Apakah Kucing Bisa Mengenali Suara Kita? | Faunaku
Home » Kucing » Apakah Kucing Bisa Mengenali Suara Kita?

Apakah Kucing Bisa Mengenali Suara Kita?

Kita tahu bahwa anjing bisa mengenali suara kita pemiliknya karena mereka sangat ingin mendengarkan saat kita memanggil. Tapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah kucing juga mengenali suara kita? Lagi pula, kucing terkenal tidak memperhatikan ketika manusia mereka berbicara dan bertindak seolah-olah mereka bahkan tidak mengenal kita.

Kucing mendengarkan

Jadi, apakah kucing tidak mengenali suara kita, atau ada hal lain yang terjadi?

Menurut sebuah penelitian oleh University of Tokyo, kucing mengenali suara pemiliknya! Namun mereka memilih untuk mengabaikan Anda saat Anda berbicara (yang mengejutkan bagi para pemelihara kucing). Ingin tahu mengapa demikian? Teruslah membaca artikel ini sampai habis.

Studi

Dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Tokyo, 20 ekor kucing dipelihara di lingkungan rumah normal mereka dan diputarkan rekaman suara pemilik dan orang asing selama delapan bulan untuk melihat bagaimana tanggapan mereka.

Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa kucing bereaksi terhadap semua suara, tetapi paling bereaksi terhadap suara pemiliknya. Namun tidak ada kucing yang memiliki reaksi terbuka terhadap suara tersebut (seperti datang saat dipanggil).

Jadi, bagaimana para peneliti mengukur reaksi kucing? Reaksi kucing diukur dengan menganalisis bahasa tubuh. Beberapa reaksi yang diamati oleh para peneliti adalah gerakan ekor, telinga, dan kepala, bersamaan dengan pelebaran mata dan kucing yang bersuara.

Sebagian besar reaksi kucing tampak menggerakkan kepala atau telinga ke arah suara, menandakan bahwa suara itu didengarnya. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa banyak kucing memiliki pupil yang membesar ketika suara pemiliknya terdengar, menandakan perubahan emosional (seperti kebahagiaan atau kegembiraan).

Baca Juga:  Bagaimana Cara Kucing Berburu Tikus? Ini Enam Tahapnya

Terlepas dari itu, kucing tidak memiliki reaksi lain terhadap suara apa pun. Jadi, kucing Anda sebenarnya mengenali suara Anda; mereka hanya tidak menanggapinya.

Mengapa Kucing Tidak Menanggapi?

Suara kucing

Jadi, jika kucing Anda mengenali suara Anda saat Anda memanggil namanya, mengapa dia tidak merespons? Penyebabnya adalah sejarah dan evolusi.

Ini bukan kepastian, tetapi teori para peneliti tentang kurangnya tanggapan dari kucing peliharaan kita bermuara pada bagaimana kucing dijinakkan sekitar 9.000 tahun yang lalu. Tidak seperti anjing yang dilatih untuk mematuhi perintah manusia, kucing diberi kebebasan.

Di samping itu, kucing hanya mengajukan diri sebagai penangkap hama di masa lalu, sedangkan anjing dijinakkan dan kemudian secara khusus dibiakkan untuk mendengarkan manusia ketika kita berbicara. Jadi, ketika kita menganggap kucing telah menjinakkan dirinya sendiri, masuk akal jika mereka menganggap diri mereka tidak terikat pada siapa pun, bahkan pada pemiliknya.

Kesimpulan

Kucing favorit Anda pasti mengenali suara Anda saat Anda berbicara dengannya. Dia hanya tidak terlalu mempedulikannya. Tapi teruslah berbicara dengan kucing Anda! Kucing kita cenderung senang ketika kita berbicara dengan mereka (seperti yang dibuktikan oleh pupil melebar yang diamati dalam penelitian), bahkan jika mereka tidak merespons. Plus, berbicara dengan hewan peliharaan Anda akan menguntungkan Anda berdua!

Komentar Anda