Bisakah Kucing Makan Tomat? Ini Fakta yang Perlu Anda Tahu

Bisakah kucing makan tomat? Mungkin Anda menanyakan hal ini setelah kucing Anda mengeong-ngeong meminta untuk mencicipi tomat ketika Anda memotong tomat untuk ditambahkan ke salad segar atau membuat sambal. Jika manusia bisa makan tomat, bisakah kucing memakannya dengan aman juga?

Kucing Minta Tomat

Jawaban singkatnya umumnya tidak, kucing tidak bisa makan tomat dengan aman. Meski begitu, sepotong kecil tomat matang seharusnya tidak berdampak buruk pada kucing Anda. Faktanya, American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) mencantumkan tanaman tomat dan tomat mentah sebagai racun bagi kucing.

Ada juga sejumlah masalah dengan produk tomat dan saus tomat komersial yang membuatnya tidak cocok untuk kucing. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang tomat dan kucing.

Efek Samping Tomat pada Kucing

Tanaman tomat dianggap beracun untuk kucing oleh ASPCA. Ini karena adanya zat yang disebut solanin dan alfa-tomatin, yang keduanya berbahaya bagi kucing. Beberapa gejala paling umum yang dapat ditimbulkan oleh solanin dan alfa-tomatin pada kucing meliputi:

  • Kehilangan selera makan
  • Kelemahan dan kelesuan
  • Detak jantung melambat
  • Air liur berlebihan
  • Masalah gastrointestinal besar

Daun dan batang tanaman tomat dianggap tidak aman untuk kucing, demikian juga dengan tomat mentah. Tetapi perlu dicatat bahwa ASPCA menganggap tomat yang sudah matang sepenuhnya tidak beracun bagi kucing.

Di luar tanaman tomat yang sebenarnya, produk berbasis tomat komersial biasanya tidak cocok atau tidak aman untuk diberikan kepada kucing Anda. Banyak saus merah memiliki tambahan garam, bawang putih, dan bawang merah, yang semuanya bisa berbahaya bagi kucing Anda.

Tindakan Setelah Kucing Memakan Tomat

Bahaya Tomat untuk Kucing

Jika kucing Anda hanya makan sedikit tomat matang, mereka akan baik-baik saja. Perhatikan reaksi yang tidak biasa dan laporkan ke dokter hewan jika ada sesuatu yang tidak beres terjadi pada kucing Anda.

Namun jika Anda memperhatikan bahwa kucing Anda memakan tomat mentah atau bagian dari tanaman tomat, Anda harus memantaunya dengan cermat untuk mengetahui gejala umum yang tercantum di atas.

Jika Anda menyaksikan kucing Anda makan tomat, simpan sedikit sampel buah atau tanamannya untuk ditunjukkan kepada dokter hewan. Ini dapat membantu mereka memastikan tingkat keracunan tomat yang mungkin diderita kucing Anda.

Saat memeriksakan kucing untuk keracunan tomat, dokter hewan mungkin menyarankan untuk mengambil sampel darah dan urin, bersama dengan sampel feses atau muntahan. Dokter hewan mungkin juga akan memantau kondisi jantung kucing Anda.

Jika dokter hewan memastikan bahwa kucing Anda menderita keracunan tomat, mereka kemungkinan akan mencoba menginduksi muntah dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida. Arang aktif juga biasa digunakan.

Dalam kasus di mana kucing makan tomat dan mengalami dehidrasi, dokter hewan akan menggunakan cairan infus untuk membantu kucing pulih.

Nah, sekarang Anda tahu kan bahaya tomat mentah dan tanaman tomat untuk kucing. Pernahkah kucing Anda memakan tomat yang Anda biarkan tergeletak di dapur? Apakah mereka merasa baik-baik saja setelahnya? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Komentar Anda