3 Cara Melatih Anjing untuk Duduk

Mengajari anjing Anda untuk duduk sesuai perintah Anda adalah tanggung jawab besar ketika memiliki seekor anjing. Perintah kepatuhan dasar mengajari anjing Anda untuk menghormati Anda dan menjadikan Anda pemimpin kawanannya. Jika Anda tidak memulai pelatihan perintah dasar seperti “duduk” (sit) sejak awal, hampir tidak mungkin untuk mengajari anjing Anda perintah lain di kemudian hari. Ini akan semakin mempersulit Anda untuk mengendalikan anjing Anda.

Melatih anjing duduk

Anjing Anda hidup untuk menyenangkan Anda dan akan bekerja keras bahkan untuk membuat Anda bahagia, meski hanya diberi sedikit imbalan. Mengajarkan batasan pada anjing Anda dan kapan dia harus berhenti dan memperhatikan dimulai dengan perintah duduk.

Bayangkan Anda memiliki seekor anjing yang akan melompat setiap kali dia melihat Anda, tamu Anda, atau mengira dia mendapat hadiah. Itu pasti menyusahkan. Perintah duduk membuat anjing Anda tetap tenang dan rileks dan membuat dia tahu keinginan Anda padanya sebelum dia dibelai atau diberi makanan.

Perintah Duduk

Meskipun semua anjing harus menguasai keempat perintah dasar, duduk adalah perintah pertama yang mungkin Anda lakukan di kelas pelatihan anjing. Setelah anjing Anda tahu duduk, dia dapat dengan mudah belajar untuk tetap diam dengan perintah “diam” (stay), dia bisa berbaring dengan perintah “rebah” (down), dan dia bisa bergerak maju dengan perintah “sini” (come).

Duduk adalah dasar untuk semua perintah dasar yang perlu diketahui anjing Anda dalam pelatihan kepatuhan. Duduk adalah perintah yang mudah untuk diajarkan. Anda perlu melatih dengan banyak pengulangan dan komitmen. Bersiaplah untuk memberi hadiah kepada anjing Anda atas perilaku positifnya saat Anda memintanya untuk duduk.

Karena anjing Anda mungkin tidak memiliki rentang perhatian untuk belajar duduk dalam satu sesi, Anda mungkin perlu melakukan beberapa sesi selama beberapa minggu untuk mengajarinya duduk. Pastikan untuk menggunakan perintah duduk setiap hari agar anjing Anda tetap terlatih dengan baik.

Memulai Pelatihan

Anda membutuhkan sikap yang santai dan menyenangkan, anak anjing atau anjing yang ceria, dan hadiah snack untuk anjing Anda. Jika Anda menggunakan clicker untuk melatih anjing Anda, pastikan untuk memegang clicker dan hadiah yang di tangan. Jika Anda memiliki anak anjing dan sedang memulai pelatihan, pelatihan clicker adalah metode berbasis hadiah yang efektif.

Mengajari anjing Anda untuk duduk bisa menyenangkan bagi Anda berdua. Bersiaplah dengan senyuman dan hadiah untuk anjing Anda.

3 Metode Pelatihan Anjing untuk Duduk

Latihan duduk anjing

1. Metode Duduk Sederhana

Langkah 1: Duduklah di lantai bersama anak anjing Anda.

Langkah 2: Tunjukkan snack di dekat hidung anak anjing Anda.

Langkah 3: Angkat snack di depannya. Saat dia mengangkat kepalanya untuk mengikuti camilan, pantatnya akan turun ke lantai.

Langkah 4: Saat pantatnya menyentuh lantai dalam posisi duduk, beri dia snack itu.

Langkah 5: Ulangi ini lagi dengan menggunakan perintah “duduk” saat Anda mengangkat camilan dan anak anjing Anda duduk.

Langkah 6: Beri dia hadiah setiap kali dia mengikuti perintah Anda dan duduk. Pastikan untuk menjaga sesi pelatihan singkat dan simpel.

2. Metode Clicker

Langkah 1: Berdirilah di depan anjing Anda.

Langkah 2: Keluarkan snack, pegang snack di atas kepalanya.

Langkah 3: Saat dia mengangkat dagunya, gunakan perintah “duduk.”

Langkah 4: Tunggu dengan sabar saat Anda mengangkat snack. Saat anjing Anda mengangkat dagunya untuk mengikuti snack, dia akan duduk.

Langkah 5: Segera setelah dia duduk, klik dan beri dia hadiah snack itu.

Langkah 6: Ulangi langkah ini beberapa kali untuk memberinya hadiah setiap kali dia duduk. Bersabarlah dan latih perintah “duduk” setiap hari dengan clicker.

3. Metode Isyarat Tangan

Langkah 1: Tunjukkan snack dan pegang di dekat ujung hidung anjing Anda tanpa memberikannya. Untuk beberapa anjing, Anda mungkin harus memegang snack dengan tangan tertutup agar anjing Anda tidak merebutnya dari Anda.

Langkah 2: Setelah anjing Anda melihat ada snack di tangan Anda di dekat hidungnya, buka telapak tangan Anda dan angkat snack di atas kepalanya.

Langkah 3: Ucapkan perintah “duduk.”

Langkah 4: Anjing Anda harus mengikuti gerakan Anda. Anda akan melihat dia mulai menurunkan tubuhnya ke lantai mengikuti tangan Anda yang berisi snack tersembunyi.

Langkah 5: Setelah pantat anjing Anda menyentuh tanah, berikan dia snack itu.

Langkah 6: Minta anjing Anda mengambil posisi berdiri dan ulangi langkah-langkah di atas beberapa kali sambil memberi hadiah setiap kali anjing Anda duduk.

Langkah 7: Setelah dia menguasai kata perintah dan isyarat tangan, gunakan hanya isyarat tangan tanpa perintah verbal. Sambil berdiri di depannya, letakkan tangan Anda di atas hidungnya dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tunggu dengan sabar sampai dia duduk.

Langkah 8: Setelah dia duduk, beri dia hadiah snack. Jangan memberinya hadiah atau perhatian sebelum dia mematuhi perintah.

Demikian tiga trik melatih anjing Anda untuk duduk. Semoga anjing Anda bisa memahami perintah-perintah ini dengan mudah ya!

Komentar Anda