Fakta Kehidupan Lebah Madu yang Menarik untuk Dipelajari

Lebah adalah serangga yang paling terkenal karena membuat madu dan menyengat. Lebah madu hidup berkoloni dengan anggota berjumlah 10.000-80.000 ekor lebah. Ada lebih dari 20.000 spesies lebah di seluruh dunia.

Fakta Lebah Madu

Fakta Lebah Madu

  • Ukuran: 5-15 mm (lebar sayap)
  • Kecepatan: Hingga 30 km/jam
  • Berat: 115 mg sampai 128 mg
  • Umur: 6 minggu hingga 6 bulan (pekerja, drone); 6 tahun (ratu)
  • Makanan: Nektar, serbuk sari
  • Predator: Burung, hewan pengerat, reptil, serangga
  • Habitat: Di Seluruh Dunia
  • Ordo: Hymenoptera
  • Famili: Apidae
  • Subfamili: Apinae
  • Nama ilmiah: Apis mellifera
  • Ciri-ciri: Membentuk koloni, tubuh berwarna kuning kecoklatan

Madu

Bagaimana Lebah Membuat Madu?

Lebah mengumpulkan nektar dari bunga dengan probosis mereka, yaitu lidah yang seperti sedotan. Mereka menyimpannya dalam perut madu atau kantung madu, di mana pada akhirnya akan menjadi madu. Untuk memberi makan larva lebah, mereka memuntahkan cairan manis ini.

Mengapa Lebah Menghasilkan Madu?

Sebenarnya, lebah madu membutuhkannya untuk bertahan hidup di musim dingin. Tawon, tabuhan (hornet), dan lebah madu mati di musim dingin – tidak hanya beberapa dari mereka, tetapi seluruh koloni dengan pengecualian ratu, yang menghabiskan musim dingin dengan tidur nyenyak.

Ratu lebah tidak dapat bertahan hidup di musim dingin seperti ini tanpa memakan madu manis untuk menjaga suhu tubuh mereka.

Mengapa Peternak Lebah Menggunakan Asap?

Asap dibuat untuk memalsukan kebakaran hutan. Serangga menjadi panik dan mulai mengumpulkan jatah makanan darurat alih-alih menyengat. Ini seperti mencoba menyelamatkan barang-barang dari apartemen sebelum terbakar (yang tentu saja tidak boleh Anda lakukan, tetapi Anda harus bergegas ke tempat yang aman).

Koloni Lebah Madu

Foto Lebah Madu

Ada tiga jenis lebah dalam satu koloni:

Pekerja

Sebagian besar lebah dalam satu koloni adalah lebah betina dan disebut pekerja. Mereka mengumpulkan serbuk sari dan nektar, merawat larva, membuat lilin, membangun sarang lebah, menjaga kebersihan sarang, dan mempertahankan koloni. Lebah pekerja mendekati hingga 40 juta bunga setiap hari.

Drone

Drone adalah lebah jantan. Mereka membuahi telur ratu, tetapi tidak mengumpulkan serbuk sari atau nektar dan mereka tidak memiliki penyengat. Drone lebih besar, memiliki tubuh lebih lebar dan mata majemuk lebih besar dari lebah pekerja.

Ratu

Hanya ada satu ratu dalam satu koloni lebah. Dia jauh lebih besar dan lebih panjang daripada lebah pekerja dan drone. Seekor lebah ratu dapat hidup hingga enam tahun dan bertelur hingga 2.000 telur sehari atau hingga 2 juta dalam hidupnya.

Apakah Ada Raja Lebah?

Tidak, lebah jantan semuanya adalah drone.

Tarian Bergoyang Lebah

Lebah bisa memberi tahu teman-teman mereka tempat di mana mereka dapat menemukan serbuk sari. Mereka berkomunikasi dengan melakukan “tarian bergoyang.”

Saat menari, mereka terlebih dahulu mengambil beberapa langkah lurus ke depan. Kemudian mereka berputar setengah lingkaran, bergantian searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Ini seperti pola angka delapan.

Berapa lama dan di sudut mana mereka bergoyang memberi tahu yang lain tentang arah dan jarak dari lokasi pusat madu itu. Lebah lain meniru penari, mencoba mempelajari koreografi dan menghafal bau serbuk sari sebelum mengikuti jejaknya.

Pentingnya Lebah bagi Ekosistem

Banyak tanaman mengandalkan penyerbukan oleh lebah, karena jika tidak, mereka tidak dapat berkembang biak. Secara khusus, lebah liar (dan lebah bumblebee) penting bagi keanekaragaman hayati, karena mereka telah menyerbuki bunga di awal musim semi ketika lebah madu belum aktif.

Musuh dan Ancaman

Bagaimana Lebah Madu Mempertahankan Diri?

Seringkali, lebah madu tidak memiliki peluang menang melawan tabuhan. Tetapi beberapa sangat pintar dan dapat membakar tabuhan, secara harfiah.

Jika tabuhan mata-mata terdeteksi di dekat sarang lebah, beberapa lusin lebah akan mengelilingi dan membentuk semacam bola di sekitarnya. Mereka dengan ganas mengepakkan sayapnya untuk meningkatkan suhu di dalam bola itu hingga 45 derajat Celcius.

Suhu in terlalu panas untuk seekor tabuhan. Dia akan mati dan tidak dapat kembali ke koloninya untuk memberi tahu lebah lain tentang lokasi sarang lebah. Beberapa lebah madu bahkan dapat bertahan hidup pada suhu 50 derajat Celcius untuk sementara waktu.

Apa yang Terjadi Saat Lebah Menyengat?

Penyengat lebah memiliki duri dan tersangkut di kulit. Lebah akan mati setelahnya.

Berapa Banyak Sengatan Lebah yang Dapat Ditahan Manusia?

Jika seseorang tidak alergi, adalah mungkin untuk menahan 20 sengatan lebah per kilogram berat badan. Untuk seseorang dengan berat lebih dari 80 kg, secara teori dia sanggup menahan lebih dari 1.600 sengatan.

Indera dan Kemampuan

Lebah Dapat Melihat Cahaya Terpolarisasi

Lebah madu dapat melihat cahaya terpolarisasi dan dengan demikian mereka dapat menentukan arah mata angin.

Fakta Unik Lainnya

Terbang Sambil Buang Kotoran

Sebenarnya, ini disebut penerbangan pembersihan, tetapi istilah terbang buang kotoran sudah jelas maksudnya. Ya, lebah pun harus buang air besar. Di musim dingin ini tidak mudah, karena di luar lebah akan mati beku dan buang air di sarang bukanlah hal yang baik. Ini akan mendorong bakteri dan kuman menyebar.

Lebah menahan kotoran mereka sampai suhu setidaknya 10 derajat Celcius di luar. Kemudian mereka terbang ke luar untuk buang kotoran. Terutama di musim semi, ketika banyak lebah terbang sekaligus, Anda dapat melihat kotoran mereka, terutama di mobil. Itu terlihat seperti titik-titik kuning.

Menarik sekali ya binatang satu ini!

Komentar Anda