Mengapa Makanan Anjing Berbau Tidak Sedap? Apakah Ini Aman?

Sebagian besar makanan hewan berbau tidak enak, dan memang demikian adanya. Setiap orang yang pernah memelihara anjing atau kucing dapat membuktikan fakta bahwa membuka sekantong kibble baru atau membuka sekaleng makanan basah adalah hal yang tak tertahankan. Bagaimana mungkin anjing kita bisa melahap makanan mereka ketika baunya sangat menyengat?

Anjing mengendus makanan

Anda pasti menduga bahan-bahan dalam makanan anjinglah yang menyebabkan aromanya tak sedap. Anda mungkin juga bertanya-tanya bagaimana sesuatu yang berbau sangat buruk ini bisa menyehatkan hewan Anda.

Baca artikel ini untuk mempelajari mengapa makanan anjing Anda berbau tidak sedap dan bagaimana menentukan apakah makanan itu memang berbau seperti yang dimaksudkan oleh pabriknya atau sebenarnya sudah basi/tengik.

Penyebab Makanan Anjing Bau

Ada dua penyebab utama bau tidak sedap dari makanan anjing Anda dan keduanya ditemukan dalam daftar komposisinya.

Produk Sampingan Hewan

Produk sampingan (by-product) hewan adalah salah satu alasan utama makanan anjing Anda bau. Kata “by-product” bukan berarti bagian-bagian tersebut inferior, kurang sehat, atau tidak aman untuk dikonsumsi. Ini mengacu pada bagian sisa karkas hewan setelah daging otot diambil.

Produk sampingan hewan yang termasuk dalam makanan anjing Anda bervariasi dari merek ke merek, tetapi sebagian besar makanan dengan bahan ini di dalamnya mengandung hal-hal seperti tepung tulang, leher unggas, usus, atau bahkan ginjal dan limpa.

Banyak produsen makanan hewan yang menggunakan hampir semua bagian sisa dari unggas dan sapi yang tidak dapat dikonsumsi oleh manusia.

Palatant

Setelah produk sampingan hewan ditambahkan ke makanan anjing Anda, Anda pasti heran bagaimana sesuatu yang berbau seperti ini bisa begitu menggugah selera makan mereka. Karena anjing memiliki sekitar 300 juta reseptor penciuman di hidung mereka (dibandingkan manusia yang hanya enam juta), mereka sangat bergantung pada indera penciuman untuk membantu mereka mencicipi makanan.

Jika makanannya berbau tidak enak, anjing Anda kemungkinan akan menolak makanannya. Produsen makanan hewan kemudian menambahkan palatant ke dalam resep mereka untuk mengatasi bau tak sedap dari beberapa bahan yang membentuk makanan mereka.

Palatant adalah bahan kimia buatan yang membuat makanan hewan berbau enak dan meningkatkan rasanya. Ini dapat ditemukan dalam bentuk bubuk cair atau kering. Palatant dimaksudkan untuk menarik indra anjing Anda dan membujuknya untuk memakan makanannya.

Baca Juga: Terbuat dari Apa Sih Makanan Anjing Itu? Pelajari Komposisi Lengkapnya

Apakah Produk Sampingan Hewan dan Palatant Aman untuk Anjing?

Anjing makan kibble

Internet penuh dengan cerita seram yang tidak benar tentang bagian hewan apa yang masuk ke produk sampingan, tetapi ada definisi hukum yang sangat ketat tentang apa yang dapat dimasukkan ketika produsen makanan hewan menggunakan istilah “produk sampingan” dalam daftar bahan mereka.

Menurut definisi, istilah “produk sampingan mamalia” tidak dapat mencakup hal-hal seperti rambut, kuku, tanduk, kotoran, atau isi usus. Anda mungkin juga pernah membaca bahwa makanan yang mengandung produk sampingan dapat mengandung hal-hal yang bukan merupakan bagian dari bangkai hewan, seperti sampah atau kotoran lantai. Ini sama sekali tidak benar dan menyesatkan.

Terlepas dari reputasi buruk yang dimiliki produk sampingan hewan di beberapa kalangan, kenyataannya adalah bahwa mereka sebenarnya bisa menjadi tambahan yang sehat dan lezat untuk makanan anjing Anda. Pada basis per berat, produk sampingan hewani dapat memberikan lebih banyak nutrisi untuk anjing Anda daripada daging otot.

Palatant adalah penguat rasa buatan. Ini bisa berbasis daging atau sayuran dan ditemukan dalam makanan basah dan kering. Palatant dapat diolah untuk memenuhi persyaratan khusus seperti rendah lemak, non-GMO (organisme yang dimodifikasi secara genetik), atau bebas biji-bijian.

Beda Makanan Anjing yang Berbau Tak Sedap dengan yang Sudah Tengik

Mungkin sulit untuk menentukan apakah makanan anjing Anda berbau tidak enak karena memang begitulah baunya dirancang atau apakah bau itu karena makanan sudah busuk.

Ada tiga alasan utama makanan anjing Anda rusak:

  • Terpapar udara yang kemudian menampung bakteri berbahaya dan meningkatkan oksidasi
  • Ada kelembapan berlebih di udara yang menyebabkan jamur
  • Ada suhu tinggi yang menyebabkan ketengikan

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah makanan sudah menjadi busuk. Pertama, jika anjing Anda biasanya bersemangat pada waktu makan tetapi sekarang hanya mengendus mangkuknya dan pergi, itu bisa berarti makanannya sudah basi. Bagaimanapun, hidung anjing pasti tahu.

Namun beberapa anjing akan makan apa saja, bahkan jika bau dan rasanya tidak enak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda periksa untuk menentukan apakah makanan anjing Anda sudah basi dan tidak layak dimakan.

  • Bau sudah tengik atau kecut
  • Serangga muncul dalam makanan
  • Muncul jamur atau kelembapan dalam makanan
  • Tanggal kedaluwarsa sudah lewat
  • Anjing menunjukkan gejala tidak nyaman setelah makan

Penutup

Meskipun kita mungkin menganggap aroma makanan anjing kita menjijikkan dan tidak menggugah nafsu makan, kita perlu ingat bahwa ada alasan mengapa hewan peliharaan kita ini melahap makanannya. Aromanya mungkin menjengkelkan kita, tetapi 300 juta reseptor penciuman anjing Anda bekerja keras untuk memberi tahu dia bahwa makanannya berbau enak dan rasanya juga enak.

Namun ingatlah bahwa tidak semua makanan anjing berbau busuk. Jika Anda yakin bahwa makanannya sudah tengik atau basi, maka saatnya Anda membuangnya dan pergi ke pet shop untuk membeli sekantung atau sekaleng makanan baru.

Komentar Anda