Penyebab Kucing Menggigit Saat Bermain dengan Anda

Salah satu alasan paling umum mengapa kucing suka menggigitkan giginya yang kecil tapi kuat ke kulit kita adalah agresi bermain (play aggression). Namun kabar baiknya adalah bahwa dengan informasi ini, Anda tidak hanya akan memahami mengapa kucing suka menggigit, tetapi Anda juga akan mengetahui cara untuk membantu mengarahkan, atau idealnya, mencegah perilaku yang tidak diinginkan ini.

Kucing Menggigit Ketika Bermain

Mengapa Kucing Menggigit Saat Bermain?

Pada dasarnya, jika kucing Anda menggigit Anda selama waktu bermain, itu adalah cara mereka mengatakan, “Ini seru, yuk kita tingkatkan levelnya!” Terlibat dalam permainan dengan kucing adalah pengalaman ikatan (bonding) yang baik, tetapi jika permainan kucing Anda berubah menjadi agresif, dia akan menggigit Anda atau mungkin menggunakan lengan Anda sebagai mainan kunyah.

Kucing bermain dengan cara yang “melibatkan perilaku predatori dan bermain yang khas,” menurut ASPCA, seperti menguntit, menyerang, mencakar, dan menggigit lawan yang mereka rasakan. Bukan hal yang aneh bagi kucing untuk bertindak seperti ini dengan pemiliknya, dan begitu mereka berada dalam permainan seru, mereka mungkin mengalami kesulitan untuk mengekang naluri itu.

Terkadang pemilik kucing tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya mendorong kucing untuk menggigit. Ketika mereka bermain sedikit terlalu “kasar” dengan anak kucing atau kucing muda, mereka memperkuat perilaku bermain yang terlalu bersemangat, dan mendorong anak kucing untuk menggigit dan mencakar demi permainan dengan intensitas yang dapat menyebabkan cedera.

Namun perlu diingat, permainan kasar bukanlah cara bermain yang baik untuk kucing dari segala usia.

Cara Mencegah Gigitan Kucing Saat Bermain

Kucing Menggigit Jari Tangan

Cara terbaik untuk menghentikan gigitan agresif kucing saat bermain adalah dengan menghentikannya sebelum itu menjadi kebiasaan. Itu memang tidak mudah, tetapi perlu Anda lakukan.

Sebagai permulaan, memahami bahasa tubuh kucing Anda bisa sangat membantu dalam mengekang gigitan saat bermain. Sangat mudah untuk mengalihkan perhatian kucing saat bermain bersama, tetapi Anda harus memperhatikan dengan cermat sikap, posisi telinga dan ekor, serta mata kucing Anda.

Ingatlah bahwa alasan kucing menggigit saat bermain adalah karena mereka bertingkah seolah Anda adalah mangsanya. Dan mengapa kucing menggigit? Mereka memberi Anda peringatan. Jika mata mereka melebar, mundurlah perlahan. Dan jika mereka berjongkok dan menggoyangkan bagian belakangnya, Anda akan segera diterkam!

Anda masih bisa bermain-main dan aktif dengan kucing Anda, tetapi ada cara untuk melakukannya tanpa digigit. Misalnya, jangan gunakan tangan atau lengan Anda sebagai mainan; sebagai gantinya, gunakan mainan sungguhan, seperti tikus karet atau tongkat mainan, sebagai perantara. Jika Anda masih merasa diserang, alihkan perhatian kucing Anda dengan melemparkan mainan favoritnya ke arah yang berlawanan sehingga dia akan melesat mengejarnya.

Jika kucing Anda menggigit Anda saat bermain bersama, jangan bereaksi dengan cara yang akan merusak ikatan kepercayaan di antara Anda berdua. Jangan pernah menghukum secara fisik atau bahkan menyentuh kucing selama masa-masa ini karena ini dapat menyebabkan kucing menjadi takut pada orang atau itu dapat diartikan sebagai bagian dari permainan, yang bisa secara tidak sengaja mendorong perilaku agresifnya.

Jadi, jika pengalihan perhatian tidak berhasil, pergi saja dan abaikan kucing Anda. Dia akhirnya akan memahami bahwa ini bukanlah perilaku yang boleh dilakukan.

Ubah Gigitan Kucing Menjadi Tindakan Lembut

Wajar bila Anda kaget dengan perilaku kucing menggigit saat bermain, tetapi jangan anggap itu sebagai tanda bahwa kucing Anda tidak menyayangi Anda. Bagaimanapun juga, kucing punya cara unik tersendiri untuk menunjukkan kasih sayangnya, mulai dari menyeruduk hingga, ya, “gigitan cinta.”

Ketika kucing Anda dengan lembut menggigit jari Anda, itu tidak masalah. Tapi ketika dia mulai menggigiti Anda habis-habisan selama waktu bermain, mungkin inilah saatnya untuk mengekang perilaku ini.

Alih-alih membiarkan kucing menggigit, dorong sentimen yang lebih lembut seperti memijat-mijat (kneading) dan memeluk. Jika Anda menunjukkan bahwa Anda tidak tertarik untuk bermain kasar, kucing Anda mungkin juga akan kehilangan ketertarikannya.

Tidak selalu mudah untuk mengubah perilaku kucing Anda, tetapi mengarahkan dan mencegah keinginan menggigit kucing Anda akan membantu menghilangkan perilaku agresif ini saat bermain.

Komentar Anda