4 Cara Menahan Nafsu Makan Anjing yang Rakus

Anjing Anda memakan makanannya begitu cepat sehingga Anda bahkan tidak sadar dia sudah menghabiskannya, lalu dia mereka meminta lebih. Atau, mungkin setelah makan dia masih terus-menerus mengemis makanan pada Anda. Anda sudah memberi makan anjing Anda sesuai jumlah makanan yang disarankan, tetapi dia sepertinya selalu lapar. Apa yang sedang terjadi? Apakah anjing Anda benar-benar lapar? Apakah dia hanya terobsesi dengan makanan?

Anjing makan terus

Jawabannya bisa keduanya. Beberapa anjing secara genetik memang cenderung terus mencari makanan, tetapi ini adalah perilaku yang dipelajari hampir sepanjang waktu. Mari kita pelajari mengapa anjing Anda selalu mencari makanan dan bagaimana Anda dapat menekan atau mengekang perilakunya ini.

Apakah Anjing Benar-Benar Lapar Sepanjang Waktu?

Meskipun anjing Anda mungkin tampak seperti terus-menerus kelaparan, itu tidak mungkin terjadi. Dengan asumsi bahwa Anda selalu memberinya makanan bernutrisi lengkap dan sesuai untuk ukuran, ras, dan tingkat aktivitas anjing Anda, dia pasti sudah mendapatkan semua makanan yang dibutuhkannya. Dalam banyak kasus, anjing Anda hanya belajar mengemis untuk diberi makan. Namun alasan anjing melakukan ini sedikit lebih rumit.

Anjing-anjing yang diadopsi yang pernah kekurangan makanan di beberapa titik dalam kehidupan mereka sering menjadi terobsesi untuk mencari makanan dan mengembangkan kebiasaan seumur hidup melahap setiap potongan makanan yang tersedia.

Tetapi bahkan anjing-anjing yang telah dimanjakan seumur hidup mereka juga sering mengemis makanan. Mereka telah belajar bahwa mengemis menghasilkan hadiah. Hal ini membuat mereka senang, sehingga mereka melakukannya lebih sering.

Penguatan perilaku mengemis yang tidak disengaja ini adalah salah satu alasan mengapa begitu banyak anjing kelebihan berat badan. Kita ingin anjing peliharaan kita bahagia; makanan membuat mereka bahagia, jadi kita memberikannya kepada mereka. Sayangnya, itu tidak sehat.

Obesitas dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan pada anjing, termasuk diabetes, gangguan pencernaan, dan penyakit Cushing. Baca artikel ini untuk mengatasi perilaku anjing yang suka mengemis makanan: 8 Tips Menghentikan Anjing yang Suka Mengemis Makanan

Tips untuk Menahan Nafsu Makan Anjing Anda

Anjing makan rakus

Terlepas dari mengapa anjing Anda suka mengemis makanan, terus-menerus memberi mereka makan bukanlah solusi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menahan nafsu makan anjing Anda yang tampaknya tidak pernah terpuaskan.

1. Kurangi Snack

Jika anjing Anda telah belajar untuk mengharapkan snack atau camilan sepanjang waktu, inilah saatnya untuk membantunya melupakan perilaku tersebut. Jika Anda menggunakan snack sebagai hadiah untuk perilaku atau pelatihan yang baik, coba gunakan sesuatu yang lain yang disukai anjing Anda. Ini bisa berupa belaian, pelukan, ciuman, bermain lempar tangkap, atau memberinya perhatian positif.

Anda dapat terus memberikan snack pada anjing Anda; hanya buatlah jadwal yang kurang dapat diprediksi. Pastikan juga bahwa snack itu bergizi serta rendah lemak dan kalori.

2. Beri Makan dalam Jumlah yang Tepat

Hanya karena anjing Anda mau makan empat kali sehari, bukan berarti dia harus melakukannya. Jika Anda tidak yakin berapa banyak makanan yang harus diberikan kepada anjing Anda, bicarakan dengan dokter hewan Anda untuk membuat rencana makan yang sesuai untuk ras, ukuran, usia, dan tingkat aktivitas anjing Anda. Kemudian, beri dia ukuran porsi yang sesuai dan patuhi itu.

3. Penuhi Kebutuhan Anjing Anda

Jika Anda memiliki anjing yang sangat aktif, dia mungkin membutuhkan lebih banyak makanan secara umum atau makanan khusus anjing aktif yang menawarkan lebih banyak kalori per makanan.

Anjing tua memiliki metabolisme yang lebih lambat daripada anjing yang lebih muda, dan tubuh mereka menjadi kurang efisien dalam mencerna makanan tertentu. Seiring bertambahnya usia, anjing memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi pastikan makanan mereka memenuhi semua kebutuhan tersebut.

4. Pilih Kualitas Daripada Kuantitas

Banyak makanan anjing memiliki serat ekstra atau bahan isian yang ditambahkan untuk menambah jumlah makanan. Sayangnya, isian ini tidak selalu memberikan nutrisi tambahan dan mungkin tidak terserap melalui sistem pencernaan anjing Anda.

Pemrosesan yang berlebihan juga dapat merusak beberapa kandungan nutrisi dalam makanan, jadi semakin banyak diproses makanan anjing Anda, semakin sedikit nutrisi yang ditawarkannya.

Ada banyak pilihan makanan anjing yang menawarkan nutrisi lengkap dan bahan berkualitas dengan harga yang wajar. Memberikan makanan sehat yang menyediakan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan anjing Anda akan membantu dia merasa tak terlalu lapar setiap saat.

Bagaimana Jika Ini Bukan Masalah Perilaku?

Ada beberapa kondisi di mana nafsu makan anjing Anda yang rakus bukanlah masalah perilaku. Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan secara tiba-tiba. Jika anjing Anda biasanya pemilih makanan yang mengatur sendiri makanannya dan dia tiba-tiba memakan semua yang terlihat, mungkin ini saatnya untuk pemeriksaan ke dokter hewan.

Peningkatan nafsu makan yang tiba-tiba bisa menjadi gejala dari banyak kondisi medis:

  • Pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus
  • Diabetes
  • Penyakit Cushing
  • Insufisiensi pankreas eksokrin
  • Hipertiroidisme
  • Reaksi obat

Mekanisme kelaparan di semua kondisi ini adalah ketidakmampuan anjing untuk menyerap nutrisi dari makanan mereka. Nafsu makan anjing meningkat saat tubuh mereka berusaha memperbaiki ketidakseimbangan. Sayangnya, jika masalah fisiknya tidak diobati, tubuh mereka masih akan kelaparan nutrisi, tak peduli berapa banyak makanan yang mereka makan.

Penutup

Dalam kebanyakan kasus, terus-menerus meminta makanan adalah perilaku yang dipelajari yang dapat diperbaiki dengan beberapa perubahan dalam rutinitas dan pola makan anjing Anda. Jika anjing Anda yang sebelumnya pilih-pilih makanan tiba-tiba lapar sepanjang waktu, ini bisa menunjukkan kondisi medis yang memerlukan perawatan.

Banyak anjing secara alami diprogram untuk makan berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah jika Anda tidak mencegahnya. Memberi makan anjing Anda makanan sehat yang memenuhi kebutuhan uniknya dan menghindari kebiasaan makan yang buruk akan membantu menjaga anjing Anda tetap sehat dan mencegah masalah jangka panjang.

Komentar Anda