8 Cara Menghilangkan Bau Kencing Anjing di Karpet, Sofa, dll

Kita tentu tidak bisa berharap anjing kita bersikap sempurna, terutama ketika mereka masih kecil atau sudah tua. Bahkan anjing yang sudah terlatih agar tidak kencing di rumah selama bertahun-tahun mungkin masih akan ngompol di beberapa titik dalam hidup mereka, dan setiap pemilik anjing peliharaan harus berurusan dengan urin anjing dari waktu ke waktu.

Kencing anjing

Meskipun ada banyak alasan mengapa ngompol bisa terjadi, sebaiknya jangan terlalu ambil pusing dengan air kencing yang terlanjur meresap ke dalam barang-barang Anda. Sebaliknya, segera ambil tindakan jika Anda ingin menghilangkan bau urin anjing yang tertinggal.

Pada artikel ini, Anda akan diberi tahu beberapa cara paling efektif untuk menghilangkan dan menetralisir bau urin anjing.

Cara Menghilangkan Bau Kencing Anjing

1. Menyerap Urin

Semakin cepat Anda bergerak, semakin besar peluang Anda untuk menghilangkan bau urin anjing. Saat anjing Anda ngompol di dalam rumah, segera ambil tisu dan mulailah bekerja. Serap genangan air dan terus ambil lembaran handuk kertas baru sampai semua kelembapan dari area tersebut hilang.

Jika anjing mengencingi sesuatu yang bisa dicuci dengan mesin cuci, segera masukkan ke dalam mesin cuci. Jika permukaannya lebih keras, bersihkan area tersebut dengan pembersih serbaguna. Usahakan untuk tidak menggosok urin dengan handuk karena itu justru bisa mendorong urin masuk lebih dalam ke benda yang terkontaminasi.

2. Pembersih Enzimatik

Salah satu strategi termudah dan paling efisien untuk menghilangkan bau urin yang lama dan membandel adalah dengan menggunakan pembersih enzimatik. Pembersih ini dirancang untuk memecah molekul yang membuat urin hewan peliharaan berbau busuk. Ada banyak pilihan yang tersedia di toko hewan atau toko online, jadi pastikan Anda melakukan riset dan mencari satu yang paling cocok untuk permukaan rumah yang sedang Anda bersihkan.

3. Soda Kue

Soda kue (baking soda) terkenal karena sifatnya yang dapat menghilangkan bau dan digunakan untuk segala macam kekacauan di sekitar rumah. Anda dapat menaburkan bubuk soda kue secara bebas di atas suatu area dan membiarkannya menyerap baunya, atau Anda dapat membuat larutan pembersih DIY dengan soda kue dan air. Setelah itu, biarkan selama setidaknya beberapa jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga: 11 Penyebab Anjing Peliharaan Anda Sering Kencing

4. Keringkan Areanya

Anjing Kencing di Sofa

Urin anjing akan berbau lebih kuat jika tidak sempat mengering. Ini lebih sering terjadi ketika anjing Anda mengencingi kain lembut. Setiap kali Anda mencuci kainnya, pastikan kainnya benar-benar kering sebelum melipat dan menyimpannya.

5. Gunakan Vakum Basah

Noda yang sudah lama lebih sulit dihilangkan. Untuk lantai dan furnitur, salah satu alat terbaik untuk menghilangkan noda yang membandel ini adalah penyedot debu (vacuum cleaner). Anda bahkan dapat menambahkan pembersih enzimatik ke vacuum untuk memecah senyawa lebih jauh.

6. Bersihkan Semua Permukaan Rumah

Banyak pemilik anjing berasumsi bahwa lantai adalah satu-satunya hal yang perlu dibersihkan dan melupakan bagian rumah lainnya. Jangan mengabaikan furnitur, gorden, dinding, dan tempat tidur, yang semuanya dapat menyebabkan masalah.

7. Sewa Tenaga Pembersih Profesional

Tenaga pembersih profesional memiliki akses ke peralatan dan bahan kimia yang lebih kuat yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Tidak hanya itu, mereka biasanya memiliki beberapa trik yang mungkin tidak Anda ketahui!

8. Pertimbangkan Pola Makan dan Kesehatan Anjing

Ngompol sesekali biasanya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika anjing Anda buang air kecil di dalam rumah secara teratur, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan kesehatan hewan peliharaan Anda. Bahkan hal-hal kecil seperti perubahan pola makan dapat membuat hewan stres. Anda harus membawa anjing Anda ke dokter hewan dan berkonsultasi dengan mereka tentang perubahan perilaku mereka.

Kesimpulan

Ada beberapa metode yang efisien untuk menetralisir bau urin anjing di rumah. Tentu saja, beberapa cara mungkin bekerja lebih baik daripada yang lain, tetapi Anda memiliki banyak pilihan sebelum mencampakkan semua karpet keluar dari rumah.

Cobalah untuk memulai dengan satu solusi, dan kemudian perlahan-lahan selesaikan daftar tersebut sampai Anda menemukan solusi yang sesuai untuk Anda dan situasi Anda. Meskipun urin anjing dapat bertahan lama, urin tidak akan bertahan jika Anda mengambil langkah yang benar untuk membersihkan area tersebut secara menyeluruh.

Komentar Anda