtail umumnya tidak banyak merontokkan, jadi menyikatnya akan membantu menjaga bulunya tetap lembut dan berkilau.

Masalah dan Kondisi Kesehatan

Kucing American Ringtail tidak memiliki kondisi kesehatan khusus tertentu. Ingat, ekor mereka bukan kelainan bentuk sehingga tidak menyebabkan mereka sakit atau tidak nyaman. Konon, Ringtail masih berisiko mengalami kondisi kesehatan yang sama seperti kebanyakan ras kucing lainnya.

Kondisi Kecil:

  • Cacing
  • Kutu
  • Tungau telinga
  • Sembelit

Pejantan Vs Betina

Ada perbedaan kepribadian antara Ringtail jantan dan betina yang tidak juga muncul pada ras kucing lainnya. Kucing jantan biasanya lebih besar dan terkadang dapat menunjukkan perilaku bermasalah seperti agresi atau penyemprotan urin jika mereka tidak dikebiri setelah dewasa. Kucing jantan, secara umum, lebih rentan terhadap gangguan saluran kemih karena anatomi uretra mereka.

Betina lebih kecil, baik dari segi tinggi tinggi maupun berat badan, dibandingkan pejantannya. Kucing betina yang tidak dimandulkan akan berkeliaran tanpa henti untuk mencari pasangan. Mereka cenderung tidak menunjukkan agresi dibandingkan pejantan, tetapi mereka jauh lebih vokal sampai mereka dimandulkan.

Meskipun ada beberapa perbedaan fisik dan perilaku pada kucing jantan dan betina, seringkali genetika dan lingkungan mereka memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan kepribadian mereka.

American Ringtail adalah jenis kucing yang tampak unik yang dapat menghadirkan banyak kegembiraan ke rumah keluarga mana pun. Jika Anda ingin menambahkan kucing Ringtail ke keluarga Anda, lakukan riset untuk menemukan breeder yang sempurna. Ingat, Ringtail adalah jenis yang relatif baru sehingga menemukan peternak yang memiliki reputasi baik mungkin akan jauh lebih sulit daripada yang Anda harapkan.

Komentar Anda