17 Jenis Makanan Paling Berbahaya untuk Anjing

Saat bekerja di dapur menyiapkan makanan, mereka yang memiliki anjing pasti sudah biasa diawasi oleh anjingnya. Anjing akan duduk di sana dengan pandangan “puppy eyes,” sabar menunggu sambil mengawasi sesuatu yang mungkin jatuh ke arah mereka. Sebagian besar dari kita mau tidak mau akan melemparkan sedikit bahan makanan apa pun yang kita masak saat itu padanya.

Makanan anjing berbahaya

Meskipun anjing kita mungkin terlihat menginginkan apa yang kita miliki lebih dari apa pun, itu tidak berarti mereka harus selalu mendapatkannya. Sistem pencernaan kita bekerja secara berbeda dengan anjing. Kita manusia menikmati banyak hal yang tidak dapat mereka cerna atau yang beracun bagi mereka.

Ketika Anda memiliki anjing dan ingin membagikan sebagian makanan Anda kepada mereka, penting untuk memahami apa yang boleh dan tidak boleh mereka makan. Dalam artikel ini, kami membahas makanan manusia paling umum yang tidak boleh dimakan anjing Anda dan mengapa itu berbahaya bagi mereka.

Makanan Berbahaya yang Tidak Boleh Dimakan Anjing

Anjing adalah hewan yang tidak membutuhkan lebih dari daging dalam makanannya. Mereka dapat memperoleh beberapa nutrisi bermanfaat dari buah-buahan dan sayuran. Anda harus selektif dengan apa yang Anda berikan kepada mereka dan berhati-hatilah untuk memastikan bahwa makanan tersebut tidak berbahaya.

1. Alkohol

Di penghujung hari yang panjang dan melelahkan, segelas bir atau anggur bisa sangat nikmat. Namun minuman beralkohol dan makanan yang hanya mengandung sedikit alkohol bisa sangat merusak kesehatan anjing Anda. Ini dapat menyebabkan muntah dan diare.

Seperti manusia, alkohol akan menyebabkan depresi pada sistem saraf pusat dan bahkan menyebabkan kesulitan bernapas, tremor, koma, dan bahkan kematian. Tubuh anjing tidak dirancang untuk mencerna alkohol. Jika anjing peliharaan Anda telah menelan alkohol, hubungi dokter hewan segera.

2. Alpukat

Alpukat mungkin merupakan makanan super bagi kita manusia, tetapi biasanya ini tidak cocok untuk anjing. Meski tidak sesulit kuda atau burung, anjing tetap sulit untuk mencernanya. Dalam jumlah besar, alpukat dapat menyebabkan masalah kardiovaskular pada anjing.

3. Tulang

Kita tidak boleh memberikan tulang kepada anjing? Tapi bagaimana dengan tulang yang dijual di petshop? Apakah kita sudah memberi anjing kita makanan berbahaya ini selama ini? Tidak, belum tentu. Tulang yang berasal langsung dari hewan dan telah dimasak berbeda dengan tulang yang diproses oleh perusahaan makanan hewan.

Anda masih dapat memberikan tulang pada anjing Anda dari hewan ternak, tetapi Anda tidak boleh memberi mereka tulang burung karena ini akan pecah. Anda tidak boleh memberi mereka tulang yang dimasak karena ini juga bisa pecah dan tersangkut di tenggorokan mereka.

4. Kafein

Kita mungkin suka kopi, tetapi anjing kita tidak boleh meminumnya. Kafein mengandung senyawa yang disebut methylxanthines. Ketika tertelan oleh anjing Anda, ini dapat menyebabkan muntah dan diare, rasa haus yang berlebihan, buang air kecil, terengah-engah, hiperaktif, tremor, kejang, dan bahkan kematian. Jadi simpan kopi Anda untuk Anda sendiri.

5. Permen

Gula pada dasarnya tidak dibutuhkan dan berbahaya dalam makanan anjing Anda. Mungkin ada saat-saat ketika Anda dapat membiarkan mereka mencoba sepotong kecil sesuatu yang manis, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan reaksi yang merugikan.

Gula dan pengawet dalam permen dapat menyebabkan hiperaktif dan peningkatan detak jantung. Jika anjing makan permen atau gula-gula berlebihan, pada akhirnya ini dapat menyebabkan diabetes dan penambahan berat badan yang tidak sehat.

6. Cokelat

Cokelat termasuk dalam kategori permen dan kopi karena biji kakao yang digunakan untuk membuat cokelat juga mengandung methylxanthines. Cokelat sangat beracun bagi anjing dan mereka tidak boleh menikmati makanan lezat ini.

Cokelat hitam adalah yang paling berbahaya karena mengandung persentase kakao tertinggi, bersama dengan cokelat panggang. Bahkan cokelat putih, yang memiliki tingkat metilxantin terendah, tidak boleh diberikan kepada anjing Anda.

7. Jeruk-jerukan

Anda mungkin pernah melihat video seseorang yang mencoba memberi makan anjing mereka dengan lemon. Meskipun lucu, ini bukan pilihan terbaik untuk kesehatan anjing Anda yang berkelanjutan. Buah jeruk mengandung asam sitrat. Minyak esensial ini menyebabkan iritasi dan bahkan pembengkakan di mulut dan tenggorokan anjing Anda.

Jika mereka memakan bagian tanaman jeruk secara berlebihan, ini dapat menyebabkan depresi pada sistem saraf pusat mereka. Jeruk dalam dosis kecil tidak akan menimbulkan banyak masalah pada anjing selain hanya sakit perut.

8. Kelapa

Kelapa bukanlah salah satu makanan yang harus Anda waspadai seperti cokelat atau kopi. Kelapa dan produknya, seperti minyak kelapa, tidak akan membahayakan anjing peliharaan Anda dalam jumlah kecil. Air dari kelapa kadang-kadang dapat menyebabkan tinja yang encer dan diare. Berhati-hatilah saat menawarkan sesuatu yang mengandung kelapa kepada anjing Anda.

9. Anggur (Termasuk Kismis)

Anjing makan anggur

Anggur dan kismis cukup beracun bagi anjing. Para ilmuwan belum mengetahui senyawa apa di dalam buah anggur yang menyebabkan reaksi tersebut. Namun jika anjing Anda makan buah anggur atau kismis, itu dapat menyebabkan gagal ginjal bahkan dalam jumlah yang lebih kecil.

10. Kacang Macadamia

Kacang macadamia mungkin merupakan camilan yang lezat dan bertekstur bagi kita, tetapi ini merupakan racun bagi anjing. Kacang ini menyebabkan kelemahan pada anggota badan, muntah, depresi, tremor, dan bahkan hipertermia. Tanda-tanda ini biasanya akan muncul dalam waktu 12 jam setelah anjing makan kacang macadamia, tetapi biasanya tidak akan bertahan lebih dari 48 jam.

11. Produk Susu

Hewan seperti anjing dan kucing tidak dapat memecah laktosa dalam jumlah yang signifikan. Mereka tidak memiliki enzim laktase untuk mencerna protein dengan benar. Itu sering mengakibatkan diare dan muntah. Anda harus menghindari memberi anjing Anda keju, saus berbahan dasar susu, dan susu.

12. Kacang-kacangan

Anda tidak boleh memberi anjing Anda jenis kacang apa pun. Perhatikan bahwa ini tidak termasuk kacang tanah karena mereka adalah legum (suku polong-polongan) dan bukan kacang.

Kacang-kacangan seperti almond, pecan, dan walnut semuanya menyebabkan pankreatitis jika terlalu sering memakannya. Mereka mengandung lemak dan minyak dalam jumlah tinggi, yang keduanya sering menyebabkan muntah dan diare.

13. Bawang Merah dan Bawang Putih

Setiap tanaman dalam keluarga Allium umum dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan kerusakan pada sel darah merah dan akhirnya anemia. Kucing bahkan lebih sensitif terhadap efek merusak dari sayuran seperti bawang merah, daun bawang, dan bawang putih. Jika mereka makan berlebihan, anjing juga bisa menjadi sangat sakit.

14. Daging dan Telur Setengah Matang

Anda mungkin berpikir bahwa karena nenek moyang anjing, yaitu serigala, mampu menyerang dan memakan hampir semua hewan, maka daging mentah seharusnya tidak menjadi masalah. Namun seiring berjalannya waktu, anjing telah berevolusi, dan banyak proses yang memungkinkan mereka memakan makanan mentah sudah menghilang.

Daging mentah dan telur mentah bisa mengandung bakteri seperti salmonella dan E. coli. Ini dapat dengan cepat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan anjing Anda. Telur mentah juga memiliki enzim yang disebut avidin. Enzim ini menurunkan kemampuan hewan peliharaan Anda untuk menyerap biotin. Akhirnya, itu mengarah pada masalah kulit dan bulu.

15. Makanan Tinggi Natrium

Banyak jajanan kita saat ini yang sarat dengan garam. Namun sejumlah besar garam bukanlah hal yang sehat untuk dimakan anjing Anda. Ini menyebabkan rasa haus dan buang air kecil yang berlebihan, seperti pada manusia.

Terlalu banyak ion natrium dalam sistem anjing Anda akhirnya menyebabkan keracunan. Gejalanya meliputi diare, muntah, depresi, suhu tubuh tinggi, tremor, dan bahkan kematian. Hindari memberi makan anjing dengan pretzel, keripik kentang, atau popcorn asin.

16. Xylitol

Xylitol adalah pemanis yang bisa sintetis atau alami. Kita menggunakannya di semua jenis produk agar rasanya lebih enak. Itu termasuk makanan panggang, permen, permen karet, dan bahkan pasta gigi. Sayangnya untuk hewan peliharaan kita, itu menyebabkan pelepasan insulin yang tidak sehat, yang menyebabkan gagal hati jika mereka menelan terlalu banyak. Hal ini juga dapat berkembang menjadi hipoglikemia jika terus dikonsumsi dari waktu ke waktu.

Jika anjing Anda langsung bereaksi keras, dia akan terlihat muntah, kehilangan koordinasi, dan lesu. Gejalanya mungkin berkembang menjadi kejang juga. Jika Anda melihat salah satu dari ini, segera bawa ke dokter hewan.

17. Ragi

Adonan ragi dalam sistem anjing Anda dapat menyebabkan jumlah gas dan tekanan yang tidak nyaman. Ini dapat menyebabkan kembung, yang bisa menjadi keadaan darurat yang mengancam jiwa jika menyebabkan usus berputar. Anjing Anda tidak boleh menelan adonan roti mentah atau roti yang dibuat menggunakan ragi.

Nah itulah berbagai makanan berbahaya untuk anjing. Jauhkan itu semua dari anjing Anda ya!

Komentar Anda