Apakah Marmut Bisa Makan Buah Apel?

Apel adalah salah satu buah yang paling manis, jadi penting untuk memberi makan marmut Anda dalam jumlah sedang. Mari kita lihat jenis apel apa yang dapat diberikan kepada marmut, seberapa banyak dan seberapa sering mereka diizinkan untuk memakannya, dan apakah aman bagi marmut untuk memakan semua bagian dari buah populer ini.

Apel untuk marmut

Informasi Nilai Gizi Buah Apel

Di bawah ini adalah nilai gizi per 100 gram apel:

  • Vitamin C: 4,6 mg
  • Kalsium: 6 mg
  • Fosfor: 11 mg
  • Serat: 2,4 g
  • Gula: 10g

Tanya Jawab Seputar Marmut dan Apel

Bisakah Marmut Makan Apel Hijau dan Merah?

Marmut (guinea pig atau tikus Belanda) dapat memakan apel hijau dan merah, tetapi ada banyak jenis apel, dengan rasa, tekstur, dan warna berbeda yang mungkin mereka sukai. Umumnya, apel hijau cenderung lebih asam, sedangkan apel merah seringkali lebih manis.

Karena rasa dan teksturnya sangat bervariasi, Anda mungkin melihat bahwa marmut Anda menyukai beberapa jenis apel dan tidak menyukai varietas tertentu lainnya.

Bisakah Marmut Memakan Kulit Apel?

Kulit apel mengandung banyak serat dan nutrisi, jadi paling bermanfaat untuk memberikan sepotong apel kepada marmut Anda beserta kulitnya, tetapi cucilah terlebih dahulu.

Cobalah untuk membeli apel organik jika Anda bisa mendapatkannya dan jika tidak terlalu mahal harganya. Jika Anda tidak dapat membeli buah organik, apel masih boleh diberikan kepada marmut Anda dengan kulitnya asalkan dicuci dulu sampai bersih.

Bisakah Marmut Memakan Inti Apel?

Inti apel mengandung banyak serat, dan meskipun kita biasanya tidak suka mengunyah inti berserat yang keras ini, marmut memiliki gigi yang digunakan untuk mengunyah jerami kasar, jadi mereka tidak akan kesulitan memasukkan giginya ke dalam inti apel.

Makan makanan berserat membantu marmut mengikis giginya yang terus tumbuh dan menjaganya tetap sehat. Jika Anda makan apel, beri mereka inti atau bagian dari inti ketika Anda selesai memakannya daripada membuangnya.

Meskipun marmut dapat memakan inti apel, Anda tidak boleh memberikannya terlalu banyak. Kami menyarankan untuk memberikan inti apel kepada marmut Anda paling banyak sekali atau dua kali seminggu.

Bisakah Marmut Memakan Biji Apel?

Orang cenderung berpikir bahwa marmut tidak bisa memakan biji apel. Salah satu alasannya mungkin karena mereka mengira marmut akan tersedak bijinya, tetapi tidak perlu khawatir tentang hal ini karena biji apel tidak menimbulkan bahaya tersedak dan juga tidak mungkin tersangkut di gigi marmut Anda.

Apakah Biji Apel Beracun bagi Marmut?

Alasan mengapa orang berpikir biji apel berbahaya bagi marmut adalah karena bijinya mengandung senyawa kimia alami, yang disebut amygdalin, yang berubah menjadi sianida ketika dihancurkan atau dikunyah dan dicerna.

Biji apel mengandung jumlah yang sangat kecil dari bahan kimia ini dan sangat tidak mungkin menyebabkan masalah kesehatan, terutama karena marmut hanya dapat makan satu atau dua biji pada satu waktu dan sangat jarang.

Jika Anda memberikan inti apel yang mengandung biji, Anda tidak perlu repot membuangnya karena tidak akan cukup untuk menyebabkan kerusakan. Tapi yang pasti, jangan sengaja memberikan biji apel sebagai camilan atau mengambilnya dari apel secara teratur untuk diberikan kepada marmut Anda karena ini akan membuat mereka terpapar tingkat racun yang lebih tinggi yang bisa berbahaya.

Jadi, singkatnya, biji apel yang dimakan marmut Anda ketika diberi inti apel tidak akan membahayakannya. Tetapi jika Anda masih khawatir dengan efek sampingnya, Anda dapat dengan mudah membuang biji dari inti sebelum memberikannya ke marmut.

Apakah Apel Baik untuk Marmut?

Marmut makan apel

Apel mengandung jumlah nutrisi yang baik, tetapi juga mengandung kadar gula yang tinggi. Penting untuk tidak memberikan makanan manis terlalu banyak kepada marmut Anda karena ini dapat berdampak negatif pada kesehatannya.

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk marmut, tetapi kadarnya di apel jauh lebih rendah daripada banyak sayuran lainnya. Peterseli, kale, mint, dan bahkan selada romaine memiliki lebih banyak vitamin C daripada apel.

Jadi meskipun apel aman dan baik untuk dimakan marmut, apel bukanlah salah satu makanan terbaik untuk mereka.

Berapa Banyak Apel yang Bisa Dimakan Marmut?

Marmut tidak boleh diberi apel utuh atau bahkan setengah apel, tetapi cukup sepotong kecil yang kira-kira sama dengan ukuran yang biasa Anda lahap. Apel seharusnya tidak dijadikan bagian utama dari porsi buah dan sayuran harian marmut, melainkan hanya sekedar snack sehat saja.

Beberapa orang mungkin merekomendasikan memberi makan marmut Anda lebih dari ini, tetapi apel dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit perut dan diare, jadi berhati-hatilah dengan porsinya. Apel bukanlah bagian penting dari pola makan marmut, dan mereka akan sangat sehat tanpanya sama sekali.

Seberapa Sering Marmut Bisa Makan Apel?

Seperti halnya semua buah, apel harus dijadikan makanan yang jarang-jarang untuk marmut. Cukup beri mereka apel sekali atau dua kali seminggu, dan yang jelas tidak setiap hari. Keragaman makanan segar sangat penting dan sayuran berdaun atau hijauan yang aman harus menjadi bagian utama dari porsi buah dan sayuran harian mereka.

Apakah Marmut Menyukai Apel?

Beberapa marmut menyukai apel dan yang lainnya tidak menyukainya sama sekali. Seperti manusia, marmut bisa rewel dengan makanan mereka dan memiliki kesukaan dan ketidaksukaan tertentu.

Dalam sebuah polling pada pemilik marmut yang menanyakan apakah marmut mereka menyukai apel, 81% menjawab “Ya” dan 19% menjawab “Tidak,” jadi kebanyakan marmut menyukai apel tetapi beberapa tidak menyukainya.

Bisakah Bayi Marmut Makan Apel?

Bayi marmut bisa makan apel, tetapi mereka juga membutuhkan banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh. Anda harus selalu memilih sayuran berdaun hijau yang sehat daripada memasukkan terlalu banyak buah manis ke dalam makanan mereka. Namun jika Anda ingin memberi bayi marmut apel, berikan saja sepotong kecil sesekali saja.

Bisakah Marmut Makan Apel yang Dimasak?

Meskipun manusia menyukai produk apel yang dimasak, marmut tidak boleh memakan produk yang dimasak. Marmut yang tidak dijinakkan di alam liar akan mencari makan berupa rumput, daun, dan akar, dan makanan yang dimasak sudah pasti tidak akan ada. Selalu beri makan sayuran dan buah mentah dan jauhi apa pun yang telah dimasak.

Bisakah Marmut Makan Saus Apel?

Saus apel pada dasarnya adalah apel yang dimasak dengan tambahan gula, dan makanan manis yang dimasak ini tidak boleh diberikan kepada marmut. Bahkan tanpa tambahan gula sekalipun, saus apel bukanlah makanan yang cocok untuk marmut.

Bisakah Marmut Makan Apel Kering?

Marmut dapat memakan apel kering, tetapi kami menyarankan untuk membeli apel kering yang dibuat khusus untuk marmut. Anda juga bisa membeli suguhan apel sehat komersial yang hanya mengandung bahan-bahan alami. Hindari camilan apel kering yang mengandung aditif buatan atau gula dan garam.

Bisakah Marmut Makan Daun Pohon Apel?

Marmut bisa memakan daun pohon apel. Faktanya, ini lebih bergizi daripada apel itu sendiri dan daun apel tidak memiliki gula yang dikandung buahnya.

Bisakah Marmut Memakan Stik atau Ranting Apel?

Marmut memang suka mengunyah stik atau ranting apel, tetapi Anda lebih baik mematahkan sendiri ranting atau cabang kecil dari pohon apel daripada membeli stik apel secara komersial karena lebih segar dan akan lebih bergizi untuk marmut Anda.

Pemilik marmut lebih suka mematahkan ranting kecil beserta daunnya agar marmut mendapatkan daun dan kayu. Mereka cenderung mengunyah kulit luar dan meninggalkan bagian dalam kayu. Tapi ini bagus untuk gigi mereka dan mereka suka menggigit ranting apel yang enak ini.

Pastikan pohon apel tidak disemprot dengan pestisida atau bahan kimia apa pun sebelum memberikan ranting atau stik apel ke marmut Anda.

Apakah Apel Menyebabkan Sakit Mulut pada Marmut?

Kadang-kadang dianggap bahwa terlalu banyak apel dapat menyebabkan mulut marmut menjadi sakit. Namun sakit mulut sering disebabkan oleh penumpukan makanan di gigi depan, dan lebih sering terjadi pada marmut yang sudah tua alih-alih akibat makan apel.

Namun jika marmut Anda sudah mengalami sakit mulut atau sering menderita masalah ini, keasaman apel dapat memperparah rasa sakitnya. Jadi kami menyarankan Anda untuk tidak memberikan buah ini atau buah lainnya sampai rasa sakitnya benar-benar hilang atau hilangkan dari menu mereka mereka sama sekali.

Komentar Anda