6 Makanan yang Bisa Diberikan ke Kucing Kampung / Jalanan / Liar | Faunaku
Home » Kucing » 6 Makanan yang Bisa Diberikan ke Kucing Kampung / Jalanan / Liar

6 Makanan yang Bisa Diberikan ke Kucing Kampung / Jalanan / Liar

Jika Anda sering melihat seekor kucing berkeliaran di sekitar rumah atau lingkungan Anda, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu kucing liar atau kucing peliharaan orang. Jika dia terlihat lapar dan tidak langsung kabur saat melihat Anda, kemungkinan besar itu adalah kucing milik orang yang sedang tersesat. Sebagai pecinta kucing, Anda mungkin ingin mencoba memberinya makan.

Kucing Liar Makan

Kucing cukup mandiri dalam berburu makanan mereka sendiri, tetapi itu tergantung pada apakah mereka dapat menemukan dan menangkap mangsa, dan selama bulan-bulan yang dingin, mereka cenderung kelaparan.

Jika Anda berada dalam situasi ini, Anda mungkin ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang boleh (atau tidak boleh) Anda berikan makan ke kucing liar, terutama jika Anda tidak memiliki makanan kucing dan kucing itu muncul di depan pintu Anda. Di sini, kami membahas opsi yang aman untuk kucing dan makanan apa yang perlu Anda hindari.

6 Pilihan Makanan untuk Kucing Kampung / Jalanan / Liar

1. Makanan Kucing (Cat Food)

Ini adalah pilihan utama jika Anda sudah memiliki makanan kucing di rumah Anda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, terutama jika Anda berencana untuk memberi makan kucing liar itu lebih dari sekali.

Anda harus memilih makanan kering selama musim panas karena makanan basah akan lebih cepat kering dan menarik serangga. Ini juga berarti Anda hanya dapat meninggalkan makanan itu selama 30 hingga 45 menit. Anda bisa menambahkan air ke dalamnya agar tidak cepat kering.

Sebagian besar makanan kucing tidak boleh ditinggalkan terlalu lama, terlepas dari apakah itu makanan basah atau kering atau apakah itu musim panas atau musim hujan. Ini dapat mengundang hewan liar yang tidak diinginkan ke halaman Anda.

2. Ikan

Jika Anda tidak memiliki makanan kucing, Anda dapat memberi makan kucing dengan ikan tuna, salmon, atau ikan lainnya. Namun ini bukan sesuatu yang harus dilakukan secara teratur.

Menggunakan ikan saat Anda tidak memiliki apa-apa lagi boleh-boleh saja, dan kemungkinan akan menarik perhatian kucing yang takut, tetapi hanya gunakan ikan yang dikalengkan di dalam air. Beberapa ikan dikalengkan dalam minyak dan garam, dan Anda harus menghindarinya.

3. Daging Masak Tanpa Tulang

Ini bisa daging apa saja, mulai dari daging ayam hingga daging sapi atau kambing. Meski kucing makan daging mentah di alam liar, selalu ada baiknya untuk memasak daging mentah dan membuang tulangnya, yang dapat menyebabkan tersedak. Daging mentah mengandung banyak bakteri, dan kucing liar mungkin sudah memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Juga, pastikan dagingnya tidak diberi tambahan bumbu atau minyak. Jangan beri kucing salad ayam yang sudah dilumuri mayones dan garam karena itu bukan pilihan yang aman.

4. Biji-bijian / Padi-padian

Kucing adalah karnivora sejati, jadi penting bagi kucing untuk makan protein hewani untuk berkembang. Tetapi jika Anda tidak memiliki daging di rumah, Anda dapat memilih beberapa biji-bijian atau padi-padian yang berbeda dalam keadaan darurat.

Namun, seperti ikan kalengan, ini bukanlah jenis makanan yang bisa diberikan ke kucing secara berkelanjutan (kecuali Anda menawarkan protein hewani dengannya di waktu mendatang).

Oatmeal dan nasi adalah pilihan yang baik asalkan matang dan tidak dibumbui. Nasi polosan dan matang bisa coba ditawarkan pada  kucing. Beberapa kucing mungkin tampak tidak tertarik dengan biji-bijian, tetapi mungkin berhasil jika mereka sangat lapar.

Baca Juga:  4 Penyebab Kucing Muntah Setiap Hari dan Cara Mencegahnya

5. Telur Matang

Telur secara teknis adalah protein hewani, jadi telur yang dimasak dan tidak dibumbui adalah pilihan yang baik. Telur rebus yang dipotong-potong atau telur orak-arik yang dibuat tanpa minyak atau mentega juga bisa digunakan.

6. Buah dan Sayuran

Ada beberapa sayuran matang yang berbeda yang dapat Anda coba, tapi harus dimasak dan tidak dibumbui. Meski brokoli yang dimasak tanpa mentega atau garam terdengar tidak enak bagi kita, kucing mungkin menyukainya, apalagi jika mereka sangat lapar.

Seperti halnya biji-bijian, selalu ada kemungkinan kucing liar tidak akan mau makan sayuran, tetapi ini tetap patut dicoba. Pilihlah sayuran seperti ubi jalar, wortel, dan brokoli. Buah-buahan tertentu juga oke, seperti melon dan pisang.

Makanan Terlarang untuk Kucing Kampung / Jalanan / Liar

Gambar kucing kampung

Anda harus menghindari memberikan makanan tertentu ini kepada kucing mana pun, tidak peduli seberapa laparnya mereka.

Susu

Meskipun masih sering ditampilkan di film dan TV, kucing dan susu bukanlah kombinasi yang baik. Kebanyakan kucing tidak toleran laktosa dan dapat mengalami gangguan pencernaan (diare, muntah, dan lainnya) setelah menelan produk susu.

Buah dan Sayuran Tertentu

Beberapa buah dan sayuran aman untuk kucing, tapi banyak lainnya bisa sangat berbahaya bagi mereka.

Makanan apapun yang dibumbui bawang merah dan bawang putih (dan segala sesuatu dalam keluarga yang sama, seperti daun bawang dan bawang bombay) cukup beracun bagi kucing. Anda juga harus menghindari kentang mentah, tomat hijau, anggur, kismis, dan alpukat. Jika ragu tentang suatu makanan, carilah informasinya di internet sebelum memberikannya kepada kucing liar.

Makanan Anjing

Jika Anda tidak punya makanan kucing, tapi Anda punya makanan anjing tergeletak di sekitar, jangan menggunakannya. Makanan anjing telah diformulasikan khusus untuk anjing, dan itu bisa membuat kucing sakit.

Apa Langkah Selanjutnya?

Jika Anda sudah memberi makan kucing sekali dan jika Anda berencana untuk terus memberi mereka makan, Anda pasti perlu mendapatkan makanan kucing. Mereka perlu diberi makan kira-kira setiap 8 hingga 10 jam sekali, dan Anda juga harus menyediakan air segar bersama makanan. Ingatlah untuk menggantinya secara teratur.

Selain memberi makan kucing, Anda mungkin juga perlu memfoto kucing itu dan menyebarkannya di lingkungan sekitar Anda. Mudah-mudahan, ada pemiliknya di luar sana yang mencari kucingnya. Atau jika itu kucing liar, mungkin ada tetangga Anda yang bersedia memeliharanya.

Jika tidak, Anda dapat membawa kucing tersebut ke komunitas pecinta kucing atau memposting di grup Facebook mereka untuk diadopsi orang lain.

Kesimpulan

Jika Anda benar-benar tidak siap memberi makan kucing, ada beberapa opsi untuk Anda. Anda dapat menyimpan makanan kucing karena setelah kucing memakan sesuatu yang Anda berikan, kemungkinan besar mereka akan kembali.

Tetapi selain memberi makan kucing liar, Anda dapat mencoba mencarikan rumah baru untuk mereka. Tempat teraman untuk kucing mana pun adalah di mana mereka bisa dirawat, diberi makan, dan dicintai.

Komentar Anda