Apakah Memelihara Kucing Bisa Mengusir Ular?

Meskipun sering ditakuti oleh manusia, ular pada umumnya adalah makhluk pemalu yang berperan penting dalam ekosistem di seluruh dunia. Namun itu tidak berarti Anda selalu ingin mereka berkeliaran di halaman rumah Anda. Jika Anda seorang pemilik kucing, Anda mungkin bertanya-tanya apakah kucing Anda dapat membantu mengusir ular.

Kucing Pembasmi Ular

Kucing dapat membantu mengusir ular, ya, itu adalah faktanya. Tetapi risiko gigitan dan cedera pada kucing Anda juga tinggi dan ada banyak pilihan lain yang lebih aman untuk mencegah ular jika perlu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana kucing dapat berperan dalam pengendalian ular serta risikonya jika melakukannya. Kami akan membahas cara menjaga kucing Anda tetap aman serta beberapa opsi lain untuk menjauhkan ular dari rumah dan halaman Anda.

Baca Juga: 10 Mitos dan Kesalahpahaman Sesat Tentang Ular

Bagaimana Kucing Dapat Membantu Menjauhkan Ular?

Kucing, khususnya kucing luaran, dapat membantu menjauhkan ular dengan dua cara khusus. Yang pertama adalah dengan cara berburu dan membunuh hewan pengerat dan mangsa lain yang dijadikan makanan oleh ular. Ular tidak akan tinggal di daerah yang persediaan makanannya terbatas, sehingga kucing yang mengendalikan populasi hewan pengerat juga turut bekerja untuk mengusir ular.

Cara kedua kucing membantu mengusir ular adalah dengan membunuh reptil itu secara langsung. Ular cenderung lebih sulit ditangkap daripada mangsa lainnya, tetapi kucing adalah predator teratas karena suatu alasan. Kucing Anda bahkan mungkin saja memberi Anda ular mati di depan pintu rumah Anda sebagai hadiah suatu hari nanti!

Sayangnya, berburu ular juga dapat membahayakan kucing Anda, terutama jika ularnya besar atau berbisa.

Risiko Kucing Berburu Ular

Kucing Makan Ular

Anjing jauh lebih sering menjadi korban gigitan ular, tetapi kucing juga berisiko, terutama jika mereka aktif berburu ular.

Gigitan dari ular yang tidak berbisa bisa menyakitkan dan menyebabkan infeksi. Jika kucing Anda digigit ular berbisa, akibatnya bisa fatal, tergantung jenis ularnya dan seberapa cepat pengobatan dimulai. Tanda-tanda bahwa kucing Anda telah digigit ular adalah adanya luka tusukan yang terlihat, bengkak dan memar, nyeri, lesu, dan perubahan pernapasan.

Selain risiko spesifik yang ditimbulkan oleh ular, kucing yang hidup di luar rumah secara keseluruhan memiliki risiko cedera dan kematian yang lebih besar dibandingkan dengan kucing rumahan. Alih-alih menempatkan kucing Anda dalam bahaya di luar ruangan untuk menjauhkan ular, cobalah saran yang akan kami bahas nanti di bagian selanjutnya.

Mengusir Ular Tanpa Bantuan Kucing

Ada beberapa cara untuk mengusir ular dari halaman Anda selain mengandalkan kucing Anda. Salah satu yang paling sederhana adalah membuat halaman Anda menjadi lingkungan yang tidak disukai ular dengan cara menghilangkan apa pun yang mereka gunakan untuk bersembunyi dan berlindung.

Jaga agar rumput Anda tetap pendek dan pohon serta semak-semak dipangkas dari tanah. Hindari pilihan lansekap seperti batu besar dan dekorasi air. Letakkan tumpukan kayu bakar jauh dari rumah Anda.

Anda juga dapat menjauhkan ular dengan tidak menarik burung dan hewan pengerat yang menjadi sumber makanannya. Jangan memberi makan burung di dekat rumah Anda. Simpan biji burung atau makanan hewan peliharaan di dalam ruangan atau dalam wadah yang tertutup rapat.

Periksa celah di pondasi, pintu, atau jendela rumah Anda yang bisa digunakan ular untuk menyelinap masuk dan tutuplah. Hindari penggunaan bahan kimia pengusir nyamuk, seperti kapur barus, karena ini beracun bagi hewan lain dan lingkungan serta tidak efektif melawan ular.

Menjaga Kucing Anda Aman dari Ular

Cara terbaik untuk menjaga kucing Anda aman dari ular (dan banyak bahaya lainnya) adalah dengan memeliharanya di dalam ruangan. Ya, ular memang mampu menemukan jalan mereka di dalam rumah Anda, tetapi itu jarang terjadi, dan di dalam rumah selalu merupakan tempat teraman bagi kucing Anda.

Jika Anda memiliki kucing luaran atau suka memberi makan kucing jalanan di daerah Anda, jaga agar mereka tetap aman dengan mengikuti tips kami untuk menjauhkan ular dari rumah dan halaman Anda. Mencegah pertemuan dengan ular sejak awal adalah cara terbaik untuk menjaga kucing Anda tetap aman.

Kesimpulan

Meskipun beberapa kucing mungkin ingin membantu Anda mengusir ular, tidak semua kucing akan melakukannya, juga ini bukanlah bentuk pengendalian ular yang paling efektif. Selain itu, risiko gigitan ular tinggi bagi kucing yang berburu ular.

Jika Anda perlu menjauhkan ular dari rumah dan halaman Anda, pertimbangkan solusi lain selain mengandalkan kucing Anda. Juga, pertimbangkan apakah Anda perlu mencari cara untuk hidup berdampingan dengan aman dengan ular di area tersebut untuk menghindari terlalu banyak gangguan pada ekosistem lokal.

Komentar Anda