10 Makanan Super Agar Kucing Sehat, Kuat, Tak Gampang Sakit

Superfood atau makanan super adalah salah satu kata “sakti” yang beredar selama beberapa tahun terakhir. Makanan super memang memiliki beberapa kelebihan, dan itu juga bukan hanya makanan untuk manusia. Beberapa makanan super yang fantastis, berkualitas tinggi, dan padat nutrisi sangat aman untuk diberikan kepada kucing kesayangan Anda.

Makanan super untuk kucing

Anda mungkin merasa sulit untuk membuat kucing Anda bersemangat memakan beberapa makanan manusia ini, tetapi itulah mengapa produsen makanan mulai menambahkan makanan berkualitas tinggi ini ke dalam kaleng makanan basah atau kantong kibble mereka. Jika makanan yang dimakan kucing Anda setiap hari penuh dengan protein dan makanan super, dia akan tumbuh sehat, kuat, aktif, dan tidak mudah sakit.

Teruslah membaca artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang makanan super apa yang harus Anda tambahkan ke menu makanan kucing Anda.

Superfood Terbaik untuk Kucing

1. Cranberry

Cranberry kata akan antioksidan kuat. Studi menunjukkan bahwa cranberry memiliki sifat yang mendukung kesehatan saluran kemih dengan mencegah pertumbuhan bakteri tertentu. Cranberry adalah sumber banyak vitamin dan mineral seperti vitamin E dan K, serta serat, vitamin C, dan mangan.

Sebagai karnivora, kecil kemungkinan kucing Anda akan memakan cranberry segar dan tertarik pada makanan dengan aroma yang kuat, tetapi ada banyak pakan dan camilan komersial kucing yang mengandung cranberry sebagai bahannya. Beberapa suplemen yang aman untuk kucing juga mengandung cranberry.

2. Dandelion

Sekarang Anda punya alasan untuk membiarkan rumput liar ini terus tumbuh di halaman belakang Anda. Daun dan akar dandelion bisa membantu mengatasi alergi kucing Anda serta pencernaannya.

Kucing Anda yang gila rumput mungkin sudah sering mengunyah dandelion di halaman Anda, tetapi jika Anda memiliki kucing dalam ruangan, Anda harus mencari dandelion itu sendiri. Gali dandelion langsung dari akarnya dan bilas dengan baik. Cincang halus seluruh bagiannya, bahkan akarnya, dan taburkan sedikit ke makanan kucing Anda berikutnya.

Harap dicatat bahwa dandelion hanya aman jika halaman Anda bebas pestisida. Jika Anda telah mengobati rumput dengan bahan kimia, jangan memberikan makan rumput atau dandelion ke hewan peliharaan Anda.

3. Yoghurt

Yogurt tinggi protein dan kaya kalsium serta mengandung probiotik yang dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan dan tulang kucing Anda. Selain itu, yogurt mengandung potasium, kalsium, dan magnesium, semua mineral yang dapat dimanfaatkan oleh kucing dan manusia.

Makanan ini juga mengandung kultur hidup seperti bakteri sehat, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan kucing Anda serta membantu pencernaannya. Tampaknya sebagian besar kekebalan kucing terkait erat dengan kesehatan saluran pencernaan mereka, sehingga sistem pencernaan yang sehat dapat berarti kucing yang lebih sehat secara keseluruhan. Tapi batasi porsinya!

Sebaiknya tetap gunakan yogurt tawar daripada varietas rasa yang diakui lebih enak karena yogurt manis mengandung pemanis buatan untuk memberikan rasa yang enak. Terlalu banyak gula bisa membuat kucing Anda sakit.

Juga, jangan berlebihan memberikan yogurt dan produk susu secara umum pada kucing. Sebagian besar dokter hewan merekomendasikan jatah produk susu yang terbatas atau nol samasekali untuk makanan harian kucing Anda. Setengah sendok teh yogurt Yunani biasa per hari sudah cukup.

4. Ikan

Berbagai jenis ikan sangat bagus untuk kucing. Ikan berminyak adalah salah satu yang terbaik karena cenderung penuh dengan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan kucing Anda untuk kesehatan kulit dan sendi yang sehat. Salmon, teri, dan sarden adalah makanan super ikan yang enak untuk dicoba kucing Anda.

Kunci untuk memberikan makan ikan ke kucing Anda dengan aman adalah menyajikannya sebagai camilan. Beri kucing sedikit potongan dari ikan masakan Anda dan makan sisanya sendiri atau bekukan sisa makanan untuk digunakan sebagai camilan di hari lain.

Tuna sering kali menjadi ikan pertama yang dipikirkan orang saat memberi makan kucing mereka dengan ikan, tetapi itu bukan pilihan terbaik untuk kucing Anda. Tuna mengandung merkuri yang tinggi dan dapat menyebabkan keracunan merkuri jika kucing Anda terlalu banyak memakannya.

5. Telur

Kucing makan telur

Telur adalah sumber protein yang luar biasa dan cenderung mudah dicerna oleh kucing Anda. Ini juga mengandung 10 dari 11 asam amino yang dibutuhkan kucing Anda untuk menjaga dirinya tetap ramping dan kuat.

Telur juga merupakan sumber taurin untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mata kucing Anda, vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit dan bulunya, zat besi untuk meningkatkan kesehatan sel darah merah, dan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.

Jangan berikan telur mentah pada kucing Anda. Putih telur mentah mengandung protein yang disebut avidin yang dapat mengganggu kemampuan kucing Anda untuk menyerap biotin, yang mereka butuhkan untuk membuat bulunya sehat. Telur mentah juga dapat mengandung E. coli yang dapat menyebabkan masalah pencernaan yang signifikan bagi kucing Anda.

Coba beri kucing Anda sedikit telur orak-arik dari makanan sarapan Anda untuk melihat apakah dia menyukainya. Jika demikian, Anda dapat bereksperimen dengan telur gaya lain, seperti telur rebus.

6. Blueberry

Blueberry sering ditemukan di bagian atas setiap daftar makanan super. Buah ini memang kecil, tetapi kaya antioksidan kuat yang mendukung bakteri usus yang sehat dan meningkatkan pencernaan.

Blueberry memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari buah apa pun. Serat dalam blueberry dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menenangkan kucing yang menderita radang sendi. Seperti cranberry, blueberry dapat mendukung kesehatan saluran kemih.

Coba tawarkan blueberry lengkap untuk melihat apakah kucing Anda tertarik. Jika tidak, pecahkan menjadi dua dan haluskan sedikit agar kucing Anda dapat melihat dan mencium cairan di dalamnya. Jika mereka masih tidak tertarik, coba tambahkan blueberry yang dihancurkan ke makanan mereka berikutnya.

7. Labu

Labu adalah makanan super yang bagus untuk kucing dengan masalah pencernaan. Labu murni dapat menenangkan masalah perut hewan peliharaan Anda. Kandungan seratnya yang tinggi dapat mengurangi kelembaban berlebih di saluran pencernaan kucing Anda dan memperkeras kotorannya untuk membantu mencegah diare. Namun terlalu banyak labu malah dapat menyebabkan diare.

Ingatlah bahwa tidak semua labu kalengan dibuat sama. Cari kaleng berlabel “labu murni” sebagai satu-satunya bahan. Bahan tambahan apa pun, seperti gula tambahan atau perasa, tidak sehat untuk hewan peliharaan Anda.

8. Daging Tanpa Lemak

Anda sudah tahu bahwa kucing adalah karnivora sejati, artinya makanan mereka membutuhkan nutrisi yang hanya ditemukan dalam daging hewan sehingga tidak mengherankan jika daging tanpa lemak adalah salah satu makanan super terbaik untuk kucing. Ini tidak hanya penuh dengan protein, tetapi juga zat besi dan vitamin B untuk kesehatan sistem kekebalan dan saraf.

Pilihan seperti daging ayam, daging sapi, atau daing babi matang sangat cocok untuk camilan sesekali karena rasanya yang enak dan menambahkan banyak protein ke dalam makanan kucing Anda. Yang terbaik adalah menyajikan daging tanpa lemak yang terlihat.

Anda dapat memproses daging tanpa lemak dengan berbagai cara, tetapi jangan berikan daging berbumbu atau bersaus untuk kucing. Berikan daging tanpa lemak sepolos mungkin.

9. Biji rami

Biji rami memberikan berbagai macam manfaat nutrisi untuk kucing dan manusia. Biji kecil namun kuat ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan kucing Anda, meningkatkan sistem kekebalannya, dan membuat bulunya berkilau.

Biji rami penuh dengan asam lemak esensial omega-3 (EFA), yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta perkembangan otak. EFA bermanfaat untuk kucing yang berjuang dengan kondisi peradangan seperti radang sendi.

Makanan ini juga dapat membantu kucing dengan masalah ginjal, asam lemak omega memiliki efek anti-inflamasi yang mengurangi perkembangan kerusakan ginjal yang berpotensi membantu kucing hidup lebih lama. Cobalah menggiling biji rami utuh tepat sebelum waktu makan kucing Anda dan tambahkan sedikit ke makanannya.

10. Brokoli

Brokoli adalah makanan super yang kaya akan antioksidan untuk membantu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh kucing Anda. Ini juga bagus untuk menjaga agar kucing Anda tetap teratur buang air besar dan menenangkan perut yang sakit.

Kuntum brokoli yang renyah bisa memuaskan nafsu makan kucing Anda akan serat. Brokoli kukus adalah cara termudah bagi kucing Anda untuk memakannya. Hanya saja, jangan menambahkan minyak, mentega, atau bumbu apa pun pada brokoli.

–oOo–

Banyak sekali jenis makanan super yang aman untuk kucing. Kuncinya adalah belajar bagaimana menawarkannya kepada kucing Anda dengan cara yang membuat mereka bersemangat untuk memakan makanan non-tradisional ini.

Cara termudah untuk memasukkan lebih banyak makanan super ke dalam makanan kucing Anda adalah dengan memilih pakan hewan peliharaan komersial yang menggunakan berbagai bahan ini dalam formulasinya. Dijamin kucing Anda akan semakin sehat!

Komentar Anda