Apakah Kucing Boleh Diberi Makan Keju?

Secuil potongan keju di kemasannya dapat membuat kucing Anda mampir ke dapur untuk mencari makanan asin gurih ini, tetapi bisakah kucing makan keju? Inilah jawaban tentang pertanyaan apakah kucing bisa makan keju.

Kucing Mengendus Keju

Bisakah kucing makan keju? Menurut para ahli, ya, bisa, tetapi hanya dalam jumlah sedang. Jika Anda memberikan keju ke kucing Anda, cukup beri dia sepotong kecil sesekali, seukuran dadu. Misalnya, Anda dapat memilih untuk membatasi asupan keju kucing Anda saat Anda perlu menyembunyikan pil untuk mengobatinya.

Tetapi, meski banyak kucing dapat mentolerir keju dalam porsi kecil, jika kucing Anda tidak toleran laktosa atau memiliki alergi susu, bahkan sedikit saja keju sudah dapat merusak sistem pencernaannya.

Intoleransi Susu dan Alergi Susu pada Kucing

Terlepas dari mitos lama bahwa kucing tidak menyukai apa pun selain semangkuk susu atau krim, kebanyakan kucing sebenarnya tidak dapat mencerna susu. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Cornell menekankan bahwa banyak kucing tidak toleran laktosa dan dapat mengalami masalah pencernaan, termasuk peradangan, diare, sembelit dan muntah, jika mereka mengonsumsi susu.

Kucing pengidap alergi susu juga dapat bereaksi buruk bahkan terhadap satu gigitan kecil keju. Umumnya, kucing tidak memiliki banyak alergi makanan, tetapi susu, serta ikan dan daging merah lebih umum. Seperti anak kucing yang intoleran laktosa, jika kucing Anda memiliki alergi susu, makan keju dapat menyebabkan masalah pencernaan dan bahkan mungkin mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya.

Tanda-tanda umum kucing Anda memiliki alergi susu adalah sebagai berikut (setelah mengonsumsi produk laktosa):

  • Muntah
  • Diare
  • Gas
  • Bercak kulit gatal dan/atau merah
  • Bulu rontok

Jika kucing Anda menunjukkan ini atau tanda-tanda tidak biasa lainnya, hubungi dokter hewan sesegera mungkin untuk menjadwalkan pemeriksaan.

Kapan Keju Harus Dihindari?

Kucing Makan Keju

Menurut Pusat Medis Hewan Cummings di Universitas Tufts, Anda harus menghindari memberikan keju ke kucing Anda jika dia perlu menurunkan asupan garam dan/atau jika dia memiliki masalah jantung. Selain keju, jika kucing Anda memiliki pola makan rendah sodium, dia harus benar-benar dijauhkan dari daging deli, makanan cepat saji, keripik kentang, dan roti.

Fokus pada Kalori

Tidak lebih dari 8 hingga 10 persen dari jatah kalori harian hewan peliharaan bisa berasal dari camilan atau makanan yang tidak direkomendasikan oleh dokter hewan. Keju, misalnya, adalah makanan populer manusia yang bisa terlalu tinggi kalori. Faktanya, memberikan 1 ons kubus keju cheddar kepada kucing seberat 4,5 kg sama dengan seseorang yang memakan dua setengah burger keju sekaligus.

Bagaimana pendekatan terbaik untuk pemilik kucing? Hindari camilan ekstra itu dan gantikan dengan yang lain.

Jenis Keju: Baik vs. Buruk

Jika Anda memberikan keju kepada kucing Anda, varietas tertentu mungkin lebih baik daripada yang lain:

Keju Cheddar: Ini adalah salah satu keju paling populer. Cheddar adalah keju semi-keras yang tidak mengandung banyak laktosa. Namun ini tidak berarti kucing Anda harus makan cheddar dalam jumlah besar karena dapat menyebabkan masalah perut.

Keju Swiss: Favorit di kalangan pecinta sandwich, keju Swiss dianggap sebagai keju yang sehat bagi manusia karena tinggi protein dan rendah natrium dan lemak. Seperti cheddar, keju ini memiliki jumlah laktosa yang rendah, tetapi masih dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Keju Mozzarella: Banyak pemilik kucing memergoki kucing mereka menyelinap ke dalam kotak pizza, tetapi apakah semua keju lengket itu baik untuk kucing Anda? Tidak begitu. Keju lunak seperti mozzarella, baik mentah atau dimasak, berbahaya bagi kesehatan kucing karena mengandung laktosa yang tinggi. Keju cottage dan keju krim menimbulkan risiko yang sama dan harus dihindari.

Keju Brie: Sebagai keju lunak yang populer, keju brie dibuat dengan susu mentah, yang mungkin mengandung Salmonella dan Listeria, patogen yang menyebabkan penyakit serius. Keju lunak mentah lainnya yang harus dihindari adalah keju biru dan Camembert.

Keju biru: Tahu apa yang membuat keju ini berwarna biru? Jamur. Jenis keju ini, termasuk Stilton, dibuat dengan kultur jamur Penicillium, yang dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan. Untuk alasan ini, jangan beri kucing Anda keju berjamur.

Memberi makan kucing Anda sedikit keju sesekali seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi bicarakan dulu dengan dokter hewan tentang apakah itu pilihan yang sehat untuk kucing Anda atau tidak. Jika Anda memberikan makan keju ke kucing Anda, berikan hanya sesekali dan dalam jumlah kecil. Itu akan memberi dia senang!

Komentar Anda