10 Jenis Kucing Cantik yang Berasal dari Rusia dan Gambarnya

Karena ukurannya yang sangat besar, tidak heran mengapa ada beberapa ras kucing yang berasal dari Rusia. Beberapa dari ras ini telah berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan baik terhadap cuaca buruk Rusia. Kami telah meluangkan waktu untuk menyusun daftar ras kucing Rusia dan informasi penting tentang masing-masing ras agar Anda dapat membiasakan diri dengan kucing yang berasal dari sini.

Entah Anda ingin memiliki kucing dengan asal-usul Rusia atau hanya tertarik untuk mengetahui dari mana ras tertentu berasal, kami yakin daftar ini berguna untuk Anda.

Daftar Kucing Rusia

1. Kucing Siberia

Gambar Kucing Siberia

Kucing Siberia adalah ras kucing kuno yang sering digambarkan dalam cerita rakyat Rusia, buku anak-anak, dan dongeng. Trah ini diperkirakan berasal dari tahun 1000 M dan mungkin terkait dengan Maine Coon dan Kucing Hutan Norwegia. Trah ini dimulai sebagai landrace, yang berarti mereka berkembang secara alami di alam liar dari waktu ke waktu.

Kucing Siberia berukuran sedang hingga besar dan memiliki bulu panjang dan tebal yang berwarna hitam, biru, coklat kekuningan, perak, atau tabby. Ini adalah kucing ramah yang aktif dan suka bermain.

Mereka memiliki kepala berbentuk baji, telinga berumbai, dan mata besar yang bisa berwarna hijau, emas, atau tembaga. Kucing Siberia juga memiliki tubuh berotot, cakar berumbai, dan ekor yang panjang dan tebal, membuat mereka mampu beradaptasi dengan baik di iklim Rusia yang keras.

Sebagai ras yang sangat penyayang, kucing Siberia sangat setia pada keluarga manusianya tanpa menjadi terlalu manja. Mereka cenderung memiliki sifat mandiri dan suka menjelajahi lingkungannya sendiri, jadi sangat ideal untuk membiarkan kucing Siberia ini hidup di luar ruangan.

2. Kucing Russian Blue

Gambar Kucing Russian Blue

Russian Blue adalah kucing cantik berbulu panjang yang berwarna abu-abu kebiruan. Tempat kelahiran jenis ini diyakini berada di Kepulauan Archangel di Rusia Utara. Mereka dikenal manis dan lembut, meskipun mereka biasanya sangat pendiam di sekitar orang asing.

Kucing-kucing ini terlihat anggun dan ramping dengan kepala berbentuk segitiga, telinga runcing, dan dahi lebar dengan hidung panjang dan lurus. Di bawah semua bulu itu ada tubuh yang sangat kuat dan berotot. Kaki yang panjang memungkinkan mereka untuk berlari dengan cepat dan bergerak dengan anggun.

Russian Blue adalah hewan peliharaan yang baik untuk keluarga yang aktif karena kucing berbulu ini suka bermain. Karena sangat cerdas, mereka dapat dengan mudah menghibur diri sendiri dengan melakukan banyak hal seperti bermain dengan mainan puzzle atau mengejar bayangan dan sinar di lantai.

3. Kucing Donskoy

Gambar Kucing Donskoy

Donskoy adalah jenis kucing yang sebagian besar (terkadang sama sekali) tidak berbulu yang juga dikenal dengan nama Russian Hairless atau Don Sphynx. Ini adalah ras kucing Rusia yang relatif baru yang muncul pada akhir 1980-an ketika seekor kucing tidak berbulu ditemukan di jalanan kota oleh seorang peternak.

Donskoy adalah kucing sosial yang dikenal manis, ramah, dan suka bermain. Mereka adalah jenis yang tampak menarik dengan ukurannya yang kecil, tidak berbulu, berkaki panjang, dan kepala berbentuk baji lengkap dengan kerutan di dahi. Kumis sebagian besar kucing ini, jika ada, melengkung. Telinga mereka besar dan ditempatkan tinggi di kepala dengan ujung membulat yang sedikit menekuk ke depan.

Trah ini suka berada di sekitar orang dan kucing lain, sehingga menjadikannya hewan peliharaan yang ideal untuk keluarga aktif yang memiliki hewan peliharaan lain. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk orang-orang dengan alergi karena mereka memiliki sedikit rambut atau tidak ada sama sekali.

4. Kucing Ussuri

Gambar Kucing Ussuri

Kucing Ussuri adalah ras kucing Rusia langka yang diturunkan dari kucing liar Amur, yang merupakan subspesies dari kucing macan tutul Asia. Mereka memiliki tampilan liar sambil tetap terlihat atletis dan anggun.

Kucing ini memiliki kepala bulat berukuran sedang dengan kaki yang kuat dan berotot, serta ekor runcing berujung gelap yang membulat di ujungnya. Lapisan bulu ganda mereka pendek dan mengkilap dengan garis punggung gelap di atas tubuh mereka yang berwarna tabby.

Kucing Ussuri adalah ras mandiri yang suka memiliki ruang sendiri. Mereka tidak diketahui suka melompat ke pangkuan pemiliknya untuk bermanja-manjaan. Ini adalah kucing satu orang yang akan memilih anggota keluarga favorit mereka untuk diikuti dan diandalkan untuk mendapatkan segala kebutuhan dan perhatian dasarnya.

Kucing Ussuri membutuhkan ruang, jadi mereka bukan hewan peliharaan yang bisa terus dikurung di apartemen. Dengan dorongan memangsa yang tinggi, mereka cenderung membawa pulang beberapa “hadiah” dari luar. Mereka juga bukan kucing yang cocok berteman dengan anak kecil, jadi mereka bukan hewan peliharaan yang baik untuk keluarga yang memiliki anak kecil.

5. Kucing Peterbald

Gambar Kucing Peterbald

Peterbald adalah ras kucing Rusia yang relatif baru yang berasal dari St. Petersburg yang hadir dalam berbagai warna dan pola bulu. Kucing berukuran sedang ini dapat memiliki bulu pendek, bulu halus persik, atau tidak memiliki bulu sama sekali. Versi yang paling dikenal orang adalah Peterbald yang benar-benar tidak berbulu.

Dengan tubuhnya yang memanjang dan ramping, kepala berbentuk baji, telinga besar, mata berbentuk almond, dan ekor panjang, Peterbald adalah kucing mencolok yang selalu tampak anggun ke mana pun mereka pergi. Kucing ini sangat akrab dengan orang-orang dari segala usia dan dengan kucing lain dan bahkan anjing.

Kucing Peterbald vokal dan tidak pernah ragu untuk memberi tahu Anda bagaimana suasana hatinya, entah Anda ingin mendengarnya atau tidak! Mereka adalah jenis kucing yang santai yang akan mengikuti orang-orang favoritnya di sepanjang hari.

6. Kucing Ural Rex

Gambar Kucing Ural Rex

Kucing Ural Rex adalah jenis kucing kecil dan langka yang berasal dari desa dan pemukiman Ural di wilayah Sverdlovsk, Rusia. Kucing cantik ini ditutupi dengan lapisan bulu keriting yang bisa berwarna coklat, merah, biru, krem, cinnamon, atau tortoiseshell.

Mereka dikenal sosial, penyayang, cerdas, ramah, dan suka bermain. Ural Rex bisa menjadi hewan peliharaan keluarga yang baik dan rukun dengan orang-orang dari segala usia. Mereka tidak banyak mengeong, tetapi suka mendengkur. Jadi jika Anda memeihara seekor kucing Ural Rex, Anda akan terbiasa dengan dengkurannya.

7. Kucing Kurilian Bobtail

Gambar Kucing Kurilian Bobtail

Berasal dari Kepulauan Kuril dan Pulau Sakhalin di Rusia, kucing Kurilian Bobtail bisa memiliki bulu pendek atau panjang. Sesuai namanya, kucing berukuran kecil hingga sedang ini memiliki ekor pendek dan berbulu lebat yang khas. Punggungnya sedikit melengkung, dengan kaki belakang lebih panjang dari kaki depan.

Lapisan bulu ganda kucing Kurilian Bobtail bisa menampilkan warna tradisional apa pun, meskipun banyak yang berwarna merah atau abu-abu. Di alam liar, jenis ini adalah pemburu dan pencari ikan yang hebat, yang membantu menjelaskan mengapa Kurilian Bobtail senang berada di sekitar air.

Trah kucing ini cerdas, lembut, ramah, dan bisa bergaul dengan baik dengan orang-orang dari segala usia dan bahkan hewan peliharaan lainnya. Mereka adalah pilihan yang baik untuk siapa saja yang mencari teman kucing yang ramah, tidak agresif, dan selalu mau bermain.

8. Kucing Mekong Bobtail

Gambar Kucing Mekong Bobtail

Mekong Bobtail adalah jenis kucing yang dibuat di Rusia yang dicirikan oleh ekor yang lebih pendek dan bulu pendek yang mengkilap. Mereka sangat cantik dan hadir dalam semua warna point tanpa tanda putih.

Mereka adalah jenis kucing yang ramah dan sosial yang suka menunjukkan kasih sayangnya kepada pemiliknya. Kucing ini umumnya pendiam dan ingin tahu, tetapi suka menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan sahabat manusianya. Mereka sering dibandingkan dengan anjing karena sangat setia, terlatih, dan cerdas.

9. Kucing Toybob

Gambar Kucing Toybob

Toybob yang menggemaskan adalah ras kucing Rusia yang dibiakkan pada tahun 1983. Ini adalah salah satu ras kucing terkecil di dunia. Mereka bukan versi mini dari jenis lain; mereka hanya berukuran kecil. Sesuai namanya, Toybob memiliki ekor yang melengkung dan membulat pendek, yang tidak menghalangi mereka untuk menjadi atletis dan aktif.

Toybob dapat memiliki lapisan bulu pendek atau semi-panjang yang bisa berwarna apa saja, meskipun colorpoint adalah yang paling populer. Mereka memiliki mata yang besar dan penuh perasaan serta tubuh yang proporsional.

Kucing kecil ini bisa mendapat masalah di sekitar rumah karena mereka adalah pemanjat gesit yang suka menjelajah dan bermain. Mereka juga cocok untuk siapa saja yang tinggal di apartemen karena ukurannya yang kecil. Namun mereka juga bisa sangat senang tinggal di rumah besar dengan keluarga besar bersama anak-anak dan hewan peliharaan lainnya karena mereka sangat ramah.

10. Kucing Neva Masquerade

Gambar Kucing Neva Masquerade

Neva Masquerade adalah ras kucing Rusia berbulu panjang yang merupakan variasi colorpoint dari kucing Siberia. Mereka mendapatkan nama ini dari Sungai Neva di St. Petersburg, yang merupakan tempat berkembangbiaknya pertama kali. Kucing cantik ini hadir dalam berbagai warna, termasuk seal, biru, merah, krem, tabby, dan tortie.

Kucing-kucing ini bahagia selama mereka menerima banyak cinta dan kasih sayang dari pemiliknya. Mereka adalah hewan peliharaan keluarga yang hebat dan rukun dengan anak-anak, kucing lain, serta anjing. Mereka juga sangat vokal dan suka berbicara siang dan malam. Jika Anda mendapatkan seekor kucing Neva Masquerade, dia akan sering mengikuti Anda untuk mendapatkan perhatian.

Ada beberapa ras kucing yang berasal dari Rusia, beberapa di antaranya lebih langka daripada yang lain. Trah kucing Rusia ini hadir dalam berbagai ukuran dan warna. Entah Anda mencari kucing Rusia yang jinak dan berbulu pendek atau kucing berambut panjang yang aktif dan suka bermain, Anda pasti akan menemukan jenis yang cocok dalam daftar ini!

Komentar Anda