8 Merk Makanan Terbaik untuk Anjing Diabetes

Jika anjing kesayangan Anda telah didiagnosis menderita diabetes, Anda mungkin terkejut dan kewalahan dengan situasi tersebut. Kabar baiknya adalah bahwa dengan pola makan (diet), gaya hidup, dan perawatan yang tepat, anjing Anda masih dapat menikmati kesehatan yang baik selama bertahun-tahun. Faktanya, pola makan yang sesuai dapat membantu mengontrol kadar gula darah anjing diabetes Anda dengan lebih baik.

Anjing Diabetes

Kami telah meninjau dan memilih delapan merek makanan yang cocok untuk anjing penderita diabetes, untuk membantu Anda menemukan brand yang paling sesuai dengan kebutuhan anjing Anda. Namun sebelum membuat perubahan apa pun pada makanan hewan peliharaan Anda, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Merk Makanan Anjing Diabetes Terbaik

1. Royal Canin Veterinary Diet Glycobalance Formula

Royal Canin Veterinary Diet Glycobalance Formula

Bahan Utama: Makanan produk sampingan ayam, barley, tepung gluten jagung

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Royal Canin adalah master seni membuat makanan medis berkualitas tinggi yang populer di kalangan pecinta anjing. Royal Canin Veterinary Diet Glycobalance tidak terkecuali: kibble kering ini dirancang untuk membantu mengatur kadar glukosa darah pada anjing penderita diabetes Anda sambil tetap membangkitkan selera makannya.

Ini adalah makanan diet lengkap yang mengandung sedikit karbohidrat dan pati. Selain itu, ini memiliki kandungan protein yang tinggi untuk menjaga massa otot anjing. Formula ini juga mengandung antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun makanan ini hanya tersedia dengan resep dari dokter hewan Anda. Selain itu, harganya tidak murah. Dan sayangnya, sebagian besar pilihan makanan anjing diabetes tidak sepenuhnya terjangkau.

Kelebihan:

  • Direkomendasikan oleh sebagian besar dokter hewan
  • Kandungan protein tinggi
  • Membantu mengatur kadar gula darah
  • Mengandung antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dengan resep
  • Mahal, tapi sebanding dengan banyak makanan anjing resep lainnya

2. Purina Pro Plan Weight Management

Purina Pro Plan Weight Management

Bahan Utama: Ayam, beras, gandum utuh

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Anjing penderita diabetes dapat cenderung bertambah berat badannya. Purina Pro Plan Weight Management membantu anak-anak anjing ini menurunkan berat badan sambil mempertahankan massa otot tanpa lemak. Makanan kering ini juga lebih ekonomis daripada pilihan lain yang dirancang untuk anjing penderita diabetes, dan masih direkomendasikan oleh sebagian besar dokter hewan.

Namun beberapa pemilik anjing telah memperhatikan bahwa makanan ini memberi anjing mereka lebih banyak gas. Plus, karena mengandung biji-bijian dan gandum, mungkin lebih sulit bagi anjing dengan perut sensitif untuk mencernanya.

Kelebihan:

  • Ayam asli sebagai bahan utama
  • Kualitas sepadan dengan harga
  • Membantu menjaga berat badan yang sehat
  • Kaya probiotik untuk mendukung kesehatan pencernaan yang lebih baik

Kekurangan:

  • Tidak cocok untuk anjing yang alergi terhadap biji-bijian atau gandum
  • Beberapa pemilik melaporkan bahwa makanan ini membuat anjing mereka sangat bergas (kembung)

3. Hill’s Prescription Diet w/d Multi-Benefit

Hills Prescription Diet wd Multi-Benefit

Bahan Utama: Gandum Utuh, selulosa bubuk, tepung ayam

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Hill’s Prescription Diet adalah makanan yang dirancang oleh dokter hewan dan ahli gizi untuk anjing dengan masalah pencernaan. Makanan yang teruji secara klinis ini membantu anjing mempertahankan atau menurunkan berat badan (sambil menjaga massa otot mereka tetap utuh), mengelola kadar gula darah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ini bukan hanya klaim kosong yang dibuat oleh produsen: makanan ini sangat tepat untuk sebagian besar anjing yang kelebihan berat badan dan memiliki kadar gula darah tidak stabil. Namun pemeriksaan rutin dengan dokter hewan Anda adalah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah makanan ini benar-benar bisa meningkatkan kesehatan anjing Anda.

Selain itu, pilihan premium pasti lebih mahal dan berat dalam jangka panjang. Selain itu, Anda memerlukan resep dari dokter hewan sebelum membeli opsi pakan ini secara online, yang dapat memakan waktu bagi beberapa pemilik.

Kelebihan:

  • Kandungan serat dan protein yang tinggi
  • Efektif dalam membantu anjing gemuk menurunkan berat badan
  • Kebanyakan anjing mencerna makanan ini dengan lebih baik daripada pilihan lain

Kekurangan:

  • Sangat mahal
  • Hanya tersedia dengan resep

4. Taste of the Wild High Prairie Puppy Formula

Taste of the Wild High Prairie Puppy Formula

Bahan Utama: Kerbau, tepung domba, ubi jalar

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Anak Anjing

Anda tidak perlu menunggu anak anjing Anda menderita diabetes untuk mulai memberinya makan dengan cara yang berbeda! Taste of the Wild High Prairie adalah makanan kering yang dibuat dengan protein berkualitas, seperti daging bison dan domba. Selain itu, makanan ini tidak mengandung biji-bijian, gandum, kedelai, atau bahan tambahan lain yang dapat membahayakan perut sensitif anak anjing kecil.

Namun ketahuilah bahwa makanan yang sepenuhnya bebas biji-bijian mungkin tidak cocok untuk hewan peliharaan Anda kecuali telah direkomendasikan secara khusus oleh dokter hewan Anda. Pastikan Anda mendapatkan persetujuannya sebelum membeli merek ini, untuk menghindari buang-buang uang membeli makanan yang tidak cocok untuk anak anjing Anda.

Kelebihan:

  • Daging asli adalah bahan utama
  • Dibuat dari bahan-bahan berkualitas dari sumber lokal dan global yang berkelanjutan
  • Tidak ada biji-bijian, jagung, gandum, perasa buatan, atau pewarna buatan
  • Kebanyakan anak anjing menyukai makanan ini, bahkan yang paling pemilih

Kekurangan:

  • Mengandung beri dan pati
  • Formula bebas biji-bijian mungkin lebih sulit dicerna untuk beberapa anak anjing

5. Orijen Original Grain-Free

ORIJEN Original Grain-Free

Bahan Utama: Ayam, kalkun, ikan flounder

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Orijen adalah merek makanan terkenal yang populer di kalangan pemilik doggie. Versi bebas biji-bijiannya menawarkan jumlah protein berkualitas tinggi yang mengesankan, dipasangkan dengan kandungan karbohidrat yang sangat rendah. Ini membuat makanan kering ini menjadi pilihan yang baik untuk anjing penderita diabetes.

Sayangnya, harganya yang mahal bisa memberatkan banyak orang. Selain itu, anjing kecil mungkin mengalami kesulitan mengunyah kibble ini, sementara yang lain mungkin akan menolak makanan dengan bahan-bahan berkualitas tinggi ini, meskipun cocok untuk kebanyakan anjing! Jadi cara yang aman adalah membeli kantong yang lebih kecil untuk mencobanya dengan anjing Anda terlebih dahulu.

Kelebihan:

  • Mengandung probiotik
  • Dibuat dengan bahan-bahan utuh
  • Mengandung daging segar, organ, tulang rawan, dan tulang

Kekurangan:

  • Kibble mungkin terlalu besar untuk dikunyah anjing kecil
  • Mahal

6. Visionary Pet Foods Keto

Visionary Pet Foods Keto

Bahan Utama: Tepung ayam, daging ayam, lemak ayam

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Sama seperti manusia, anjing juga bisa mengikuti diet keto! Dan itu bisa sangat efektif untuk anjing penderita diabetes, karena kandungan karbohidrat yang sangat rendah dalam Visionary Pet Foods membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Pilihan makanan kering ini tidak mengandung biji-bijian, gandum, buah-buahan, gula, atau bahan pengisi lainnya. Daftar bahannya singkat berkualitas serta tidak mengandung bahan kimia, yang umumnya merupakan indikator kualitas produk yang baik.

Namun makanan ini dapat menyebabkan kembung pada beberapa anjing, terutama jika perubahan pola makan dilakukan terlalu cepat. Selain itu, beberapa anjing dapat mengalami rasa haus yang intens, yang merupakan efek umum dan normal dari diet ketogenik. Jadi konsultasikan dengan dokter hewan Anda terlebih dahulu untuk memastikan opsi ini tepat untuk anjing Anda.

Kelebihan:

  • Karbohidrat yang sangat rendah
  • Kandungan proteinnya sangat tinggi

Kekurangan:

  • Mahal
  • Dapat menyebabkan kembung dan rasa haus yang intens pada beberapa anjing

7. Acana Red Meat Recipe

ACANA Red Meat Recipe

Bahan Utama: Daging sapi, daging babi tanpa tulang, tepung daging sapi

Bentuk Makanan: Makanan kering

Tahap Kehidupan: Dewasa

Acana adalah merek yang juga terkenal dan disukai oleh banyak pemilik anjing dan hewan peliharaannya. Produk Red Meat Recipe mengandung protein berkualitas tinggi, termasuk daging sapi dan babi. Serat juga ditemukan dalam jumlah besar dan berasal dari sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang ditambahkan ke dalamnya. Tapi itu juga menghasilkan kandungan karbohidrat yang lebih tinggi daripada pilihan lain, yang tidak optimal untuk anjing diabetes.

Plus, ini adalah pilihan yang mahal, terutama jika dibandingkan dengan merek yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Juga, beberapa pemilik anjing melaporkan bahwa anjing mereka menghindari makanan ini, meskipun tampaknya tidak ada alasan khusus. Ini mungkin hanya masalah rasa dan tekstur!

Kelebihan:

  • Mengandung proporsi serat yang baik dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan
  • Bahan-bahan berkualitas tinggi

Kekurangan:

  • Mengandung lebih banyak karbohidrat daripada pilihan lain
  • Mahal
  • Banyak pemilik anjing melaporkan bahwa anjing mereka tidak suka dengan rasanya

8. Dave’s Pet Food 95% Premium Chicken

Dave’s Pet Food 95% Premium Chicken

Bahan Utama: Ayam, air, hati ayam

Bentuk Makanan: Makanan basah

Tahap Kehidupan: Dewasa

Dave’s Pet Food adalah makanan basah yang dapat diberikan kepada anjing dengan kebutuhan protein tinggi dan sebagai alternatif makanan mentah. Daftar bahannya luar biasa: hanya ayam, air, vitamin, dan mineral. Selain itu, kandungan air yang tinggi sangat ideal untuk anjing diabetes dengan rasa haus yang berlebihan.

Namun produk ini mengandung sangat sedikit serat dan lebih banyak lemak daripada pilihan lain, yang tidak cocok untuk anjing dengan berat badan berlebih. Selain itu, makanan ini mahal, terutama jika Anda menggunakan opsi ini sebagai sumber makanan utama untuk anjing Anda.

Kelebihan:

  • Bahan-bahan berkualitas tinggi hanya dengan ayam, air, vitamin, dan mineral
  • Resep rendah kalori untuk anjing yang kelebihan berat badan
  • Bebas biji-bijian

Kekurangan:

  • Kandungan serat rendah
  • Mungkin bukan pilihan terbaik untuk anjing yang kelebihan berat badan
  • Mahal

Panduan Membeli Makanan Anjing Diabetes Terbaik

Apa Itu Diabetes Anjing?

Diabetes adalah gangguan metabolisme yang menyebabkan defisiensi insulin. Ini berarti pankreas membuat lebih sedikit insulin atau reseptor di sel tidak dapat merespons hormon ini secara memadai, sehingga efektivitas insulin berkurang.

Insulin adalah hormon pengatur utama dalam metabolisme karbohidrat dan gula makanan, tetapi ini juga mempengaruhi metabolisme lemak dan protein, dan kekurangan hormon ini akan mengganggu fungsi seluruh tubuh.

Ada dua jenis diabetes pada anjing, sama seperti pada manusia:

Diabetes tipe I

Jenis diabetes ini juga disebut ketergantungan insulin. Ini ditandai dengan penghentian total produksi insulin oleh pankreas. Jadi, tanpa insulin gula tetap berada di dalam darah dan sel-sel tidak dapat berfungsi dengan baik. Diabetes tipe I paling sering terlihat pada anjing, dan anjing ini membutuhkan suntikan insulin setiap hari untuk mempertahankan kadar gula darahnya.

Diabetes tipe II

Tipe II adalah tipe diabetes yang resistan terhadap insulin. Pankreas anjing masih dapat memproduksi insulin, tetapi sel-sel tubuhnya tidak dapat meresponsnya secara memadai: inilah mengapa disebut resistensi insulin. Jenis diabetes ini dapat menyerang anjing dari segala usia tetapi sebagian besar ditemukan pada anjing yang sudah tua atau kegemukan.

Anjing dengan diabetes akan menunjukkan gejala tertentu, seperti rasa haus yang berlebihan, penurunan berat badan, dan kelesuan yang parah. Dokter hewan akan dapat membuat diagnosis menggunakan tes darah, urinalisis, dan pemeriksaan yang cermat terhadap gejala anjing.

Sayangnya, diabetes tidak dapat disembuhkan, tetapi kualitas hidup anjing Anda dapat ditingkatkan dengan perawatan yang diresepkan oleh dokter hewan dan dengan nutrisi yang tepat.

Apa yang Harus Ada dalam Makanan Anjing Diabetes?

Apa makanan terbaik untuk anjing diabetes? Pertanyaan ini tidak dapat dijawab dengan satu kalimat, sama seperti tidak mungkin membicarakan satu jenis makanan yang optimal untuk anjing yang sehat sempurna.

Semua anjing berbeda dan karena itu memiliki kebutuhan individu. Anjing besar memiliki kebutuhan energi dan nutrisi yang berbeda dengan anjing kecil, sama seperti anjing atletis tidak akan makan makanan yang sama dengan anjing kerdil. Juga, anjing tua kebutuhannya akan sangat berbeda dengan anak anjing.

Jadi, untuk menemukan makanan yang tepat untuk anjing penderita diabetes, Anda perlu mempertimbangkan usia, jenis, berat, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Untuk menemukan makanan yang sempurna untuk kebutuhan anjing Anda, dapatkan saran dari dokter hewan atau ahli nutrisi anjing Anda.

Ada baiknya Anda mengetahui nutrisi mana yang penting untuk anjing Anda yang menderita diabetes dan mana yang harus Anda hindari. Jadi, makanan anjing Anda (entah itu makanan basah atau kibble, atau apakah Anda membuatnya sendiri di rumah) harus tinggi protein dan serat.

Ini karena serat memperlambat aliran gula ke dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar insulin tetap stabil. Di sisi lain, karbohidrat dan lemak sulit dicerna dan juga mendorong terjadinya obesitas. Inilah sebabnya mengapa konsumsinya harus sangat dibatasi: tidak lebih dari 20% hingga 25% karbohidrat pada bahan kering.

Apa yang Tidak Boleh Diberikan pada Anjing Diabetes?

Hindari camilan sebanyak mungkin, yang biasanya terlalu tinggi gula dan mendorong kelebihan berat badan pada anjing. Aturan yang harus diikuti? Tidak lebih dari 10% dari makanan anjing Anda harus terdiri atas camilan.

Setidaknya sama pentingnya dengan makanan yang baik dan sehat, waktu makan memainkan peran yang sangat penting untuk anjing diabetes. Rutinitas harian yang teratur bahkan lebih penting untuk anjing diabetes daripada anjing yang sehat.

Dianjurkan untuk membagi jatah makan harian anjing Anda (yang harus benar-benar diperhatikan) menjadi dua atau tiga porsi, untuk diberikan kepada anjing Anda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Tetapkan waktu yang rutin, isi mangkuk hewan peliharaan Anda dengan tepat, dan bersihkan mangkuknya sesudahnya.

Cara Mencegah Diabetes pada Anjing

Cara terbaik untuk mencegah diabetes pada anjing adalah dengan memberi mereka gaya hidup sehat. Beri makan anjing Anda makanan berkualitas tinggi yang kaya protein dan serat serta rendah karbohidrat, diberikan pada waktu yang ditentukan dan dalam jumlah yang wajar. Perhatikan berat badannya dan batasi camilan dan manisannya serta sisa-sisa makanan dapur.

Terakhir, pastikan anjing Anda dapat membakar energinya setiap hari dengan jalan-jalan, aktivitas fisik, dan banyak waktu bermain!

–oOo–

Jika dirawat dengan benar, anjing penderita diabetes akan menikmati kualitas hidup yang baik, dan meskipun diabetesnya masih belum dapat disembuhkan, perawatannya akan membuat anjing tersebut hidup normal. Untuk membantu anjing diabetes Anda menjaga kesehatannya, Anda dapat memilih salah satu opsi dari daftar kami di atas yang paling cocok untuk anjing peliharaan Anda.

Komentar Anda