7 Tips dan Cara Menghilangkan Bau Landak Mini

Landak mini alias hedgehog mungkin berduri, tetapi mereka masih merupakan hewan peliharaan yang populer bagi banyak orang di dunia, termasuk Indonesia. Seperti semua hewan, kandang mereka bisa menjadi sangat bau, bahkan meski landak mini tidak berbau seperti hewan peliharaan kecil lainnya, misalnya ferret.

Kandang Landak Mini

Air seni, kotoran, dan bahkan penyakit dapat membuat kandang landak mini atau landak susu Anda berbau tidak sedap. Sebenarnya, mereka adalah hewan yang mudah dirawat, jadi mudah untuk membuat mereka tidak berbau busuk.

Untuk membantu pemelihara landak mini pemula, berikut adalah daftar tips untuk mengurangi bau yang berasal dari hewan berduri mungil yang lucu ini.

Tips Menghilangkan Bau Landak Mini

1. Mandi

Landak mini adalah hewan yang bersih secara alami dan tidak perlu sering dicuci, tetapi Anda dapat membantu meminimalisir bau yang tidak diinginkan dengan memandikan hewan peliharaan Anda ini. Penting agar Anda tidak terlalu sering mencuci landak mini. Kulit mereka kering secara alami, dan terlalu banyak mandi dapat membuatnya semakin kering dan pecah-pecah.

Mandi setiap dua minggu sekali dengan sabun lembut sudah lebih dari cukup. Atau, Anda bisa mencucinya jika sudah terlalu bau.

Waktu mandi juga merupakan cara yang baik untuk memikat landak mini agar mau bergerak. Mereka adalah perenang alami, dan jika Anda membuat air cukup dalam, itu adalah alasan yang baik bagi mereka untuk berenang sebagai olahraga. Ingatlah untuk memberi mereka tempat untuk beristirahat, dan jangan tinggalkan mereka tanpa pengawasan.

2. Bersihkan Kandang

Membersihkan kandang adalah cara terbaik untuk meminimalisir bau landak mini Anda. Meskipun Anda sudah melatih landak mini buang kotoran dengan baik, Anda tetap harus memastikan kandangnya bersih.

Kandang landak mini Anda harus memberinya ruang untuk bergerak, dan kandang itu harus memiliki alas yang kokoh sehingga kaki dan cakarnya tidak tersangkut. Pastikan untuk secara teratur menyisihkan waktu untuk mengosongkan dan mencucinya untuk menghilangkan kotoran yang dapat menyebabkannya berbau.

Meskipun prosesnya panjang dan melelahkan, ini bermanfaat, dan sebagai hewan yang bersih secara alami, landak mini Anda akan berterima kasih atas kandang yang bersih.

3. Bersihkan Roda Putar

Landak mini tidak membutuhkan banyak ruang di kandangnya, asal cukup untuk merasa nyaman. Namun mereka masih harus bisa bergerak dengan benar. Mereka dapat rentan terhadap obesitas, sehingga memiliki berbagai kegiatan untuk mendorong mereka agar mau bergerak sangat penting untuk kesehatan mereka.

Roda putar atau roda olahraga adalah cara terbaik untuk mendorong hewan peliharaan kecil ini berolahraga, tetapi roda ini dapat dengan cepat menjadi penuh kotoran saat landak mini Anda menggunakannya.

Melepas roda olahraga secara teratur untuk membersihkannya dapat membantu mengurangi bau yang berasal dari rumah hewan peliharaan Anda. Anda juga dapat membiarkan roda olahraga terendam dalam air sabun selama beberapa jam untuk menghilangkan gumpalan kotoran yang membandel, terutama jika Anda memiliki roda cadangan untuk menggantinya.

4. Pola makan

Dengan sebagian besar bau tidak sedap yang berasal dari kotoran, tidak mengherankan bila makanan landak mini kita berperan dalam seberapa banyak baunya. Makanan yang berlemak, kurang nutrisi, dan sulit dicerna serta mengandung ikan semuanya dapat membuat kotoran landak mini Anda berbau tidak sedap.

Landak mini Anda harus makan makanan yang sehat dan seimbang yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi tetapi rendah lemak. Secara umum, makanan berbasis daging baik-baik saja, dan semua kibble kering harus berukuran kecil dan mudah diatur oleh landak mini Anda. Pakan pelet yang diformulasikan dengan mempertimbangkan landak mini adalah cara sederhana untuk memastikan landak mini Anda menerima nutrisi yang mereka butuhkan.

Sebagai insektivora, landak mini juga mendapat manfaat dari camilan sesekali berupa cacing tanah, jangkrik, dan ulat tepung. Namun jangan memberi mereka terlalu banyak serangga hidup untuk ditangkap. Landak mini Anda akan mulai menyukainya daripada pelet nutrisi.

5. Alas Kandang Fresh

Bau Landak Mini

Pastikan landak mini Anda selalu memiliki tempat tidur yang fresh. Tidak seperti tugas membersihkan kandang dan roda putar, mengganti alas kandang landak mini harus lebih sering dilakukan.

Tempat tidur mereka dapat dengan cepat menjadi penuh dengan makanan yang terlupakan, tumpahan air, dan kotoran, jadi pastikan untuk membersihkannya setidaknya tiga kali seminggu. Tempat tidur yang bebas debu dan menetralisir bau akan membuat landak mini Anda tetap nyaman dan hangat.

6. Pelatihan Buang Kotoran

Pelatihan buang kotoran adalah hal yang kita semua lakukan saat merawat kucing, tetapi landak mini juga bisa diajari menggunakan nampan kotoran. Menempatkan nampan berisi litter penyerap atau pelet pinus di kandang landak mini Anda dan mengajarinya untuk menggunakannya sebagai toiletnya akan membantu Anda menjaga kandang mereka tetap bersih dan mengurangi bau.

Taruh nampan di sudut tempat landak mini Anda sering pergi untuk buang air atau kotoran. Atau, pindahkan kotoran mereka yang ada ke nampan pasir untuk meyakinkannya agar menggunakan area tersebut alih-alih melakukannya di tengah kandang.

Mereka bukan hewan yang mudah untuk dilatih, tetapi dengan ketekunan, itu bisa dilakukan. Seperti halnya melatih anak anjing di rumah, jauh lebih mudah untuk mengajar anak landak mini. Itu tidak berarti Anda tidak bisa melatih hewan peliharaan yang lebih tua untuk buang kotoran dengan benar, hanya saja ini akan memakan waktu sedikit lebih lama.

7. Kunjungi Dokter Hewan

Terkadang, terlepas dari upaya terbaik kita untuk menjaga kebersihan ruang hidup landak mini, masalahnya bukan terletak pada kandang mereka sama sekali. Terkadang, penyebab bau landak mini adalah karena masalah kesehatan. Jika Anda sangat berhati-hati dalam menjaga kebersihan kandang landak mini dan masih mencium baunya, inilah saatnya untuk mengunjungi dokter hewan.

Landak mini rentan terhadap banyak masalah kesehatan, dan pemeriksaan rutin akan membantu Anda tetap waspada terhadap penyakit apa pun yang muncul. Dokter hewan Anda juga akan dapat memberi tahu Anda cara terbaik untuk merawat landak mini Anda jika Anda baru memilikinya.

Masalah kesehatan yang dapat diderita landak mini Anda meliputi:

  • Kegemukan
  • Masalah gigi
  • Jamur kulit
  • Penyakit jantung
  • Salmonella
  • Wobbly hedgehog syndrome

Kesalahan Umum Saat Menghilangkan Bau Landak Mini

Menjaga landak mini dan kandangnya agar tidak berbau busuk bukanlah tugas yang sulit, tetapi banyak orang yang salah dalam melakukannya. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat mencoba memerangi bau landak mini Anda.

Penyegar Udara atau Lilin Wangi

Mengambil sebotol pengharum ruangan atau menyalakan lilin wangi favorit Anda adalah cara yang cepat dan mudah untuk menangani segala macam bau. Namun dalam hal landak mini, Anda harus menghindari kedua metode ini.

Landak mini adalah hewan mangsa dan mereka sangat sensitif terhadap penciuman. Meskipun kita mungkin berpikir bahwa aerosol segar adalah alternatif yang menyenangkan untuk mencium kandang landak mini kita, hewan peliharaan kita tidak akan melihatnya dengan cara yang sama. Menggunakan pembersih beraroma untuk mengurangi bau, bahkan jika itu bukan disebabkan oleh landak mini Anda, dapat menyebabkan hewan peliharaan Anda stres.

Alih-alih penyegar udara, cobalah pembersih udara (air purifier). Ini lebih mahal, tetapi Anda dapat membeli pembersih udara yang juga dirancang untuk pemilik hewan peliharaan, dan itu adalah cara yang tidak berbahaya untuk menjaga udara tetap segar. Plus, air purifier tidak akan mengganggu teman Anda yang berduri.

Pembersih Kimia

Membersihkan kandang landak mini Anda secara teratur adalah tanggung jawab Anda. Namun pembersih kimia seringkali dapat meninggalkan bau yang membandel yang akan memiliki efek yang sama seperti penyegar udara dan lilin beraroma. Kandangnya mungkin akan seperti baru setelah Anda selesai membersihkannya, tetapi bau pembersih kimia yang menyengat tidak akan membuat landak mini Anda nyaman.

Alih-alih menggunakan pembersih kimia -yang banyak di antaranya tidak cocok untuk digunakan di dekat hewan peliharaan- bersihkan kandang dengan soda kue. Ini adalah solusi pembersih alami hebat yang bisa menetralkan bau tanpa menutupinya. Anda dapat membersihkan dan menghilangkan bau kandang landak mini Anda dengan sangat baik.

Membuka Jendela

Pada hari-hari yang panas, jendela yang terbuka dapat sedikit membantu mengeluarkan udara panas dari rumah Anda. Namun Anda perlu memberi perhatian khusus pada cuaca dan lokasi kandang landak mini Anda. Hewan-hewan ini sensitif terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba, dan jika terlalu dingin, mereka bisa sakit. Tutup jendela saat udara dingin untuk mencegah landak mini Anda jatuh sakit.

Kesimpulan

Landak mini secara alami bersih, tetapi kadang-kadang mereka masih dapat berbau tidak sedap. Menjaga mereka bahagia dan berbau segar adalah tugas yang berkelanjutan tetapi sepadan dengan usahanya, terutama jika menyangkut kesejahteraan hewan peliharaan Anda.

Membersihkan kandang dan roda putar secara teratur, bersama dengan mengganti alas kandangnya, dapat membantu mengurangi bau di sekitar landak mini Anda. Anda juga bisa memandikan landak mini sesekali jika baunya terlalu menyengat. Namun hindari menggunakan penyegar udara karena aroma yang kuat dapat membuat landak mini Anda gelisah.

Komentar Anda