Apakah Kucing Boleh Dikasih Makan Ikan Lele?

Ikan lele adalah anggota kelompok ikan berkumis (bersungut) alias catfish. Nama ‘catfish’ memiliki kata cat atau kucing di dalamnya, jadi banyak orang menganggap ikan lele, entah bagaimana caranya, masih terhubung dengan kucing. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak pemilik kucing beranggapan bahwa ikan lele adalah jenis ikan yang baik untuk diberikan makan ke kucing mereka.

Kucing Makan Daging Ikan Lele

Ikan lele harus dimasak sampai matang sebelum diberikan kepada kucing dalam jumlah kecil. Kucing dapat mengambil manfaat dari nutrisi penting yang ditemukan dalam ikan lele. Namun beberapa bentuk ikan lele tidak aman untuk kucing karena dibumbui dengan garam dan perasa berbahaya lainnya.

Kami memiliki semua jawaban yang Anda butuhkan dalam hal memberikan makan ikan lele untuk kucing Anda dan apakah itu aman dan bermanfaat bagi kesehatan mereka.

Apakah Ikan Lele Aman untuk Dimakan Kucing?

Ikan lele aman untuk dimakan kucing jika Anda mempertimbangkan risikonya. Ikan jenis ini mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang penting bagi kesehatan kucing, seperti omega-3, omega-6, dan taurin. Kucing tidak dapat menghasilkan nutrisi ini sendiri, jadi mereka harus mendapatkannya dari sumber makanan.

Kucing adalah karnivora sejati dan membutuhkan daging untuk bertahan hidup. Jadi idealnya kucing memakan makanan kaya protein dengan minyak lemak dan nutrisi bermanfaat lainnya. Tubuh kucing dirancang untuk memproses daging dan lemak; jadi, Anda dapat memasukkan ikan dalam porsi kecil ke dalam menu makanan kucing Anda.

Mungkinkah Ikan Lele Berbahaya bagi Kucing?

Ikan lele

Ikan lele relatif aman untuk dimakan kucing jika sudah dimasak, tetapi ada juga risiko lain yang terkait dengan pemberiannya. Kucing rentan terhadap bakteri yang ditemukan pada ikan lele, yang sebagian besar ditemukan pada ikan lele mentah atau setengah matang. Ini berarti ikan lele memiliki manfaat dan risiko untuk kucing.

Ikan lele juga dapat menimbulkan risiko bagi kucing karena mengandung thiaminase yang merupakan enzim yang memecah tiamin (Vitamin B1), yang merupakan vitamin esensial untuk kucing. Artinya kucing tidak bisa membuatnya sendiri dan hanya bisa mendapatkannya dari sumber makanan.

Pemberian makanan yang kekurangan tiamin secara terus menerus akan menyebabkan kekurangan tiamin yang menyebabkan gejala pada kucing seperti kejang dan masalah neurologis. Thiaminase dapat dihancurkan sebelum kucing Anda memakan ikan lele dengan cara memasaknya pada suhu tinggi.

Oleh karena itu, aman untuk memberikan ikan lele ke kucing Anda jika sudah dimasak dengan matang, tidak dibumbui, dan diberikan dalam porsi kecil dan jarang. Dengan melakukan itu, Anda akan dapat menghindari risiko berbahaya bagi kucing Anda sambil memberi mereka sumber asam lemak dan taurin.

Ikan mentah atau setengah matang berpotensi menyebabkan penyakit karena dapat mengandung parasit seperti giardia dan bakteri seperti salmonella. Ini bisa lebih serius bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti kucing yang masih sangat kecil, kucing tua, atau kucing sakit. Jadi, tidak disarankan untuk memberikan ikan lele mentah ke kucing.

Jenis Ikan Apa yang Bisa Dimakan Kucing?

Ikan berminyak seperti tuna, salmon, dan sarden adalah pilihan ikan yang baik untuk diberikan kepada kucing Anda. Mereka kaya akan lemak sehat seperti Omega-3 dan 6 yang baik untuk penglihatan dan kesehatan jantung kucing Anda.

Jenis-jenis ikan berikut aman untuk dimakan kucing tanpa dimasak:

  • Salmon kalengan: Tinggi vitamin D, rendah merkuri, dan dapat diberikan lebih sering daripada jenis ikan lainnya.
  • Sarden: Rendah merkuri dan penuh nutrisi seperti asam lemak omega-3, vitamin B12, dan selenium.
  • Tuna kalengan: Lebih tinggi merkuri, tetapi aman untuk kucing dalam jumlah sedang.

Jenis ikan yang harus dimasak dulu:

  • Lele: Kaya akan asam lemak, tetapi terlalu banyak dapat menurunkan penyerapan vitamin B1.
  • Makarel: Sumber minyak nutrisi yang sangat baik untuk kucing.
  • Ikan putih: Rendah kalori dan mudah dicerna kucing.

Cara Memasak Ikan Lele untuk Kucing

Sebelum memberikan ikan lele untuk dimakan kucing Anda, ikan tersebut harus dimasak sampai matang. Anda bisa mulai dengan memanggang lele karena ini adalah cara termudah untuk menyiapkannya. Bungkus ikan lele dengan kertas roti dan kemudian lapisi dengan aluminium foil untuk menahan kelembapannya.

Hindari menambahkan minyak atau bumbu apa pun ke ikan. Panggang ikan lele dalam oven pada suhu 200 derajat Celsius selama 10 hingga 12 menit. Biarkan ikan mendingin lalu potong dengan ukuran porsi yang benar dan kemudian Anda bisa memberi makan kucing Anda dengannya.

Kesimpulan

Kucing Anda dapat diberi makan ikan lele yang dimasak setiap dua minggu sekali dalam porsi kecil. Tidak disarankan untuk memberi makan kucing Anda terlalu banyak ikan lele karena mereka bisa menderita kekurangan vitamin.

Anda juga dapat menggonta-ganti jenis ikan yang Anda berikan ke kucing Anda, seperti memberikan ikan lele yang dimasak seminggu sekali dan minggu berikutnya memberikan ikan tuna atau salmon. Ini memastikan kucing Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi satu sumber makanan saja.

Komentar Anda