Berapa Hari Kucing Tahan Tidak Makan?

Sebagai pemilik kucing, Anda tahu betapa rewelnya kucing pada suatu waktu. Mereka terkadang menolak makanan, menghindari minum air, dan bahkan menolak berpelukan dengan pemiliknya ketika mereka sedang kesal. Meskipun Anda mungkin sedih ketika mereka menghindari kasih sayang Anda, kekhawatiran sebenarnya muncul ketika Anda menyadari bahwa kucing Anda juga tidak mau makan atau minum.

Kucing Sakit

Jika Anda pernah bertanya-tanya berapa hari kucing Anda bisa hidup tanpa makanan, Anda tidak sendirian. Banyak dari kita pemilik kucing yang ingin tahu kapan kita harus menghubungi dokter hewan atau apakah kita hanya perlu mencoba memberikan makanan baru untuk kucing kita yang rewel.

Kucing bisa bertahan hingga 2 minggu tanpa makanan. Sisi yang tidak menguntungkan dari hal ini adalah bahwa setelah beberapa hari, efek samping yang berbahaya akan muncul.

Mari kita lihat kucing dan kebutuhannya akan makanan. Ini akan membantu Anda memahami pentingnya makanan untuk kesehatan mereka secara keseluruhan dan mengapa mereka tidak boleh mogok makan untuk waktu yang lama.

Berapa Lama Kucing Tahan Tidak Makan?

Seperti yang kami sebutkan di atas, kucing dapat bertahan hingga 2 minggu tanpa makanan asalkan sumber air tersedia, tetapi mereka tidak boleh ditempatkan dalam situasi ini.

Kucing adalah karnivora sejati dan membutuhkan daging sebagai bagian dari makanan mereka untuk bertahan hidup. Ketika mereka kekurangan daging, tubuh mulai menggunakan cadangan lemak untuk menjaga dirinya tetap berenergi. Karena kebutuhan ini, hanya dalam 3 hari kucing bisa sakit parah.

Kucing harus makan setiap hari. Meskipun ini sangat mungkin dilakukan oleh kucing peliharaan, yang lain mungkin tidak seberuntung itu. Kucing liar dan kucing jalanan seringkali bertahan hidup berhari-hari tanpa makanan yang layak. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa kucing-kucing ini sering berada dalam kondisi kesehatan yang buruk ketika mereka diselamatkan.

Apa yang Terjadi Jika Kucing Tidak Mau Makan?

Ketika kekurangan makanan membuat tubuh kucing menggunakan simpanan lemak untuk membuat energi, hati bisa menjadi terlalu banyak bekerja karena lemak dipindahkan ke hati untuk diubah menjadi energi.

Lipidosis hepatik sering terjadi pada kucing yang menjalani lebih dari 3-4 hari tanpa asupan nutrisi yang cukup, terutama pada kucing yang kelebihan berat badan sebelum mereka berhenti makan. Anda juga akan menemukan bahwa penyakit ini bisa datang dengan sangat cepat. Jika kucing Anda terus menolak makanan, organ-organnya akan mulai mati.

Alasan Kucing Anda Tidak Mau Makan

Kucing Mogok Makan

Kucing yang suka pilih-pilih makanan biasanya akan menyerah pada akhirnya. Tetapi jika kucing Anda benar-benar tidak mau makan untuk waktu yang lama, mungkin ada masalah yang lebih besar yang harus Anda perhatikan. Mari kita lihat beberapa alasan paling umum mengapa kucing Anda ogah makan.

Penyakit

Kucing diketahui akan berhenti makan saat mereka merasa tidak enak badan. Sebagai pemiliknya, Anda harus peka jika ada sesuatu yang tidak beres. Jika Anda melihat kucing Anda tidak makan dan menunjukkan gejala lain seperti lesu, muntah, atau diare, Anda harus memeriksakannya ke dokter hewan.

Stres

Kucing adalah hewan yang emosional. Jika mereka merasa stres atau gelisah dengan perubahan di sekitar rumah, mereka mungkin akan ogah makanan. Ketika ini terjadi, beri perhatian ekstra pada mereka dan bantu mereka mengatasi masalahnya. Jika tidak, kucing harus dibawa ke dokter hewan.

Masalah Gigi

Kita semua tahu betapa sulitnya makan dengan mulut yang sakit. Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda kesulitan saat memakan makanannya, menghindari mengunyah di satu sisi mulutnya, tercium bau mulut atau menunjukkan tanda-tanda kesakitan saat Anda menyentuh kepala atau mulutnya, pemeriksaan ke klinik hewan juga perlu dilakukan.

Obat-obatan

Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter hewan terkadang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan kucing. Saat kucing Anda menggunakan obat-obatan, Anda harus mewaspadai kemungkinan efek samping yang bisa dialaminya. Kucing juga dapat menghindari makan jika mereka mengetahui ada obat di dalamnya.

Baca Juga: Kenapa Kucing Anda Tidak Mau Makan atau Minum?

Cara Membuat Kucing Anda Mau Makan Kembali

Dalam beberapa situasi, jika kucing Anda tidak mau makan, bersabar adalah satu-satunya jawaban dengan dukungan dokter hewan Anda. Obat-obatan dan penyakit harus berjalan dengan sendirinya sebelum kucing Anda mulai makan secara normal lagi.

Jika ini bukan penyebab hilangnya nafsu makan kucing Anda, perubahan makanan mungkin diperlukan. Ingatlah bahwa setiap perubahan makanan harus dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan menambahkan sedikit makanan baru ke makanan asli dan ubah proporsinya selama sekitar satu minggu.

Jika kucing masih saja menolak untuk makan dengan benar, maka segera periksakan ke dokter hewan. Mereka akan dapat membantu Anda menentukan masalah apa pun yang diderita kucing Anda dan membawanya menuju pemulihan.

Kesimpulan

Meskipun kucing karnivora Anda dapat bertahan selama 2 minggu tanpa makanan, setelah berjalan hanya beberapa hari, ini bisa menjadi berbahaya. Untuk menunjang kesehatan kucing Anda, Anda harus mengawasi nafsu makan mereka. Ketika Anda melihat kondisinya memburuk, berkonsultasi dengan dokter hewan adalah hal penting yang tidak boleh ditunda-tunda lagi.

Komentar Anda