Makanan Kelelawar, Apa Saja yang Sebenarnya Mereka Makan?

Jika Anda “cukup beruntung” untuk tinggal di sekitar daerah tempat tinggal kelelawar, Anda mungkin pernah melihat mereka terbang di saat waktu senja. Banyak orang takut pada kelelawar, khawatir hewan ini akan tersangkut di rambut mereka atau menghisap darah mereka. Jawaban atas satu pertanyaan penting ini dapat membantu meringankan sebagian dari ketakutan itu: Apa yang dimakan kelelawar? Kami di sini untuk menjawabnya dengan tuntas.

Gambar kelelawar makan

Apa yang dimakan kelelawar?

Kelelawar kebanyakan memakan serangga. Sebagian besar jenis kelelawar lebih menyukai serangga terbang seperti nyamuk, tetapi beberapa jenis kelelawar memakan nektar, buah, dan serbuk sari. Dari ribuan spesies, hanya tiga jenis kelelawar yang meminum darah, tetapi mereka menghindari darah manusia jika memungkinkan.

Kelelawar adalah bagian penting dari ekosistem, dan mereka memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan semuanya. Mereka memakan serangga yang menyebarkan penyakit ke manusia dan hewan ternak, dan mereka bahkan bertanggung jawab atas sebagian besar penyerbukan!

Ada lebih banyak lagi fakta tentang apa yang dimakan kelelawar. Kami membahas seluruhnya di artikel ini untuk memuaskan rasa dahaga Anda akan pengetahuan. Mari kita gali lebih dalam!

Makanan Kelelawar

Seperti kebanyakan hewan, jawaban ini tergantung pada spesiesnya. Ada lebih dari 1.200 spesies spesies kelelawar di seluruh dunia. Untuk menempatkan jumlah itu ke dalam perspektif, kelelawar membentuk sekitar 20% dari semua mamalia yang diklasifikasikan di dunia.

Dengan begitu banyaknya spesies -dan berapa banyaknya populasi kelelawar- kita bisa mengatakan bahwa mereka semua tidak mungkin memakan makanan yang sama. Namun mayoritas kelelawar memakan makanan serupa: serangga.

Kita akan membahas makanan lain yang dimakan kelelawar sebentar lagi, tapi mari kita bahas dulu makanan terbesar mereka.

Berapa banyak serangga yang dimakan kelelawar?

Kelelawar hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kelelawar yang lebih kecil, seperti kelelawar cokelat kecil, jelas akan makan lebih sedikit daripada kelelawar rubah terbang atau flying fox. Tetapi bahkan kelelawar terkecil pun memakan sejumlah besar serangga setiap malam.

Seekor kelelawar kecil cokelat dapat memakan cukup banyak serangga yang beratnya hampir sama dengan satu atau dua buah anggur. Ini kedengarannya tidak terlalu banyak, tetapi mengingat bahwa kelelawar cokelat kecil hanya berbobot sekitar 8 gram sementara satu anggur beratnya sekitar 5 gram, itu tentu luar biasa.

Sederhananya, kelelawar cokelat kecil memakan serangga hampir seberat tubuhnya sendiri setiap malam. Seratus kelelawar coklat kecil yang memakan serangga dapat memakan kira-kira 5 kg makanan dalam semalam.

Diperkirakan kelelawar (secara umum, tidak termasuk jenis tertentu) dapat memakan sekitar 8.000 serangga setiap malam. Sebagian besar dari mereka adalah nyamuk, yang berarti Anda akan memiliki lebih sedikit kesempatan untuk digigit oleh serangga penyebab gatal itu dan tertular beberapa penyakit mengerikan.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa kelelawar memakan sekitar empat ton serangga setiap tahun.

Bagaimana kelelawar memakan serangga?

Entah itu serangga terbang atau serangga yang merangkak di tanah, kelelawar masih dapat menemukannya. Mereka menggunakan ekolokasi untuk menemukan serangga dalam gelap.

Ketika kelelawar menemukan serangga terbang yang cocok, mereka menyerbu masuk dan memangsanya dari udara. Tapi kelelawar biasanya tidak menggunakan gigi mereka. Mereka menggunakan ekornya untuk menangkap serangga, lalu mendarat untuk memakannya dengan tenang.

Jika serangga itu ada di tanah, kelelawar akan terbang menyelam untuk mengejutkan mereka. Kelelawar tidak menggunakan ekornya untuk mengambil serangga. Mereka mengunyah dengan gigi kecilnya yang setajam silet. Kelelawar akan tinggal di tanah cukup lama untuk menghabiskan makanannya, lalu terbang sekali lagi untuk mencari mangsa berikutnya.

Apa lagi yang dimakan kelelawar selain serangga?

Fakta kelelawar

Meskipun sekitar 70% kelelawar memakan serangga, ada beberapa jenis yang memakan makanan lain. Rubah terbang, misalnya, panjangnya sekitar 1,5 meter dan beratnya sekitar 1,3 kg. Akan butuh terlalu banyak serangga kecil untuk mengisi perutnya, jadi dia memakan nektar dan serbuk sari sebagai gantinya.

Rubah terbang juga akan memakan buah. Mereka lebih menyukai nektar dan serbuk sari, tetapi akan memakan buah jika sumber makanan normalnya langka. Beberapa orang memotong buah segar untuk rubah terbang dan kelelawar buah lainnya. Beberapa buah favoritnya meliputi mangga dan apel.

Sebagian kecil kelelawar bisa disebut karnivora sejati, yang berarti mereka makan daging. Untuk makanan, mereka lebih suka memangsa katak, ikan, kadal, dan burung kecil. Mereka bahkan diketahui memakan kelelawar lain.

Bagaimana kelelawar makan buah?

Meski memiliki gigi yang tajam, kelelawar biasanya tidak mengunyah dan menelan potongan buah. Mereka lebih suka menusuk kulit buahnya, menyedot jusnya, dan kemudian memuntahkan biji atau ampasnya.

Mungkin itu tampak sia-sia bagi Anda. Tapi tahukah Anda bahwa kelelawar buah adalah salah satu cara pohon buah-buahan menyebarkan benihnya? Jika bukan karena kelelawar, beberapa spesies pohon akan kesulitan menanam benihnya cukup jauh untuk menyebar.

Bagaimana cara kelelawar memakan nektar?

Anda akan terkejut mengetahui bahwa banyak spesies kelelawar lebih suka makan nektar. Kita biasa berasumsi bahwa kupu-kupu, kolibri, dan lebah adalah satu-satunya yang melakukan itu. Mungkin ini karena kelelawar paling aktif di malam hari dan kita tidak pernah memperhatikan mereka mengejar bunga!

Itu benar. Kelelawar kecil memiliki lidah ekstra panjang yang dapat menjangkau jauh ke dalam bunga untuk menemukan nektar yang lezat. Sayangnya, kelelawar pemakan nektar berisiko tinggi untuk punah. Jauh lebih sulit bagi kelelawar ini untuk menemukan makanan yang cukup dibandingkan dengan kelelawar pemakan serangga.

Apakah kelelawar benar-benar memakan serbuk sari?

Kami tahu ini terasa aneh melihat kelelawar yang menyeramkan memakan serbuk sari, tetapi mereka memang melakukannya. Faktanya, kelelawar yang memakan serbuk sari bertanggung jawab atas sejumlah besar penyerbukan yang terjadi di gurun dan iklim tropis. Mereka terutama aktif di Kepulauan Pasifik, Asia Tenggara, dan Afrika.

Seperti lebah dan kupu-kupu, kelelawar pemakan serbuk sari akan berpindah dari bunga ke bunga mencari makanan ringan. Mereka mengumpulkan dan menyimpan serbuk sari seperti lebah!

Bagaimana kelelawar memakan daging?

Kelelawar memiliki teknik berburu yang sama ketika berburu vertebrata lain atau ketika berburu serangga. Mereka menggunakan ekolokasi untuk menemukan dan melacak mangsanya, lalu masuk untuk memakannya.

Kelelawar berbibir kasar menyukai katak. Mereka mendengarkan panggilan katak kawin, lalu mengambilnya dari air. Kelelawar spektral dan kelelawar hantu adalah dua spesies yang unggul dalam berburu kelelawar lain.

Apakah kelelawar minum darah?

Kelelawar vampir memang ada, tetapi mereka tidak umum seperti jenis kelelawar lainnya. Ya, kelelawar vampir minum darah, tapi mereka tidak tertarik dengan darah kita. Kelelawar vampir lebih menyukai darah hewan daripada darah manusia. Kelelawar vampir biasa lebih menyukai hewan yang lebih besar. Mereka memakan darah sapi dan kuda yang sedang tidur.

Bagaimana cara kelelawar meminum darah?

Untungnya, itu tidak menakutkan bagi hewan yang dimakan kelelawar vampir. Faktanya, hewan-hewan itu bahkan tidak tahu ada kelelawar di sana. Kelelawar dapat merasakan panas hewan yang sedang tidur dan mendengar napas mereka yang dalam. Mereka mendarat di hewan itu, membuat gigitan kecil, lalu menghisap darahnya. Hewan itu bahkan tidak akan bangun!

Kelelawar tidaklah menakutkan

Seperti yang Anda lihat, kelelawar tidak menakutkan. Mereka menjalankan fungsi penting dalam ekosistem. Tanpa kelelawar, dunia akan dibanjiri serangga. Manusia dan hewan akan terkena penyakit dalam jumlah yang jauh lebih tinggi dan tanaman akan hancur. Kelelawar adalah cara yang bagus untuk melihat apakah suatu lingkungan sehat atau tidak. Mereka sangat sensitif, jadi jika ada kelelawar di lingkungan Anda, itu berarti lingkungan Anda sehat.

Pertanyaan-pertanyaan Terkait

Apa yang diminum kelelawar?

Kelelawar minum air. Mereka mendarat di genangan air, danau, sungai yang tenang, dan bahkan di tempat mandi burung. Mereka biasanya tidak minum langsung dari sumber air. Mereka lebih suka menjilati air dari tubuh mereka.

Apakah kelelawar memakan tikus?

Ya, beberapa kelelawar memakan tikus. Namun kebanyakan kelelawar tidak memakan vertebrata seperti tikus dan kelinci. Ada sebagian kecil kelelawar yang memakan hewan seperti tikus. Diperkirakan sekitar 1% dari kelelawar memakan vertebrata. Kelelawar yang sama ini juga dapat memakan ikan, katak, kadal, dan burung.

Apa yang dimakan kelelawar di musim dingin?

Karena kebanyakan kelelawar memakan serangga dan serangga tersebut berhibernasi atau mati di musim dingin, sulit bagi mereka untuk menemukan makanan. Kelelawar telah berevolusi untuk berhibernasi untuk menghemat energi sampai cuaca menghangat dan serangga kembali muncul. Mereka terkadang bangun di musim dingin untuk mencari air, tetapi kemudian kembali tidur.

Beberapa kelelawar akan bermigrasi di musim dingin alih-alih berhibernasi. Dalam hal ini, mereka makan makanan yang sama di musim dingin seperti yang mereka lakukan di musim lainnya. Mereka hanya memakannya di tempat yang berbeda.

Komentar Anda