Kucing Persia Putih: Informasi, Fakta, Asal, Sejarah, dan Gambarnya

Kucing Persia adalah jenis kucing yang paling populer di daratan Amerika, bahkan mungkin di dunia. Kucing Persia putih adalah yang paling ikonik dari semuanya, dan di beberapa negara, setiap warna Persia diklasifikasikan sebagai breednya sendiri.

Kucing Persia Putih

Juga dikenal sebagai doll face, kucing Persia adalah ras brachycephalic dengan wajah yang rata. Namun ada dua varietas berbeda dari kucing Persia saat ini. Kucing Persia kontes (show) menunjukkan fitur brachycephalic yang lebih menonjol daripada kucing Persia tradisional.

Sebagai salah satu ras kucing tertua, kucing Persia memiliki sejarah yang kaya penuh pemujaan dari bangsawan dan kerajaan sejauh era Victoria.

Catatan Awal Kucing Persia Putih dalam Sejarah

Kucing Persia, seperti yang dikenal sekarang, telah ada selama ratusan tahun. Tidak banyak yang diketahui tentang asal usul breed ini, meskipun diketahui bagaimana mereka berakhir di Eropa. Nama trah ini merupakan penghormatan terhadap tanah airnya, yang dianggap sebagai Persia atau Iran modern. Kapan ras ini pertama kali muncul tidak diketahui, tetapi yang pasti spesimen awal diekspor dari Persia.

Pada awal 1600-an, seorang pelancong Italia membawa beberapa kucing Persia awal ini ke Eropa. Namanya adalah Pietro Della Valle dan dia biasanya dikreditkan dengan pengenalan breed kucing ke dunia Barat, meskipun pelancong lain juga membawa kucing Persia ke Eropa di lain waktu.

Begitu banyak dari mereka berakhir di Prancis, dan untuk sementara waktu mereka disebut sebagai kucing Prancis, bukan kucing Persia seperti yang kita kenal sekarang.

Bagaimana Kucing Persia Putih Mendapatkan Popularitas

Begitu kucing Persia putih berhasil sampai ke Eropa, tidak lama kemudian popularitas mereka meledak. Selama era Victoria, mereka disukai oleh kalangan kerajaan dan bangsawan. Ratu Victoria bahkan memiliki kucing Persia, yang membuat jenis ini disukai banyak orang. Meskipun sudah populer di Eropa selama 1700-an, kucing Persia baru sampai ke Amerika pada akhir abad ke-19.

Orang Amerika segera menyukai trah ini dan mereka langsung menjadi terkenal, menjadi trah paling populer hanya dalam waktu singkat. Sejak saat itu, mereka muncul di film dan dimiliki oleh beberapa tokoh yang sangat terkenal seperti Florence Nightingale dan Marilyn Monroe, yang terakhir memelihara kucing Persia putih bernama Mitsou.

Baca Juga: Kucing Persia Hitam: Fakta, Asal Usul, Sejarah, dan Gambarnya

Pengakuan Resmi Kucing Persia Putih

Kucing Persia membantu mengantarkan era pertunjukan kucing. Mereka menjadi sangat populer sehingga ketika pendaftaran atau pertunjukan diadakan di mana saja di dunia Barat, keberhasilannya sebagian besar disebabkan oleh kucing Persia. Kucing Persia memiliki entri terbanyak dalam pertunjukan ini dan mereka juga menarik kerumunan terbesar, mengumpulkan penonton dari seluruh penjuru.

Pada tahun 1906, Cat Fanciers Association dibentuk, menyusul upaya beberapa pendaftar lain yang gagal, dan kucing Persia termasuk di antara ras pertama yang diakui oleh asosiasi yang baru dibentuk ini. Kucing Persia juga diakui oleh semua organisasi pendaftar kucing besar, di antaranya The International Cat Association (TICA) dan The Federation Internationale Feline (FIFe).

3 Fakta Unik Tentang Kucing Persia Putih

Harga Kucing Persia Putih

1. Seekor Kucing Persia Menang di Pertunjukan Kucing Pertama di Dunia

Pada tahun 1871, pertunjukan kucing pertama yang tercatat di dunia berlangsung di Crystal Palace di London. Pada acara ini, ras kucing Persia dipamerkan, bersama dengan kucing Siam, Manx, Kucing Liar Skotlandia, dan banyak lagi. Sebanyak 20.000 orang berbondong-bondong ke pertunjukan itu untuk menyaksikan anak kucing Persia memenangkan penghargaan “Best in Show.”

2. Tidak Semua Kucing Persia Brachycephalic

Saat ini, wajah kucing Persia yang rata dan pesek adalah salah satu ciri khas ras ini. Kucing ini brachycephalic dan ini terkadang dapat menyebabkan masalah, termasuk masalah pernapasan, mata berair, dan banyak lagi.

Tapi kucing Persia tidak selalu kucing brachycephalic, dan bahkan sekarang kebanyakan dari mereka tidak. Kucing Persia berwajah datar dapat ditelusuri kembali ke satu anak kucing yang lahir pada 1950-an dengan mutasi genetik yang justru disukai oleh para peternak.

3. Seekor Kucing Persia Adalah Subjek Lukisan Kucing Terbesar di Dunia

Beberapa lukisan terkemuka yang menampilkan kucing Persia telah terjual dengan harga selangit selama bertahun-tahun, tetapi mungkin tidak ada yang seistimewa lukisan berjudul “My Wife’s Lovers.” Dimensi lukisan ini adalah 1,8 x 2,6 meter, menjadikannya lukisan kucing terbesar di dunia. Terakhir lukisan ini terjual seharga 820.000 dolar AS.

Apakah Kucing Persia Putih Hewan Peliharaan yang Baik?

Salah satu alasan utama mengapa kucing Persia putih bisa menjadi hewan peliharaan yang begitu populer adalah karena mereka adalah ras pendamping yang sangat baik. Ini adalah kucing yang penuh kasih dan penyayang yang sangat tenang.

Anda tidak akan menemukan kucing Persia berkeliaran dan menjadi sangat nakal. Mereka adalah kucing berenergi rendah yang lebih suka menghabiskan waktu bersantai di sofa atau meringkuk di pangkuan Anda. Semua ini membantu menjadikan kucing Persia kucing purebred paling populer di Amerika Utara.

Umumnya kucing Persia adalah hewan peliharaan yang perawatannya relatif mudah. Mereka tidak membutuhkan terlalu banyak hal selain perhatian dan makanan. Kucing Persia membutuhkan sedikit olahraga karena mereka adalah hewan yang berenergi rendah dan pemalas.

Namun mereka juga memiliki persyaratan perawatan khusus berkat bulunya yang panjang dan tebal. Lapisan bulu mereka sangat indah, tetapi Anda harus menyikatnya setiap hari jika Anda ingin bulunya tetap terlihat bagus. Kucing Persia juga sedikit merontokkan bulu, jadi Anda akan melihat banyak bulu kucing di sekitar rumah.

Kesimpulan

Kucing Persia adalah salah satu ras kucing domestik tertua dan paling terkenal. Mereka adalah hewan peliharaan paling populer di Amerika Utara karena berbagai alasan, termasuk penampilan cantik dan temperamennya yang santai. Apakah Anda juga tertarik memelihara kucing Persia putih?

Komentar Anda