Apa yang Dimakan Badak? Makanan dan Pola Makan Badak | Faunaku
Home » Dunia Hewan » Apa yang Dimakan Badak? Makanan dan Pola Makan Badak

Apa yang Dimakan Badak? Makanan dan Pola Makan Badak

Badak adalah sejenis mamalia bercula. Secara historis mereka ditemukan di seluruh wilayah Afrika, Asia, dan Eropa. Namun sekarang, mereka hanya mendiami benua Afrika dan Asia. Sekarang hanya ada sekitar 25.000-27.000 ekor badak yang tersisa di alam liar, sangat sedikit yang hidup di luar taman nasional atau cagar alam.

Badak makan

Ada lima spesies badak: badak hitam, badak Jawa, badak bercula satu besar (badak India), badak putih, dan badak Sumatera. Warna mereka selalu abu-abu terang atau gelap, terlepas dari namanya. Status konservasi mereka bervariasi antar spesies, mulai dari sangat terancam punah hingga rentan.

Makanan dan Pola Makan Badak

Semua spesies badak adalah herbivora. Makanan mereka seluruhnya terdiri atas tumbuh-tumbuhan, meskipun ada variasi makanan yang cukup besar antar spesies. Badak dapat secara luas dipisahkan menjadi perumput dan penjelajah berdasarkan vegetasi yang mereka makan.

Spesies penjelajah, seperti badak hitam, memakan dedaunan yang diambil dari semak-semak dan pepohonan. Mereka juga memetik buah musiman dari cabang tinggi serta mengunyah ranting dan kulit kayu. Bibirnya yang tebal dan panjang memungkinkan mereka memakan dedaunan pohon berduri seperti akasia.

Spesies yang merumput, seperti badak putih, memakan akar dan rerumputan yang rendah. Makanan badak perumput berbeda berdasarkan habitat, karena masing-masing berisi spesies rumput yang berbeda.

Fungsi Moncong Badak Saat Makan

Badak memiliki moncong yang disesuaikan dengan gaya makannya. Spesies badak yang mengandalkan penjelajahan memiliki moncong yang membulat dengan bibir yang panjang. Ini membantu mereka mencapai dedaunan di cabang-cabang yang tinggi dan melewati duri di semak-semak seperti pohon Akasia. Mereka kebanyakan memakan daun, ranting, dan kulit kayu.

Di sisi lain, spesies badak pemakan rumput memiliki moncong yang rata dan persegi. Struktur moncong ini memungkinkan badak untuk membuat mulut mereka rata dengan tanah, di mana mereka menggigit rumput dan akar. Mereka bisa memakan tanaman yang tingginya hanya satu milimeter, jadi fitur ini penting bagi mereka untuk mengoptimalkan makan.

Berapa Banyak yang Dimakan Badak?

Badak adalah hewan besar dan berat. Sebagian besar spesies memiliki berat lebih dari 1.000 kg, meskipun beratnya bervariasi antar spesies dan dapat berkisar antara 800 sampai 2.000 kg. Porsi makan badak per hari sangat bervariasi antar spesies karena ukuran hewan dan pilihan makanannya.

Badak terkecil adalah badak Sumatera yang makan sekitar 50 kg per hari. Demikian pula, badak putih akan mengkonsumsi sekitar 55 kg rumput per hari. Ini adalah jumlah makanan yang sangat banyak jika Anda mempertimbangkan betapa ringan sepotong rumput!

Di seluruh spesies, diperkirakan badak makan sekitar 2,5% dari berat badan mereka per hari. Mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjelajah dan merumput untuk mendapatkan semua makanan yang mereka butuhkan.

Untungnya sebagian besar air yang dibutuhkan badak ada dalam makanan mereka; badak bisa bertahan hingga lima hari tanpa minum. Ini memungkinkan mereka untuk mencari makan dan merumput jauh dari sumber air tanpa khawatir akan dehidrasi.

Kapan Badak Makan?

Badak adalah hewan nokturnal. Mereka lebih aktif di malam hari daripada di siang hari. Perilaku ini sangat dipengaruhi oleh habitatnya. Mereka hidup di iklim panas di mana matahari terlalu terik di siang hari untuk mencari makan dan menjelajah.

Untuk menghindari panas tengah hari, badak menghabiskan hari berkubang dalam lumpur dan air, di mana mereka terlindung dari serangga dan sengatan matahari. Ketika matahari mulai berkurang, mereka keluar dari kubangan lumpur dan mulai makan.

Badak mencari makan dan merumput dari fajar hingga senja. Mereka menghabiskan sekitar 12 jam sehari untuk makan dan telah mengembangkan indera penciuman tajam dan pendengaran akut. Ini membantu badak melakukan semua aktivitas mereka di malam hari.

Di Mana Badak Makan?

Makanan badak

Ada lima spesies badak yang tersebar di Afrika dan Asia. Setiap spesies hidup di habitat yang unik, dengan sedikit persilangan geografis. Tempat tinggal badak sangat mempengaruhi pola makan mereka.

Ada dua spesies badak Afrika. Badak putih lebih besar dari keduanya dan mereka tinggal di daerah padang rumput terbuka dan sabana, jadi makanan mereka kaya akan rumput. Badak hitam mendiami negara-negara di Afrika Timur dan Tengah di mana terdapat banyak semak dan pohon.

Tiga spesies badak yang tersisa semuanya hidup di Asia. Badak Sumatera hidup di hutan tropis dan subtropis di Indonesia, di mana mereka meramban berbagai makanan. Badak Jawa sangat terancam punah. Hanya ada satu populasi badak Jawa yang tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.

Baca Juga:  19 Contoh Jenis Serangga yang Punya 6 Kaki

Terakhir, badak bercula satu besar ditemukan di seluruh India dan Nepal dan memiliki makanan paling bervariasi dari semua spesies badak.

Apakah Makanan Badak Bervariasi di Semua Spesies?

Ada variasi yang signifikan dalam makanan badak di seluruh spesies. Mari selami detail makanan masing-masing spesies.

Badak hitam, badak Sumatera, dan badak Jawa semuanya merupakan penjelajah. Makanan mereka terdiri atas dedaunan dari pohon dan semak-semak, seperti ranting, daun, dan kulit kayu. Mereka juga makan buah-buahan. Badak Sumatera menyukai buah mangga dan ara dan dikenal suka masuk ke perkebunan buah untuk mencuri makanan.

Badak Jawa juga mengunyah pucuk, menggigit pohon muda, dan kadang-kadang merumput. Mereka lebih kecil dari badak penjelajah lainnya, jadi mereka makan di area bawah. Badak hitam memakan daun dan dedaunan dari cabang yang tinggi, ini berkontribusi terhadap pengelolaan hutan di sabana Afrika.

Badak bercula satu besar atau badak India adalah spesies pemakan rumput. Badak putih memakan 200 jenis rumput yang tersedia di habitatnya. Selain merumput, badak bercula satu besar juga meramban semak, buah, dan bahkan memakan tanaman air.

Apa yang Dimakan Anak Badak?

Anak badak lahir setelah kira-kira 17 bulan kehamilan, dengan variasi panjang kehamilan terjadi di seluruh spesies. Anak badak dilahirkan tanpa tanduk dan jauh lebih kecil dari induknya.

Badak adalah mamalia yang menyusui anaknya dengan susu kaya nutrisi yang diproduksi di saluran susu. Mereka menyusu pada ibunya hingga 18 bulan, meskipun mereka melengkapi makanan mereka dengan tumbuh-tumbuhan selama periode ini. Anak badak belajar bagaimana mencari makanan dengan meniru perilaku ibu mereka.

Bagaimana Badak Mencerna Makanannya?

Pola makan herbivora menimbulkan masalah: bahan tanaman mengandung selulosa tinggi yang sulit diurai. Hal ini membuat sulit bagi nutrisi untuk diekstraksi dari tanaman yang dimakan oleh herbivora. Untuk mengatasinya, herbivora telah mengembangkan perut khusus.

Kebanyakan herbivora adalah ruminansia, mereka memiliki empat ruang perut dan memuntahkan makanan mereka untuk mencerna materi tanaman dengan benar. Namun badak adalah mamalia monogastrik yang memiliki perut tunggal. Jadi, bagaimana mereka mengatasi masalah yang muncul dari pola makan mereka?

Badak adalah fermentor usus belakang. Mereka memiliki sekum yang membesar berisi mikrobioma yang terdiri atas bakteri simbiosis yang memecah selulosa yang ditemukan dalam bahan tanaman. Setelah vegetasi yang tertelan telah difermentasi di sekum, ini dapat dipecah di perut badak menjadi molekul mikro, seperti gula, yang diserap di usus.

Apa yang Memakan Badak?

Badak adalah mamalia besar dan berat dengan kulit luar yang keras. Dari lima spesies badak, hanya satu spesies yang memiliki predator alami. Badak Sumatera adalah spesies terkecil dan kadang-kadang dimangsa oleh kucing liar di hutan tropis.

Sementara badak dewasa aman dari pemangsaan, anak badak bisa berisiko. Untuk melindungi anak badak saat mereka tumbuh, ibu badak akan menghabiskan waktu setelah lahir di dekat air, memilih untuk tidak memberi makan jauh atau di padang rumput terbuka, di mana anak badak mereka mungkin berisiko dimangsa.

Meski tidak memiliki predator alami, semua spesies badak diburu oleh manusia. Hal ini telah menyebabkan spesies badak hampir punah dan merupakan ancaman terbesar yang dihadapi oleh badak. Mereka diburu untuk olahraga, diambil dagingnya, dan dijadikan bahan pengobatan Tiongkok.

Apa yang Dimakan Badak di Penangkaran?

Badak penangkaran harus diberi makan yang mirip dengan makanan mereka di alam liar untuk meningkatkan kesehatan dan perkembangan yang baik. Banyak spesies menunjukkan peningkatan laju obesitas dan masalah perkembangan ketika mereka ditangkar. Dengan meniru pola makan liar mereka, hal ini dapat dihindari.

Di alam liar, badak mencari makan, yang seluruhnya terdiri atas tumbuh-tumbuhan. Mereka memakan rumput dan menjelajah, seperti semak-semak dan dedaunan. Akan lebih baik untuk meniru ini saat memberi makan badak penangkaran, namun di penangkaran makanan mereka biasanya terdiri atas alfalfa dan kedelai.

Tags:

Komentar Anda