6 Penyebab Landak Mini Tidak Mau Makan dan Solusinya

Jika Anda seorang pemilik landak mini (hedgehog), Anda tahu betapa mereka sangat suka makan. Makhluk kecil ini biasanya makan di malam hari, dan jika landak mini atau landak susu Anda tidak mau makan sama sekali, mungkin ada alasan yang harus dikhawatirkan. Landak mini sebagai hewan peliharaan dapat hidup 4 sampai 6 tahun di penangkaran, tetapi untuk membuatnya hidup selama itu, mereka membutuhkan pola makan dan lingkungan yang sehat.

Makanan landak mini

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab mengapa landak mini Anda mogok makan. Dalam artikel ini, kita akan membahas faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebabnya secara mendalam sehingga Anda bisa membuat hewan peliharaan berduri Anda ini mau makan kembali.

Penyebab Landak Mini Mogok Makan

1. Perubahan Lingkungan

Jika Anda baru saja membawa landak mini ke rumah, perubahan di lingkungannya mungkin menjadi penyebabnya, dan ini adalah alasan umum mengapa dia tidak mau langsung makan.

Landak mini mungkin melewatkan makan satu atau dua kali ketika dipindahkan di tempat baru dan asing, dan seiring berjalannya waktu, dia akan merasa lebih nyaman dan memiliki nafsu makan. Pada awalnya, dia mungkin akan menjelajahi lingkungan barunya, yang berarti dia tidak akan meluangkan waktu untuk makan.

Landak mini tidak boleh melewati lebih dari tiga hari tanpa makanan dan air, jika tidak, dia dapat mengembangkan penyakit hati berlemak. Sangat penting untuk memastikan bahwa landak mini Anda memiliki akses ke makanan dan air setiap saat.

Anda mungkin perlu membuat landak mini Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya terlebih dahulu sebelum menempatkan roda putar di dalam kandangnya juga, karena roda putar pada awalnya mungkin terlalu mengganggu.

Saat Anda mengincar landak mini tertentu di toko hewan peliharaan, tanyakan kepada pegawainya apa makanan favorit landak mini tersebut dan pastikan untuk memiliki makanan itu juga. Menggunakan makanan favoritnya adalah cara yang baik untuk menariknya makan. Anda juga dapat mencoba memberikan makanan bayi yang dirancang khusus untuk landak mini selama beberapa hari pertama.

2. Perubahan Pola Makan

Jika Anda telah mengubah makanan landak mini Anda, itu mungkin penyebabnya; dia mungkin hanya tidak menyukai makanan itu dan menolak untuk memakannya. Saat membeli landak mini, tetaplah menggunakan makanan apa pun yang diberikan toko hewan peliharaan itu, terutama jika makanan landak mini itu baik-baik saja.

Memberi landak mini makanan berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Landak mini membutuhkan makanan protein tinggi dan rendah lemak. Saat membeli makanan, pastikan makanan tersebut memiliki semua komponen yang sehat.

Anda juga dapat memberikan makanan kucing kering untuk landak mini karena menurut para ahli makanan kucing memiliki semua bahan yang dibutuhkan landak mini. Cobalah untuk menghindari makanan kucing basah karena tidak mengandung serat sebanyak kibble kering.

Selalu hindari memberikan makanan yang terlarang, seperti anggur, kismis, buah jeruk, alpukat, tomat, buah kering, atau daging olahan.

3. Suhu Kandang

Jika suhu tidak diatur pada kisaran yang ideal, landak mini Anda mungkin berhenti makan. Landak mini sensitif terhadap fluktuasi suhu, dan suhu yang tidak konsisten dapat memicu landak mini Anda masuk ke kondisi tipe hibernasi, yang berarti dia akan berhenti makan.

Kisaran suhu yang ideal adalah 24 hingga 29 °C, tetapi mereka dapat mentolerir suhu antara 22 hingga 32 °C.

4. Kesepian

Landak mini makan

Ini mungkin mengejutkan, tetapi landak mini bisa kesepian, yang bisa mengakibatkannya tidak mau makan. Hewan ini tidak kesepian karena sendirian tanpa teman landak mini lain, melainkan karena Anda, pemiliknya, tidak hadir. Landak mini pada dasarnya adalah hewan soliter dan biasanya hanya akan berada di sekitar landak mini lain saat kawin.

Landak mini biasanya tidak penyayang, tetapi seiring waktu, mereka bisa mempercayai Anda dan terikat dengan Anda. Jika dia terbiasa makan dari tangan atau jarum spet Anda, dia mungkin menjadi sedih dan kesepian saat Anda tidak ada di sekitarnya.

5. Kualitas Air Buruk

Jika landak mini Anda tidak makan, lihatlah sumber airnya. Jika botol air di dalam kandangnya tersumbat, dia akan mengalami dehidrasi dan berhenti makan. Cara yang baik adalah menggunakan air dengan filter tinggi atau air kemasan. Air sumur akan terasa berbeda pada landak mini Anda, dan mungkin dia tidak mau meminumnya. Anda juga bisa meletakkan wadah air di dalam kandangnya untuk memastikan ada sumber air lain.

6. Cedera atau Penyakit

Landak mini yang sakit atau terluka tidak akan mau makan. Jika Anda telah memeriksa kemungkinan alasan di atas dan tidak dapat menemukan masalahnya, Anda harus segera menghubungi dokter hewan.

Landak mini rentan terhadap penyakit tertentu yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati, seperti penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit saraf, penyakit pencernaan, dan kanker. Seringkali, landak mini tidak akan menunjukkan gejala apa pun selain tidak makan karena mereka dapat menyembunyikan penyakit dengan sangat baik. Sebagai aturan praktis, jika ragu, selalu hubungi dokter hewan Anda.

Cara Membuat Landak Mini Mau Makan

Jika landak mini Anda tidak mau makan, bisa jadi itu karena sesuatu yang dimakannya. Landak mini menyukai camilan khusus, seperti nanas atau bayam, tetapi saat Anda memberikan makanan tersebut kepada landak mini, pastikan Anda memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil dan hanya memberikannya sedikit.

Buah-buahan mengandung gula, dan terlalu banyak bisa menyebabkan landak mini Anda sakit. Anda juga dapat mencoba menggunakan jarum spet yang berisi makanan favoritnya atau makanan bayi untuk memikatnya makan.

Berhati-hatilah Saat Memberi Makan Serangga

Landak mini menyukai serangga, seperti jangkrik dan ulat. Serangga mengandung kitin, yang merupakan bagian utama dari kerangka luar serangga. Kitin mengandung serat dan sangat penting dalam kesehatan keseluruhan landak mini Anda.

Makanan landak mini memiliki bahan ini, tetapi jika Anda ingin membeli serangga hidup untuk landak mini Anda sebagai hadiah, membeli dari toko hewan peliharaan yang paham tentang landak mini adalah cara yang paling aman. Serangga dari toko pakan hewan peliharaan mungkin mengandung pestisida, yang pasti akan membuat landak mini Anda sakit.

Kesimpulan

Memelihara landak mini membutuhkan beberapa usaha. Anda harus memastikan kandangnya diatur pada suhu yang sesuai dan mereka memiliki akses ke air bersih setiap saat. Jangan pernah memberi landak mini Anda makanan yang beracun, dan jika ragu, selalu konsultasikan dengan dokter hewan atau sesama penghobi jika landak kesayangan Anda tidak mau makan.

Komentar Anda