Cara Menyembuhkan Penyakit Ich (White Spot) pada Ikan Cupang

Ich atau ick adalah kependekan dari Ichthyophthirius multifiliis (white spot atau penyakit bintik putih), parasit protozoa yang muncul sebagai bintik-bintik putih kecil pada tubuh, sirip, atau insang ikan air tawar. Parasit ini memakan kulit ikan dan bereplikasi pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Ich pada Ikan Cupang

Ilmuwan Prancis yang menamai parasit ini bermaksud mengatakan “kutu dengan banyak keturunan.” Ini karena tomokista (terlihat sebagai bintik-bintik putih yang menjijikkan) yang menempel pada ikan berkembang biak dengan mudah. Tomokista adalah parasit ich dewasa yang telah terbungkus dalam dinding kista atau kantung untuk perlindungan saat mereka melahirkan lebih banyak sel anak.

Ich adalah penyakit yang diketahui dengan baik yang ditemukan pada tahun 1876. Sejak saat itu, pemelihara ikan telah mengenal parasit ini dan siklus hidupnya, dan berbagai obat telah dikembangkan untuk memeranginya. Bahkan vaksin melawan ich sedang dikembangkan untuk digunakan di masa depan.

Gejala Ikan Cupang Terserang Ich

Ikan cupang yang terserang ich akan menunjukkan satu atau lebih gejala berikut: bintik-bintik putih, lesu, kehilangan nafsu makan, berkedip, sirip menguncup, dan napas cepat.

Perhatikan baik-baik ikan Anda untuk melihat taburan “debu” putih di atasnya. Protozoa ini masing-masing berdiameter sekitar setengah hingga 1 mm. Di bawah mikroskop, Anda akan melihat bahwa parasit ini memiliki silia (sesuatu yang mirip dengan rambut) yang mereka gunakan untuk menempel pada kulit ikan dan menyebabkan iritasi.

Cara Menyembuhkan Ich pada Ikan Cupang

Perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan Ich akan membuat ikan cupang Anda lesu dan mundur, lalu bersembunyi lebih dari biasanya di bawah dedaunan dan dekorasi, serta kehilangan nafsu makan.

Setelah 5 hari, tomokista akan jatuh dari ikan cupang dan mulai berkembang biak. Mereka menghasilkan beberapa ribu bayi ich (atau theront) yang dapat mengapung di air selama berjam-jam sampai mereka mengait kembali pada ikan. Dan karena mereka terus berputar, mereka lebih kecil dan lebih gatal. Kondisi ikan cupang Anda pun menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Karena ikan tidak memiliki jari untuk menggaruk, mereka cenderung menguncupkan siripnya dalam upaya untuk membersihkan diri dari parasit. Penguncupan sirip adalah tanda bahwa ikan cupang Anda memang sedang menderita.

Rasa gatal yang terus-menerus akan membuat ikan Anda mencari benda-benda di akuarium yang bisa dipakainya untuk menggosokkan diri. Beberapa bahkan akan mencoba melompat keluar dari air atau melemparkan dirinya ke dinding akuariumnya. Ini disebut flashing dan sering menyebabkan cedera seperti pembengkakan, kerusakan organ dalam, dan laserasi.

Akankah Ich Membunuh Ikan Cupang Anda?

Ich dapat muncul di insang ikan, menyebabkan gangguan pernapasan. Hal ini akhirnya menyebabkan kematian.

Apa Penyebab Ich pada Ikan Cupang? Apakah Ini Menular?

Parasit ich dapat dibawa oleh ikan yang baru datang dan dipindahkan ke benda-benda di akuarium Anda. Itu mencakup tanaman, substrat, batu, dan dekorasi. Banyak toko ikan yang memiliki beberapa akuarium dengan sistem terkait yang berbagi air. Jika hal ini terjadi, penyakit dari satu akuarium dapat berpindah ke akuarium lain.

Parasit ini juga bisa saja sudah ada di akuarium Anda sendiri begitu lama, tetapi kompromi dalam kekebalan ikan cupang Anda menyebabkan lapisan lendirnya menjadi tipis. Hal ini memberi peluang bagi parasit untuk masuk. Jadi, stres juga merupakan faktor (dan paling sering kali menjadi faktor nomor satu) karena salah satu dampaknya adalah mengurangi lapisan lendir ikan cupang.

Ich cenderung muncul lebih banyak di air yang lebih dingin karena mereka teriritasi pada suhu di atas 21 derajat Celsius. Pada suhu sekitar 30 derajat Celsius, ich akan tubuh jatuh dari ikan cupang Anda.

Apakah Ich pada Ikan Cupang Bisa Hilang dengan Sendirinya?

Penyakit pada ikan cupang mudah diobati jika diketahui lebih awal. Tapi tetap saja, ich tidak akan hilang dengan sendirinya dan bisa menjadi parah dan fatal.

Bagaimana Mengobati Ikan Cupang yang Terkena Penyakit Ich?

Kami akan mulai dengan obat yang paling sederhana. Mulailah dengan zat yang efektif dan mudah ditemukan di rumah Anda: bawang putih dan garam.

Meskipun ini mungkin mengejutkan di dunia Barat, pemelihara ikan di daerah tropis tempat ikan cupang berasal telah menggunakan metode herbal dan organik jauh sebelum munculnya bahan kimia yang kita kenal sekarang. Tapi pertama-tama, lakukan penggantian air 50% di akuarium Anda untuk mengurangi parasit.

Bawang Putih Sebagai Pengobatan Ich pada Ikan Cupang

Sebelum semua obat dan perawatan kimia ada, pemelihara ikan tradisional memberi makan ikan peliharaan mereka pakan ikan yang dicampur dengan jus bawang putih. Bawang putih memiliki beberapa manfaat.

Bawang putih bersifat anti parasit, terutama pada ikan. Bawang putih segar mengandung allicin, senyawa yang bertanggung jawab atas aroma bawang putih yang unik. Allicin adalah antioksidan alami pada manusia dan juga memiliki manfaat untuk ikan cupang Anda. Senyawa allicin bersifat anti-parasit dan merupakan komponen utama dalam obat ich organik yang dapat dibeli dari toko ikan hias setempat.

Mengapa harus buang-buang uang bila Anda sudah punya obatnya di rumah?

Apakah Bawang Putih Meningkatkan Nafsu Makan Ikan Cupang yang Lesu?

Karena ikan cupang yang terinfeksi ich hampir tidak memiliki nafsu makan, allicin dalam bawang putih juga akan membantu memperbaikinya. Bahkan, beberapa penghobi menggunakan bawang putih untuk membantu ikan makan jika nafsu makannya terpengaruh oleh stres atau syok.

Untuk memberikan bawang putih pada ikan cupang Anda, ekstrak jus bawang putih dan rendam makanan ikan di dalamnya. Anda akan menemukan ikan Anda kembali seperti biasanya, terutama setelah mengalami perjalanan atau sakit dan kelesuan.

Apakah Bawang Putih Meningkatkan Sistem Kekebalan Ikan Cupang?

Karena bawang putih bisa membunuh kuman, virus, jamur, dan parasit pada ikan cupang, sesekali memberi makan ikan makanan yang direndam jus bawang putih adalah hal yang sehat. Jika ikan cupang Anda menderita luka karena gatal, bawang putih juga bisa membantu menyembuhkannya.

Untuk menyembuhkan ikan dari ich, cukup hancurkan satu siung bawang putih untuk mengaktifkan allicin yang dibutuhkan ikan cupang Anda. Buang kulitnya dan masukkan siung secukupnya ke dalam akuarium ikan cupang Anda.

Akuarium 40 liter membutuhkan satu siung bawang putih, jadi jika Anda memiliki 20 liter, gunakan setengah siung saja. Akuarium yang lebih kecil akan membutuhkan lebih sedikit. Jangan khawatir jika ikan cupang Anda menggigit suing bawang karena itu aman.

Bagi mereka yang tidak suka menggunakan bawang putih, rendaman obat methylene blue (obat biru) adalah alternatif yang aman untuk semua penghuni di akuarium Anda.

Garam Ikan Sebagai Pengobatan Ich pada Ikan Cupang

Untuk ich, segala jenis natrium klorida bisa digunakan, asalkan tidak beryodium.

Peningkatan salinitas di dalam air adalah sesuatu yang tidak disukai parasit. Menambahkan 2 hingga 2,5 sendok makan garam (sebaiknya garam ikan) ke akuarium 20 liter Anda akan membantu menghilangkan rasa gatal, karena garam yang terbakar di kulit ikan cupang akan membuat lapisan lendirnya menebal. Ketika ini terjadi, tomokista ich akan lemas dan mati, mencegah mereka bereproduksi lebih jauh.

Pastikan untuk melarutkan garam ikan sepenuhnya sebelum menambahkan air, terutama jika akuarium Anda memiliki tanaman hidup di dalamnya.

Jangan lupa untuk membersihkan akuarium utama Anda karena ich dapat hidup di filter, spons, tanaman, batu, dan kerikil. Anda dapat melakukan penggantian air 50% pada awalnya, atau Anda dapat membilas akuarium dengan air panas dan klorin jika infeksinya parah. Keringkan sepenuhnya sebelum digunakan kembali.

Tanpa inang, parasit ich akan mati dalam waktu 48 jam.

Cara Mencegah Ikan Cupang Terkena Ich

Banyak pemelihara ikan mengatakan bahwa ich adalah kondisi umum, dan memang demikian. Namun bukan berarti ich ada di setiap akuarium karena tidak semua ikan cupang terinfeksi. Cara mencegah terjadinya atau terulangnya ich:

Ikuti Protokol Karantina

Jangan pernah lupa untuk mengkarantina ikan baru ketika mereka tiba. Ikan cupang dapat dikarantina selama 4 minggu sebelum dimasukkan ke dalam akuarium multi-ikan Anda.

Jaga Semuanya Tetap Bersih

Pastikan tangan Anda bersih setiap kali memasukkannya ke dalam akuarium. Cuci terlebih dahulu dengan sabun dan air. Ini juga berlaku untuk peralatan lain yang Anda gunakan pada ikan Anda, seperti jaring, dekorasi, dan barang lain yang bersentuhan dengan ikan peliharaan Anda atau airnya. Beberapa pemelihara ikan menggunakan sarung tangan khusus saat menangani ikan cupang, terutama burayak.

Tetap Lakukan Rutinitas Sehat untuk Memelihara Ikan Cupang

Perawatan air berkala seperti penggantian air sebagian, daun ketapang, garam akuarium, dan bahkan rendaman obat biru tidak boleh dihentikan atau diabaikan. Anda tidak ingin harus melihat gejala ich atau penyakit apa pun dalam hal ini sebelum Anda memulai atau melanjutkannya.

Waspadai Tanda-tanda Stres

Ikan yang stres telah mengurangi lapisan lendir tempat parasit dapat menempel dengan mudah, jadi periksalah setiap hari jika ikan cupang Anda bertingkah aneh. Selain itu, Anda mendapatkan ketenangan dan kepuasan (baca: kebahagiaan) saat bersama ikan cupang Anda, jadi mengapa dia tidak bisa tetap bahagia saat bersama Anda?

Komentar Anda