Meski Doyan, Bolehkah Kucing Diberi Makan Yogurt?

Pemilik kucing mungkin pernah mengalaminya. Anda membuka wadah yogurt, dan bahkan sebelum Anda menyendoknya ke mulut Anda, kucing Anda sudah mengeong-ngeong untuk minta mencicipinya. Meskipun kita tahu mereka menyukainya, bisakah kucing makan yogurt?

Kucing makan yogurt

Jawabannya adalah ya, beberapa jenis yogurt aman untuk kucing. Tapi itu tidak berarti yogurt harus menjadi bagian rutin dari makanan mereka, dan Anda harus selalu memeriksa label nutrisi sebelum memberikannya ke kucing Anda.

Apakah Yogurt Baik atau Buruk untuk Kucing?

Yogurt menawarkan protein, kalsium, vitamin B2 dan B12 tingkat tinggi, dan probiotik, jadi Anda mungkin berpikir itu baik untuk kucing Anda. Tetapi mengingat kucing Anda sudah makan makanan kucing yang memiliki nutrisi seimbang yang sehat, manfaat ini tidak cukup untuk menjamin yogurt menjadi makanan tambahan sehari-hari untuk kucing Anda.

Menurt ahli toksikologi hewan, meskipun kucing bisa makan yogurt, itu bukan makanan yang ideal untuk semua kucing. Produk susu pada umumnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing karena kebanyakan kucing tidak toleran terhadap laktosa, terutama menyebabkan tinja yang encer dan muntah. Karena itulah, yogurt tidak akan menjadi makanan yang ideal untuk kucing.

Tanda paling umum dari intoleransi laktosa adalah gangguan saluran pencernaan seperti diare atau muntah. Jika kucing Anda mengalami gejala-gejala ini dalam waktu 8-12 jam setelah makan produk susu, ada kemungkinan mereka tidak toleran laktosa.

Bagi manusia, yogurt adalah sumber kuat bakteri ramah atau probiotik yang membantu pencernaan. Namun hewan peliharaan kita biasanya tidak membutuhkan bakteri yang sama kecuali jika berurusan dengan masalah pencernaan.

Jika saluran pencernaan kucing Anda bermasalah, jangan berikan yogurt dan periksakan kucing ke dokter hewan. Dokter hewan Anda akan dapat mempersempit masalah pencernaannya dan bahkan dapat merekomendasikan probiotik yang aman bagi kucing untuk membantu ususnya.

Apa Jenis Yogurt yang Aman untuk Kucing?

Kucing Lucu

Jika kucing Anda tidak sensitif terhadap produk susu, kebanyakan yogurt tawar tanpa pemanis aman untuk kucing. Namun sebelum memberikannya pada kucing, Anda harus memastikan tidak ada bahan tambahan yang dapat membahayakannya.

Umumnya, yogurt rendah kalori dan beraroma tidak boleh digunakan karena biasanya mengandung bahan beracun ekstra yang harus Anda jauhkan dari kucing Anda. Ini meliputi:

  • Xylitol
  • Anggur atau kismis
  • Cokelat
  • Jeruk (termasuk lemon, limau, jeruk Bali, dll)
  • Kelapa

Berapa Banyak Yogurt yang Dapat Dimakan Kucing?

Dengan catatan kucing Anda tidak bereaksi buruk terhadap produk susu, tidak lebih dari satu sendok makan yogurt cukup aman untuk diberikan. Sebagai aturan umum, camilan tidak boleh melebihi 10 persen dari asupan kalori harian kucing Anda.

Namun karena tingginya kasus intoleransi laktosa pada kucing, lebih baik memberi mereka makanan khusus kucing dan menghindari makanan berbasis susu sama sekali.

Kucing Anda seharusnya sudah mendapatkan sebagian besar asupan nutrisi pentingnya melalui pakan sehari-harinya yang sehat dan seimbang. Meskipun sedikit yogurt tidak akan membahayakan kucing Anda, makanan kucing yang direkomendasikan dokter hewan atau bahkan makanan kucing buatan sendiri akan memungkinkan kucing Anda untuk mengemil tanpa masalah.

Komentar Anda