Seberapa Banyak Makanan Mentah yang Aman untuk Anjing?

Memberikan makanan mentah (raw feeding) pada anjing adalah topik kontroversial di antara dokter hewan, ahli gizi, dan pecinta anjing. Beberapa mendukungnya sebagai metode pemberian makan yang lebih “alami,” sedangkan yang lain mengkhawatirkan bakteri dan parasit berbahaya yang terkandung dalam daging mentah.

Anjing Makan Makanan Mentah

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi pro dan kontra dari makanan mentah sedikit lebih mendalam dan menjelaskan berapa banyak makanan mentah yang harus dimakan anjing Anda jika Anda memutuskan untuk memilih raw feeding.

Apakah Makanan Mentah Baik untuk Anjing?

Para ahli berbeda pendapat dalam hal ini. Beberapa ahli mengklaim bahwa makanan mentah lebih baik untuk anjing daripada makanan olahan karena lebih dekat dengan diet alami anjing. Pendukung teori ini juga mengklaim bahwa anjing mereka lebih aktif dan energik serta memiliki bulu yang lebih berkilau sejak makan makanan mentah.

Ahli lainnya memperingatkan pemilik hewan peliharaan agar tidak memberikan makanan mentah karena potensi infeksi bakteri dan parasit yang dapat mempengaruhi hewan dan manusia. Ahli juga menyatakan bahwa meski tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan mentah lebih bermanfaat, penelitian telah membawa perhatian pada bahaya makan mentah.

PDSA mengisyaratkan lebih banyak masalah dengan pemberian makanan mentah seperti kekhawatiran bahwa daging mentah mungkin mengandung tulang atau pecahan tulang, yang dapat berbahaya bagi hewan peliharaan jika tertelan.

Jika Anda memutuskan untuk memberi makan anjing Anda dengan makanan mentah, PDSA mendesak pemilik hewan peliharaan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum melakukannya atau mengubah pola makan anjing mereka dengan cara lain.

Setelah Anda berkonsultasi dengan dokter hewan dan memutuskan untuk memberikan makanan mentah, PDSA merekomendasikan untuk memberikan makanan mentah yang dijual secara komersial alih-alih mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Ini karena makanan mentah yang dijual secara komersial setidaknya telah diolah di fasilitas yang memenuhi standar kebersihan tertentu. Ini membantu mengurangi risiko kontaminasi bakteri atau parasit. Perusahaan makanan mentah komersial juga harus menyiapkan makanan yang memenuhi standar nutrisi tertentu untuk memastikan anjing Anda tetap sesehat mungkin.

Berapa Banyak Makanan Mentah yang Bisa Dimakan Anjing?

Jika Anda memutuskan untuk memberikan makanan mentah komersial, anjing dewasa harus diberi makan 2-3% dari berat badan ideal mereka, dan untuk anak anjing, itu bervariasi.

Baca panduan pemberian makan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut, meskipun ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada merk yang Anda pilih. Silakan merujuk pada label yang disediakan brand makanan mentah untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik.

Panduan Makan

Makanan Mentah Anjing

Beberapa perusahaan makanan anjing memproduksi pasta penyapihan untuk anak anjing yang sangat muda, berusia antara 3 dan 6 minggu, untuk membantu mereka secara bertahap menyesuaikan diri dengan makanan anak anjing standar. Karena anak anjing dan anjing hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, jumlah yang Anda berikan kepada mereka juga tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat aktivitas, ukuran, dan metabolisme mereka.

Jumlah yang mereka makan juga berkurang seiring bertambahnya usia. Misalnya, anak anjing yang berusia antara 7 dan 10 minggu perlu makan sekitar 8-10% dari berat badan idealnya, sedangkan anak anjing yang berusia antara 20 dan 24 minggu perlu makan sekitar 5-6% dari berat badannya.

Anak anjing biasanya diberi makan rata-rata antara tiga dan empat porsi kecil per hari, dan anjing dewasa biasanya makan dua kali sehari.

Usia Anjing Jumlah Makanan yang Bisa Diberikan
4 – 6 minggu Berikan sesuai selera makannya
7 – 10 minggu 8 – 10% dari berat badan ideal
10 – 16 minggu 7 – 8% dari berat badan ideal
16 – 20 minggu 6 – 7% dari berat badan ideal
20 – 24 minggu 5 – 6% dari berat badan ideal
24 – 36 minggu 4 – 5% dari berat badan ideal
36 – 56 minggu 3 – 4% dari berat badan ideal
56 – 68 minggu 2,5 – 3,5% dari berat badan ideal
68+ minggu (dewasa) 2 – 3% dari berat badan ideal

Memberi Makan berdasarkan Berat: Anak Anjing

Grafik ini memberikan perkiraan berapa banyak makanan mentah yang bisa diberikan ke anak anjing dan anjing berdasarkan berat badan mereka. Ini dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat aktivitas jika Anda ingin anjing Anda menurunkan, mempertahankan, atau menaikkan berat badan.

Sekali lagi, kami mendorong Anda untuk merujuk ke panduan pemberian makan individu masing-masing merk makanan mentah atau menggunakan kalkulator pemberian makan untuk mencari tahu berapa jumlah terbaik untuk diberikan makan ke anak anjing atau anjing Anda.

Bicarakan dengan dokter hewan jika anjing Anda kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan untuk menyusun rencana makan yang paling sesuai untuk mereka.

Berat Badan Anak Anjing Rekomendasi Pemberian Makan Harian (Gram)
5 kg 200 – 300 g
10 kg 400 – 600 g
15 kg 600 – 900 g
20 kg 800 – 1.200 g
25 kg 1.000 – 1.500 g
30 kg 1.200 – 1.800 g
35 kg 1.400 – 2.100 g
40 kg 1.600 – 2.400 g

Memberi Makan berdasarkan Berat: Anjing Dewasa

Berat Badan Anjing Rekomendasi Pemberian Makan Harian (Gram)
5 kg 100 – 150 g
10 kg 200 – 300 g
15 kg 300 – 450 g
20 kg 400 – 600 g
25 kg 500 – 750 g
30 kg 600 – 900 g
35 kg 700 – 1.050 g
40 kg 800 – 1.200 g

Penutup

Jika Anda ingin memberikan makanan mentah dan ingin membuatnya cocok untuk anjing Anda, kami sarankan mengikuti saran PDSA di atas dan konsultasikan semuanya dengan dokter hewan untuk menentukan apa yang paling cocok untuk anjing Anda dan berapa banyak porsinya.

Angka-angka dalam postingan ini hanyalah perkiraan standar dan perlu disesuaikan berdasarkan berat badan anjing Anda, target berat badan, tingkat aktivitas, dan masalah kesehatan apa pun yang mungkin mereka miliki. Itulah mengapa sangat penting untuk meminta pendapat ahli sebelum memberikan pola makanan baru pada anjing.

Komentar Anda